Beriklan di kendaraan, khususnya mobil, saat ini kerap menjadi pilihan berbagai brand. Tak hanya sekadar mempromosikan produk di OOH (out-of-home) saja, bisnis juga memanfaatkan layanan car branding untuk menyebarluaskan awareness perusahaan dan produknya kepada khalayak.

Strategi brading tersebut dinilai oleh sebagian marketers efektif karena lebih segmented dan mampu menarik perhatian pengguna jalan. Bagaimana tidak, saat Anda memanfaatkan car branding services, mobil yang digunakan untuk beriklan pasti menjadi spotlight di jalan raya.

Tak hanya itu saja, penggunaan mobil perusahaan sebagai wadah beriklan juga ternyata mampu meningkatkan penjualan. Maka, sangatlah wajar jika media iklan luar ruangan itu menjadi pilihan berbagai perusahaan.

Baca juga: Jenis Iklan Luar Ruangan yang Banyak Digunakan

Pengertian Car Branding

car branding produk.jpg

Source: Freepik - Memahami pengertian car branding sebelum beriklan.

Lalu apa yang dimaksud dengan car branding? Sederhananya, car branding adalah strategi pemasaran luar ruang yang memanfaatkan kendaraan roda empat untuk mempromosikan atau mem-branding suatu produk maupun perusahaan.

Layanan car branding biasanya melibatkan penempatan merek, logo, atau campaign dari suatu brand untuk ditampilkan di body mobil operasional milik suatu bisnis.

Selain untuk promosi, tujuan dari car branding ini juga ialah untuk meningkatkan penjualan, memperluas basis pelanggan, dan membangun citra merek yang kuat dan positif.

Dengan menempatkan brand di mobil, visibilitas dan mobilitas dari campaign marketing yang Anda lakukan dapat tersebar dan tersampaikan dengan baik kepada target pasar.

Jika dilihat dari fungsinya, car branding advertising berfungsi untuk membuat merek atau produk lebih mudah dikenal dan diingat oleh pelanggan. Hal ini disebabkan oleh besarnya jangkauan jarak dan waktu yang dapat ditempuh oleh mobil dalam menyebarkan promo yang dibawa.

Misalnya begini, jika Anda mempromosikan produk atau perusahaan dengan membuat konten di media sosial, belum tentu konten itu dijangkau oleh banyak orang dan tersampaikan secara tepat.

Namun, jika Anda memanfaatkan salah satu contoh media luar ruang ini, sudah pasti branding Anda akan dilihat oleh khalayak. Bahkan, penyampaiannya juga bisa disegmentasikan.

Apalagi, sebagai brand Anda bisa memilih menanyangkan iklan di suatu lokasi, audiens, dan kondisi tertentu. Hal itu mudah untuk dilakukan di OOH!

Lalu, jenis promosi tersebut juga dapat menciptakan citra positif di mata konsumen, StickFriends. Campaign Anda akan lebih terlihat profesional dan terkesan premium di mata audiens.

Keunggulan Car Branding untuk Beriklan

Lebih lanjut lagi, manfaat car branding sebagai media beriklan luar ruang membawa berbagai keunggulan lainnya sehingga bermanfaat untuk keberlangsungan bisnis.

Lalu, apa saja keunggulan atau keuntungan dari car branding tersebut? Berikut beberapa keuntungan lain yang akan Anda dapat ketika beriklan dan mem-branding produk menggunakan media ini:

  • Efektivitas campaign terjamin
  • Mobilitas tinggi
  • Visibilitas tak perlu diragukan. Iklan pasti tersampaikan.

Baca juga: Tingkatkan Brand Awareness dengan Iklan di Mobil

Selain tiga poin di atas, media tersebut juga efektif dalam jangka panjang, StickFriends. Pasalnya, branding perusahaan atau produk yang Anda lakukan akan terus terlihat selama kendaraan digunakan.

Kendaraan yang dipakai untuk car branding dari segi mobilitas juga sangat menguntungkan. Hal itu karena mobil dapat bergerak ke berbagai lokasi dan menjangkau banyak orang, sehingga jangkauannya sudah pasti lebih luas.

Dari segi visibilitas, Anda tidak perlu meragukan keunggulan car branding. Mobil yang diberi branding akan menjadi pusat perhatian pengguna jalan karena tampilannya yang unik. Apalagi, jika desain branding dari brand dikemas eye-catching.

Cara Kerja Car Branding

contoh car branding stickearn.jpg

Source: Unsplash - Car branding sebagai salah satu media promosi bisnis yang lebih menarik perhatian.

Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan, penggunaan car branding sebagai strategi beriklan juga bersifat konsisten.

Kendaraan yang diberi branding dapat membantu Anda menciptakan kesan brand yang konsisten dan profesional di antara pelanggan dan masyarakat umum. Brand Anda pasti terus terlihat dan diingat oleh pengguna jalan.

Pemasangan iklan di body mobil untuk car branding biasanya disesuaikan dengan kebutuhan campign yang Anda jalankan. Beberapa jenis pemasangan iklan pada mobil yang digunakan untuk branding umumnya full wrap.

Harga car branding biasanya mengikuti jenis spot wrap dari pemasangan iklan. Namun, terkait harga ini juga dapat dipengaruhi oleh ukuran kendaraan, jenis spot, hingga desain branding yang digunakan.

Setelah tahap pemasangan iklan, Anda bisa menentukan sendiri lokasi, jarak, dan lamanya mobil wara-wiri di jalanan Jakarta dan wilaya sekitarnaya. Anda dapat mengostumisasi activity promosi dan branding sesuai keinginan.

Efektivitas Car Branding StickEarn

Sebagai salah satu perusahaan periklanan luar ruang di Indonesia, StickEarn, menyediakan layanan car advertising terlengkap dan tepercaya. Melalui layanan kami, Anda bisa menyebarluaskan promosi dan mem-branding perusahaan.

Dalam menyajikan layanan car branding ini, efektivitas dari campaign yang dijalankan juga sangatlah berdampak.

Dari data hasil campaign marketing yang kami jalankan bersama klien minuman sehat, 85% responden menyatakan bahwa mereka tertarik membeli dan mengonsumsi produk dari brand tersebut setelah melihat iklan dan branding perusahaan di jalan raya.

Bahkan, car branding service yang ditawarkan oleh StickEarn terbilang efektif untuk mengadakan swarming campaign advertising, StickFriends. Swarming campaign merupakan metode konvoi mobil yang telah dipasang branding iklan perusahaan.

Melalui konvoi inilah nantinya iklan yang Anda buat bisa lebih mencuri perhatian banyak orang. Sebab, tak hanya satu kendaraan saja yang digunakan, tetapi sejumlah mobil turut turun ke jalan mempromosikan perusahaan Anda.

Anda pun dapat mencoba metode car branding service karena telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness. Agar mendapatkan insights yang lebih mendalam, silakan simak swarming campaign kami di bawah.

Baca juga: Swarming Campaign: Konvoi Iklan dengan Mobil Meningkatkan Brand Awareness?

Promosikan Produk & Brand Menggunakan Car Branding

Kehadiran car branding sebagai alternatif beriklan ternyata memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan brand awareness. Keunggulan dari media iklan ini terletak pada efektivitas, mobilitas, dan juga visibilitasnya dalam menjalankan campaign marketing.

Nah, setelah menyimak pembahasan di atas, apakah Anda tertarik menggunakan media tersebut? Jika iya, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut mengenai layanan OOH dan DOOH StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png