Setiap bisnis pasti memiliki target penjualan yang ingin dicapai dalam waktu tertentu. Misalnya, mendapatkan 20% sales lebih besar daripada strategi penjualan produk sebelumnya.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencapai target penjualan bisnis agar usaha berkembang. Target penjualan atau sales adalah tujuan spesifik yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan.

Ukuran penjualan ini biasanya dalam bentuk ukuran jumlah produk atau layanan yang terjual dalam waktu tertentu. Penjualan tersebut menjadi penting untuk ditargetkan guna mengetahui seberapa baik value perusahaan di pasar.

Untuk mencapai target penjualan sebenarnya tidaklah sulit, Anda bisa mulai dengan memasarkan produk. Namun, Anda tidak bisa asal karena dibutuhkan strategi yang matang untuk memasarkan barang secara tepat. Bagaimana caranya?

Baca juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis

Cara Menentukan sekaligus Mencapai Target Penjualan

target sales adalah.jpg

Source: Freepik - Cara Menentukan dan Mencapai Target Penjualan.

Target sales tidak boleh sembarangan ditentukan tanpa melihat bagaimana keadaan pasar dan internal perusahaan. Begitu pula dengan strategi untuk mencapainya, Anda harus merumuskan cara mencapai target penjualan dengan matang.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menentukan cara mencapai target penjualan yang tepat. Nah, bagaimana cara mencapai target penjualan produk dalam waktu singkat? Mari dapatkan tipsnya di bawah ini.

1. Pahami Tujuan Bisnis Anda

Sebelum menetapkan target penjualan dalam marketing plan yang Anda buat, StickFriends perlu memahami tujuan bisnis Anda secara keseluruhan. Pertimbangkan dengan hati-hati apa yang ingin dicapai bisnis, baik dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Dengan memahami tujuan bisnis, Anda akan makin dipermudah dalam menetapkan target penjualan yang sesuai. Selain itu, memahami tujuan bisnis juga akan berguna untuk menentukan fokus perusahaan.

Jika fokus perusahaan sudah ditentukan, maka semua orang di dalam bisnis akan berjalan menuju arah yang sama hingga dapat memunculkan inovasi produk. Nantinya hal itu akan membantu Anda dalam meningkatkan target penjualan.

2. Analisis Pasar dan Persaingan

Setelah memahami tujuan bisnis, Anda juga harus melakukan riset pasar untuk memahami bagaimana kondisi pasar saat ini, tren industri, dan potensi pertumbuhan yang menguntungkan. Dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar, Anda akan dapat membuat media promosi yang lebih baik, entah itu melalui channel online maupun offline.

Tidak hanya riset pasar, Anda juga perlu melakukan evaluasi pada pesaing Anda secara rutin. Pahamilah bagaimana mereka beroperasi untuk mencapai target sales mereka. Informasi ini, nantinya akan membantu Anda dalam menetapkan target penjualan yang realistis dan bersaing di pasar.

3. Kenali Pelanggan Anda

Langkah selanjutnya yang harus StickFriends lakukan adalah melakukan identifikasi siapa target pasar Anda sebenarnya. Anda harus mengetahui apa kebutuhan konsumen dan bagaimana produk atau layanan Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Dari aktivitas tersebut, Anda akan mendapatkan customer insight berupa data-data mengenai kebutuhan konsumen. Hal itu akan menjadi kunci bagi Anda dalam mencapai target penjualan yang efektif.

Namun, usahakan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, ya. Sebab, dengan mengenali konsumen, Anda dapat membantu meningkatkan brand loyalty. Selalu prioritaskan pelanggan Anda, tanggapi mereka dengan cepat, dan berikan solusi yang memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mempertahankan mereka.

4. Hitung Kebutuhan Minimal Pendapatan

Berdasarkan analisis pasar dan pemahaman tentang pelanggan, StickFriends dapat menentukan berapa banyak pendapatan yang perlu dihasilkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Pertimbangkan biaya operasional dan keuntungan yang diinginkan untuk menentukan target penjualan yang diperlukan.

Baca juga: Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Hitungnya?

5. Berikan Target yang Spesifik dan Terukur

Saat menetapkan target sales, Anda juga harus merumuskannya dengan spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terbatas waktu (SMART). Jadi, bukan hanya menetapkan target untuk "meningkatkan penjualan" saja, tetapi harus dirinci seperti contoh di bawah.

  • Spesifik (Specific): Misalnya Anda ingin meningkatkan penjualan produk A sebesar 15% selama kuartal pertama tahun ini.

  • Dapat diukur (Measurable): Dengan target tersebut, perusahaan melakukan penjualan produk A 100 unit lebih banyak dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

  • Dapat Dicapai (Achievable): Penjualan tambahan tersebut mungkin dapat dicapai dengan peluncuran kampanye pemasaran yang lebih agresif, peningkatan dukungan pelanggan, dan pengembangan strategi penjualan yang lebih efektif.

  • Relevan (Relevant): Penjualan tambahan produk A ini tentunya akan membantu meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan secara keseluruhan untuk perusahaan, sesuai dengan strategi pertumbuhan yang ditetapkan.

  • Berbasis Waktu (Time-bound): Untuk mencapai peningkatan dalam penjualan produk A selama kuartal pertama tahun ini, memberikan kerangka waktu yang jelas untuk mencapai target.

6. Action Plan untuk Mencapai Target Penjualan

cara membuat target penjualan.jpg

Source: Doc. StickEarn - Strategi Iklan Unik Untuk Mencapai Target Penjualan.

Setelah Anda menetapkan target penjualan, buatlah rencana tindakan yang tepat untuk mencapainya seperti merumuskan strategi promosi penjualan yang efektif. Tentukan pesan-pesan yang menarik dan relevan untuk target pasar Anda. Gunakan saluran pemasaran yang sesuai untuk mencapai audiens yang tepat.

Manfaatkan media sosial, media iklan luar ruang, dan strategi konten marketing untuk meningkatkan brand awareness dan menarik minat pelanggan potensial. Dengan memanfaatkan saluran pemasaran tersebut, Anda bisa mendekati konsumen secara masif.

7. Evaluasi Target Penjualan

Cara mencapai target penjualan terakhir yang perlu Anda lakukan secara teratur untuk mencapai kemajuan target sales Anda ialah dengan melakukan evaluasi terhadap aktivitas pemasaran yang telah dilakukan. Jika tidak mencapai target, lakukan evaluasi strategi Anda dan penyesuaian.

Di sisi lain, jika StickFriends melebihi target penjualan, maka identifikasilah faktor apa yang mempengaruhi promosi Anda dan pertimbangkan untuk menetapkan target yang lebih besar lagi kedepannya.

Capai Target Penjualan dengan Beriklan di DOOH

Setelah mempelajari artikel ini, Anda dapat mengetahui apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mencapai target penjualan. Salah satunya ialah dengan memastikan produk penjualan dapat dijangkau oleh semua orang.

Dengan banyak orang yang mengetahui produk Anda, maka produk tersebut juga dapat digunakan oleh mereka. Artinya, bisnis Anda akan bertumbuh sesuai apa yang brand inginkan.

Nah, agar bisnis Anda tumbuh dan target penjualan meningkat setiap bulan, Anda bisa menggunakan Digital Out Of Home sebagai sarana promosi produk. Salah satu media DOOH Advertising yang efektif digunakan dalam menunjang pencapaian target penjualan ialah Vending Machine dan MobileLED Advertising StickEarn.

Jika Anda tertarik beriklan di layanan DOOH, silakan klik banner di bawah untuk bekerjasama dengan StickEarn dan dapatkan promo menarik.

CTA Banner Blog - 01.png