Berkembangnya teknologi dan perilaku konsumen membuat bisnis perlu menerapkan strategi marketing yang lebih personal dan kreatif. Hal ini tentunya dilakukan agar mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

Dengan adanya strategi promosi ini, kesuksesan pemasaran akan tercapai dengan baik. Strategi yang tepat akan membantu Anda meningkatkan penjualan produk dan memperkuat posisi bisnis perusahaan di pasar.

Maka dari itu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara mempromosikan produk dengan baik tersebut. Berikut ini beberapa contoh promosi produk yang efektif dan bisa Anda terapkan dalam mengembangkan bisnis.

Baca juga: 5+ Strategi Penjualan yang Efektif Tingkatkan Omzet

Memahami Promosi Produk

strategi promosi produk yang menarik.jpeg Source: Shutterstock - Pengertian romosikan produk.

Sebelum membahas cara memasarkan produk, terlebih dahulu Anda perlu memahami pengertian mengenai promosi. Promosi produk adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh suatu bisnis untuk menarik perhatian pelanggan agar mau membeli produk yang ditawarkan.

Usaha ini dilakukan dengan menampilkan keunggulan produk kepada konsumen potensial. Dengan demikian, pelanggan dapat memahami manfaat unik yang ditawarkan oleh perusahaan Anda dibandingkan dengan kompetitor.

Selain itu, menentukan media promosi yang tepat juga berperan penting untuk memastikan pesan promosi tersampaikan kepada target audiens. Maka, media promosi yang dipilih harus sesuai dengan karakteristik dan preferensi target pasar untuk mencapai hasil yang optimal.

Lalu, bagaimana cara menentukan media promosi yang efektif untuk mempromosikan produk Anda? Pelajari berbagai cara promosi produk yang menarik dan kreatif ini hingga selesai.

1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi sarana promosi yang kini sedang marak digunakan oleh bisnis. Hal ini sejalan customer behavioural yang semakin aktif secara online di dunia maya.

Dengan memaksimalkan media sosial, maka potensi produk untuk dikenal akan semakin tinggi. Anda bisa membuat iklan di media sosial yang menarik dan relevan dengan target audiens, sehingga pengguna media sosial ingin melakukan pembelian.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur, seperti cerita (stories) dan siaran langsung (live streaming) untuk berkomunikasi langsung dengan audiens. Melalui pendekatan ini, Anda dapat membangun hubungan yang lebih dekat dan personal dengan pelanggan.

2. Buat Konten Video Singkat

Strategi promosi produk lain yang bisa Anda coba adalah membuat konten berupa video singkat. Video iklan produk terbukti dapat menjangkau audiens 33,8% lebih tinggi daripada bentuk konten lainnya di platform Instagram.

Maka dari itu, konten berbentuk video singkat sangat cocok digunakan karena dapat meningkatkan awareness kepada calon pelanggan baru. Anda dapat memanfaatkan tren terkini dan hashtag populer untuk memperluas jangkauan video tersebut.

Pastikan juga untuk menyertakan call to action yang jelas dalam video Anda untuk mendorong interaksi lebih lanjut. Dengan konsistensi dan kreativitas ini, video singkat dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam mempromosikan produk.

3. Promosikan Produk secara Langsung

iklan film di ooh.jpeg

Source: Reddit - Cara promosi produk yang menarik perhatian orang di jalanan.

Selain membuat video di media sosial, contoh promosi yang efektif juga bisa Anda lakukan secara langsung atau melalui pemasaran offline. Caranya ialah adalah dengan beriklan di badan bus.

Iklan bus Transjakarta bisa membawa promosi produk di sepanjang rute yang ramai penduduk. Terlebih lagi, jam operasional TJ yang tinggi juga berpotensi dilihat oleh komuter dan pengguna jalan lebih lama.

Selain itu, badan bus yang besar dapat digunakan sebagai media promosi yang menarik. Setiap brand dari berbagai industri bisa memanfaatkan layanan ini untuk membuat campaign marketing mereka.

Misalnya, brand dari industri perfilman bisa memanfaatkan bus sebagai sarana pemasaran guna mengiklankan atau mempromosikan film mereka. Mereka bisa memasang iklan di badan bus secara menyeluruh atau di bagian blakang saja, seperti campaign StickEarn bersama HBO untuk mempromosikan House of The Dragon.

Lalu, ada juga campaign dari film Stranger Things yang menggunakan Bus Advertising sebagai sarana pemasaran mereka. Iklan film tersebut tergolong kreatif karena mampu memperlihatkan bus yang seolah-olah terbalik.

Meskipun tidak banyak menggunakan kata-kata promosi khusus, visual yang dihasilkan oleh film tersebut mampu menceritakan keseluruhan cerita Stranger Things dengan jelas dan menarik perhatian banyak orang. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin banyak orang penasaran menonton film tersebut setelah melihat promosi Stranger Things di OOH.

Baca juga: 5 Cara Buat Iklan yang Menarik & Kreatif di Bus Advertising

4. Terapkan Copywriting yang Persuasif

Bahasa iklan yang akan digunakan dalam mempromosikan produk juga tidak dapat diabaikan. Dengan bahasa yang persuasif, audiens akan lebih tertarik untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

Pemilihan kata yang tepat dan gaya bahasa yang sesuai dengan target audiens ini sangatlah penting untuk meningkatkan efektivitas iklan. Copywriting iklan yang mudah dipahami dan relevan dapat membuat pesan promosi Anda lebih menonjol dan membekas di benak audiens.

Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang copywriting yang simpel dan efektif, Anda bisa membaca artikel tentang Contoh Iklan Produk Simple & Menarik di Bus Advertising yang sudah StickEarn bahas. Dalam artikel tersebut, Anda bisa mempelajari berbagai hal mengenai pembuatan copy ads dan contohnya.

5. Dorong Pelanggan untuk Membuat Konten

Apa saja contoh promosi produk.jpg

Source: Shutterstock - Cara promosi produk dengan teknik persuasif copywriting.

Cara mempromosikan produk lewat online berikutnya adalah dengan mengajak pelanggan membuat konten. Teknik promosi ini menjadi cara yang efektif dalam meningkatkan pemasaran produk melalui promosi digital marketing.

Dalam dunia konten, strategi ini disebut dengan User Generated Content (UGC). Promosi melalui UGC tidak hanya meningkatkan keterlibatan pelanggan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan calon pelanggan dan autentisitas bisnis Anda.

Hal yang perlu StickFriends lakukan adalah memantau konten yang dibuat oleh pelanggan tentang produk Anda dan merepost konten yang menarik di akun media sosial resmi Anda. Dengan ini, pelanggan akan merasa terapresiasi dan mendorong pelanggan lain untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga: 12 Tren Pemasaran 2023 yang Paling Efektif untuk Bisnis

Pilih Cara Promosi Produk yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Setelah mengetahui berbagai cara mempromosikan produk, kini saatnya Anda memilih strategi promosi mana saja yang sesuai dengan bisnis Anda. Tidak hanya strategi digital marketing, StickFriends juga bisa menggabungkan promosi produk secara offline untuk menghasilkan jangkauan yang maksimal.

Salah satunya dengan memasang iklan pada bus advertising. StickEarn bisa menjadi partner Anda dalam memasang iklan di bus untuk menghasilkan kampanye yang profesional dan efektif menjangkau banyak orang.

Salah satu brand yang telah menggunakan strategi tersebut ialah TipTip. TipTip bekerjasama dengan StickEarn dalam membuat iklan OOH di Bus Advertising yang menarik, kemudian menjadikan media tersebut sebagai sarana brand activation di platform media sosial mereka.

Adapun strateginya ialah dengan mengajak audiens berswafoto apabila bertemu dengan iklan TipTip di bus Transjakarta. Lalu, mengunggah swafoto mereka ke Instagram, kemudian tandai TipTip sebagai syarat keikutsertaan aktivasi.

Nah, jika Anda tertarik membuat kampanye pemasaran di bus seperti TipTip, Anda dapat menghubungi StickEarn dengan klik banner di bawah atau pelajari berbagai iklan OOH yang kami tawarkan terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png