Memasarkan produk secara hard selling maupun soft selling melalui video iklan produk kini banyak dilakukan oleh marketers. Bagaimana tidak, melalui cara tersebut, mereka bisa menarik perhatian banyak orang.

HubSpot menyebutkan bahwa 83% marketers yang menggunakan strategi video marketing juga berhasil meningkatkan prospek brand-nya. Video iklan produk yang dibuat mampu mendorong konsumen untuk berbelanja.

Hanya saja, membuat video iklan yang menarik tergolong rumit. Selain teknik marketing ini banyak digunakan oleh berbagai brand, konsumen pun makin cerdas dalam memilih ditonton.

Jadi, Anda pun harus cermat ketika mengemas video promosi yang akan dibuat. Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengetahui trik membuat video yang kreatif di artikel ini.

Baca juga: 12 Tren Pemasaran 2023 yang Paling Efektif untuk Bisnis

Apa Itu Video Iklan Produk?

definisi video iklan produk.jpg

Source: Shutterstock - Apa arti dari video iklan produk?

Sebelum membahas bagaimana cara membuat video iklan produk yang menarik, Anda wajib memahami arti dari hal itu terlebih dahulu. Video ini soalnya berbeda dengan iklan lainnya.

Dalam menjalankan strategi pemasaran produk, video iklan telah menjadi salah satu sarana paling efektif yang mampu menjangkau audiens. Iklan video pemasaran produk adalah iklan produk yang dikemas dalam format audio visual.

Iklan itu dibuat dengan maksud untuk mempromosikan produk ke berbagai saluran. Contohnya ialah di digital marketing dan offline marketing melalui MobileLED Advertising yang bisa menampilkan iklan produk Anda di layar LED besar.

Meski bisa digunakan di berbagai media, iklan tersebut lebih banyak digunakan dalam pemasaran online. Hal itu terjadi karena 19 jam dalam seminggu waktu masyarakat dihabiskan untuk menonton video secara online.

Fakta ini memang benar. Namun, bukan berarti beriklan menggunakan video di MobileLED kurang menjanjikan. Malahan potensial dan bisa mendorong image kreatif bagi perusahaan Anda.

Contoh video iklan produk di MobileLED Advertising bisa Anda lihat melalui iklan KLAR, brand kesehatan gigi dan mulut. Brand ini menggunakan media OOH StickEarn tersebut untuk menampilkan iklannya di jalan.

Langkah-langkah Pembuatan Video Promosi

tahapan membuat iklan produk.jpg

Source: Shutterstock - Cara membuat video iklan marketing yang menarik.

Lalu, bagaimana cara membuat video untuk pemasaran? Sebetulnya buat video iklan makanan atau untuk produk terbilang tricky.

Meskipun mudah karena bisa dilakukan melalui telepon pintar. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan.

Agar video yang dibuat bagus, bahkan bisa viral jaga maya, Anda wajib simak tutorial membuat iklan produk di bawah ini.

1. Kenali Audiens

Sebelum Anda mulai membuat video iklan produk, penting untuk memahami siapa target audiens Anda. Anda perlu mengetahui lebih dahulu mengenai apa audiens video Anda.

Anda juga wajib memahami apa saja kebutuhan mereka, apa yang diinginkan, dan apa saja masalah yang mereka hadapi. Dengan memahami audiens melalui funnel pertanyaan itu, Anda dapat membuat konten yang menarik dan relevan dengan persona target.

2. Buat Secara Singkat dan Padat

Riset AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia) menyebutkan bahwa jenis video yang kini banyak dikonsumsi oleh masyarakat ialah video pendek. Video ini banyak tampil di sosial media, sehingga durasinya tergolong singkat.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat video iklan produk yang singkat dan padat agar pesan pemasaran tersampaikan dengan baik. Pasalnya, kebanyakan konsumen hanya memerhatikan video dalam beberapa menit pertama saja.

3. Tampilkan Manfaat Produk

Bicara soal kepadatan, dalam membuat video yang singkat, Anda harus fokus pada manfaat produk dalam video Anda daripada fitur. Bagaimana caranya?

Anda dapat memulai dengan contoh nyata dari manfaat produk, seperti apa saja manfaat produk Anda. Lalu, Anda juga bisa mengangkat video dengan tema bagaimana produk dapat memecahkan masalah konsumen.

4. Gunakan Cerita yang Menarik

Cerita bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan Anda dalam video iklan produk. Buatlah narasi yang menarik dan memikat yang dapat membuat audiens terhubung dengan merek Anda secara emosional.

Cara membangun ikatan emosional tersebut dapat dilakukan dengan membuat copywriting yang menarik. Perhatikan pemilihan bahasa di video, mulai dari kata-kata sampai kalimat yang digunakan.

Jika Anda tidak mengetahui langkah detail dalam membuat salinan atau copy iklan yang menarik dan efektif, berarti Anda wajib membaca artikel di bawah. Dalam artikel tersebut StickEarn menjabarkan secara rinci apa saja formula dalam bahasa iklan yang harus diperhatikan.

Baca juga: Mengenal Beragam Formula Copywriting untuk Beriklan

5. Kualitas Produksi yang Baik

Meskipun tidak membutuhkan anggaran biaya besar untuk membuat sebuah video iklan yang singkat di media sosial, kualitas produksi yang baik tetaplah penting untuk diperhatikan.

Anda wajib memerhatikan kualitas video. Jika membuat video menggunakan ponsel, pastikan sudah 4K agar tampilan videonya stabil. Lalu, perhatikan keluaran suara yang akan digunakan.

Jika di dalam video Anda menyertakan dialog, maka Anda wajib menambahkan microfon agar kualitas suaranya optimal. Jadi, ketika audiens menonton video, mereka merasakan experience yang baik.

Mengapa Video Iklan Produk Sangat Penting?

manfaat iklan produk.jpg

Source: Shutterstock - Manfaat membuat video iklan untuk promosi produk.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, membuat video untuk kebutuhan promosi sangatlah penting. Selain dapat membantu brand dalam meningkatkan brand awareness, media ini juga memberikan berbagai manfaat, di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Menghadirkan Pengalaman yang Menarik: Video iklan produk memungkinkan Anda untuk menyajikan produk Anda dalam konteks yang lebih nyata dan menarik. Dibandingkan dengan teks atau gambar statis, video dapat menampilkan fitur unggulan produk dengan lebih real.

  • Meningkatkan Keterlibatan Konsumen: Konten video cenderung mendapatkan lebih banyak keterlibatan dari konsumen dibandingkan dengan bentuk konten lainnya. Video iklan produk yang menarik dapat meningkatkan interaksi pengguna, seperti like, komentar, dan dibagikan kepada orang lain.

  • Memiliki Potensi Viral: Video yang kuat memiliki potensi untuk menjadi viral di media sosial, yang dapat menghasilkan eksposur yang luar biasa bagi bisnis Anda. Sebab, viralitas konten di platform tersebut sangat mungkin terjadi.

Buat Video Iklan Produk yang Kreatif Anda!

Dengan memanfaatkan kekuatan video iklan produk, Anda dapat meningkatkan eksposur merek Anda secara lebih agresif. Anda juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan melalui jenis promosi tersebut.

Untuk membuatnya, Anda bisa mengikut langkah-langkah buat video iklan yang menarik melalui pembahasan di atas. Anda dapat membuat video itu untuk kebutuhan pemasaran online atau di luar ruang melalui MobileLED Advertising.

Media offline Mobile Display Truck tersebut menjadi salah satu media OOH yang bisa menampilkan iklan Anda secara sempurna melalui layar yang disediakan. Iklan Anda akan tampil dengan format layar yang lebih besar dan dilihat oleh banyak orang di jalan.

Jika tertarik beriklan di MobileLED Advertising, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih dahulu produk-produk StickEarn

CTA Banner Blog - 01.png