Memahami kekuatan kata-kata dalam promosi makanan menjadi kunci utama bagi pemilik bisnis kuliner maupun content creator makanan. Pasalnya, saat ini promosi kuliner semakin berkembang pesat dan memerlukan eksplorasi yang lebih variatif, khususnya dalam menyusun copy iklan makanan agar dapat menggugah audiens.

Kata-kata promosi makanan menjadi seni yang menggambarkan cita rasa melalui imajinasi pembaca. Dalam mempromosikan produk makanan, penggunaan copy yang tepat juga akan menginspirasi audiens untuk memilih produk yang Anda tawarkan.

Maka dari itu, StickFriends perlu menjelajahi berbagai formula dan contoh kata-kata promosi makanan yang efektif. Jadi, mari temukan dan pelajari bagaimana cara menulis promosi makanan yang menarik di artikel ini.

Baca juga: Mengenal Copywriting AI, Tools untuk Membuat Copy Iklan

Contoh Kata-kata Promosi Makanan

Cara mempromosikan makanan dapat dilakukan dengan mengenalkan keunggulan produk kepada target pasar. Namun, saat mempromosikan kuliner, dibutuhkan teknik-teknik pemasaran yang efektif untuk menarik minat dan menghasilkan penjualan dari produk tersebut.

Salah satu teknik pemasaran yang sering digunakan, yaitu menggunakan kata-kata promosi yang menarik. Kata-kata mempunyai kekuatan untuk menghipnotis konsumen.

Namun, merangkai kata-kata untuk promosi bisnis tidak sembarangan. Adapun ide kata-kata promosi makanan tersebut, dapat Anda simak di bawah ini.

1. Kata-Kata Promosi Makanan Lucu

Saat melewati tempat makan atau warung di pinggir jalan, Anda pasti pernah menemukan kalimat promosi lucu. Strategi marketing tersebut digunakan untuk menarik perhatian orang yang berlalu-lalang dan membuatnya penasaran dengan makanan tersebut.

Beberapa contoh kata-kata promosi lucu pada makanan, yaitu:

  • “Tiada kata seindah Bang, beli, Bang”
  • “Awas Ada Pemadam Kelaparan! Jangan mendekat kalau gak mau perutnya kenyang!”
  • “Gak ada yang bisa ngalahin Bakso ini, seperti gak ada yang bisa ngalahin kamu”
  • “Butuh kepastian? Cobain kerupuk [merek] aja, pasti renyahnya!”
  • “Kenapa harus sedih kalau bisa makan Mie Ayam 15 Ribuan”

Bagaimana, cukup menghibur bukan? StickFriends bisa berkreasi lebih menarik lagi dengan menggunakan permainan kata-kata yang kreatif dan humor yang segar untuk membuat kalimat promosi yang lucu lainnya.

2. Kata-Kata Promosi Makanan dengan Bahasa Inggris

kata-kata promosi makanan restoran_StickEarn.png

Source: Halo Top - Kalimat promosi makanan dalam bahasa Inggris.

Selain mempromosikan makanan dalam bahasa Indonesia, Anda juga bisa mencoba menggunakan kata dalam bahasa Inggris untuk menarik audiens yang lebih luas. Biasanya bahasa iklan tersebut digunakan oleh merek-merek terkenal, baik itu yang berasal dari luar negeri maupun lokal.

Contohnya, promosi salah satu varian es krim yang dilakukan oleh brand Halo Top di atas. Promosi tersebut dibuka dengan permainan kata yang kreatif dengan mengganti “rules are meant to be broken (dilanggar)” menjadi “rules are meant to be frozen (beku)”.

Lalu, ditutup dengan kalimat ”Even better, our Chocolate Chip Cookie Dough ice cream is only 360 calories per pint so you can go ahead and lick the spoon” yang menggugah pelanggan untuk segera mendapatkan produk tersebut dan merasakan kebahagiaan tanpa khawatir dengan kalorinya.

3. Kata-kata Promosi Makanan di Media Sosial

Untuk memperluas pangsa pasar, Anda juga perlu memasarkan produk makanan di media sosial. Kata-kata promosi makanan yang digunakan di sosmed bisa beragam tergantung pada target audiens dan gaya promosi yang diinginkan.

Berikut beberapa contoh kalimat promosi atau caption makanan di sosmed, seperti Instagram dan WhatsApp:

  • “Rasakan kelezatan yang tiada tara dengan [nama produk]!”
  • “Jangan lewatkan [nama produk] kami yang bisa membuatmu ketagihan!”
  • “Tersedia dalam berbagai pilihan rasa untuk memuaskan selera kamu!”
  • “Ciptakan kenangan manis dengan dessert [nama produk] dari [nama merek]!”
  • “Siap beraktivitas dengan energi dari [nama produk]!”

Baca juga: Memahami Call to Action dan Manfaatnya dalam Pemasaran

4. Kata-Kata Promosi Makanan dengan Deskripsi Rasa

contoh iklan produk sambal_stickearn.jpg

Source: Heinz ABC - Copywriting untuk promosi makanan pedas.

Saat menawarkan makanan, kata yang paling tepat diletakkan dalam promosi iklan ialah deskripsi rasanya. Pasalnya hal tersebut dapat memberikan gambaran langsung kepada calon pelanggan tentang pengalaman sensorik yang akan mereka dapatkan.

Misalnya, untuk makanan Burger, Anda dapat menuliskan kalimat promosi berupa “Cicipi perpaduan sempurna antara rasa gurih keju dan aroma bawang dalam burger premium kami.”

Begitu juga saat mempromosikan makanan manis, StickFriends dapat memilih kata-kata seperti “Anda akan jatuh cinta dengan rasa coklat yang legit dan melimpah pada brownies ini.”

Sedangkan kata kata promosi pada makanan pedas, biasanya menggunakan kata-kata yang menggambarkan tingkat kepedasan seperti “Pedasnya Nampol”, “Pedasnya Kebangetan”, atau “Pedasnya bikin ketagihan”.

5. Kata-kata Promosi Makanan di Momen Tertentu

cara menulis promosi makanan yang menarik_StickEarn.jpg

Source: KFC - Contoh kata kata promosi makanan spesial di bulan Ramadhan.

Pada momen tertentu, pasti dibutuhkan juga kata promosi yang tepat untuk produk makanan Anda. Misalnya di bulan Ramadhan, StickFriends dapat menggunakan kata kata promosi makanan berikut:

  • "Berbukalah dengan santap istimewa di [nama restoran]!"
  • "Rasakan kelezatan khas bulan Ramadhan dengan [nama makanan] di meja makan Anda."
  • "Temukan hidangan spesial Ramadan yang memanjakan lidah Anda di [Nama Tempat]."
  • "Rayakan Ramadhan dengan rasa yang tak tergantikan."
  • "[nama makanan], pelengkap buka puasa bersama orang-orang tersayang"

6. Kata-kata Promosi Makanan yang Berima

gambar kata kata produk_stickearn.jpg

Source: Gojek - Contoh kalimat promosi makanan simple.

Jika StickFriends perhatikan, kalimat berima juga sering digunakan untuk mempromosikan produk. Dengan perpaduan kata yang senada ini, promosi produk menjadi lebih menarik dan mudah diingat oleh calon konsumen karena keunikannya.

Contohnya banner promo dari Gojek di atas. Pemilihan kata yang sederhana, tetapi berima seperti "Perut Kenyang, Hati Senang" mampu membuat pesan promosi tersebut mudah tersimpan di benak para pelanggan.

Jika tertarik untuk membuat kata promosi yang berima, StickFriends dapat mengunjungi website Rima Kata atau membaca tips lain dalam mempromosikan produk pada artikel 5 Cara Promosi Produk yang Menarik dan Kreatif milik StickEarn.

Manakah Kata-kata Promosi Makanan yang Menarik?

Itulah tadi beberapa contoh kata-kata promosi makanan yang dapat diterapkan di bisnis kuliner Anda. Dari contoh-contoh di atas, kalimat mana yang menarik untuk diterapkan?

Jika Anda sudah tahu ingin membuat kalimat promosi iklan seperti apa, Anda bisa menerapkannya melalui iklan luar ruang di pesawat. Pasalnya, pesan tersebut akan dengan mudah diingat oleh penumpang yang duduk di dalamnya.

Bisnis Anda dapat mengiklankan produk di pesawat menggunakan layanan Plane Advertising milik StickEarn. Sebagai penyedia layanan periklanan OOH dan DOOH, StickEarn siap membantu untuk menjadikan iklan Anda terlihat hingga langit.

Tertarik untuk beriklan? klik banner di bawah untuk beriklan di pesawat bersama StickEarn atau pelajari produk-produk StickEarn lainnya terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png