Vending machine menjadi salah satu jenis pemasaran yang kini banyak dimanfaatkan perusahaan untuk menjual produk secara contactless. Melalui vending machine di Indonesia, masyarakat bisa bertransaksi secara nontunai menggunakan pembayaran digital.

Tidak hanya sebagai sarana penjualan, mesin ini ternyata dapat Anda gunakan untuk menjalankan strategi branding produk, StickFriends. Saat Anda menyewa vending machine di perusahaan OOH, Anda bisa mengostumisasi tampilan VM sesuai objektif branding dan marketing.

Produk yang dijual kini juga beragam. Selain minuman, seperti kopi, vending machine juga bisa Anda manfaatkan untuk menjual produk lain, contohnya buku, skincare, dan coklat seperti campaign Chocomory bersama vending machine StickEarn.

Nah, karena kini populer, bahkan pemerintah melalui BUMN sampai mengadakan program VM untuk UMKM, Anda perlu mempelajari tentang apa itu vending machine, manfaat, dan penggunaannya untuk promosi produk di luar ruang.

Baca juga: Vending Machine & Car Advertising, Pilihan yang Tepat untuk Product Sampling

Apa Itu Vending Machine?

mengenal apa yang dimaksud dengan vending machine.jpg

Source: Unsplash - Contoh tampilan vending machine.

Vending machine adalah mesin otomatis yang digunakan untuk menjual berbagai produk, seperti makanan ringan, minuman, obat, permen, atau bahkan barang elektronik. Hal ini yang membuat vending machine dapat digunakan sebagai bentuk pemasaran produk.

Mesin tersebut biasanya ditempatkan di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, bandara, stasiun kereta api, Transjakarta, atau kampus, sehingga mudah diakses oleh banyak orang. Belakangan, vending machine banyak ditempatkan di Transjakarta.

Proses membeli produk di mesin ini juga terbilang mudah. Konsumen Anda cukup memasukkan uang atau menggunakan metode pembayaran elektronik, seperti kartu kredit atau aplikasi pembayaran, produk yang dibeli pun akan keluar secara otomatis.

Dari sisi brand, Anda bisa menjual berbagai produk dengan mudah. Bahkan, Anda pun bisa sekaligus mem-branding perusahaan dengan sticker wrapping seluruh badan mesin tersebut.

Audiens yang tengah berlalu-lalang di sekitar vending machine atau akan bertransaksi pasti langsung mengenali brand Anda. Sebab, sticker wrapping yang menempel di badan mesin terlihat mencolok, sehingga audiens pasti akan memperhatikan mesin penjualan produk tersebut.

Keuntungan Menggunakan Vending Machine

Vending machine juga dapat Anda gunakan sebagai salah satu strategi dalam offline marketing karena memiliki beberapa keuntungan. Selain diletakkan di tempat yang strategis, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapat dari media itu.

1. Sarana Branding

Mem-branding produk saat ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Strategi yang kini banyak digunakan brand ialah dengan car branding.

Namun, tak hanya dengan cara tersebut saja. Sekarang, Anda juga bisa mem-branding produk maupun brand melalui vending machine.

Untuk melakukannya, Anda perlu pasang iklan di vending machine melalui StickEarn. Kami menawarkan layanan Vending Machine Advertising untuk para pengiklan agar mereka bisa mem-branding diri sekaligus menjual produknya di mesin penjual otomatis ini.

2. Memproleh Data

Saat Anda memanfaatkan vending machine sebagai sarana beriklan atau penjualan produk, Anda akan memperoleh data terkait progres penjualan dari mesin ini, StickFriends. Tidak hanya canggih secara tampilan, mesin tersebut juga menyediakan data analisis yang sangat berguna.

Sebab, seiring perkembangannya, vending machine, mesin yang sudah 2000 tahun lebih populer di Mesir itu, dilengkapi dengan teknologi terkini. Para penyewa yang memanfaatkan VM untuk berjualan bisa memperoleh data terkait data jumlah keramaian di sekitar mesin dan transaksi.

3. Ketersediaan 24/7

Vending machine dapat beroperasi sepanjang waktu tanpa terbatas oleh jam operasional toko atau warung tradisional. Ketersediaannya ini memungkinkan konsumen untuk membeli produk kapan saja, bahkan di malam hari atau saat toko-toko sudah tutup.

4. Kemudahan dan kecepatan

Dengan vending machine, konsumen dapat memperoleh produk dengan cepat dan mudah. Pelanggan Anda tidak perlu mengantri atau berinteraksi dengan penjual, sehingga menghemat waktu dan usaha.

5. Pilihan produk yang beragam

Vending machine dapat menawarkan berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Adapun produk yang Anda jual di mesin ini, di antaranya ialah makanan ringan, minuman, hingga barang-barang kecil seperti ponsel atau aksesori elektronik.

Contoh penjualan produk yang menggunakan VM ialah Sprite. Selain beriklan di Bus Advertising StickEarn, Sprite juga melakukan product sampling menggunakan vending machine. Mesin VM brand minuman ini di tempatkan di Halte Transjakarta, sehingga berpotensi menghasilkan brand awareness yang tinggi.

Baca juga: Inilah Teknik Pemasaran Produk yang Paling Efektif untuk Bisnis

6. Penggunaan tunai dan non-tunai

Meskipun awalnya alat pembayaran mesin ini hanya menggunakan uang tunai, kini banyak mesin penjual otomatis tersebut yang juga menerima pembayaran elektronik, seperti kartu kredit, kartu debit, atau dompet digital. Alhasil, transaksi jauh lebih ringkas dan memudahkan.

7. Potensi pendapatan tambahan

Vending machine juga dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi pemilik bisnis atau mitra. Memasang mesin di tempat yang strategis dan memperoleh keuntungan dari penjualan produk tanpa memerlukan kehadiran fisik secara terus-menerus.

Jenis dan Contoh Vending Machine

jasa sewa vending machine di stickearn.jpg

Source: Unsplash - Ada berbagai contoh vending machine yang bisa digunakan oleh brand.

Ada berbagai jenis vending machine yang tersedia dan didesain untuk membantu brand dalam mengoptimalisasikan bisnisnya. Berikut adalah beberapa contoh vending machine yang wajib Anda ketahui.

1. Vending machine makanan dan minuman

Vending machine ini adalah yang paling umum dan dapat ditemukan di berbagai tempat. Di dalamnya biasanya menjual makanan ringan, minuman kaleng atau botol, kopi, camilan, permen, es krim, atau bahkan makanan siap saji.

2. Vending machine otomotif

Mesin ini menyediakan produk-produk otomotif seperti minyak pelumas, ban dalam, busi, atau aksesori kendaraan lainnya. Vending machine otomotif sering ditempatkan di dekat bengkel atau pompa bensin.

3. Vending machine barang elektronik

Vending machine semacam ini menyediakan barang-barang elektronik seperti ponsel, tablet, baterai, earphone, atau kabel pengisi daya. Vending machine ini biasanya ditempatkan di pusat perbelanjaan atau bandara.

4. Vending machine produk kesehatan

Jenis vending machine ini menyediakan produk-produk kesehatan dan kebugaran, seperti obat-obatan bebas, perawatan kulit, hingga suplemen vitamin.

5. Vending machine produk kecantikan

Berikutnya ialah vending machine jenis produk kecantikan.Mesin ini menjual produk kecantikan, seperti lipstik, maskara, krim wajah, atau produk perawatan rambut. Biasanya vending machine jenis tersebut sering ditempatkan di pusat perbelanjaan atau salon kecantikan.

Vending Machine sebagai Media Campaign

Vending Machine Advertising_StickEarn.png

Source: Doc. StickEarn - Penggunaan vending machine sebagai media periklanan atau promosi brand.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Vending Machine dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan campaign. Nah, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapat ketika menggunakannya untuk kebutuhan tersebut, di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Penawaran produk khusus

Salah satu kegunaan vending machine adalah memperkenalkan produk baru atau edisi terbatas dengan menawarkan penawaran khusus kepada konsumen. Misalnya, Anda dapat menyediakan diskon eksklusif atau hadiah gratis jika konsumen membeli produk tertentu melalui vending machine.

2. Penyebaran sampel produk

Vending machine juga dapat digunakan untuk menyebarkan sampel produk kepada konsumen. Anda dapat mengisi vending machine dengan sampel makanan atau minuman baru yang ingin Anda promosikan.

Konsumen dapat mencoba sampel tersebut dan jika mereka menyukainya, mereka mungkin akan membeli produk tersebut di masa depan.

3. Kontes dan undian

Salah satu bentuk campaign yang dapat Anda lakukan menggunakan vending machine ialah mengadakan kontes atau undian yang melibatkan konsumen. Misalnya, Anda dapat memberikan kuis atau selfie challange untuk mendapatkan produk tertentu di vending machine.

Baca juga: Contoh Iklan Produk Makanan yang Menarik di Jalan

4. Pemasaran interaktif

Selanjutnya, vending machine juga dapat dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif, seperti layar sentuh atau permainan sederhana. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan membuat marketing campaign lebih menarik.

Contohnya, Anda dapat menghadirkan permainan singkat di layar sentuh vending machine dan memberikan hadiah kepada konsumen yang berhasil mencapai skor tertentu.

5. Promosi berbasis lokasi

Bentuk marketing campaign lainnya yang dapat Anda manfaatkan dari vending machine ialah menempatkan vending machine di lokasi strategis yang relevan dengan produk atau kampanye Anda.

Jika Anda mempromosikan minuman energi, Anda dapat menempatkan vending machine di pusat kebugaran atau gym. Lalu, jika Anda mempromosikan peralatan olahraga, Anda dapat menempatkan vending machine di pusat kebugaran atau lapangan olahraga.

Brand yang Menggunakan Vending Machine untuk Penjualan Produk

Vending machine sudah banyak ditemukan di berbagai tempat, misalnya di stasiun kereta api, halte bus, dan, bandara. Lokasi tersebut menjadi tempat yang paling strategis untuk menampilkan mesin yang satu ini.

Ada beberapa contoh brand yang menggunakan vending machine sebagai strategi pemasaran yang dilakukan di Indonesia. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Dompet Wallts

Pada tahu 2022 brand dompet kanvas asal Bandung bernama Wallts menggunakan vending machine untuk menawarkan produk dompet terbaru mereka. Vending machine ini ditempatkan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta.

2. KAEF Box

PT Kimia Farma Apotek (KFA) menawarkan produk-produk kesehatan melalui vending machine. KFA merilis vending machine mereka dengan nama KAEF BOX.

Vending machine ini telah tersebar di berbagai tempat layanan publik, seperti stasiun dan residensial. KAEF Box ditujukan agar pelanggan KFA lebih dekat produk kesehatan mereka.

3. Chocomory Chocobar Cashew

StickEarn sebagai salah satu perusahaan periklanan luar ruang juga menyediakan layanan dan produk berupa Vending Machine Advertising. Beberapa waktu lalu, Chocomory berkolaborasi dengan kami dalam membuat campaign marketing untuk produk mereka menggunakan Vending Machine Advertising StickEarn.

Vending machine ini ditempatkan di stasiun Dukuh Atas BNI. Kehadiran mesin tersebut begitu menarik perhatian pengunjung karena menawarkan pembelian gratis dengan mengikuti challage dari Chocomory.

Siap Menggunakan Vending Machine Advertising?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa vending machine adalah mesin canggih yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan produk secara efektif. Selain untuk penjualan, VM juga berguna untuk mendukung kegiatan branding perusahaan.

Perlu diingat bahwa beberapa vending machine modern juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Adapun teknologi itu, seperti sensor otomatis, kamera, atau pemrosesan data yang lebih kompleks, yang dapat membantu pemantauan persediaan, analisis penjualan, dan pengoperasian yang lebih efisien.

Jika setelah membaca ulasan ini Anda tertarik untuk menggunakan vending machine untuk menjual dan branding produk, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. Kami menyediakan penyewaan Vending Machine Advertising yang siap membantu Anda berjualan, branding, dan mendapatkan data terkait campaign di mesin tersebut.

Klik banner di bawah untuk bekerjasama dengan StickEarn atau pelajari lebih lanjut produk-produk kami.

CTA Banner Blog - 01.png