Menjadi brand yang unik sangatlah penting untuk dilakukan melalui penerapan brand identity. Sebabnya, brand identity adalah salah satu strategi branding yang akan membantu Anda lebih dikenal oleh berbagai kalangan, termasuk calon konsumen.

Hanya saja, membangun identitas brand tidak mudah. Bahkan, tidak semudah memahami perbedaan branding dan marketing dalam bisnis yang pernah Anda pelajari.

Namun, karena Anda datang di artikel yang tepat, Anda bisa menyimak secara lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan brand identity, contoh, manfaatnya. Jadi, jika ingin meng-update insight tersebut, simak pembahasan kami di artikel ini sampai habis, ya.

Baca juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam Bidang Marketing

Apa Itu Brand Identity?

brand identity adalah salah satu aktivitas branding.jpg

Source: Freepik - Brand identity adalah aspek branding yang berfokus pada identitas dari suatu brand.

Menurut HubSpot, brand identity adalah aspek branding yang berfokus pada kepribadian dan identitas dari suatu brand. Brand identity juga mengacu pada value atau nilai yang ingin perusahaan berikan kepada audiensnya.

Misalnya, Anda ingin brand Anda dikenal sebagai brand yang berkelas, maka Anda wajib menghadirkan kesan atau manfaat yang premium dari produk yang Anda tawarkan.

Anda bisa menghadirkan hal-hal yang dapat membangun image premium itu dengan menggunakan bahan atau material berkualitas , logo yang elegan, kemasan yang menarik, atau ambience toko yang sangat nyaman.

Brand Identity Menurut Ahli

Terkait pengertian brand identity yang sedang kami bahas, beberapa ahli berpendapat bahwa aktivitas ini ialah identitas dari suatu brand yang ingin ditunjukkan kepada konsumennya. Melalui identitas yang dibuat, brand akan lebih mudah dikenal.

Menurut Aaker (2000) brand identity merupakan asosiasi merek yang unik yang menunjukkan janji kepada konsumen.

Singkatnya, dalam memahami definisi apa itu brand identity, Anda dapat melihat melalui diri Anda sendiri. Sebagai bagian dari masyarakat, Anda tentunya ingin terlihat beda daripada yang lain, bukan?

Agar terlihat berbeda, Anda pun membuat suatu kepribadian tertentu agar mudah dikenal. Katakanlah Anda ingin dikenal sebagai pebisnis yang kreatif.

Maka, Anda bisa mengupayakan kepribadian itu dengan sering menyumbang ide saat sesi diskusi, selalu membuat copy iklan yang menarik, dan lain sebagainya. Barulah akan muncul predikat pebisnis yang kreatif, yang dilontarkan oleh rekan kerja Anda.

Langkah membangun identitas bisa menghadirkan brand image yang kuat. Konsumen akan lebih mudah mengidentifikasi brand dan produknya dibanding perusahaan yang tak punya identitas yang jelas.

Namun, Anda jangan salah mempersepsikan antara brand identity dan brand image, ya, StickFriends. Hal itu karena kedua aktivitas branding tersebut sangatlah berbeda.

Identitas brand lebih mengacu pada upaya perusahaan dalam mengembangkan diri sesuai yang diinginkannya. Sementara, brand image adalah citra atau persepsi konsumen terhadap aktivitas identity yang brand tersebut buat.

Nantinya, dari strategi tersebut akan terbentuk identitas yang jelas dan unik terhadap brand Anda. Bahkan, brand pun akan terlihat berbeda dengan kompetitor.

Elemen Brand Identity

elemen brand identity.jpg

Source: Freepik - Elemen pembentukan brand identity tak hanya berasal dari logo.

Seiring berkembangnya aktivitas ini, HubSpot mengatakan bahwa elemen pembentukan brand identity tak hanya berasal dari logo saja.

Ahli marketing dan branding mereka mengatakan bahwasannya komponen pembentuk identitas brand terdiri dari berbagai macam elemen. Adapun komponen tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. The "Face" of Your Brand

Bicara soal "wajah" dalam brand, logo seringkali menjadi gambaran akan hadirnya brand. Ya, itu betul karena logo memang menjadi acuan konsumen ketika melihat dan mengenali brand.

Nyatanya, logo bukanlah satu-satunya hal yang menjadi "wajah" dari brand Anda, StickFriends. Logo bersifat asosiatif sehingga hanya sekadar memicu ingatan konsumen.

Namun, logo sedapat mungkin dibuat dengan maksud tidak untuk keren-kerenan atau asal ada saja. Logo harus dikemas dengan baik supaya konsumen bisa lebih kenal dengan Anda.

2. Kredibilitas dan Kepercayaan Konsumen

Lalu, kepercayaan dan kredibilitas brand juga menjadi komponen yang tak kalah penting. Melalui hal ini, brand Anda dapat meningkatkan reputasi perusahan di hadapan para konsumennya.

Selain itu, reputasi yang baik dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap brand Anda. Konsumen tidak akan berpikir panjang ketika ingin bertransaksi di perusahaan.

3. Advertising dan Content Impression

Seperti yang HubSpot katakan juga bahwa logo bukanlah satu-satunya tolok ukur untuk membangun identitas. Iklan dan segala konten yang Anda buat juga akan menjadi identitas brand Anda.

Ambil contoh jargon Dancow. Ketika Anda mendengar jingle dari jargon Dancow diputar oleh seseorang, tanpa melihat produknya, Anda pasti sudah langsung aware kalau jingle itu milik perusahaan susu tersebut.

4. Elemen Lainnya

Selanjutnya, elemen lain dari brand identity juga bisa Anda temukan melalui beberapa komponen lain.

Menurut Feedough, elemen tersebut di antaranya ialah jargon, tipografi, dan warna serta suara. Semua hal itu bisa membantu Anda dalam membangun identitas brand yang kuat.

Baca juga: Digital Branding: Teknik Pemasaran Bisnis Terbaik!

Manfaat Brand Identity

Sampai di sini, Anda pasti sudah mempunyai gambaran akan manfaat dari terbentuknya brand identity, ya. Sebagai upaya mem-branding perusahaan, aktivitas ini mampu membantu Anda untuk menjadi unik sehingga berbeda dari kompetitor.

Meskipun begitu, manfaat tersebut tak hanya sebatas menjadikan brand Anda unik saja. Ada banyak keuntungan yang dapat StickFriends peroleh ketika membangun branding dari sisi identitas ini.

  • Membantu menentukan citra yang tepat. Pasalnya, dengan membangun identitas, Anda bisa mengarahkan citra diri Anda di hadapan audiens.
  • Membuat Anda lebih konsisten ketika ingin menjalankan kampanye di perusahaan, entah itu campaign marketing di iklan luar ruangan maupun sales yang sesuai dengan identitas brand.
  • Membantu Anda dalam mengembangkan kepribadian. Hanya dari brand identity-lah Anda akan lebih mudah mengembangkan diri.

Ayo, Bangun Brand Identity Perusahaan Anda!

Brand identity adalah upaya untuk membangun identitas suatu brand dengan maksud menjadikan hal tersebut sebagai Unique Value Proposition (UVP) di antara kompetitor lain.

Tak hanya sekadar menjadi unik dan berbeda, pentingnya membangun brand identity juga akan membantu Anda untuk lebih konsisten dalam melakukan aktivitas branding. Karena itu, StickFriends jangan sampai melewatkan aktivitas ini, ya.

Anda wajib membangun identitas brand sehingga tidak pasaran dengan cara membuat logo, visual, warna, dan lain-lain. Jika sudah dibuat, segera promosikan diri ataupun brand Anda melalui media iklan luar ruang StickEarn.

Dengan mempromosikannya, Anda pasti akan lebih dikenal oleh khalayak. Jika tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk OOH dan DOOH kami.

CTA Banner Blog - 01.png