Dalam membuat iklan yang menarik, tentunya Anda harus memikirkan bahasa iklan yang akan digunakan. Melalui bahasa tersebut, iklan yang Anda buat akan lebih mudah diingat bahkan mampu mendorong konsumen untuk membeli atau bertransaksi di perusahaan Anda.

Hanya saja, mempromosikan produk secara unik menggunakan formula copywriting bahasa periklanan tidak mudah. Anda harus memahami apa saja ciri kebahasaan iklan yang menyajikan pesan pemasaran singkat, padat, dan jelas dalam membuatnya.

Meski sulit, Anda tak perlu bingung mengenai cara membuat konten yang menarik menggunakan bahasa iklan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentabg apa yang dimaksud dengan bahasa iklan dan jenis-jenisnya di artikel ini. StickEarn akan membahasnya secara lengkap untuk Anda!

Pelajari juga bagaimana brand mengemas konten iklan mereka di media OOH

Apa Itu Bahasa Iklan?

apa itu bahasa iklan.jpg

Source: Freepik - Bahasa iklan harus jelas, singkat, dan menarik perhatian para pembaca.

Iklan merupakan seluruh bentuk aktivitas untuk menghadirkan sekaligus mempromosikan ide, barang, ataupun jasa secara nonpersonal kepada khalayak. Wujud iklan sendiri beragam, seperti penyajian informasi produk, merek, toko, hingga perusahaan.

Adapun tujuan iklan adalah untuk membujuk atau menggiring orang agar melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan pihak pembuat iklan. Nah, agar orang atau konsumen mau membeli produk yang ditawarkan, maka dibutuhkan komunikasi khusus melalui bahasa iklan.

Sederhananya, bahasa iklan adalah komunikasi atau kalimat yang digunakan dalam mempromosikan produk di berbagai media periklanan. Komunikasi ini menggunakan struktur bahasa iklan yang jelas, singkat, padat, dan menarik.

Sebab, hal tersebut harus sejalan dengan tujuan penggunaan bahasa iklan, yaitu untuk memengaruhi pembaca maupun pendengar. Lebih jelas lagi, berikut ini adalah struktur dalam copy iklan yang perlu StickFriends ketahui.

  • Menggunakan diksi atau pilihan kata yang menarik, sopan, logis, dan juga tepat.
  • Berisi ungkapan atau majas yang bersifat memikat dan sugestif.
  • Tersusun dalam kalimat yang singkat serta mampu menonjolkan bagian-bagian yang penting dan krusial.

Sementara, berikut adalah struktur dalam iklan yang harus Anda pahami.

  • Menggugah. Maksudnya adalah bahasa yang mampu mencermati kebutuhan konsumen, memberi solusi, sekaligus memberikan perhatian.
  • Informatif, yaitu kata-kata yang Anda yang gunakan harus jelas, bersahabat, dan komunikatif agar tidak terkesan bertele-tele.
  • Persuasif, yaitu Anda harus menggunakan kalimat persuasif. Kalimat persuasif adalah serangkaian kalimat yang mampu membuat konsumen nyaman, tentram, senang, dan juga menghibur.
  • Bertenaga gerak, yakni komposisi kata-kata pada iklan harus bisa menghargai waktu selama masa penawaran atau masa promosi berlangsung.

Ciri-Ciri Bahasa Iklan yang Baik

kreteria bahasa iklan yang menarik dan kreatif.jpg

Source: Freepik - Ciri bahasa iklan yang harus Anda pahami.

Seperti bahasa pada umumnya, kalimat iklan yang baik juga mempunyai ciri kebahasaan iklan tersendiri. Karakteristik inilah yang nantinya akan memudahkan pembuat maupun pembaca dalam mengenali suatu iklan.

Apa sajakah ciri bahasa iklan yang baik dan benar tersebut? Yuk, silakan simak pada poin-poin di bawah.

1. Menggunakan Kalimat Persuasif

Ciri bahasa iklan menggunakan kalimat yang persuasif. Kalimat persuasif adalah jenis kalimat yang berisi ajak atau bujukan agar pembaca mau melakukan suatu tindakan yang diharapkan oleh seseorang.

Penggunaan kalimat persuasif ini bertujuan untuk meyakinkan dan juga membujuk pembaca atau pendengar agar mereka mau melaksanakan gagasan dari kalimat iklan tersebut.

Umumnya, penggunaan kalimat persuasif pada suatu iklan akan menekankan diksi tertentu. Contohnya adalah kata murah, handal, cepat, flash sale, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Slogan atau Jargon Khusus

Ciri-ciri bahasa iklan yang baik selanjutnya adalah menggunakan slogan atau jargon khusus. Tujuan dari penggunaan slogan dan jargon sendiri adalah agar kalimat dalam bahasa iklan bisa lebih menarik.

Selain itu, slogan dan jargon ini juga membuat pembaca bisa mudah mengingat pesan yang disampaikan pada iklan.

Penggunaan slogan dan jargon juga biasanya hanya menggunakan kalimat pendek dan sederhana yang tidak lebih dari lima kata. Dengan begitu, maka pesan atau tawaran yang ingin StickFriends sampaikan bisa memengaruhi orang atau target audiens.

Oleh karena itulah, pemilihan diksi dan penyusunan kalimat pada slogan, jargon atau iklan harus kreatif, trendy, dan tidak ketinggalan jaman. Bahkan jika perlu, Anda juga bisa menggunakan diksi yang sedang ramai dan menjadi perbincangan pada saat itu.

3. Menggunakan Sudut Pandang Orang Pertama

Ternyata, penggunaan sudut pandang orang pertama pada iklan bisa memberi pengaruh yang besar pada konten yang Anda buat. Ciri-ciri bahasa iklan yang satu ini umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal maupun jamak, seperti aku, saya, dan kami.

Adapun salah satu contoh penggunaan sudut pandang orang pertama pada iklan, yaitu:

“Kamu lapar dan haus, tapi duit pas-pasan? Minum Okky Jelly Drink aja, yuk. Solusi penunda lapar, anti bokek!”

4. Singkat dan Mudah Dipahami

Pada dasarnya, bahasa iklan juga harus singkat dan mudah dipahami. Dengan kata lain, pesan yang ingin Anda sampaikan pada iklan harus to the point. Jangan sampai iklan tersebut berbelit-belit.

Karena itu, iklan yang dibuat oleh brand-brand besar dunia selalu menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh banyak orang. Jadi, tidak hanya mengarah pada suatu kelompok saja.

5. Hiperbola

Ciri-ciri bahasa iklan yang selanjutnya adalah hiperbola. Secara umum, hiperbola merupakan ucapan kiasan yang dilebih-lebihkan untuk menonjolkan kesan yang ingin StickFriends tampilkan.

6. Propaganda

Propaganda adalah serangkaian pesan yang bertujuan untuk mendapat pengaruh atas pendapat seseorang, tindakan masyarakat, ataupun sekelompok orang.

7. Komunikatif

Meskipun bahasa iklan tersusun dari beberapa kata yang singkat dan lugas, tetapi Anda juga tetap harus membuat kalimat yang komunikatif. Dengan begitu, pembaca bisa lebih mudah dalam memahami maksud dari pesan pada iklan yang StickFriends sampaikan.

8. Informatif

Bahasa iklan yang informatif mampu memberi informasi kepada pembaca tentang produk dan/atau layanan yang StickFriends tawarkan dengan jelas.

Konsep Bahasa dalam Iklan

Selain ciri-cirinya yang berbeda, bahasa untuk sebuah iklan juga mempunyai konsep yang berbeda. Secara umum, konsep dalam iklan terdiri dari beberapa unsur kebahasaan.

Menurut Corbett (1971) dalam Classical Rhetoric for the Modern Student, iklan dibentuk berdasarkan konsep seperti berikut ini:

  • Substitution (Simple Tropes), yaitu konsep pembuatan iklan yang menggunakan bahasa informal, implisit, dan bertujuan untuk mempengaruhi audiens untuk membeli produk. Konsep ini terdiri dari jenis hiperbola, antanaklasis, dan resonansi.
  • Destabilisation (Complex Tropes), yaitu konsep pembuatan iklan yang menggunakan gaya bahasa metaforis dan paradoks.

Pengaruh Bahasa Iklan dalam Pemasaran

manfaat bahasa iklan.jpg

Source: Freepik - Manfaat menggunakan bahasa iklan yang unik untuk perusahaan.

Kalimat yang Anda gunakan dalam membuat iklan mempunyai peranan yang sangat penting. Bahasa iklan tersebut tak hanya sekadar menarik perhatian orang yang membacanya saja, tetapi lebih dari itu.

Bahasa iklan dapat menjadi perwajahan brand Anda, sehingga bahasa iklan akan membantu Anda meningkatkan brand image. Jadi, ketika Anda mengeluarkan iklan dengan bahasa yang sudah ditentukan, audiens pasti akan sadar bahwa itu ialah iklan yang perusahaan Anda buat.

Selain itu, bahasa iklan juga bisa meningkatkan kualitas produk secara tidak langsung. Bahkan, kalimat iklan yang dibuat menarik dan unik mampu menghibur para pembacanya.

Baca juga:Peran Penting Copywriting dalam Iklan DOOH, Apa Saja?

Tujuan Iklan

Setelah mengetahui berbagai ciri-ciri dari bahasa iklan, berikut ini adalah beberapa tujuan iklan secara umum yang wajib Anda ketahui.

Sebab, dengan mengetahui tujuan umum iklan, Anda akan semakin mudah membuat poster iklan dengan bahasa yang menarik.

1. Memperkenalkan Produk

Pada jenis iklan niaga, bahasa iklan yang Anda gunakan bertujuan untuk memperkenalkan produk dan/atau layanan kepada calon konsumen. Khususnya jika produk yang StickFriends tawarkan merupakan produk baru yang belum banyak orang mengetahuinya.

2. Menampilkan Pesan Sosial

Dalam iklan layanan masyarakat, bahasa iklan harus mampu meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat luas terhadap isu sosial yang ingin Anda angkat.

Komunikasi perlu dibuat dengan sedemikian rupa agar bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Bukan hanya untuk satu kelompok sosial saja, tetapi secara universal.

3. Menawarkan Produk

Selain memperkenalkan produk, iklan juga harus bertujuan untuk mendorong penjualan. Dengan menerapkan bahasa iklan yang baik, produk yang Anda tawarkan tidak hanya dikenal oleh masyarakat, tetapi juga memiliki daya beli yang tinggi.

Makanya, sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan penggunaan kalimat agar pesan yang ingin dikirim kepada khalayak tersampaikan dan mereka pahami dengan baik.

Sederhananya, semakin efektif iklan yang StickFriends sampaikan, maka akan semakin banyak transaksi yang terbentuk. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

4. Memperluas Target Sasaran

Pada dasarnya, bahasa iklan digunakan dengan tujuan untuk mengenalkan sekaligus menawarkan produk agar dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Artinya, iklan tersebut harus bisa memperluas target pasar bisnis StickFriends.

Sedangkan, pada iklan layanan masyarakat, maksud dari target pemasaran adalah seluruh anggota masyarakat dari berbagai kelompok sosial yang secara sukarela menerima serta memahami pengetahuan pada iklan tersebut.

Sudah Paham tentang Bahasa Iklan?

Itulah tadi pembahasan StickEarn mengenai bahasa iklan. Jika disimpulkan, bahasa iklan adalah kalimat khusus yang menjadi komunikasi dalam strategi pemasaran perusahaan ketika membuat iklan.

Memerhatikan bahasa iklan yang dibuat sangatlah penting. Bahasa ini dapat membantu meningkatkan konversi penjualan, mendorong brand awareness, dan citra positif di mata khalayak.

Jika Anda sudah menentukan komunikasi iklan yang diinginkan, Anda bisa segera menayangkan promosi bisnis tersebut. Ada berbagai media yang bisa Anda gunakan, misalnya iklan luar ruang StickEarn, yakni Transportation Advertising, Digital Out-of-Home, atau Digital Platform seperti Offline-to-Online.

Tertarik menggunakan layanan terbaik dari StickEarn? Yuk, langsung klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk kami.

CTA Banner Blog - 02.png