Meningkatkan konversi penjualan merupakan tujuan utama bagi setiap bisnis yang ingin sukses. Hanya saja, untuk mendapatkan keuntungan tersebut Anda perlu melalui tahapan bisnis yang panjang.

Sebab, mengetahui cara meningkatkan konversi penjualan tidak hanya akan meningkatkan revenue saja, tetapi juga mendorong brand awareness terhadap bisnis dan produknya. Lalu, dapat menjadi pendorong bagi bisnis untuk berinovasi.

Berbagai metode pemasaran dapat Anda terapkan, mulai dari strategi pemasaran yang kreatif hingga pendekatan yang lebih personal. Dengan menerapkan tersebut, Anda dapat melihat peningkatan dalam konversi penjualan pada bisnis yang Anda kembangkan, StickFriends.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui berbagai cara dalam memaksimalkan pendapatan di perusahaan. Anda dapat mempelajari cara dan contoh meningkatkan konvesi penjualan di bawah ini.

Baca juga: Cara Mencapai Target Penjualan dalam Bisnis

Cara Meningkatkan Konversi Penjualan

strategi meningkatkan konversi.jpg

Source: Freepik - Strategi meningkatkan konversi penjualan di website.

Konversi dalam penjualan merujuk pada tindakan pengunjung website yang berubah menjadi pelanggan setelah melakukan pembelian. Hal ini sering dijadikan indikator keberhasilan bisnis dalam strategi penjualan yang diterapkan oleh sebuah perusahaan.

Misalnya, untuk meningkatkan konversi penjualan pada toko online atau model bisnis lainnya, Anda perlu menerapkan beberapa strategi optimasi. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan di perusahaan.

1. Optimalkan Pengalaman Pengguna (User Experience)

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan konversi adalah memastikan bahwa user experience di website Anda optimal. Pastikan situs tersebut mudah dinavigasi, responsif, dan cepat.

Pengalaman pengguna yang positif akan membuat pengunjung betah berlama-lama dan lebih mungkin untuk melakukan pembelian produk. Dengan memaksimalkan navigasi dan memastikan tampilan website yang menarik, Anda dapat meningkatkan peluang konversi.

2. Gunakan Call-to-Action yang Jelas

Selain mengoptimasi tampilan dan navigasi website, Call-To-Action yang merupakan ajakan untuk bertindak juga harus dibuat sejelas mungkin. CTA yang kuat dan jelas dapat mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

Anda bisa meletakkan CTA pada tempat yang strategis dan dengan ukuran yang besar agar terlihat. Gunakan juga kata-kata yang menarik perhatian dan memicu tindakan langsung, seperti "Beli Sekarang" atau "Dapatkan Promo Menarik".

Menguji berbagai CTA juga bisa Anda lakukan untuk mengetahui variasi mana yang paling efektif dalam meningkatkan konversi. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa pengunjung dengan mudah dapat menemukan dan merespons ajakan tindakan yang ditampilkan.

3. Tawarkan Ulasan dan Testimoni Pelanggan

contoh cara meningkatkan penjualan produk.jpg

Source: Freepik - Strategi meningkatkan omset penjualan dengan menambahkan feedback pelanggan.

Selanjutnya, Anda bisa menyisipkan testimoni dari pelanggan sebelumnya untuk menambah kepercayaan calon pelanggan dari website. Tidak hanya meningkatkan kepercayaan, dengan ulasan ini kredibilitas bisnis Anda juga akan semakin terbukti.

Bukti nyata akan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan akan memperkuat keyakinan calon konsumen bahwa mereka membuat pilihan yang tepat. Dengan demikian, konversi penjualan akan terjadi karena reputasi bisnis positif .

Baca juga: Inilah Teknik Pemasaran Produk yang Paling Efektif untuk Bisnis

4. Berikan Penawaran dan Diskon Khusus

Strategi lain yang dapat menarik pelanggan untuk melakukan konversi, yaitu menawarkan harga khusus. Contoh strategi marketing yang bisa Anda terapkan ialah potongan harga.

Dengan pemberia diskon, pengunjung akan dengan mudah terdorong untuk melakukan pembelian. Mereka jadi mempunyai urgensi_ mengenai produk diskon yang Anda tawarkan itu.

Salah satu contoh meningkatkan konversi penjualan dengan metode ini ialah diskon pembelian pertama atau potongan harga untuk pembelian bundling. Lalu, menyediakan promo dengan batas waktu tertentu juga dapat menciptakan sense of urgency yang mendorong pelanggan untuk bertransaksi.

Selain itu, promosikan juga penawaran khusus ini melalui saluran pemasaran lainnya seperti media sosial dan email. Dengan memberikan harga yang menarik, Anda dapat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan meningkatkan tingkat konversi secara signifikan.

5. Gunakan Pemasaran Email yang Efektif

Email marketing yang ditargetkan pada pelanggan juga dapat membantu meningkatkan penjualan. Caranya dengan mengirimkan konten yang menarik dan relevan berdasarkan preferensi dan perilaku mereka.

Anda bisa mengirimkan konten berupa rekomendasi produk berdasarkan pembelian sebelumnya atau penawaran spesial yang sesuai dengan minat mereka. Dengan pendekatan yang lebih personal, email marketing dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Contoh Email Marketing yang Menarik & Cara Buatnya

6. Dekati Konsumen dengan Saluran Offline

pameran offline untuk meningkatkan penjualan.jpg

Source: Doc. Foto StickEarn - Showcase intalation MakeOver.

Memaksimalkan saluran offline juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan omset penjualan, StickFriends. Strategi offline seperti event marketing dapat membantu bisnis dalam membangun hubungan dengan pelanggan potensial.

Partisipasi dalam pameran tersebut dapat memberikan kesempatan pada bisnis untuk memperkenalkan produk atau layanan secara langsung. Promosi langsung yang mengarahkan pelanggan untuk berbelanja di website dengan harga promo dinilai efektif dalam mendorong pembelian.

Memadukan strategi online dan offline, sangatlah penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Dengan kedua strategi ini, bisnis dapat mencapai lebih banyak pelanggan potensial dan meningkatkan tingkat konversi secara keseluruhan.

Jika ingin membuat pameran yang efektif, Anda bisa berkolaborasi bersama StickEarn dengan membuat Mobile Showcase Advertising yang kreatif. Pameran berjalan ini dapat menarik perhatian pengunjung sekaligus meningkatkan penjualan bisnis dengan cara yang unik.

Mobile Showcase memungkinkan Anda membawa produk langsung ke tempat di mana target audiens Anda berada, sehingga menjangkau lebih banyak orang dalam waktu singkat. Dengan desain yang menarik dan interaktif, truk pameran tersebut dapat menarik minat pengunjung dan mendorong mereka untuk berinteraksi langsung dengan produk Anda.

Selain itu, pameran berjalan itu juga memberikan ruang yang cukup untuk berkreasi, sehingga Anda dapat membuat kegiatan menarik lainnya untuk memuaskan pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi dan kreativitas dalam Mobile Showcase, Anda dapat menciptakan pengalaman yang berkesan bagi pelanggan dan meningkatkan peluang konversi penjualan.

7. Analisis dan Optimalkan Strategi Secara Berkala

Setelah semua langkah sudah selesai dilakukan, kini saatnya Anda mengevaluasi tingkat konversi. Adapun langkah tersebut, yaitu menganalisis strategi penjualan yang sudah dilakukan.

Anda bisa mengidentifikasi strategi apa yang berhasil mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian hingga langkah apa yang menghambat mereka. Setelah selesai mengidentifikasi, StickFriends dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk terus meningkatkan konversi.

Tingkatkan Konversi Penjualan dengan Mobile Showcase!

Untuk meningkatkan konversi penjualan, Anda dapat menerapkan strategi yang sudah dijelaskan pada artikel di atas. Rangkaian cara peningkatan pendapatan yang StickEarn jelaskan tergolong mudah untuk diaplikasikan dan cocok berbagai model usaha.

Jika optimasi tersebut sudah dilakukan, Anda juga perlu melakukan aktivasi pemasaran offline, seperti membuat pameran dalam rangka mendorong penjualan. Dengan strategi pameran ini, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen dan mempersuasi mereka untuk melakukan transaksi.

StickEarn siap membantu Anda untuk mewujudkan pameran offline yang kreatif dengan Mobile Showcase. Mobile Showcase StickEarn akan membawa produk Anda langsung ke target audiens, meningkatkan visibilitas di jalanan ,dan peluang penjualan Anda.

Tertarik beriklan di Mobile Showcase? Klik banner di bawah ini untuk langsung bekerjasama atau pelajari produk menarik StickEarn lainnya.

CTA Banner Blog - 01.png