Dalam dunia marketing, ada beberapa marketing tools yang bisa kita lakukan untuk memikat dan menarik perhatian konsumen, seperti membuat iklan di TV atau radio, memasang iklan di koran, membuat iklan interaktif di media sosial, newsletter, dan lain sebagainya. StickFriends bisa mencontoh copywriting merek ternama untuk bisnis kalian.

Terlepas dari semua media yang StickFriends pilih akan percuma jika StickFriends tidak bisa membuat copywriting yang baik.

Copywriting itu tidak ada di mata kuliah jurusan apapun. Keahlian copywriter di dapat dari pengalaman menulis, membaca, dan selalu mencoba. Sebenarnya StickFriends bisa belajar copywriting dengan mengikuti beberapa contoh copywriting yang sudah ada atau belajar tentang psikologi perilaku konsumen untuk memahami pikiran dan keinginan konsumen.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting? Ini Contoh dan Cara Membuat Copy Yang Menarik!

Namun, itu semua memakan waktu yang cukup lama untuk melakukan research. Daripada pusing mencari-cari contoh copywriting yang baik, kali ini StickEarn akan membagikan contoh copywriting iklan yang bisa StickFriends ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Contoh-Contoh Copywriting Iklan

1. Rima Kata

Salah satu perusahaan yang handal banget menggunakan copywriting dengan menggunakan rima kata adalah Gojek.

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 01.png

Di atas adalah contoh copywriting yang di buat oleh Gojek dan Tokopedia yang bertuliskan:

Gabung Bikin Untung!

Pengiriman Instan,

Ongkirnya Gratisan.

Huruf-huruf dengan tanda bold inilah yang bisa kita sebut dengan rima. Ini adalah salah satu teknik copywriting yang membuat konten StickFriends lebih enak dibaca dan mudah di ingat oleh audiens.

Memang untuk membuat copywriting seperti ini StickFriends harus menghafal diksi kata dengan rima yang sama. Tapi jangan khawatir, StickEarn ingin membagikan sebuah situs yang menjelaskan beberapa tipe rima yang bisa SticFriends contoh, yaitu rimakata.com.

2. Benefit Headline

StickFriends pasti pernah membaca koran, majalah, atau masuk ke situs berita, bukan? Biasanya, pengunjung akan tertarik membaca beberapa berita atau artikel saat melihat judul yang sesuai dengan kebutuhan mereka, bukan?

Nah, benefit headline ini sama seperti judul berita atau artikel. Perbedaannya, untuk copywriting, StickFriends harus menjelaskan secara rinci keuntungan dan manfaat produk atau layanan yang kalian tawarkan kepada pengunjung.

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 02.png

Salah satu contoh copywriting dengan konsep benefit headline ini adalah Netflix. Saat StickFriends masuk ke halaman utama, Netflix langsung memberikan manfaat dan keuntungan menggunakan layanan mereka, “Unlimeted movies, TV shows, and more.”

Tidak cukup dengan satu headline saja, Netflix juga menambahkan subheadline yang bertuliskan “Watch anywhere. Cancel Anytime,” yang berarti, StickFriends dapat menonton acara TV atau film sesuka hati di mana saja, tetapi jika sudah tidak tertarik atau sudah tidak ada acara yang ingin di tonton, StickFriends dapat menghentikan langganan kapan pun.

3. Question Headline

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 03.png

Berbicara tentang “Question Headline,” StickEarn paling ingat dengan iklan dari tiket.com.

Di tahun 2019, Tiket.com membuat sebuah copywriting dengan jenis “Question Headline.” Iklan ini cukup unik, karena pada saat itu mungkin hanya tiket.com saja yang menggunakan jenis copywriting ini.

Alih-alih menawarkan keuntungan atau manfaat, mereka memberikan sebuah pertanyaan kepada audiens, “Mau kemana?” StickFriends pasti kalau di tanya itu bakal langsung menjawab, bukan? Nah biasanya mereka yang sudah punya tujuan akan langsung menjelajahi aplikasi Tiket untuk mendapatkan tiket yang mereka inginkan.

4. Claim Headline

Ini bukan sombong, namun sebagai pebisnis tentunya ingin bisnisnya di lirik oleh audiens, bukan? Salah satu perusahaan yang menggunakan jenis headline ini adalah “Makin Rajin” yang menyatakan bahwa mereka adalah “Digital Marketing Agency Indonesia Terbaik.”

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 04.png

Namun, ada satu hal yang harus StickFriends perhatikan saat menggunakan contoh copywriting ini, yaitu jangan terlampau imajinatif dan terkesan menipu, seperti:

  • Dapatkan Peringkat 1 Pencarian Google Dalam 1 Bulan!
  • Dipercaya Oleh Ribuan Pelanggan Luar Negeri, Teknologi Lokal Terbaik Saat Ini!

Jika StickFriends membaca tulisan-tulisan tersebut, pasti kalian tidak mempercayainya, bukan? Ini sangat tidak masuk akal dan patut di pertanyakan. Daripada mendapat serangan dari netizen, alangkah lebih baik jika StickFriends membuat claim headline yang sewajarnya saja.

5. Command Headline

Jenis copywriting yang satu ini langsung fokus mengajak audiens untuk melakukan sebuah tindakan yang kita inginkan. Biasanya, jenis copywriting ini menggunakan kalimat perintah yang dengan jelas mengarahkan audiens apa yang harus mereka lakukan.

Dalam kamus marketing, iklan ini biasa kita sebut dengan “Hard Selling.” Jenis iklan seperti ini biasa kita temukan pada iklan digital atau digital ads.

Baca Juga: Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Fungsi dan Media Yang Perlu Diketahui!

6. Statistic Headline

Jika StickFriends sudah memiliki data valid yang patut ditonjolkan, maka jenis copywriting yang satu ini bisa kalian buat untuk bisnis kamu.

Salah satu bisnis yang menggunakan jenis ini adalah PUBG. Mobile game yang satu ini menjelaskan secara detail bahwa mereka adalah game nomor 1 yang paling banyak di unduh di App Store dan Google Play di 100+ negara.

Dengan menunjukkan data ini, audiens dapat menyimpulkan secara langsung bahwa PUBG merupakan mobile game populer dan paling diminati saat ini. Jadi, jika StickFriends sudah punya banyak data yang valid, kalian bisa contoh copywriting yang satu ini.

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 05.png

7. Versus Headline

Banyak yang sering menyalahgunakan jenis copywriting yang satu ini dengan menjatuhkan kompetitor. Sebenarnya, sah-sah saja, namun perilaku ini akan terlihat buruk di mata audiens, StickFriends.

Daripada StickFriends berusaha menjatuhkan kompetitor, lebih baik copywriting yang satu ini bisa kalian gunakan dengan meng-compare produk A dengan produk B.

Misal, produk A merupakan produk keluaran tahun 2021 dan produk B rilis pada 2022, maka StickFriends bisa jelaskan perbedaan dan kelebihan antara kedua produk yang kalian miliki. Tentunya, copywriting ini bisa mengarahkan audiens untuk membeli produk B yang lebih terbaru.

8. Personal Headline

Contoh copywriting iklan yang terakhir adalah personal headline yang menggunakan kata-kata yang bersifat personal. Tujuan jenis copywriting ini adalah untuk menciptakan kedekatan antara brand dengan audiens.

Baca Juga: Teknik Pemasaran Produk Yang Paling Efektif Untuk Bisnis, Kamu Harus Tahu!

Beriklan dengan Contoh Copywriting di StickEarn

Itu dia contoh-contoh copywriting yang bisa StickFriends jadikan acuan dan inspirasi saat membuat iklan. Cobalah untuk berlatih merangkai kata-kata dan membuat kalimat yang menarik perhatian audiens.

Setelah StickFriends merasa copywriting kalian sudah oke, StickFriends bisa langsung membuat iklan secara nyata di StickEarn.

Selain menampilkan iklan dengan hasil karya copywriting, StickEarn juga memberikan data valid untuk mengetahui seberapa banyak audiens yang telah melihat dan melakukan aksi yang bisa StickFriends ukur keberhasilannya.

Menariknya, StickEarn punya 3 layanan advertising yang bisa StickFriends pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada transportation advertising yang menampilkan iklan di kendaraan umum, Digital Out-Of Home Advertising yang menampilkan iklan secara digital, dan Digital Platform Advertising yang memaksimalkan iklan untuk menjangkau audiens lebih luas.

Ayo buat copywriting yang menarik dan menjual sekarang. Raih kesuksesan bisnismu bersama StickEarn sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png