Mempromosikan produk kepada konsumen merupakan kunci keberhasilan bisnis. Promosi, baik secara langsung melalui event marketing atau iklan, membantu Anda meningkatkan penjualan.

Karena itu, Anda pun wajib mengetahui contoh iklan produk simple agar bisa mempromosikan produk kepada konsumen dengan tepat dan efektif. Sebab, dengan mengetahui contoh iklan produk yang simple dan penjelasannya, Anda dapat membuat iklan yang menarik.

Anda jadi mempunyai inspirasi dalam membuat banner dan mengemas copywriting yang menarik untuk iklan tersebut. Lalu, melalui strategi pemasaran ini pula, secara tidak langsung, Anda bisa menarik perhatian dan mendorong konsumen untuk membeli produk.

Nisbett, R. E., & Wilson, T. D (dalam “Journal of Experimental Social Psychology: Telling More than We Can Know: Verbal Reports on Mental Processes” 1977) mengatakan bahwa iklan yang simpel dan mudah dipahami cenderung lebih efektif dalam menarik perhatian dan mempengaruhi konsumen. Lantas, apa saja contoh iklan produk simple dan mudah itu?

Berikut deretan contoh iklan penawaran yang desainnya menarik dan bisa Anda jadikan inspirasi saat beriklan di Transportation Advertising seperti Bus Advertising StickEarn.

1. Contoh Iklan Produk Simple Minuman

iklan sprite di bus yang simple.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan produk simple minuman yang ditampilkan di Bus Advertising.

Contoh iklan yang sederhana pertama datang dari produk minuman. Minuman menjadi salah satu produk yang paling banyak dirilis oleh berbagai brand.

Brand baru maupun lama yang sudah meluncurkan produknya terkadang meluncurkan produk minuman untuk konsumen mereka. Hal itu karena minuman menjadi kebutuhan utama masyarakat, sehingga permintaan akan kebutuhan tersebut tinggi.

Oleh karena itu, produk tersebut pun banyak dipromosikan oleh berbagai perusahaan agar dilihat oleh konsumen. Salah satu perusahaan yang meluncurkan produk minuman ialah Sprite. Brand yang satu ini terbilang masif dalam membuat campaign iklan mereka.

Berbagai media iklan pun Sprite manfaatkan agar konsumen sadar terhadap produknya. Terbaru, Sprite merilis iklan di media iklan luar cetak StickEarn. Sprite memanfaatkan Bus Advertising sebagai media iklannya.

Dengan menonjolkan produk dan bahasa iklan yang menarik, brand tersebut mem-branding seluruh badan bus Transjakarta dengan iklan mereka. Gambar produk diletakkan dekat pintu keluar-masuk penumpang, sedang kalimat persuasif iklannya ditaruh di sisi belakang dengan ukuran yang besar.

Jika Anda ingin pasang iklan di bus Transjakarta, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. StickEarn siap menampilkan iklan Anda di transportasi umum tersebut dan membantu Anda membuat desain iklan yang kreatif untuk bisnis.

2. Contoh Iklan Produk Makanan yang Menarik

contoh iklan makanan.png

Source: - Poster iklan yang menarik dari industri makanan.

Selain minuman, makanan juga menjadi produk yang banyak diminati. Alasannya sama, yaitu karena makanan menjadi kebutuhan utama konsumen.

Maka tidak heran jika banyak brand yang menjual produk tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, karena banyak pebisnis yang merilis produk makanan, terkadang jenis dan bahkan nama produknya juga tergolong mirip.

Akibatnya, persaingan dagang dalam industri ini pun meningkat. Bahkan, kompetitif. Karena itu, berbagai brand pun berupaya se-kreatif mungkin dalam mempromosikan produk makanannya.

Salah satu caranya ialah dengan beriklan luar ruang menggunakan Bus Advertising atau Car Advertising. Contohnya Ladang Lima yang pernah menjalankan kampanye iklan bersama StickEarn. Ladang Lima mempromosikan produk makanan atau camilan sehatnya dengan menampilkan orang dan copy iklan serta manfaat dari produknya itu.

Dengan komposisi tersebut, Ladang Lima berpotensi menarik perhatian audiens dengan lebih baik. Karena, brand menggunakan sosok orang (sebagai model) yang memegang produknya, menambahkan judul yang menarik, serta menginformasikan keunggulan produk.

3. Contoh Iklan Produk Simpel Brand Kecantikan

iklan avoskin.png

Source: Doc. StickEarn - Contoh konten iklan produk kecantikan yang sederhana.

Lalu, contoh iklan simple selanjutnya datang dari brand kecantikan yang juga banyak peminat dan tinggi kompetisinya di era sekarang. Nah, untuk mempromosikan produk kecantikan tersebut, brand juga harus lebih kreatif dan menjadi unik agar produknya dilirik oleh banyak orang.

Karena itu, banyak brand yang kini mulai memanfaatkan brand ambassador sebagai materi promosi mereka. Menariknya, sosok brand ambassador tersebut tidak hanya datang dari dalam negeri saja, tetapi juga ada yang menggunakan BA dari Korea Selatan.

Baca juga: Alasan Brand Lokal Ramai-ramai Gunakan Artis Korea sebagai Ambassador

Namun, yang harus digarisbawahi dari kampanye iklan brand beauty ialah tampilannya. Brand kecantikan lebih menampilkan estetika dan hasil (manfaat dari produknya). Poster iklan mereka terkadang dibuat lebih detail dan jelas guna menarik perhatian banyak orang.

Jadi, materi iklan mereka terbilang minim copy. Brand beauty lebih menonjolkan persona dan kecantikan BA-nya.

4. Contoh Iklan Media Cetak Kesehatan

Lalu, ada juga contoh iklan sederhana, tetapi mudah dimengerti yang wajib Anda ketahui. Contoh tersebut datang dari industri kesehatan.

Seperti yang Anda ketahui, iklan-iklan yang datang dari industri kesehatan tergolong berbeda dari industri lainnya. Iklan media cetak maupun online yang dibuat oleh industri ini biasanya dibuat dengan copy yang sedikit kontroversial atau menohok.

Kalimat iklan kesehatan mengandung fakta-fakta yang bisa membuat pembaca berpikir atau bergidik ketakutan. Sebab, tujuan dibuatnya kampanye iklan mereka bukan sekadar menjual sesuatu, tetapi lebih dari itu.

Iklan yang dibuat oleh bidang kesehatan bertujuan untuk mengedukasi, menginformasikan, dan membuat audiens sadar, sehingga mau memulai hidup sehat. Karena itu, iklan kesehatan terkadang masuk ke dalam jenis iklan non komersial.

Contoh iklan kesehatan yang simpel dapat Anda lihat pada iklan rokok. Lalu, iklan imbauan untuk mengonsumsi makanan sehat.

5. Contoh Iklan yang Simple Industri Layanan

Contoh selanjutnya ialah iklan dari industri layanan. Iklan dari bidang services tersebut terkadang juga dibuat dengan sangat simpel.

Brand lebih menampilkan layanan yang diberikan juga mengandalkan copy iklan yang dapat menarik sisi emosional pembacanya. Namun, seiring berkembangnya iklan, konten iklan layanan semakin menarik.

Dengan menambahkan elemen-elemen desain lainnya atau menampilkan ulasan dari konsumen agar audiens makin tertarik menggunakan layanan yang brand berikan.

Tips Membuat Iklan Produk Sederhana

iklan menarik dan lucu di bus.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh konten iklan produk yang bisa menjadi inspirasi.

Dari berbagai contoh iklan produk yang simpel tersebut, Anda pasti penasaran bagaimana cara membuatnya, bukan? Tentu saja! Sebab, ada beberapa langkah yang dilalui marketers dalam membuat iklan tersebut, StickFriends.

Namun, tidak perlu khawatir. StickEarn akan membagikan tahapan atau tips dalam membuat iklan produk yang simpel dan mudah tersebut. Adapun tipsnya ialah sebagai berikut.

  • Pahami Produk: Mengerti keunikan, manfaat, dan nilai tambah dari produk yang Anda tawarkan.
  • Kreativitas dalam Kesederhanaan: Padukanlah kesederhanaan dengan kreativitas dalam penyampaian pesan pada setiap iklan Anda.
  • Pilih Platform yang Tepat: Memilih platform yang sesuai dengan preferensi dan perilaku target audiens. Jika Anda ingin menyasar komuter yang bepergian menggunakan transportasi umum, Anda bisa sewa iklan di bus melalui StickEarn. StickEarn adalah perusahaan OOH di Indonesia yang dapat membantu Anda untuk beriklan di bus, khususnya Transjakarta, baik secara simpel maupun kreatif.
  • Desain Visual yang Menarik: Memperhatikan desain yang menarik, tetapi tetap sederhana juga perlu diperhatikan. Jika Anda beriklan di StickEarn, StickEarn tidak hanya menjadi konsultan dalam memberikan insight mengenai lokasi bus yang tepat, tetapi juga bisa membantu Anda membuat desain poster yang sesuai dengan campaign marketing di perusahaan.
  • Evaluasi dan Penyesuaian: Melakukan evaluasi berkelanjutan dan menyesuaikan iklan sesuai respons audiens.

Buat Iklan Produk Simple Versi Anda!

Dalam bidang pemasaran yang terus berkembang, memahami contoh iklan produk simple menjadi kewajiban yang harus Anda ketahui. Sebab, iklan yang sederhana dapat menjadi tetap menjadi kunci keberhasilan bisnis.

Jika Anda ingin membuat iklan yang sederhana, tetapi kreatif atau sebaliknya, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. StickEarn menyediakan berbagai iklan luar ruang yang bisa brand manfaatkan untuk beriklan.

Salah satunya ialah iklan di bus. Sewa iklan di transportasi umum seperti bus sangatlah menguntungkan. Selain Anda bisa membuat iklan yang sederhana, tetapi menarik, Anda juga bisa menjangkau audiens secara langsung.

Bahkan, Anda juga bisa menargetkan audiens yang sesuai dengan kebutuhan kampanye Anda. Sudah banyak brand yang beriklan di bus pariwisata maupun TJ bersama StickEarn.

Bila Anda ingin beriklan bersama StickEarn, silakan klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png