Iklan layanan masyarakat bukan hanya sekadar media promosi yang digunakan oleh suatu lembaga atau brand. Namun, iklan ini juga menjadi sarana untuk menyampaikan pesan positif kepada khalayak.

Melalui iklan tersebut, brand maupun lembaga berusaha menyebarluaskan informasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan suatu aksi. Biasanya jenis iklan tersebut berisi ajakan untuk berbuat baik, menjaga kebersihan, dan kesehatan.

Contoh iklan layanan masyarakat ada banyak dan belakangan ini sering dibuat. Salah satunya ialah campaign iklan masyarakat StickEarn bersama Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu). Lembaga pemerintahan itu menggunakan media iklan luar ruang StickEarn untuk menginformasikan sekaligus mengajak masyarakat agar menyampaikan suaranya pada Pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, ada salah satu contoh gambaran iklan layanan masyarakat yang wajib Anda ketahui dan jadikan inspirasi. Nah, secara khusus StickEarn membagikan contoh-contoh sarana promosi yang disebut juga dengan iklan nonkomersial ini melalui pembahasan di bawah. Berikut ulasannya!

Baca juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

1. Iklan Bawaslu

iklan layanan masyarakat dari Bawaslu_StickEarn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan layanan masyarakat tentang Pemilu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bawaslu menjadi salah satu lembaga pemerintahan yang memanfaatkan iklan Out-of-Home Advertising (OOH), yaitu MobileLED Advertising, untuk mempromosikan kampanye Pemilu 2024.

Pada campaign promosinya bersama StickEarn, Bawaslu menggunakan beberapa materi iklan. Mater iklannya itu berisikan pesan yang mengimbau masyarakat agar menggunakan hak suara pemilihannya. Lalu, ajakan untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian.

Selain itu, campaign yang Bawaslu sebar melalui StickEarn juga mengajak dan mengedukasi masyarakat bahwa lembaga ini menjamin terwujudnya perhelatan akbar, pemilu, yang damai dan bersih.

Nah, itu dari sisi pesan iklan yang digunakan. Sementara, dari segi format, iklan Bawaslu juga hadir dalam bentuk video yang tampil di LED Advertising. Sepanjang mobile screen led advertising ini wara-wiri di jalan, audiens dapat menyimak pesan-pesan iklan itu dari layar LED tersebut.

Namun, tidak hanya di MobileLED Advertising saja. Bawaslu juga memanfaatkan Car Advertising dan Motorbike Advertising StickEarn untuk menampilkan iklan layanan masyarakatnya.

Kendaraan tersebut juga akan hilir-mudik di jalan guna menyebarluaskan awareness kepada masyarakat terhadap objektif campaign yang lembaga pemerintah ini buat.

Sebab, sama seperti MobileLED, beriklan di kendaraan seperti motor dan mobil, juga dapat meningkatkan pemahaman khalayak terhadap pesan yang ingin brand capai.

2. Iklan BPOM

Lalu, ada juga iklan soft selling yang diluncurkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. BPOM mengeluarkan kampanye iklan layanan masyarakat di media luar ruang.

Dengan menggandeng StickEarn, badan pengawas obat ini beriklan di kendaraan, di antara di motor dan mobil. Ada dua kreatif dan pesan iklan masyarakat yang ingin disampaikan, yaitu mengenai obat.

Melalui iklan informatifnya itu, BPOM memberitahukan tentang anjuran membeli atau mengonsumsi jamu. Lembaga ini juga mengajak masyarakat agar lebih teliti dalam mengonsumsi obat-obatan tradisional tersebut.

Meskipun menggunakan dua kreatif atau materi dalam iklannya, poster kampanye BPOM terbilang sederhana. Tidak banyak desain yang digunakan, tetapi banner mereka sarat akan copywriting, sehingga iklan layanan masyarakat kesehatan ini menarik untuk audiens simak.

Baca juga: Contoh Iklan Produk Simple & Menarik di Bus Advertising

3. Iklan Taiwan Tourism

CONTOH IKLAN NON KOMERSIAL MASYARKAT_STICKEARN.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh yang menarik dan berisi pesan informatif.

Tidak hanya Bawaslu yang mempunyai hajat untuk menyemarakkan dan menginformasikan agenda nonprofit, Taiwan Tourism juga menjalankan campaign non-komersialnya di media offline ini, StickFriends.

Dalam rangka mendorong minat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Taiwan, Taiwan Tourism membuat iklan yang menarik di luar ruang. Lembaga ini menyulap sejumlah unit mobil mitra Car Advertising StickEarn untuk dipasang stiker iklannya.

Taiwan mem-branding kendaraan roda empat itu dengan poster iklan yang menarik di seluruh badan mobil. Lalu, beberapa unit Car Advertising dipasang StickTop di bagian kap, semacam topi LED, sehingga mobil iklan brand tampak estetik dan bergaya seperti iklan-iklan OOH di luar negeri.

Campaign yang dilakukan StickEarn bersama Taiwan berlangsung selama beberapa bulan. Dari campaign ini, Taiwan bisa mencuri perhatian khalayak karena desain iklannya yang menarik dan StickTop di kap yang unik.

4. Iklan Korean Tourism Organization

Apa saja contoh iklan layanan masyarakat lainnya bisa Anda lihat dari campaign StickEarn bersama Korean Tourism. Tidak jauh berbeda dengan Taiwan Tourism, Korean Tourism Organization juga ingin memperkenalkan destinasi wisata di Korea.

Seperti yang Anda tahu bahwa Korea kini tengah populer. Populernya Korea tidak hanya disebabkan oleh serial drama yang ditawarkan saja, tetapi juga musik K-POP-nya.

Hal itulah yang membuat banyak orang yang ingin pergi ke Korea, termasuk fans drama dan K-POP Tanah Air. Mereka menjadikan Negeri Gingseng itu sebagai salah satu destinasi impian.

Untuk mendorong hal itu sekaligus menyebarluaskan informasi mengenai destinasi wisata menarik di Korea, Korean Tourism Organization pun beriklan di OOH.

Lembaga ini memfokuskan titik iklannya bersama MobileLED Advertising di beberapa wilayah, seperti di daerah Gajah Mada dan Bundaran Hotel Indonesia. Karena beriklan di MobileLED, Korean Tourism Organization dapat menampilkan contet marketing yang menarik berupa cuplikan video yang menarik.

Saat malam hari, saat Mobil LED Display hilir-mudik, video marketing yang Korean Tourism Organization buat sebagai media iklan akan menjadi semakin stand out. Dengan demikian berpotensi dilihat oleh banyak orang.

Ingin Membuat Iklan Layanan Masyarakat yang Menarik?

Menjalankan campaign iklan layanan masyarakat sangatlah penting untuk dilakukan, StickFriends. Iklan ini berperan penting karena tidak sekadar mendukung teknik pemasaran produk atau layanan Anda saja.

Akan tetapi, iklan nonprofit tersebut juga dapat menyuarakan pesan informatif yang berpotensi untuk membentuk masyarakat menjadi lebih baik. Sebab, isi iklan layanan masyarakat bisa mengedukasi audiens atau target yang Anda inginkan.

Oleh karena begitu penting, Anda bisa membuat iklan yang menarik melalui jenis iklan ini. Beriklanlah di media luar ruangan melalui StickEarn, seperti Bawaslu yang memanfaatkan MobileLED Advertising, kemudian sebarkan pesan positif Anda kepada khalayak!

Media MobileLED Display StickEarn siap membantu Anda menampilkan iklan nonkomersial yang menarik dengan potensi visibilitas tinggi. Bahkan, iklan yang Anda luncurkan juga dapat diukur melalui dashboard periklanan kami yang canggih. Tertarik?

Silakan klik banner di bawah untuk langsung beriklan dan mendapatkan promo akhir tahun dari StickEarn. Anda juga bisa pelajari lebih lanjut mengenai produk-produk StickErn agar makin paham mengenai media promosi offline ini.

CTA Banner Blog - 01.png