Penting bagi sebuah perusahaan untuk memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan brand awareness demi keberlangsungan bisnis. Maka dari itu, beriklan dengan konvoi mobil wajib StickFriends coba karena telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness.

Sebab, iklan di mobil lebih tepat sasaran daripada media iklan lainnya. Di samping itu, pemasangan iklan jauh lebih mudah dan hemat biaya. StickFriends juga bisa memantau perkembangan sejauh mana kampanye berdampak pada target audience dan results lainnya secara online kapanpun StickFriends mau.

Apa Itu Swarming Campaign?

Beriklan menggunakan swarming campaign memang sedang populer di antara teknik iklan OOH (out-of-home) lainnya. Kalau StickFriends belum paham mengenai “Apa itu Swarming Campaign”, sebagai gantinya StickFriends pasti pernah melihat iklan di kendaraan bukan?

Swarming campaign atau kampanye berkerumun merupakan salah satu pendekatan iklan luar ruangan yang dapat meningkatkan brand awareness, brand activation, hingga konversi penjualan pada bisnis.

Nah, bentuk penerapan teknik tersebut dengan menggunakan konvoi mobil sebagai media iklan yang praktis dan efisien. Karena mobil adalah media yang bergerak, maka iklan juga dapat bergerak kemana saja, menjangkau seluruh lapisan masyarakat sebagai target pasar.

Baca Juga: Pengertian Iklan? Ini Fungsi, Ciri - Ciri, dan Tujuan Beriklan

Manfaat Iklan dengan Konvoi Mobil

Meriahnya iring-iringan mobil yang membawa satu nama brand di badan mobil mampu mencuri banyak perhatian khalayak ramai di sepanjang rute atau lokasi yang telah ditentukan. Bahkan, banyak masyarakat menjadikan iklan di mobil sebagai hiburan tersendiri kala mereka terjebak kemacetan lalu lintas kota.

Belum lagi kalau sejumlah mobil tersebut berhenti kemudian berjajar-jajar rapi di tempat parkir selama waktu tertentu. Bukankah secara tidak langsung mata target audience tertuju pada iklan yang tertera di jajaran badan mobil tersebut?

Inilah tahap pertama brand awareness yang muncul di benak masyarakat (brand recognition). Selanjutnya, masyarakat dengan rela mencari tahu aspek-aspek yang menjadi atribut iklan, seperti ambasador atau klaim produk yang membuat mereka ingin tahu lebih dalam.

Aksi seperti ini yang StickFriends butuhkan dalam mempertahankan keberlangsungan bisnis sekaligus memajukan bisnis. Semua kebutuhan branding bisa StickFriends bungkus rapi dalam kampanye swarm yang menarik.

Sederhananya, konvoi mobil memungkinkan branding bisnis Stickfriends berhasil. Caranya dengan melakukan pengiklanan yang mendominasi area tertentu yang menjadi target, meluncurkan produk secara langsung dalam bentuk pemberian sample, hingga survey untuk mengetahui opini target audience terhadap brand.

Jadi, pengiklanan dengan konvoi menggabungan kekuatan antara iklan media luar ruang dan digital melalui iklan di kendaraan yang dapat diukur efektivitasnya. Khususnya, waktu transit kendaraan dan lokasi yang dilalui selama iklan berlangsung menghasilkan kesadaran merek di suatu wilayah.

Baca Juga: Brand Awareness: Pengertian, Strategi & Cara Membangun

Manfaat Multi-Platform Advertising Bersama Car Advertising

Bersama Car Advertising, StickFriends berkesempatan untuk mendapat impresi brand yang baik dari target audience. Car Advertising menjalankan marketing campaign dengan memanfaatkan kekuatan media iklan luar ruang berupa Car Wraps Advertising dan digital berupa In-Car Advertising dalam bentuk konvoi mobil (Event & Activation).

StickFriends bebas berkreasi seluas mungkin untuk menentukan aktivasi iklan dengan mobil. Bahkan, StickFriends bisa mendapatkan biaya per tayangan atau cost per mile (CPM) yang relatif rendah daripada media pengiklan lainnya.

Pemasangan Iklan Sesuai Kebutuhan

Dibandingkan pasang iklan di billboard, banner, atau media iklan luar ruang lainnya, Car Advertising lebih memberi keleluasaan sekaligus memberi berbagai manfaat yang bisa StickFriends peroleh. Berikut adalah pilihan spot wrap advertising untuk pemasangan iklan di mobil sesuai kebutuhan brand:

  • Back Window, yaitu memasang stiker iklan di kaca belakang mobil saja.
  • Partial Back, yaitu pemasangan stiker mulai dari kaca belakang hingga ke seluruh bagian belakang mobil.
  • Back Window and Panel, yaitu stiker iklan dipasang di bagian kaca belakang mobil dan di sisi kanan-kiri mobil.
  • Partial Back and Panel, yaitu stiker iklan di seluruh bagian belakang mobil dan di badan mobil.
  • Full Back, yaitu pemasangan stiker di seluruh mobil bagian belakang
  • Half Wrap, yaitu stiker iklan dipasang di tengah badan mobil sampai area belakang tertutupi secara keseluruhan.
  • Full Wrap, yaitu memasang stiker iklan ke seluruh badan mobil hingga kaca bagian belakang, kecuali kaca samping dan depan.

Di samping iklan dengan konvoi mobil, StickFriends juga bisa memperkuat brand presence dengan pemasangan iklan ke bagian dalamnya. Dengan menggunakan media branding tambahan dalam mobil, seperti Strip, Wobbler, Door Trim, dan StickTop, StickFriends bisa menambah sisipan informasi brand.

Baca Juga: Kenalan Dengan Istilah Digital Advertising Yang Wajib Kamu Tahu!

Selain itu, StickFriends bisa mengimplementasikan QR Code di dalam mobil untuk mengintegrasikan iklan offline to online (O2O), sehingga calon konsumen bisa mendapatkan informasi lebih lanjut. Cara yang simpel ini bisa jadi senjata branding yang kuat karena mempermudah calon konsumen dengan pelayanan yang tepat.

Dengan demikian, StickFriends telah melaksanakan strategi brand activation dengan interaksi bersama calon konsumen. Selanjutnya, bangun relasi emosional yang baik dengan sharing pengalaman produk, pemberian produk sample, atau survey singkat yang mengarahkan pada tindakan lebih lanjut dari calon konsumen.

Mengapa harus Car Advertising?

Berdiri pada tahun 2017, Car Advertising hadir dan siap melayani kebutuhan branding dengan konsep media iklan luar ruang berjalan (location based advertising) yang all-in-one. Serta, terdapat teknologi canggih yang terkoneksi di setiap dashboard kendaraan untuk melihat total impresi dari ooh campaign yang sedang berlangsung.

Keberhasilan salah satu program StickEarn, yaitu Car Advertising ini terbukti dengan kemenangannya di kategori vehicle branding advertising platform di Indonesia. Tak berhenti di situ saja, Car Advertising juga bekerjasama dengan Grab Indonesia secara resmi.

Dari kerjasama itu, lahirlah Car Advertising dengan 100.000 lebih armada Grab-car lengkap dengan driver yang siap membawa nama brand ke lebih dari 30 kota di Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 300 brand se-Indonesia telah mempercayai Car Advertising dengan 5.000 unit yang beroperasi tiap bulannya.

Mungkin StickFriends bertanya-tanya, “Seberapa jauh Car Advertising membawa iklan brand ke target audience? Berdasarkan pencatatan tim profesional StickEarn, driver berkeliling selama 8 jam atau lebih per harinya atau sejauh 3.000 km per bulannya. Membawa iklan brand yang terpasang di badan mobil selama konvoi mobil berjalan.

Selain itu, brand yang StickFriends miliki bisa menghasilkan 1 juta lebih impresi per bulannya untuk satu mobil saja. Untuk itu, kolaborasi car branding dengan swarming campaign bisa StickFriends jadikan sebagai strategi unggulan agar pengiklanan brand bisa lebih terukur dan targeted.

Siap Brand Awareness Meningkat dengan Konvoi Mobil?

Apabila upaya-upaya di atas telah Stickfriends lakukan secara menyeluruh, bukan tak mungkin lagi brand StickFriends maju hingga ke tahap top-of-mind target konsumen. Pasang iklan dan konvoi mobil bersama Car Advertising serta raih brand awareness hingga konversi yang maksimal.

StickFriends tidak perlu khawatir dengan biaya karena harganya sudah ternasuk biaya produksi dan pemasangan stiker, biaya aplikasi, biaya driver, sekaligus pajak reklame. Selain itu, StickFriends bisa memantau laporan yang lengkap secara real-time. Yuk, kunjungi website stickearn.com sekarang!

CTA Banner Blog - 01.png