Dalam menawarkan produk kepada konsumen, Anda wajib membuat strategi promosi tepat. Dengan menjalankan teknik pemasaran, produk yang Anda tawarkan tidak hanya dikenal, tetapi juga berpotensi dibeli oleh banyak orang.

Tidak perlu bingung mengenai cara menjalankan strategi promosi untuk memasarkan produk. Kini, ada banyak jenis promosi produk yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari promosi offline hingga online.

Contohnya ialah promosi menggunakan iklan OOH, MobileLED Advertising StickEarn, yang bisa Anda gunakan untuk menginformasikan dan mendekati konsumen di luar ruang. Melalui media yang satu ini pula, Anda dapat melakukan retargeting audience yang melihat iklan offline ke media sosial menggunakan layanan Offline-to-Online (O2) sebagai tambahan.

Nah, kira-kira bagaimana menjalankan langkah mempromosikan produk menggunakan media tersebut? Jika Anda ingin mengetahui dan mempelajarinya, silakan simak pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Manfaat Beriklan di Mobile Billboard dan Digital Billboard

1. Riset Mengenai MobileLED Advertising

strategi promosi produk.jpg

Source: Doc. Unsplash - Cara membuat strategi promosi produk yang efektif.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan MobileLED Advertising sebagai media promosi untuk produk maupun layanan perusahaan, penting untuk mengetahui tentang media tersebut terlebih dahulu.

Pemahaman seperti, bagaimana jenis iklan ini beroperasi, anggaran biaya yang akan dikeluarkan, dan bagaimana penggunaannya perlu Anda ketahui lebih dahulu. Bahkan, Anda juga harus memahami keunggulan atau manfaat beriklan secara offline tersebut.

Setelah Anda mengetahui dan memahami mengenai semua itu, Anda akan mempunyai gambaran yang matang mengenai strategi pemasaran yang tepat dalam menjalankan strategi promosi.

2. Siapkan Konten Iklan yang Menarik

Setelah perencanaan yang matang, Anda harus membuat konten iklan yang menarik. Bahkan, jika diperlukan tambahkanlah sentuhan kreativitas dalam konten tersebut.

Persiapkan konten Anda dimulai dari konsep, materi, bahasa iklan yang menarik, dan visualisasi iklan yang kreatif untuk mengundang perhatian target audiens. Lalu, buatlah call to action (CTA) dan media saluran yang bisa diakses oleh target audiens.

Jadi, nantinya iklan Anda tidak hanya dilihat, tetapi juga bisa dinikmati dan dapat mendorong audiens untuk bertransaksi. Sebab, Indeed mengatakan bahwa iklan yang baik tidak hanya sekadar untuk memperkenalkan produk, tetapi juga dapat menarik konsumen untuk membeli produk.

3. Pilih Perusahaan Periklanan yang Tepercaya

strategi promosi produk offline.jpg

Source: Doc. StickEarn - Strategi promosi produk yang paling efektif salah satunya ialah menggunakan MobileLED Advertising.

Setelah itu, ketika perencanaan promosi Anda sudah makin matang, pilihlah perusahaan periklanan yang tepercaya demi kesuksesan campaign pemasaran.

Dengan mengetahui perusahaan yang dapat membantu Anda dalam mempromosikan produk, Anda bisa segera merealisasikan iklan Anda di MobileLED Advertising.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa periklanan. Bahkan, ada yang menawarkan layanan atau produk serupa, tetapi hanya sedikit yang menyediakan MobileLED Advertising dengan fitur pengukuran kampanye yang canggih.

Salah satu perusahaan periklanan yang mempunyai produk yang efektif dan tepercaya ialah StickEarn. StickEarn menyediakan layanan MobileLED Advertising yang dilengkapi dengan teknologi canggih, yakni yang dapat memberikan insight terkait penyebaran dan keterlihatan iklan.

MobileLED Advertising dapat memberi tahu Anda mengenai berapa impression, reach. dan jumlah audiens yang melihat iklan di LED Display yang dibawanya. Dengan adanya laporan insight tersebut, Anda pun dapat membuat iklan yang lebih berdampak di kemudian hari.

Baca juga: Faktor Penting dalam Iklan yang Membuat Penjualan Meningkat

4. Lakukan Retargeting

Selain dapat menghasilkan laporan kampanye iklan, MobileLED juga bisa Anda manfaatkan sebagai sarana retargeting advertising. Anda dapat menggunakan produk ini untuk menargetkan iklan offline Anda kembali di media sosial audiens yang telah melihat iklan.

Teknologi MAID yang ada di dalam MobileLED Display memungkinkan Anda untuk melakukan re-targeting kepada audiens. Dengan begitu, audiens yang sudah melihat iklan di jalan, akan melihat iklan Anda pula di Facebook atau media sosial mereka.

Nah, layanan yang dibawa oleh MobileLED Advertising ini mampu membuat strategi promosi bisnis makin optimal. Paparan yang dihasilkan juga semakin luas dan masif.

Audiens yang awalnya mungkin saja tidak tertarik dengan produk Anda, karena terpapar beberapa kali, jadi tertarik untuk bertransaksi.

Berikut Hal-hal yang Harus Anda Ketahui tentang O2O

Offline-to-Online Advertising atau disebut juga O2O adalah layanan iklan onlline StickEarn yang dapat brand manfaatkan untuk re-targeting audiens (yang melihat iklan brand di Videotron, MobileLED maupun Mobile Showcase) di media sosial.

  • Bagaimana cara kerja O2O?

Iklan O2O bekerja dengan cara menganalisis data anonymus mobile ID audiens yang melihat atau melintasi Videotron, MobileLED, ataupun Showcase menggunakan teknologi MAID (Mobile Advertising ID).

Data tersebut kemudian diolah menggunakan pendekatan prediktif dan deterministik, sehingga menjadi iklan yang akan tampil kembali di media sosial mereka.

  • Berapa lama audiens menerima/terpapar iklan tersebut?

Jika masa campaign (Billboard, Videotron, MobileLED, dan Showcase) dan online retargeting berjalan secara paralel, audiens akan terpapar iklan online dalam waktu 1-2 jam setelah melihat iklan di luar ruang.

  • Berapa kali audiens akan melihat iklan tersebut?

Setiap audiens yang ditargetkan akan melihat iklan yang sama dengan media DOOH sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Baca juga: Memahami Contoh Marketing Mix yang Sukses dari Perusahaan Pelayanan

5. Tawarkan Diskon Produk

strategi promosi dengan retargeting.jpg

Source: Unsplash - langkah mempromosikan promosi produk yang efektif.

Setelah melakukan langkah-langkah strategi promosi penjualan, Anda juga dapat mencoba untuk menawarkan diskon produk kepada target audiens.

Menawarkan diskon produk dapat dilakukan dengan menampilkan materi promosi berupa iklan penawaran. Buatlah materi iklan berupa penawaran produk agar audiens tergiur untuk melihat, menyimak, dan membeli produk Anda.

Namun, jika tidak ingin menampilkan diskon karena terlalu hard selling, Anda bisa sekadar menyisipkan pesan promosi potongan harga tersebut di sela-sela video iklan MobileLED Advertising.

Menurut American Guerilla Marketing beriklan di MobileLED Advertising dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan iklan, media ini juga dilengkapi dengan fitur yang canggih.

Layar LED yang menempel di badan truck advertising tersebut dapat menampilkan iklan dengan berbagai format, mulai dari foto, video, maupun gabungan keduanya.

Sudah banyak perusahaan atau brand yang mempromosikan produk atau campaign mereka menggunakan MobileLED Advertising, salah satunya ialah campaign Jakarta X Beauty

Brand tersebut menggunakan MobileLED Advertising untuk mempromosikan produk ataupun campaign-nya, sehingga iklan yang dibuat makin terlihat jelas di jalan dan dapat meningkatkan popularitas produk dan meningkatkan brand awareness dari target audiens.

Contoh Stratagi Promosi

contoh strategi promosi di mobileled ads.JPG

Source: Doc. Foto StickEarn - Contoh promosi brand di luar ruang OOH.

Setalah mempelajari strategi promosi yang tepat menggunakan media OOH tersebut, Anda juga perlu mengetahui contoh strategi promosi yang melalui MobileLED Dislay Advertising StickEarn. Media yang satu ini terbilang efektif karena sering dipilih para pengiklan dalam mempromosikan produknya di luar ruang.

Salah satu brand yang menggunakan MobileLED Display ialah Pepsodent. Brand pasta gigi tersebut mengampanyekan aksi #BeraniUnjukGigi untuk mendukung kegiatan pemasarannya.

Unjuk Gigi yang dilakukan, selain dilombakan lewat template add your di IGS, juga ditujukan untuk mendukung laga Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia. Jadi, audiens yang melihat iklan di MobileLED Advertising dapat QR guna memberi dukungan kepada TIMNAS.

Lalu, gunakan template IGS sebagai aksi nyata dukungan dan keikutsertaan lomba. Peserta terpilih akan mendapatkan hadiah dari brand activation yang menarik tersebut.

Selain iklan Pepsodent di OOH, ada banyak brand lainnya yang memanfaatkan MobileLED sebagai sarana promosi. Brand itu di antaranya ialah Mixue, MakeOver, Chocomory, dan masih banyak lagi

Terapkan Strategi Promosi Produk Menggunakan MobileLED Sekarang!

Itulah penjelasan mengenai strategi promosi produk yang menggunakan MobileLED Advertising. Dengan memahami penjelasan ini, Anda bisa beriklan dengan lebih terukur, sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Hal itu karena Anda telah menyiapkan berbagai komponen strategi promosi produk secara matang. Anda melakukan riset dan memetakan target dengan baik.

Sebagai saran, jika di tahap ini Anda sudah yakin untuk beriklan menggunakan MobileLED Advertising, tak perlu ragu untuk mencoba mengimplementasikan strategi itu bersama StickEarn. StickEarn adalah perusahaan periklanan teknologi yang revolusioner dan terintegrasi yang siap membantu brand dalam memperkenalkan, menyebarluaskan, dan, tentunya, mempromosikan iklan kepada khayalak yang ada di luar ruang.

Jika tertarik bekerjasama, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih dahulu produk-produk StickEarn

CTA Banner Blog - 01.png