Berkembanganya bidang periklanan membuat advertiser makin kreatif dalam mengemas konten iklan produk mereka. Hal itu dibuktikan dengan lahirnya berbagai contoh copywriting yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Formula copy iklan yang copywriter buat tak hanya kreatif. Sebagian ads copy mereka bahkan berhasil menggoda perhatian para pembaca sehingga mau membeli produk yang ditawarkan.

Pasalnya, copywriting adalah teknik pemasaran yang sangat memengaruhi performa iklan. Oleh karena itu, Anda pun wajib memahami tentang hal tersebut melalui berbagai contoh teks copywriting yang kami bahas di artikel ini.

Simak juga contoh copywriting brand dalam iklan OOH dan DOOH melalui Case Study berikut:

Apa Itu Contoh Copywriting?

Ada berbagai bentuk copywriting yang bisa menjadi contoh untuk Anda dalam membuat copy iklan. Adapun kata-kata copywriting yang bisa menjadi contoh tersebut ialah sebagai berikut.

1. Rima Kata

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 01.png Source: Doc. StickEarn - Contoh kata-kata iklan Gojek yang menarik.

Salah satu perusahaan yang andal dalam menggunakan copywriting berima adalah Gojek.

Contoh copywriting yang dibuat oleh perusahaan tersebut dapat Anda lihat melalui banner dan uraian di bawah.

Gabung Bikin Untung!

Pengiriman Instan,

Ongkirnya Gratisan.

Huruf-huruf dengan tanda bold inilah yang bisa kita sebut dengan rima. Ini adalah salah satu teknik copywriting yang membuat konten Anda lebih enak dibaca dan mudah di ingat oleh audiens.

Memang untuk membuat copywriting seperti ini Anda harus menghafal diksi kata dengan rima yang sama. Namun, jangan khawatir, Anda dapat menggunakan situs rimakata.com untuk membuatnya.

2. Benefit Headline

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 02.png Source: Doc. StickEarn - Contoh copywriting iklan Netflix.

Anda pasti pernah membaca koran, majalah, atau masuk ke situs berita, bukan? Biasanya, pengunjung akan tertarik membaca beberapa berita atau artikel saat melihat judul yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Nah, benefit headline ini sama seperti judul berita atau artikel. Perbedaannya, untuk copywriting Anda harus menjelaskan secara rinci keuntungan dan manfaat produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada pengunjung.

Salah satu contoh copywriting dengan konsep benefit headline dapat Anda temui pada iklan Netflix. Saat StickFriends masuk ke halaman utama Netflix, perusahaan VOD itu langsung memberikan manfaat dan keuntungan menggunakan layanan mereka, “Unlimited movies, TV shows, and more.”

Tidak cukup dengan satu headline saja, Netflix juga menambahkan subheadline yang bertuliskan “Watch anywhere. Cancel Anytime,” yang berarti, Anda dapat menonton acara TV atau film sesuka hati di mana saja.

Namun, jika sudah tidak tertarik atau sudah tidak ada acara yang ingin di tonton, Anda dapat menghentikan langganan. Kapanpun.

3. Question Headline

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 03.png Source: Doc. StickEarn - Contoh kalimat iklan yang menggunakan formula question headline.

Berbicara tentang “Question Headline,” StickEarn paling ingat dengan iklan dari tiket.com.

Di tahun 2019, Tiket.com membuat sebuah copywriting dengan jenis “Question Headline”. Iklan online ini cukup unik karena pada saat itu mungkin hanya tiket.com saja yang menggunakan jenis copywriting ini.

Alih-alih menawarkan keuntungan atau manfaat, mereka memberikan sebuah pertanyaan kepada audiens, “Mau kemana?” StickFriends pasti kalau di tanya itu bakal langsung menjawab, bukan?

Nah biasanya mereka yang sudah punya tujuan akan langsung menjelajahi aplikasi Tiket untuk mendapatkan tiket yang mereka inginkan.

4. Claim Headline

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 04.png Source: Doc. StickEarn - Bentuk penerapan copywriting.

Ini bukan sombong, tetapi sebagai pebisnis tentunya ingin bisnis yang Anda jalankan dilirik oleh audiens, bukan?

Salah satu perusahaan yang menggunakan jenis headline ini adalah “Makin Rajin” yang menyatakan bahwa mereka adalah “Digital Marketing Agency Indonesia Terbaik.”

Namun, ada satu hal yang harus StickFriends perhatikan saat menggunakan contoh copywriting ini, yaitu jangan terlampau imajinatif dan terkesan menipu, seperti:

* Dapatkan Peringkat 1 Pencarian Google Dalam 1 Bulan! * Dipercaya Oleh Ribuan Pelanggan Luar Negeri, Teknologi Lokal Terbaik Saat Ini!

Jika StickFriends membaca tulisan-tulisan di atas, Anda pasti tidak mempercayainya, bukan? Ini sangat tidak masuk akal dan patut di pertanyakan. Daripada mendapat serangan dari netizen, alangkah lebih baik jika Anda membuat claim headline sewajarnya saja.

Baca Juga: Pentingnya Copywriting Iklan yang Menarik di DOOH

5. Command Headline

Jenis copywriting yang satu ini langsung fokus mengajak audiens untuk melakukan sebuah tindakan yang kita inginkan. Biasanya, jenis copywriting tersebut menggunakan kalimat perintah yang dengan jelas mengarahkan audiens apa yang harus mereka lakukan.

Dalam kamus marketing, iklan itu biasa kita sebut dengan “Hard Selling.” Jenis iklan seperti ini biasa kita temukan pada iklan digital atau digital ads.

6. Statistic Headline

Recreate Image untuk Artikel SEO 2_IMAGE 05.png Source: Doc. StickEarn - Contoh banner iklan PUBG.

Jika StickFriends sudah memiliki data valid yang patut ditonjolkan, maka jenis copywriting yang satu ini bisa kalian buat untuk bisnis Anda.

Salah satu bisnis yang menggunakan jenis ini adalah PUBG. Mobile game yang satu ini menjelaskan secara detail bahwa mereka adalah game nomor 1 yang banyak di unduh di App Store dan Google Play di 100+ negara.

Dengan menunjukkan data ini, audiens dapat menyimpulkan secara langsung bahwa PUBG merupakan mobile game populer dan paling diminati saat ini. Jadi, jika StickFriends sudah punya banyak data yang valid, kalian bisa contoh copywriting yang satu ini.

7. Versus Headline

Banyak yang sering menyalahgunakan jenis copywriting yang satu ini dengan menjatuhkan kompetitor. Sebenarnya, sah-sah saja, tetapi perilaku ini akan terlihat buruk di mata audiens, StickFriends.

Daripada StickFriends berusaha menjatuhkan kompetitor, lebih baik copywriting yang satu ini bisa Anda gunakan dengan meng-compare produk A dengan produk B.

Misal, produk A merupakan produk keluaran tahun 2021 dan produk B rilis pada 2022, maka StickFriends bisa jelaskan perbedaan dan kelebihan antara kedua produk yang Anda miliki. Tentunya, copywriting ini bisa mengarahkan audiens untuk membeli produk B yang lebih terbaru.

8. Personal Headline

Contoh copywriting iklan selanjutnya ialah personal headline yang menggunakan kata-kata yang bersifat personal. Tujuan jenis copywriting ini untuk menciptakan kedekatan antara brand dengan audiens.

9. Opportunity

Menawarkan kesempatan atau opportunity kepada pelanggan dalam copywriting juga penting untuk dilakukan. Sebab, formula ads copy dengan teknik opportunity mampu mendorong leads.

Pembaca yang melihat copy Anda pasti akan langsung tergugah untuk berinteraksi dengan produk yang ditawarkan, StickFriends. Adapun contoh copywriting menggunakan teknik tersebut ialah sebagai berikut.

"Kesempatan terakhir untuk membawa pulang motor terbaru dengan diskon 3.5 juta. Terakhir hari ini! Ayo, check out segera!"

Baca juga: Mengenal Teori AIDA Marketing, Contoh, dan Penerapannya untuk Promosi!

10. Menghadirkan Eksklusivitas

Contoh copywriting terakhir yang dapat menjadi inspirasi Anda ialah eksklusivitas. Bentuk copywriting tersebut membawa keunikan tersendiri karena konsumen ditempatkan pada posisi yang eksklusif.

Melalui keunikan itu, Anda pun berpeluang untuk meningkatkan penjualan. Sebab, konsumen pasti merasa terkesan atau paling tidak menemukan suatu value dari produk yang Anda tawarkan.

Contoh penerapan copywriting yang menggunakan kesan eksklusif ialah sebagai berikut.

"Simak Case Study StickEarn yang menyajikan berbagai campaign marketing iklan OOH dan DOOH yang menarik dan insightsfull dari berbagai brand ternama dengan klik banner."

Contoh Copywriting Mana yang Menarik?

Itulah tadi beberapa contoh copywriting yang dapat Anda terapkan di perusahaan. Dari contoh-contoh di atas, copywriting mana saja yang menarik untuk diikuti?

Jika Anda sudah tau ingin membuat copywriting seperti apa untuk mempromosikan produk, Anda bisa menerapkannya melalui iklan luar ruangan. Dengan begitu, iklan yang Anda buat pasti akan lebih berdampak.

Anda dapat membuat iklan di media tersebut bersama StickEarn. Kami siap membantu Anda menyebarluaskan promosi bisnis kepada khalayak yang ada di jalan.

Jadi, tunggu apalagi silakan klik banner di bawah untuk beriklan bersama kami atau pelajari produk-produk StickEarn lebih lanjut.

CTA Banner Blog - 01.png