Iklan berjalan telah menjadi salah satu metode promosi yang paling efektif dan inovatif dalam bidang pemasaran. Pasalnya, iklan berjalan mampu menjangkau audiens yang lebih luas karena mobilitasnya yang tinggi.

Penggunaan kendaraan sebagai media iklan, seperti mobil, motor, transportasi umum, dan MobileLED memungkinkan promosi Anda dilihat oleh lebih banyak orang di berbagai lokasi. Hasilnya, visibilitas dan kesadaran merek berpotensi meningkat lebih cepat.

Selain itu, fleksibilitas iklan berjalan juga menjadi sarana yang ideal bagi Anda yang ingin menyasar audiens dengan lebih masif. Karena manfaatnya itu, tidak heran jika semakin banyak perusahaan yang memilih iklan berjalan sebagai salah satu sarana promosi produk terbaik mereka.

Jika Anda tertarik beriklan di media bergerak ini, Anda wajib mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana iklan berjalan dapat menjadi sarana kampanye yang menguntungkan. Silakan simak pembahasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness Produk agar Makin Dikenal

Lingkup Iklan Berjalan

meningkatkan eksposur dengan iklan di mobil.JPG Source: Doc. StickEarn - Contoh mobile advertising berjalan di luar ruang.

Setiap bisnis pasti menggunakan media iklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Sarana untuk beriklan tersebut bisa berupa media sosial atau iklan luar ruang dengan media berjalan.

Seperti namanya, iklan berjalan adalah sebuah iklan yang sifatnya bergerak dan tidak diam di satu tempat. Hal ini mungkin untuk dilakukan karena iklan tersebut dibawa oleh media yang dinamis, seperti iklan yang dipasang di kendaraan.

Dengan menggunakan kendaraan sebagai sarana iklan berjalan, maka iklan statis pun dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas karena mobilitas kendaraan yang tinggi. Kemampuannya untuk menjangkau berbagai lokasi ini memungkinkan iklan Anda dilihat oleh lebih banyak orang dari berbagai kalangan dan area geografis yang berbeda.

Beberapa contoh kendaraan yang bisa digunakan sebagai media berjalan, di antaranya ialah transportasi umum, kendaraan pribadi, hingga MobileLED Advertising. Ketiganya tentu memiliki kelebihannya masing-masing dalam mempromosikan produk.

Kelebihan Iklan Berjalan untuk Promosi

Iklan berjalan menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian konsumen di berbagai lokasi. Dengan menggunakan kendaraan sebagai alat promosi, iklan ini mendekati audiens secara langsung.

Meskipun begitu, setiap channel yang masuk ke dalam jenis iklan berjalan memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Apa saja perbedaannya itu? Simak penjelasannya lengkapnya di bawah.

1. Iklan Berjalan di Transportasi Umum

iklan komersial produk kecantikan di kereta krl.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan berjalan di transportasi umum.

Sebagian dari Anda pasti sudah sering menemukan iklan pada transportasi umum. Contoh iklan di kendaraan ialah yang di tempel pada bagian luar (wrapping) maupun di dalam kendaraan.

Keduanya dapat digunakan secara bersamaan sebagai media branding untuk bisnis. Dengan begitu, tidak hanya penumpang di dalam kendaraan saja yang terpapar oleh iklan, tetapi juga masyarakat luar yang sedang berjalan kaki atau pengendara lain.

Secara tidak langsung, iklan Anda berpotensi untuk dilihat oleh lebih banyak orang dibandingkan hanya diiklankan pada suatu tempat saja. Lebih dari itu, penumpang di dalam transportasi umum memiliki waktu yang panjang selama perjalanan, sehingga pesan iklan Anda dapat tertanam di benak mereka.

Mengutip The Neuron, penelitian dari Out of Home Advertising Association of America (OAAA) membuktikan bahwa lebih dari 54% konsumen melihat iklan yang ditampilkan di transportasi publik. Dari jumlah tersebut, lebih dari dua pertiga (67%) melakukan tindakan lebih lanjut, seperti mengunjungi situs web atau media sosial pengiklan hingga mengunjungi toko atau restoran yang diiklankan.

Hal ini menunjukkan bahwa iklan transit di transportasi umum tidak hanya efektif dalam menarik perhatian, tetapi juga dalam mendorong konsumen untuk berbelanja. Dengan demikian, memanfaatkan iklan di transportasi publik dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan konversi.

2. Iklan Berjalan pada Kendaraan Pribadi

mobile advertising di luar ruang ooh.JPG

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan berjalan di mobil dan motor pribadi.

Selain public transportation, kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, juga dapat dijadikan tempat promosi iklan berjalan. Iklan berjalan di mobil maupun motor memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi.

Selain itu, mobil iklan berjalan dapat menarik perhatian orang yang sedang berada di trotoar atau di tempat-tempat umum saat sedang berhenti. Dengan demikian, iklan berjalan di mobil efektif dalam meningkatkan visibilitas merek.

Sama halnya dengan iklan mobil, motor advertising juga mampu membawa iklan berjalan hingga gang-gang kecil di pemukiman warga. Iklan Anda akan lebih mudah menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan tidak bisa dihindari lagi.

Baca juga: Mengenal Iklan di Mobil & Spotnya yang Menguntungkan

3. Iklan Berjalan dengan MobileLED

iklan mobileled berjalan.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan berjalan MobileLED yang inovatif.

MobileLED atau mobile billboard advertising merupakan media iklan yang menggabungkan kendaraan dengan layar LED. Jadi, iklan yang ditampilkan tidak sebatas poster saja, tetapi juga iklan video animasi.

Kelebihan yang ditawarkan oleh MobileLED, yaitu ukurannya yang besar, sehingga bisa menarik perhatian orang di jalanan. Dengan demikian, awareness audiens akan produk atau layanan Anda juga akan meningkat.

MobileLED ini juga biasa dioperasikan pada tempat-tempat ramai, seperti Sudirman dan Thamrin. Saat dijalankan, MobileLED membawa branding bisnis Anda menjadi terlihat semakin kuat, sehingga banyak orang akan tertarik dengan bisnis Anda.

Melansir dari Movia Media, MobileLED memiliki return of investment (ROI) yang lebih tinggi. Kampanye MobileLED dengan konsep yang unik dan dikemas dengan indah memiliki ad-recall sebesar 97% di benak masyarakat.

Maka dari itu, MobileLED bisa menjadi media iklan yang inovatif dan efektif di masa kini. Keunikannya mampu mendeliver promosi bisnis Anda dengan kesan yang tak terlupakan.

Gunakan Iklan Berjalan untuk Promosi!

Manfaat iklan berjalan untuk mempromosikan bisnis sangatlah menguntungkan. Iklan Anda tidak hanya terlihat pada satu tempat, tetapi juga mampu dibawa ke area lain yang lebih luas.

Maka, tidak heran bila banyak perusahaan yang menggunakan media ini sebagai sarana promosi. Sebagai perusahaan advertising di Indonesia, StickEarn siap membantu Anda untuk membawa iklan hingga ke seluruh penjuru kota, menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam.

Jika tertarik untuk pasang iklan berjalan di MobileLED, Anda bisa menghubungi StickEarn dengan klik banner di bawah atau pelajari produk iklan transportasi OOH lainnya terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png