Dalam menjalankan bisnis tentunya dibutuhkan strategi promosi yang efektif agar penjualan meningkat. Salah satunya ialah dengan menjalankan strategi promosi langsung.

Sebabnya, strategi tersebut dapat memangkas jarak antara perusahaan dengan konsumen. Pada tahap lebih lanjut, teknik pemasaran ini juga dapat menumbuhkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Penerapan strategi promosi langsung ke konsumen atau dikenal dengan istilah (direct-to-consumer marketing) makin populer di kalangan pebisnis. Hal itu karena jenis pemasaran terbaik itu dinilai mampu dalam mendorong performa bisnis.

Lantas, bagaimana cara menjalankan strategi direct promotion yang efektif untuk bisnis tersebut, ya? Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut, silakan simak pembasan StickEarn di artikel ini.

Baca juga: Panduan Membuat Strategi Marketing yang Efektif

Apa Itu Strategi Promosi Langsung?

Strategi promosi langsung merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang umum dilakukan oleh sebagian perusahaan. Dengan menjalankan pemasaran langsung, perusahaan dapat mendekati konsumen dan memastikan pertumbahan bisnis mereka.

Meskipun begitu, terkadang teknik marketing populer tersebut bisa saja tidak membuahkan hasil yang baik jika dijalankan tanpa persiapan yang matang.

Cara Membuat Promosi Langsung Paling Efektif

Nah, agar aktivitas ini berjalan efektif dan tepat sasaran, Anda perlu memerhatikan langkah-langkah penerapannya, StickFriends.

Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara berikut ini. Silakan disimak ulasannya!

1. Menentukan Tujuan Promosi

menentukan tujuan promosi langsung.jpg Source: Unsplash - Ilustrasi penerapan tujuan strategi promosi secara langsung.

Langkah pertama dalam menjalankan strategi promosi langsung ialah dengan menentukan tujuan dari yang hendak ditawarkan.Pada tahap awal, Anda harus memikirkan tujuan dari dijalankannya strategi marketing tersebut.

Anda harus memikirkan apakah tujuan promosi yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan atau hanya sekadar mendorong awareness masyarakat saja.

Dengan menentukan tujuan yang jelas sedari awal, Anda bisa membuat aktivitas pemasaran yang efektif dan efisiens, StickFriends.

Dari menentukan tujuan ini juga, Anda dapat memperkirakan format promosi langsung seperti apa saja yang ingin dilakukan. Intinya, strategi pemasaran bisa berjalan lancar.

2. Mengidentifikasi Target Pasar

Setelah menentukan tujuan promosi, langkah selanjutnya ialah mengidentifikasi target pasar yang ingin dituju. Seperti yang StickFriends ketahui bahwa melakukan riset pasar sangatlah penting.

Penentuan target pasar akan mempengaruhi jenis pesan dan media promosi yang akan digunakan. Perusahaan harus mengetahui siapa target pasar yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Memilih Jenis Promosi

Setelah menentukan tujuan dan mengidentifikasi target pasar, langkah selanjutnya ialah memilih jenis promosi yang sesuai dengan tujuan dan target yang sudah di-set di awal.

Salah satu jenis dari strategi ini yang bisa Anda terapkan adalah direct marketing, entah menggunakan direct mail marketing, telemarketing, iklan online, atau bertatap muka dengan konsumen menggunakan strategi personal selling.

4. Menentukan Pesan Promosi

Dalam menyusun strategi langsung, Anda juga harus memerhatikan pesan promosi yang akan dibuat. Pasan tersebut wajib dikemas dengan menarik agar dapat memikat hati pembaca.

Lalu, pesan yang disampaikan harus jelas, singkat, dan mudah dipahami oleh konsumen. Selain itu, pesan yang disampaikan juga harus menunjukkan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin konsumen akan langsung mengecek campaign promosi yang Anda buat. Sebab, pesan Anda secara tidak langsung dapat mingkatkan keingintahuan mereka.

5. Menentukan Media Promosi

jenis media promosi langsung ke konsumen.jpg

Source: Pixabay - Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media.

Media promosi tentunya harus dipilih dengan bijak dalam merencanakan sebuah rencana pemasaran di perusahaan Anda.

Misalnya, guna menghasilkan strategi pemasaran yang efektif dengan promosi langsung, jika target pasar adalah anak muda, perusahaan dapat menggunakan media sosial sebagai wadah promosinya.

Ketepatan pemilihan media juga dapat disesuaikan dengan mobilitas dari target pasar. Apabila target yang dituju adalah seorang komuter, maka media iklan luar ruang bisa menjadi pilihan yang tepat dalam beriklan.

6. Menyiapkan Database Konsumen

Untuk menjalankan kegiatan pemasaran langsung, perusahaan harus memiliki database konsumen yang lengkap dan akurat.

Nantinya, database ini akan membantu Anda dalam menentukan target pasar yang tepat sehingga promosi pun akan tersampaikan dengan baik, yaitu hanya kepada orang-orang yang benar-benar ingin membeli produk Anda saja.

Baca juga: Memahami Pengertian dan Manfaat Market Segmentation untuk Bisnis

7. Mengirimkan Pesan Promosi

Setelah menentukan pesan dan media promosi yang tepat, barulah perusahaan dapat mengirimkan pesan pemasarannya kepada konsumen.

Namun, jangan lupa untuk memastikan bahwa pesan promosi yang dikirim itu disampaikan di waktu dan dengan cara yang tepat. Tujuannya, agar promosi dapat menarik perhatian konsumen.

Untuk mengetahui bagaimana cara menyampaikan pesan promosi yang sesuai, Anda bisa memeriksa data kebiasaan konsumen. Anda dapat menggunakan tools pemasaran dari pihak ketiga untuk melihat hal tersebut.

Contoh implementasi strategi promosi langsung yang memerhatikan langkah ini ialah campaign direct marketing Gojek. Setiap jam makan siang, Gojek selalu mengiirmkan push notification kepada penggunanya berupa reminder untuk makan siang.

Alih-alih mengingatkan, Gojek menyisipkan pesan promosi agar saat makan siang pengguna bisa membeli makanannya di aplikasi mereka. Sangat customize dan tepat sasaran!

8. Memonitor dan Mengevaluasi Hasil Promosi

mengevaluasi strategi promosi produk.jpg Source: Unsplash - Melakukan pemantauan dan evaluasi dari promosi produk sangatlah penting.

Langkah terakhir dari strategi ini ialah melakukan pemantauan dan evaluasi hasil. Perusahaan harus melakukan hal tersebut untuk mengukur efektivitas dari kegiatan yang telah dilakukan.

Metrik pengukurannya juga beragam dan dapat disesuaikan. Anda bisa memantaunya melalui jumlah transaksi, baik yang convert menjadi pelanggan maupun tidak.

Nantinya, data evaluasi itu akan membantu Anda dalam membuat rencana promosi langsung untuk bisnis di kemudian hari. Bahkan, strateginya pun bisa dibuat lebih optimal lagi.

Buat Strategi Promosi Langsung Bersama StickEarn!

Langkah-langkah dalam merancang strategi promosi langsung yang telah kami jelaskan di atas dapat Anda gunakan sebagai panduan dalam merencanakan strategi pemasaran di perusahaan.

Adapun cara-caranya bisa Anda mulai dengan menentukan tujuan dan target pasar, pemilihan jenis promosi dan media iklan, kemudian diakhiri dengan monitoring dan evaluasi hasil.

Agar aktivitas pemasaran ini berlangsung efektif, Anda bisa bekerja sama dengan StickEarn. Kami siap membantu Anda menjalankan campaign promosi langsung menggunakan iklan luar ruangan, seperti car advertising, motobike advertising, dan digital out-of-home.

Jika Anda tertarik berkolaborasi, langsung saja klik banner di bawah atau simak Case Study dari berbagai brand yang pernah bekerja sama dengan kami.

CTA Banner Blog - 01.png