Contoh tagline yang menarik wajib Anda ketahui dan pelajari. Selain ada banyak contoh tagline di era saat ini, memahami berbagai contohnya, entah untuk kebutuhan iklan maupun event, sangatlah membantu Anda dalam membuat campaign marketing di perusahaan.

Tagline yang menarik dapat menjadi representasi identitas suatu brand. Pada tahap lebih lanjut, jika tagline yang digunakan unik dan mudah diingat, tagline tersebut juga dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness terhadap produk maupun brand itu sendiri.

Riset Newswire menunjukkan bahwa 50% orang menganggap slogan perusahaan sebagai elemen branding yang paling membantu mereka memahami tujuan bisnis masing-masing brand. Artinya, slogan iklan ataupun branding yang Anda buat dapat mempermudah Anda dalam menjelaskan tujuan bisnis kepada konsumen.

Oleh karena itu, penggunaan tagline sangatlah penting karena dapat membantu Anda menjalankan kegiatan marekting dan branding dengan lebih baik lagi. Lantas, yang menjadi pertanyaannya ialah apa sajakah contoh tagline yang menarik dan kreatif tersebut?

Baca juga: Cara Menggunakan Hashtag TikTok yang Tepat untuk Pemasaran

Contoh Tagline yang Kreatif dan Menarik

Pada dasarnya ada berbagai jenis tagline yang perlu Anda ketahui lebih dahulu. Jenis-jenis tersebut, di antaranya ialah tagline provokatif, yaitu jargon yang dibuat menggunakna kata-kata provokasi, seperti menantang para pembeli, dan tagline spesifik, yaitu tagline yang lebih menonjolkan keunggulan produk maupun brand.

Lalu, ada juga tagline deskriptif yang dibuat untuk menjelaskan sesuatu. Misalnya, tagline yang mengandung kata-kata penjelasan dari suatu keunikan atau keunggulan produk. Terakhir, jenis imperatif yang bersifat mengajak orang untuk membeli produk dan superatif ialah jenis tagline yang menggunakan gaya bahasa hiperbola.

Meskipun jenisnya ada banyak, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengidentifikasi jenis-jenis tersebut melalui pemaparan contoh slogan iklan yang ada di bawah ini.

1. Tagline Iklan NutriSari

iklan nutrisari di mobil.jpg

Source: Doc. StickEarn - Tagline iklan dari NutriSari.

NutriSari adalah salah satu brand lokal yang menawarkan produk minuman sachet atau dalam kemasan. Dalam memasarkan produknya, NutriSari menggunakan tagline iklan yang unik, yaitu “Jeruk Kok Minum Jeruk?”.

Dari kalimat tersebut dapat dilihat bahwa NutriSari berupaya menggambarkan secara keseluruhan produk mereka, tetapi dikemas dengan penggambaran kalimat yang unik.

Kalimat tagline itu juga mengatakan kepada audiens bahwa produk mereka memiliki kualitas jeruk yang asli, sehingga audiens tidak perlu lagi meragukan jeruk yang NutriSari tawarkan.

Sebagai upaya mendorong kesadaran terhadap tujuan bisnisnnya, NutriSari mempromosikan produk minumannya itu menggunakan berbagai jenis iklan, mulai dari _online, offline, atau bahkan menggabungkan keduanya.

Terbaru, NutriSari bekerjasama dengan StikcEarn untuk menyebarluaskan awareness dan promosi produk menggunakan iklan luar ruang, yaitu Car Advertising StickEarn.

Strategi beriklan di mobil yang NutriSari lakukan menarik perhatian saat audiens melihat iklan Nutrisari di jalan. Ditambah lagi, brand ini menggunakan sejumlah unit Car Advertising untuk swarming, sehingga iklan yang dibuat sangat masif dan stand out.

2. Tagline Indomie

Selanjutnya ialah brand makanan mie instan terkemuka di Tanah Air. Siapa lagi kalau bukan Indomie. Pasalnya, slogan campaign yang dibuat oleh Indomeie hingga kini menjadi top of mind di dalam benak audiens.

Pada setiap iklan ataupun kegiatan pemasaran brand Indomie, tagline “Indomie Seleraku” selalu ditampilkan. Selain itu, kalimat jargonnya yang sederhana dan dekat dengan audiens juga menjadi faktor penting yang membuat taglin tersebut tertanam kuat di benak konsumen.

Kalimat tagline tersebut juga singkat. Namun, secara tidak langsung dapat “mengklaim” audiens yang membacanya sebagai pemilik ataupun penikmat produk Indomie, sehingga audiens yang membacanya akan tertarik untuk membeli produk Indomie.

3. Brand Teh Botol Sosro

Tagline dari brand minuman yang satu ini juga tidak kallah asing bagi sebagian besar orang. Hal itu disebabkan oleh kalimat yang digunakan terasa dekat dan sederhana, sehingga mudah diingat.

Brand Teh Botol Sosro memiliki tagline iklan, yaitu “Apapun Makanannya, Minumannya Teh Botol Sosro”. Kalimat tagline tersebut hingga kini masih tertanam di benak warga Indonesia. Bahkan, menghipnotis audiens untuk melakukan pembelian karena kalimat yang dibuat cukup mampu mendorong aksi pemasaran.

Dari kalimat tagline yang digunakan brand Teh Botol Sosro ini dapat dijadikan inspirasi untuk bisnis Anda. Sebab, dalam membuat tagline yang menarik, sejatinya Anda tidak memerlukan kalimat yang panjang.

Selain itu, Anda juga wajib mengenali produk Anda terlebih dahulu; apa manfaat atau USP-nya. Lalu, buatlah tagline yang mudah diingat oleh konsumen.

4. Tagline Sprite

iklan sprite dengan tagline yang menarik.jpeg

Source: Doc. StickEarn - Tagline produk minuman.

Contoh tagline yang menarik berikutnya kembali datang dari produk minuman. Selain Sosro, Sprite juga dikenal sebagai brand yang selalu kreatif dalam membuat kalimat iklan untuk konten pemasarannya.

Dari banyaknya copy ads yang dibuat, ada beberapa tagline yang StickEarn rasa membekas dari brand tersebut, yaitu "Nyatanya Nyegerin". Lalu, yang terbaru, yang tampil di media iklan OOH Bus Advertising StickEarn, yaitu "Macet di jalan panasnya nggak nahan? Gerah? Chill aja lah."

Tagline tersebut merupakan salah satu contoh tagline menarik dari produk minuman yang dapat menjadi inspirasi Anda. Meskipun kalimat tersebut terkesan singkat, tetapi mampu merepresentasikan keunggulan produk yang Sprite tawarkan.

Ditambah lagi, Sprite menampilkan copy iklannya di Bus Adsvertising. Jaminan iklan dilihat dan kalimat yang dibuat terbaca oleh banyak orang sangat besar. Sebab, poster iklan yang digunakan tampil dalam ukuran besar, sehingga akan lebih mudah dibaca oleh khalayak.

Baca juga: Mengenal Beragam Formula Copywriting untuk Beriklan

5. Tagline Nike

Bicara soal contoh tagline yang baik, rasanya kurang lengkap jika tidak menyebutkan Nike dalam dereta contoh tersebut. Brand perlengkapan olahraga ini terbilang sukses dalam mendorong audiens untuk mengambil suatu tindakan melalui tagline-nya.

Nike mengusung jargon "Just Do It!" untuk mendorong dan memotivasi konsumen dalam mengambil suatu tindakan. Bahkan, Nike juga mengajak konsumen setianya untuk berani melampaui batasan dirinya.

Sebab, melalui tagline itu, Nike menyelipkan pesan tersembunyi bahwa untuk menjadi berani dan bisa melampaui batasan diri, konsumen dapat melakukannya bersama produk-produk Nike.

Maka, tidak heran bila berkat tagline yang dibuat, brand tersebut dapat menjadi top of mind dan mencuri perhatian pasar agar mau membeli produk-produk olahraga mereka. Bagaimana menurut Anda?

Bagaimana Tagline yang Baik?

langkah membuat tagline.jpg

Source: Freepik - Tips dan cara membuat tagline yang kreatif.

Secara umum, tagline yang baik dapat Anda lihat melalui beberapa faktor. Hal pertama, tagline dapat memberikan kesan dan pesan yang mudah dikenali oleh audiens. Lalu, tagline tersebut juga harus memiliki “tempat tersendiri” (red: related) dalam benak audiens.

Tentu saja tagline bukanlah sekadar kata-kata biasa, melainkan kata-kata yang dapat merepresentasikan identitas dan karakteristik dari suatu brand.

Isi dari tagline harus terkandung deskripsi singkat berupa value preposition dari brand. Tujuannya ialah untuk memberikan pesan singkat berupa penjelasan mengenai manfaat dari produk yang brand tawarkan.

Pembuatan tagline juga memerlukan teknik penulisan copywriting yang baik untuk mempersingkat kalimat agar terkesan efektif untuk dibaca, tetapi meskipun singkat kalimat tagline dapat menarik perhatian banyak target audiens.

Nantinya, tagline akan didekat logo brand atau bahkan bisa berdiri sendiri. Namun, tagline juga akan digunakan dan disebutkan pada seluruh kegiatan pemasaran.

Jika sudah membuat tagline yang menarik, Anda dapat menggunakan iklan luar ruang untuk membantu Anda dalam menyebarluaskan informasi produk. Anda bisa memanfaatkan iklan OOH, seperti Transportation Advertising, dan Digital Out-of-Home Advertising bersama StickEarn.

Iklan luar ruang dapat memberikan impact yang positif untuk campaign Anda. Sebab, dengan menggunakan media tersebut, iklan yang Anda buat akan mudah dilihat oleh khalayak yang ada di jalan.

Contohnya, kampanye pemasaran Sprite yang StickEarn jelaskan di atas. Meskipun copy atau tagline yang dibuat sederhana, tetapi tetap berpotensi dilihat dan dibaca oleh banyak orang.

Buat Tagline Menarik untuk Brand Anda Sekarang!

Mengetahui contoh tagline menarik untuk iklan maupun kampanye bisnis lainnya sangatlah penting, bukan? Dengan menyimak pembahasan StickEarn di artikel ini, Anda jadi mempunyai inspirasi dalam membuat jargon versi perusahaan Anda.

Sebagai saran, jika Anda ingin lebih mneyukseskan strategi marketing, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn melalui periklanan luar ruang, seperti Transportation Advertising, seperti Car Advertising, Motorbike Advertising, Train Advertising, Plane Advertising, dan Angkot Advertisisng, dan Digital Out-of-Home Advertising yang terdiri dari MobileLED Advertising, Videotron, dan Mobile Showcase Advertising.

Jika Anda tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png