Dalam beberapa bulan terakhir, tepatnya setelah PSBB dilonggarkan, jalanan Ibukota kembali normal. Angka penggunaan transportasi umum juga naik 1 juta per harinya.

Hasilnya, kini banyak perusahaan dan brand besar yang mulai beriklan di motor guna menjangkau audiens mereka. Sebut saja salah satu perusahaan tersebut ialah Oxone yang konvoi menggunakan 20 unit Motorbike Advertising StickEarn. Lalu, ada juga perusahaan FMCG yang pasang iklan di motor untuk menjalankan campaign pemasaran sekaligus menyebarluaskan brand awareness.

Statistika menyebutkan ads spending OOH dan DOOH di Indonesia pada tahun 2023 akan mencapai US$205,50 juta. Karena itu, tidak heran jika jenis iklan luar ruang ini kembali menjadi pilihan dalam beriklan.

Meskipun begitu, pasti kini Anda masih bertanya-tanya mengenai apakah menguntungkan jika mempromosikan campaign marketing melalui pemasaran offline ini? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak pembahasan kami di bawan.

Baca juga: Popularitas OOH Semakin Melejit di 2023

1. Jangkauan Penyebaran Iklan Luas

beriklan di motor mudah dilihat oleh banyak orang.jpg Source: Freepik - Beriklan di motor mudah dilihat oleh banyak orang.

Kendaraan roda dua menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan. Transportasi ini memadati lalu lintas Ibukota, terutama di lokasi pusat bisnis dan hiburan.

Transportasi tersebut tak hanya digunakan untuk bepergian. Saat ini, banyak orang yang menggunakan motor pribadinya sebagai sarana menambah pendapatan.

Hasilnya, pada tahun 2022 lalu, industri e-commerce, khususnya pada sektor online transportation, menjadi salah satu kontributor yang mendorong naiknya perekonomian digital Indonesia.

Melalui perusahaan ojol dan pengemudinya, ekonomi digital turut membaik, bahkan sampai memberikan dampak positif bagi brand dalam beriklan secara masif di belakang motor. Sebab, saat Anda memuat iklan di kendaraan bergerak, iklan Anda berpotensi untuk dibawa ke berbagai tempat.

2. Menjangkau Audiens yang Beragam

Selain jangkauan tempatnya yang luas, pasang iklan di motor juga memungkinkan Anda untuk menyasar audiens yang tepat, StickFriends. Anda bisa menjangkau berbagai kalangan masyarakat sesuai keinginan.

Hal itu karena saat Anda memutuskan untuk beriklan di kendaraan umum, iklan Anda berpotensi dibawa ke lokasi yang tepat dengan profil penduduk yang berbeda-beda atau dengan profil spesifik.

Misalnya, Anda beriklan di motor menggunakan driver mitra StickEarn yang umumnya ialah pengemudi Grab. Nah, saat mitra StickEarn mendapatkan penumpang yang ingin bepergian ke kawasan bisnis Sudirman, iklan Anda secara eksklusif juga akan dilihat oleh pengguna jalan di kawasan tersebut yang umumnya ialah para pekerja.

Namun, jika mitra kami mendapatkan penumpang yang mengarah ke kawasan sub-urban, iklan akan dilihat oleh audiens dengan profil tertentu saja, contohnya ialah penduduk yang tinggal di gang.

3. Membuat Iklan Anda Menjadi Spotlight

pasang iklan di motor grab gojek.jpg Source: Freepik - Mempromosikan produk menggunakan periklanan luar ruang seperti Motorbike Advertising sangatlah menguntungkan.

Menariknya, menjalankan kampanye promosi iklan di motor juga mampu membuat iklan Anda menjadi spotlight di jalan. Iklan Anda akan lebih dilihat oleh jutaan pasang mata, terutama saat terjebak macet.

Poster iklan yang tampil statis dalam bentuk reklame atau spanduk di belakang motor lebih mudah dikenali oleh para pengguna jalan. Poster yang Anda muat di motor memberikan keunikan tersendiri bagi pengguna jalan.

Sebabnya, meskipun jalanan dipadati oleh para pengguna roda dua, tetapi jika ada papan iklan di jalan yang dipasang di motor, pasti ikalan itu akan menarik perhatian mereka. Iklan mampu membuat khalayak berbaling ke hadapannya.

Ditambah lagi, jika konten iklan tersebut dipasang dalam bentuk video di motor yang menggunakan LED. Iklan kreatif dan lampu LED dari papan iklan motor yang berukuran cukup besar secara tak langsung pula akan menarik perhatian banyak orang.

Keunikan ini mirip iklan di videotron atau megatron LED yang ada di gedung bertingkat. Meski nuansa gedung di Jakarta membawa keunikan tersendiri bagi jutaan pasang mata, tetapi jika pada gedung tersebut dipasang billboard iklan, maka gedung itu akan lebih perhatikan orang.

Sorotan lampu dan konten iklan yang ada di dalam LED menjadi salah satu penyebabnya. Masyarakat mudah menoleh dan memerhatikan iklan yang Anda buat.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Baliho, Billboard, Megatron, & Videotron

4. Dapat Diukur

Setiap driver yang menjadi mitra iklan motor StickEarn membawa iklan ke berbagai tempat dan dalam kilometer tertentu yang sudah disepakati.

Dari sini, Anda dapat mengukur berapa besar visibilitas dari campaign yang dibuat. Anda bisa mengukurnya melalui jarak tempuh dan rute yang dilalui oleh masing-masing driver.

Dengan begitu, Anda pun akan melihat gambaran umum impression, reach, maupun efektivitas yang dihasilkan melalui strategi pemasaran beriklan di motor tersebut.

Sebagai perusahaan OOH di Jakarta, StickEarn juga menyediakan laporan hasil campaign setiap brand yang beriklan bersama kami. Dengan begitu, Anda tentunya dapat mengukur keberhasilkan campaign di motor yang telah dilakukan.

5. Beriklan di Motor Lebih Terjangkau

beriklan di motorbike advertising dapat diukur.jpg Source: Freepik - Saat Anda beriklan secara offline, hasilnya pun dapat diukur.

Manfaat beriklan di motor terakhir yang akan Anda dapat ialah adanya efektivitas biaya pemasangan. Saat Anda menyewa papan iklan di motor yang berukuran 38 cm (lebar) x 64 cm (tinggi) x 7 cm (tebal) Anda dapat menyesuaikan budget pasang iklan karena terbilang media ini terbilang terjangkau.

Tidak sedikit perusahaan yang menjalankan swarming marketing hingga convoi campaign dengan menyewa sejumlah unit Motorbike Advertising untuk mempromosikan produk maupun menjalankan kegiatan kampanye perusahaan mereka.

Beriklan di Motor Melalui StickEarn Sekarang!

Itulah tadi beberapa manfaat yang akan Anda dapat saat memutuskan beriklan di motor untuk menyukseskan campaign pemasaran. Dengan beriklan di media outdoor ini, Anda mendapatkan paparan yang luas, menjangkau audiens dengan profil yang beragam, hingga menghemat biaya pemasaran.

Nah, setelah mengetahui keuntungan yang akan didapat, apakah Anda tertarik beriklan di media offline tersebut, StickFriends? Jika tertarik, Anda bisa menggunakan Motorbike Advertising kami!

Khusus di bulan ini, StickEarn mengadakan program "Promo Best Price Guarantee" untuk beriklan di Car Advertising, Motorbike Advertising dan MobileLED Advertisingyang lebih hemat.

Untuk mendapatkan promonya, silakan klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png