Saat ini, format iklan OOH sangat beragam, mulai dari foto, video, dan gabungan keduanya, bisa Anda gunakan sebagai konten promosi di media tersebut. Salah satu bentuk konten yang paling disukai oleh audiens ialah video marketing yang menggunakan iklan animasi.

Menurut survei yang dilakukan Connatix, 69% konsumen tidak akan pernah melewatkan video iklan jika iklan tersebut menampilkan produk atau layanan yang dengan cara yang menarik.

Artinya, konsumen cenderung mengingat iklan yang dibuat secara unik, seperti video iklan animasi tersebut, dibanding format lain. Karena lebih dilihat dan mudah diingat, video animasi sebagai iklan juga tergolong mampu menyampaikan pesan pemasaran yang Anda buat, StickFriends.

Pertanyaannya, apa itu iklan animasi dan mengapa dapat dimanfaatkan di berbagai media, termasuk iklan luar ruangan? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.

Baca juga: 5 Iklan Billboard Kreatif dan Inspiratif

Apa yang Dimaksud dengan Iklan Animasi?

pengertian iklan animasi bergerak.jpg

Source: Freepik - Pengertian iklan animasi produk.

Iklan animasi adalah konten iklan dengan format video pendek berdurasi 30 detik atau lebih yang digunakan para pemasar atau brand untuk menyampaikan informasi tentang suatu produk secara unik dan menarik. Iklan ini biasanya dilengkapi cerita dan karakter tertentu sebagai pemeran utama.

Alur cerita yang digunakan dalam iklan animasi dimulai dengan pengenalan masalah. Lalu, tidak lama kemudian masalah tersebut diselesaikan dengan produk yang sedang diiklankan. Sederhana, tetapi bisa membuat audiens penasaran.

Berbeda dengan iklan video konvensional, seperti live-action, video animasi memiliki alur cerita yang seru, sehingga dapat mengemas pesan dengan keunikan dan kreativitas yang sulit dicapai dengan format iklan video konvensional.

Menurut Aatmastudio, iklan animasi dapat berkontribusi memberikan engagement 30% lebih tinggi dibandingkan iklan live-action. Hal itu terjadi karena karakter animasi dan alur cerita yang menonjol dalam promosi yang brand lakukan.

Jenis-Jenis Iklan Animasi

iklan animasi yang unik di ooh.jpg

Source: World Branding Forum - Contoh iklan animasi 3D.

Lebih lanjut, video animasi memiliki beragam tipe sesuai dengan keperluan dan tujuan pemasaran bisnis Anda. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengenali berbagai jenis animasi yang biasa digunakan dalam iklan komersial.

1. Kinetic Typography

Iklan kinetic typography menggunakan teks yang dianimasikan. Teks ini bergerak dan berubah-ubah sesuai dengan irama musik yang dipilih. Misalnya, teks bisa muncul, membesar, mengecil, berubah warna hingga bentuk.

Beberapa iklan produk juga bisa menambahkan video atau animasi 3D untuk membuatnya lebih menarik. Contohnya iklan peluncuran Iphone 7 yang bertajuk Don’t Blink menggunakan animasi teks dan efek visual untuk menyoroti fitur-fitur utama dari produk.

Iklan ini terlihat sederhana, tetapi mempunyai dampak besar dalam meningkatkan brand awareness penonton dengan gerakan dinamis yang bisa membangkitkan keinginan untuk memiliki produk tersebut. Karena itu, iklan kinetic typography cocok Anda gunakan untuk menyasar Anda muda yang eksploratif dan suka animasi.

2. Iklan Animasi 3D

Video animasi 3D semakin populer digunakan untuk mengiklankan produk karena visualnya yang mengajak penonton untuk berkenalan dengan dimensi baru. Contohnya, bisa Anda lihat pada iklan game yang memberikan kesan hidup pada setiap karakter melalui sebuah cerita yang heroik.

Selain itu, iklan untuk mempromosikan game juga sering ditampilkan pada media luar ruang seperti videotron di gedung-gedung besar. Iklan ini diciptakan sedemikian rupa hingga terlihat seperti ada dimensi tambahan di layar iklan tersebut.

Contohnya ialah iklan Nike Air Max’s Day yang menggunakan efek 3D pada sepatunya untuk menciptakan visual yang menarik perhatian. Di dalam iklan tersebut, sepatu terlihat seolah-olah keluar dari layar, sehingga mencuri atensi orang-orang di jalanan.

Anda juga dapat menarik perhatian dan meningkatkan kesadaran orang yang berlalu lalang di tempat ramai menggunakan videotron. Media videotron dapat menampilkan iklan dalam bentuk statis hingga dinamis seperti video animasi.

Agar Anda makin paham mengenai jenis iklan tersebut, silakan konsultasikan rencana Anda untuk beriklan di videotron menggunakan format vidoe animasi bersama StickEarn. Media ini dapat mengakomodasi kebutuhan pemasaran kreatif Anda di luar ruang.

Baca juga: Billboard 3D di Jakarta! Tren Teknologi OOH Iklan Terbaru

3. Whiteboard Animation

Whiteboard animation merupakan sebuah video animasi hasil gambaran tangan yang sering digunakan oleh berbagai brand. Saat menonton animasi ini, penonton akan merasa seperti berdiri di belakang ilustrator yang sedang membuat ilustrasi penjelasan di depan mata mereka.

Maka tidak heran bila iklan jenis tersebut biasa digunakan saat bisnis ingin menyajikan topik yang sangat kompleks dengan cara yang tidak membosankan. Misalnya seperti prosedur penggunaan produk atau presentasi prototype.

4. Vector Animation

Animasi vektor, juga dikenal sebagai animasi komputer, sering digunakan untuk membuat video dengan gaya yang serius dan dinamis. Berbagai bidang, seperti industri keuangan dan IT sering menggunakan animasi vektor untuk mempromosikan produk mereka.

Animasi atau grafis yang sudah dibuat kemudian bisa digunakan sebagai ikon atau karakter di situs web dan aplikasi perusahaan. Salah satunya vektor Gojek yang khas dan mudah dikenali oleh masyarakat Indonesia ini dapat meningkatkan awareness audiens akan layanan Gojek.

Cara Membuat Iklan Animasi di DOOH

Setelah memahami tentang iklan animasi dan jenisnya, kini saatnya Anda merencanakan untuk membuat video bergerak di Billboard atau Videotron. Untuk membuat iklan yang menarik itu, Anda dapat menggunakan aplikasi pembuat video yang sesuai dengan preferensi Anda.

Selanjutnya, agar iklan dapat tampil di luar ruang sesuai rencana kampanye pemasaran yang dibuat, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn melalui pemasangan iklan di Digital Out-of-Home atau DOOH. Nantinya, iklan Anda akan tampil di LED Videotron maupun Billboard yang bisa mencuri perhatian banyak orang.

Jika tertarik menggunakannya, silakan klik banner di bawah atau pelajari jenis-jenis iklan OOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png