Memasarkan produk kepada calon konsumen dalam periode tertentu memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis. Dengan menjalankan rencana pemasaran yang efektif, brand bisa meningkatkan kesadaran audiens dan penjualan produk.

Berbagai brand pun akhirnya mencari tahu tentang contoh kampanye iklan untuk menunjang strategi yang dibuat. Sebab, kampanye iklan merupakan strategi promosi produk yang bisa meningkatkan penjualan dan membantu brand menggencarkan strategi branding yang telah dibuat.

Contoh kampanye periklanan yang menarik dan banyak digunakan akhir-akhir ini ialah penggabungan media iklan untuk memperkuat brand awareness. Misal, brand Anda ialah brand musik yang ingin mempromosikan album terbaru.

Nah, Anda bisa beriklan di billboard dan menampilkan iklan tersebut kembali di sosial media, seperti Tiktok. Selain itu, masih banyak contoh lainnya yang menarik dan bisa dijadikan inspirasi. Apa sajakah contoh iklan yang menarik itu dapat Anda simak di bawah!

Baca juga: 4 Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif

1. Contoh Kampanye Iklan Layanan Masyarakat

contoh kampanye iklan layanan masyarakat.JPG

Source: Doc. StickEarn - Apa yang dimaksud kampanye iklan layanan masyarakat tentang Pemilu?

Contoh kampanye iklan layanan masyarakat yang baru-baru ini menarik khalayak adalah iklan dari Bawaslu. Badan Pengawas Pemilihan Umum ini bekerjasama dengan StickEarn sebagai mitra advertising luar ruangan mereka.

Tidak tanggung-tanggung, Bawaslu menggunakan Mobile LED Advertising, Car Advertising, dan Motorbike Advertising sebagai media kampanye iklan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang Pemilu 2024 yang damai dan bersih.

Penggunaan media Out-Of-Home sebagai advertising campaign menjadi langkah yang efektif bagi Bawaslu. Melalui campaign yang dibuat Bawaslu ingin mengedukasi publik agar tidak menyebarkan ujaran kebencian dan menghimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih mereka.

Iklan layanan masyarakat yang dibuat Bawaslu pun hilir-mudik di berbagai wilayah. Bahkan begitu terlihat berkat penampilan stiker iklannya yang menawan.

2. Contoh Kampanye Iklan di Media Sosial

iklan sampo yang kreatif.jpeg

Source: Shorty Awards - Contoh kampanye iklan Dove di mdia sosial.

Saat ingin menjalankan campaign di media sosial, ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan. Contohnya, menyiapkan konten yang kreatif dan bisa mendorong interaksi dengan viewers. Tentunya konten tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik target audience agar menjadi lebih efektif.

Contoh campaign di media sosial yang efektif bisa Anda lihat pada kampanye iklan Dove yang bertajuk “Love Your Curls” di tahun 2014. Dove berhasil mengajak para perempuan dengan rambut keriting untuk menunjukkan keindahan rambut sekaligus menyebarkan pesan untuk selalu mencintai rambut mereka.

Mengutip dari Shorty Awards kampanye ini berhasil mencapai 28,3 juta penayangan video di seluruh platform, dengan 9,3 juta penayangan terjadi dalam 3 hari pertama.

Selain itu, mendapatkan 500 juta tayangan sosial melalui tagar kampanye dan menurunkan sentimen negatif seputar rambut keriting hingga hampir 20% pada media sosial X.

Dengan pencapaian ini, awareness akan produk Dove juga ikut naik. Hal ini terbukti dengan kenaikan penjualan produk Dove sebesar 4% sejak peluncuran kampanye.

3. Contoh Kampanye Iklan Konser

MobileLED Truck Konser.png

Source: Doc. StickEarn - Campaign promosi menggunakan MobileLED.

Contoh selanjutnya ialah iklan konser dari Head in the Clouds. Head in the Clouds pernah bekerjasama dengan StickEarn untuk mempromosikan kegiatan musik mereka menggunakan MobileLED.

MobileLED dipilih sebagai media kampanye periklanan yang bisa menginformasikan dan meramaikan festival musik terbesar di Asia. Selain itu, Mobile Truck Display yang ukurannya besar dan mencuri perhatian banyak orang.

Saat itu, Mobile Truck Display ini memutari jalanan Ibukota selama seminggu dengan melewati 7 titik potensial diantaranya Sudirman-Senopati-Pantai Indah Kapuk-Blok M-Alam Sutera-Tugu Tani-MH. Thamrin.

Di sini, MobileLED tidak hanya menampilkan iklan HITC kepada khalayak luas, tetapi juga dijadikan spot foto menarik di lokasi acara. Banyak penonton yang mengunggah foto mereka ke media sosial, sehingga aktivitas promosi HITC viral.

StickFriends bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kampanye ini dengan menonton video dokumentasi HITC bersama StickEarn

Baca juga: 5 Iklan Luar Ruang Terunik di StickEarn

4. Contoh Kampanye Iklan Produk Minuman

iklan promo minuman stickearn.jpeg

Source: Doc. StickEarn - Contoh campaign produk dengan Motor.

Advertising Campaign dengan menggunakan motor juga tidak kalah menarik dan sama efektifnya dengan contoh kampanye iklan lainnya. Maka dari itu, banyak brand minuman yang mulai menggunakan media ini.

Riset dari StickEarn membuktikan bahwa iklan yang ditempatkan di kendaraan roda dua bisa menghasilkan visibilitas sebesar 71%. Hal ini bisa tercapai karena iklan yang dibuat membawa pengemudi ke berbagai tempat, mulai dari jalan besar sampai gang-gang kecil.

Selain itu, ada beberapa tempat di bagian motor yang bisa Anda jadikan sebagai sarana iklan, misalnya di helm pengemudi, papan belakang, dan jaket pengemudi.

Dengan keuntungan ini, kesadaran orang-orang di jalanan akan produk brand akan semakin meningkat dan mensukseskan kampanye pemasaran Anda.

Buat Kampanye Iklan Anda Sekarang!

Dunia pemasaran terus berkembang dan mengharuskan brand untuk membuat kampanye iklan yang kreatif agar bisa mencapai tujuan marketing.

Oleh karena itu, membekali diri Anda dengan berbagai contoh kampanye iklan yang efektif menjadi langkah yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, iklan yang efektif merupakan kunci dari keberhasilan bisnis.

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja contoh iklan yang kreatif dan menarik. Jika Anda tertarik membuat kampanye iklan menarik, Anda bisa menghubungi StickEarn untuk bekerjasama.

Kami menyediakan berbagai iklan Out-Of-Home yang lengkap, sehingga bisa dimanfaatkan untuk promosi. Untuk informasi lebih lanjut, klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png

(Penulis: Lulu Dian)