Sebagai marketers, Anda wajib memperhatikan teknik promosi yang digunakan saat hendak menawarkan produk kepada konsumen. Teknik promosi produk mempunyai peranan yang sangat penting dalam bisnis Anda.

Dengan memperhatikan secara detail bagaimana teknik memasarkan produk itu, pendapatan di perusahaan bisa saja meningkat. Pasalnya, mempelajari hal ini sangat mempengaruhi performa revenue Anda.

Selain itu, kini ada banyak teknik atau jenis promosi yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari promosi menggunakan digital marketing hingga Out-of-Home Advertising. Berbagai teknik yang ada wajib Anda gunakan untuk mengembangkan perusahaan.

Nah, agar Anda lebih paham dan tidak salah memilih teknik promosi untuk bisnis, Anda bisa menyimak pembahasan StickEarn yang ada di bawah ini. Check this out!

Baca juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

1. Menggunakan Program Loyalty

teknik promosi dengan program loyalty.jpg

Source: Freepik - Teknik promosi menggunakan program loyalty.

Teknik promosi penjualan menggunakan program loyalty banyak digunakan oleh berbagai model bisnis. Banyak Brand, entah itu e-commerce maupun UMKM yang menjual produknya di jalan, memanfaatkan sistem loyalitas pelanggan untuk mendorong orang membeli produk mereka.

Tidak hanya untuk membeli, program ini sejatinya juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan angka retensi. Anda dapat menarik perhatian pelanggan sebelumnya untuk kembali dan terus membeli produk.

Contoh program loyalty yang bisa menjadi inspirasi ialah Shopee Coins. Saat konsumen belanja di Shopee, mereka berpotensi untuk mendapatkan koin yang bisa digunakan kembali untuk berbelanja di toko tersebut.

Lalu, ada juga yang berupa pemberian kupon. Konsumen bisa mendapatkan gratis minuman atau produk lain jika membeli 10x suatu produk. Contoh teknik ini sangat populer dan sudah digunakan di mana-mana.

2. Memberikan Diskon

Selain mengadakan program loyalty, Anda juga bisa memanfaatkan layanan potongan harga atau diskon yang sering dimanfaatkan banyak brand. Pemberian diskon tergolong efektif dalam menarik konsumen untuk membeli produk Anda.

Contoh pemberian diskon dapat berupa 20% atau up to 50% untuk program tertentu. Lalu, bisa juga diskon berupa product bundling. Jika konsumen membeli produk A, akan dapat diskon pembelian produk B.

Diskon juga bisa Anda berikan pada momen-momen tertentu. Salah satu contoh campaign marketing potongan harga ialah saat Year End Sale, Ramadan, 11.11, atau momen penting lainnya yang bisa mendorong daya beli konsumen.

3. Menjalankan Pemasaran Personal Selling

Pemasaran personal selling juga menjadi salah satu teknik promosi yang kini banyak digunakan oleh berbagai brand. Dengan menjual produk secara langsung, brand bisa memastikan pesan penawarannya tersampaikan kepada konsumen.

Menggunakan cara pemasaran ini juga berguna bagi Anda yang ingin membangun kedekatan dengan konsumen. Sebab, melalui personal selling, Anda bisa lebih mengenal audiens Anda, StickFriends.

Menurut Kotler (2000) menyebutkan bahwa personal selling adalah teknik penyajian atau presentasi penawaran produk secara pribadi dari perusahaan kepada target konsumen. Artinya, dengan cara ini, perusahaan bisa membangun emosi dan “menghipnotis” konsumen secara langsung.

4. Membagikan Product Sampling

Sampling product.png

Source: Doc. StickEarn - Campaign product sampling Sprite di Car Advertising.

Teknik promosi produk selanjutnya yang bisa Anda terapkan ialah product sampling. Strategi yang satu ini terkenal efektif dalam membantu meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Bagaimana tidak, melalui pembagian contoh produk secara gratis, Anda dapat memperkenalkan produk kepada konsumen yang dituju secara langsung. Bahkan, jika mereka tertarik, mereka tentu akan langsung membeli produk yang Anda tawarkan itu.

Teknik-teknik promosi melalui product sampling sudah digunakan sejak lama. Dahulu, sales menawarkan produk melalui activity tester di supermarket. Namun, kini Anda bisa melakukannya dengan lebih canggih dan minim sumber daya.

Anda dapat bag-bagi produk secara gratis melalui Vending Machine Advertising atau Car Advertising StickEarn dengan memanfaatkan cooler di mobil. Salah satu brand ternama, yaitu Sprite, memanfaatkan strategi pemasaran ini.

Sprite menggunakan media iklan outdoor advertising untuk menjalankan kampanye promosi luar ruang yang berdampak. Sprite bagi-bagi plus promosi produk terbarunya lewat Vending Machine yang diletakkan di beberapa halte Transjakarta.

Lalu, Sprite juga memanfaatkan layanan tambahan cooler Car Advertising yang disimpan di dalam mobil. Nantinya, penumpang Grab yang mendapatkan driver Car Advertising StickEarn bisa menikmati produk terbaru Sprite di kendaraan tersebut secara cuma-cuma.

Baca juga: Ragam Ide Iklan Outdoor Media yang Kreatif & Unik

5. Memanfaatkan Digital Marketing

Dalam era digital saat ini, teknik promosi menjadi kunci utama dalam memperkenalkan dan meningkatkan visibilitas sebuah bisnis. Apakah Anda memiliki usaha kecil, menengah, atau besar, penerapan teknik promosi yang tepat dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan bisnis Anda.

Salah satu contoh promosi produk yang aplikatif dan tak kalah wajib Anda gunakan ialah digital marketing. Pemasaran digital mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempromosikan suatu produk.

Tidak hanya banyak digunakan, efektivitas dan pengukuran promosi melalui media ini juga menjadi alasan mengapa digital marketing banyak dimanfaatkan. Melalui digital marketing, Anda bisa menjalankan campaign secara masif, menyeluruh, dan terukur.

Bahkan, penyebaran konten juga bisa Anda kemas sedemikian rupa, sehingga bisa lebih menarik perhatian banyak orang. Lalu, sebagai marketers, Anda pun bisa melakukan segmentasi pasar secara lebih mendalam.

Ada banyak channel digital marketing yang bisa Anda gunakan. Contohnya ialah SEO, Sosial Media, Email Marketing, dan lain sebagainya.

6. Bekerjasama dengan Brand Ambassador

Tugas BA ialah mempromosikan produk (1).jpg

Source: Doc. StickEarn - Penggunaan brand ambassador di luar ruang.

Berkolaborasi bersama brand ambassador (BA) menjadi teknik promosi produk selanjutnya yang bisa Anda gunakan. Pemanfaatan BA sebagai sarana promosi saat ini memang tengah populer.

Banyak brand yang menggunakan jasa BA, entah dari kalangan figur publik maupun artis, untuk mempromosikan suatu bisnis. Penggunaan BA juga tidak hanya dilakukan melalui media online saja.

Sebagai upaya membuat konten yang berkualitas, berbagai brand juga menampilkan kampanye iklannya di luar ruang menggunakan BA. Materi iklan tersebut tidak menampilkan gambar produk, tetapi potret salah seorang figur yang menjadi BA.

Contohnya ialah fenomena berbagai brand yang menggunakan artis Korea BA-nya. Kehadiran BA dari kalangan artis Korea mampu menarik perhatian khalayak, apalagi fans K-POP di Tanah Air.

Terkait fenomena ini, Anda bisa simak bagaimana penggunaan BA tersebut melalui artikel di bawah.

Baca juga: Alasan Brand Lokal Ramai-ramai Gunakan Artis Korea sebagai Ambassador

7. Menjalankan Direct Selling

Lalu, menjalankan direct selling juga menjadi teknik yang efektif dalam mempromosikan produk. Sama seperti menjalankan personal selling, melalui cara ini Anda juga bisa lebih dekat dengan konsumen.

Pasalnya, saat Anda menjalankan proses tersebut, Anda akan berhadapan dengan calon pelanggan. Anda akan menjual dan menawarkan produk secara langsung kepada mereka.

Contoh direct selling atau penjualan langsung iini dapat Anda simak melalui artikel “Strategi Direct Selling Brand Keuangan yang Menaikkan 80% Exposure”. Di artikel tersebut, StickEarn membahas lebih dalam bagaimana brand bisa menawarkan produk kepada konsumennya.

Bahkan, artikel itu juga memuat case study yang bisa menjadi tolok ukur dan pelajaran bagi Anda yang ingin menjalankan pemasaran tersebut.

Teknik Promosi Mana yang Ingin Anda Gunakan?

Menerapkan teknik promosi yang efektif menjadi langkah yang sangat penting dalam memperluas bisnis Anda. Dengan memilih atau menggabungkan teknik pemasaran produk yang efektif, Anda dapat menciptakan kampanye yang kuat dan meningkatkan daya saing Anda era ini.

Oleh karena itu, penting untuk selektif dalam menjalankan kegiatan pemasaran produk. Sebab, hal tersebut sangatlah berdampak bagi bisnis Anda.

Sebagai saran, jika Anda ingin memperkenalkan produk baru atau memasifkan promosi, Anda bisa menjalankan kampanye product sampling. Teknik promosi advertising ini tergolong efektif untuk mendorong penjualan.

Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn melalui iklan luar ruangan kami. Contohnya ialah product sampling di Vending Machine, Car Advertising melalui layanan tambahan menggunakan cooler, dan Plane Advertising.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah ini atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png