Di tengah maraknya pemasaran online, pemilik bisnis harus mengembangkan strategi promosi penjualan yang efektif agar bisa meningkatkan penjualan produk.Contohnya dengan menjalankan pemasaran di media sosial untuk sharing konten insightfull.

Penggunaan media sosial juga bisa menjadi sarana promosi produk yang tepat. Pasalnya, Anda menggunakan channel tersebut, Anda juga bisa mengomunikasikan promosi produk sehingga penjualan meningkat.

Selain hal itu, ada banyak strategi promosi penjualan yang dapat Anda terapkan pada bisnis. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu definisi promosi penjualan menurut para ahli, contoh strategi promosi penjualan, hingga cara kerja marketing di bawah ini.

Baca juga: Inilah Teknik Pemasaran Produk yang Paling Efektif untuk Bisnis

Apa yang Dimaksud dengan Strategi Promosi Penjualan?

STRATEGI PROMOSI PRODUK.jpg Source: Freepik - Memahami pengertian dari strategi promosi produk.

Menurut Sistaningrum (2002), promosi adalah suatu upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi ”konsumen aktual” atau ”konsumen potensial” agar mau melakukan pembelian terhadap produk yang perusahaan tawarkan.

Konsumen aktual merupakan konsumen yang membeli produk Anda pada saat atau sesaat setelah promosi dilakukan. Sementara, konsumen potensial adalah konsumen yang memiliki minat untuk melakukan pembelian produk di masa yang akan datang.

Beberapa ahli pemasaran, seperti Philip Kotler (2012) mendefinisikan pengertian strategi promosi sebagai suatu mindset pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan atau penjualan. Adapun strategi yang dijalankan riset untuk mengetahui target market, menetapkan bauran pemasaran, dan biaya untuk pemasaran.

Jadi, dapat disimpulkan dari kedua pendapat ahli diatas bahwa strategi promosi penjualan merupakan serangkaian langkah pemasaran yang direncanakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan dengan mempromosikan produk kepada target pasar.

Dalam mempromosikan produk, Anda perlu menggunakan media iklan yang efektif untuk menarik target pasar dan meningkatkan penjualan. Anda bisa menggunakan iklan online atau offline, seperti Car Advertising yang terbukti efektif karena mampu menjangkau audiens yang lebih luas.

Langkah Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan

Setelah memahami tentang pengertian strategi promosi, kini saatnya Anda mempelajari langkah-langkah dalam strategi promosi untuk meningkatkan penjualan berikut ini.

1. Tentukan Target Pasar Anda

Langkah awal yang harus StickFriends lakukan dalam kegiatan promosi adalah menentukan target pasar. Di sini, Anda harus bisa mengidentifikasi konsumen dengan akurat agar dapat merencanakan strategi promosi penjualan yang tepat bagi mereka.

2. Buat Promosi yang Menarik

Setelah mengetahui target yang akan disasar, StickFriends bisa langsung merencanakan strategi promosi yang cocok dengan konsuemn tersebut. Buatlah promosi yang menarik minat terhadap produk yang Anda tawarkan.

Salah satu contoh promosi penjualan yang menarik adalah pemberian poin reward oleh McDonald’s setelah pelanggan melakukan pembelian. Dengan poin loyalitas ini, retensi pelanggan untuk membeli produk mereka akan meningkat.

Menawarkan diskon atau penawaran khusus secara berkala kepada pelanggan juga tergolong ampuh dalam mendorong konsumen untuk bertransaksi. Konsumen bisa makin impulsif atau meningkatkan frekuensi pembelian agar tidak melewatkan promo yang brand tawarkan.

3. Gunakan Media Promosi yang Tepat

media promosi yang efektif.jpg Source: Unsplash - Contoh strategi promosi untuk meningkatkan penjualan adalah diskon.

Menggunakan sarana promosi yang tepat akan mempermudah konsumen memahami pesan yang ingin Anda sampaikan. Maka dari itu, lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai kekurangan dan kelebihan media iklan.

Secara garis besar, terdapat dua cara penjualan yang dapat StickFriends gunakan untuk promosi. Cara yang pertama adalah dengan promosi personal, yaitu Anda berkomunikasi secara langsung dengan konsumen, baik secara tatap muka maupun via telepon.

Kelebihan strategi ini, yaitu dapat membangun kepercayaan pelanggan serta membuat calon pelanggan mau meluangkan waktu untuk mendengar produk yang ditawarkan.

Kekurangannya adalah jangkauan yang terbatas dan memerlukan training untuk para sales agar calon pelanggan mau membeli produk Anda.

Promosi yang kedua adalah promosi non personal, yang menggunakan media sosial, iklan, website, maupun email untuk kegiatan promosi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan masing-masing media promosi tersebut di bawah ini.

Baca juga: Tips Membuat Iklan di Media Sosial yang Paling Efektif

A. Iklan Online

Strategi penjualan dapat dilakukan dengan media iklan online, seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan platform media sosial lainnya.

Kelebihan menggunakan iklan online ini, yaitu dapat disesuaikan dengan target audiens yang lebih spesifik dan efektif dalam meningkatkan kesadaran merek. Namun, kekurangannya adalah persaingan iklan digital yang ketat.

B. Influence

Strategi promosi berikutnya bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan influencer yang relevan dengan industri atau niche perusahaan.

Kelebihan dari kolaborasi ini adalah memperluas jangkauan bisnis atau dapat membantu menarik perhatian audiens yang lebih besar sehingga kesadaran konsumen terhadap produk Anda meningkat.

Kekurangan menggunakan influencer adalah terkadang promosi yang dihasilkan tidak dianggap sebagai rekomendasi yang tulus dari influencer tersebut sehingga ada kecenderungan dari calon pelanggan untuk melewatkan promosi produk Anda.

C. Media Sosial

Promosikan produk Anda di berbagai platform media sosial dengan konten yang menarik. StickFriends juga perlu berpartisipasi dalam percakapan online dan menjalankan kontes atau giveaway untuk meningkatkan minat dan interaksi dengan para pengikut agar tertarik membeli produk Anda.

Kelebihan menggunakan sosial media sebagai strategi pemasaran adalah jangkauannya yang luas dan menghemat biaya pemasaran. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa persaingan di media sosial termasuk ketat sehingga memerlukan strategi tambahan untuk mendukung promosi tersebut.

Anda dapat menggunakan media iklan luar ruang berupa penempatan poster iklan di badan mobil sebagai strategi promosi tambahan yang efektif dalam menjangkau audiens dan mendorong transaksi setelah melihat iklan di jalanan.

Sebab, beriklan di OOH, seperti di Car Advertising juga menjadi strategi yang tepat. Bahkan, bisa menjadi pendukung aktivitas periklanan Anda di media sosial agar kesadaran merek yang ingin disasar tercapai secara optimal.

Baca juga: Pasang Iklan di Mobil StickMob untuk Membidik Pasar yang Komprehensif

D. Pameran atau Event

Strategi promosi untuk meningkatkan penjualan berikutnya adalah berpartisipasi dalam pameran, konferensi industri, atau event lainnya. Tujuan mengikuti kegiatan ini yaitu untuk memperluas jaringan agar produk Anda bisa dikenal oleh banyak orang maupun menarik pelanggan baru.

Dengan mengikuti pameran, Anda bisa mendapatkan insight berharga secara langsung tentang target pasar dan kompetitor. Namun kelemahan dari kegiatan ini adalah pengeluaran biaya yang cukup besar untuk stand produk Anda.

Promosikan Produk Anda dengan Car Advertising!

Setelah mempelajari tentang strategi promosi penjualan, dapat disimpulkan bahwa promosi akan menjadi sangat efektif dalam meningkatkan penjualan bila menggunakan strategi dan media publikasi yang tepat.

Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn untuk mempublikasikan iklan promosi melalui transportation advertising, seperti mobil Grab. Car Advertising memiliki banyak spot untuk mengiklankan produk Anda, mulai dari stiker iklan di badan mobil hingga ke bagian dalam mobil untuk memperkuat brand presence.

StickEarn memiliki 100.000 lebih armada Grab Car rekanan yang siap membawa iklan Anda ke lebih dari 30 kota di Indonesia. Driver StickEarn dapat menghasilkan 1 juta impression selama membawa iklan Anda.

Spesial bulan Ramadan, StickEarn menawarkan promo "Ramadan Hemat 50%" untuk Anda agar bisa beriklan di Car Advertising. Melalui promosi tersebut, Anda apat menghemat biaya iklan di kendaraan roda empat.

Bagaimana, tertarik? Klik banner di bawah atau pelajari terlebih dahulu produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

Promo-ramadan-hemat-untuk-beriklan-stickearn.png