Mempromosikan suatu produk di era sekarang penuh tantangan, apalagi jika Anda meluncurkan iklan produk makanan. Ada berbagai faktor penting dalam iklan makanan yang perlu Anda perhatikan.

Selain harus cermat dalam membuat copywriting iklan yang menarik untuk iklan tersebut, brand juga harus memerhatikan pemilihan visual iklannya. Vualisasi dalam sebuah iklan produk makanan, baik ringan maupun berat, mempunyai peranan yg sangat penting.

Visual yang menarik akan lebih diperhatikan dan mendorong konsumen untuk bertransaksi. Jika tidak memerhatikan kedua faktor itu, promosi yang dibuat tidak akan dilihat audiens.

Oleh karenanya, bagaimana cara mempromosikan makanan perlu Anda ketahui dengan menyimak artikel StickEarn di bawah ini. StickEarn menyiapkan lima contoh iklan produk makanan yang bisa menjadi inspirasi serta cara membuat iklan yang menarik, khususnya pada periklanan offline.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dalam Meningkatkan Penjualan

1. Ladang Lima, Makanan Sehat

contoh iklan makanan.png

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan produk makanan yang efektif.

Contoh iklan produk makanan yang menarik, tetepi simpel dapat Anda lihat melalui promosi Ladang Lima. Brand yang bergerak di bidang makanan kesehatan ini membuat poster iklan dengan sangat apik.

Memanfaatkan media offline, yaitu Car Advertising StickEarn, Ladang Lima mengedepankan daya tarik produk dengan menampilkan sosok model yang tengah memakan salah satu camilan sehatnya.

Tidak hanya menggunakan komunikasi iklan dengan model yang tengah memakan camilan mereka, tetapi brand ini juga secara langsung menampilkan unique selling proposition (USP) produk kesehatannya. Hal itu dilakukan agar audiens tidak hanya tergugah karena melihat potret model iklan sedang memakan camilan.

Namun, tujuan ditampilkannya USP berupa keuntungan mengonsumsi produk Ladang Lima ialah agar audiens makin yakin untuk membeli produk Ladang Lima. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran merek terhadap produk Ladang Limas.

2. Wings Food, Mie Sedap

Poster iklan produk makanan berikutnya yang bisa menjadi contoh ialah iklan Mie Sedap. Sama seperti Ladang Lima, Wings Food juga menggunakan channel marketing offline, yaitu Car Advertising StickEarn, untuk promosi.

Lalu, Wings Food menampilkan sosok seorang artis terkenal dalam mempromosikan produknya. Artis tersebut ialah Siwon dan Angga Yunanda.

Wajah kedua artis ini tampil sebagai brand ambassador atau BA Mie Sedap. Potret mereka muncul di sebagai materi iklan yang tengah menyantap Mie Sedap.

Selain fokus pada potret BA, Wings Food pun tidak lupa menonjolkan gambar mie instan yang dijual. Produknya tampil dengan sangat menggugah selera dan jelas.

Meski sama-sama pasang iklan di mobil, tetapi Wings Food tidak memberikan banyak copy ads di iklannya. Brand ini hanya bermain-main pada visual BA, produk, dan sedikit copy..

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Iklan Luar Ruang yang Efektif

3. Dunkin Donat

Tidak jauh berbeda dengan Wings Food, Dunkin Donat ternyata berkiblat pada teknik promosi yang juga sederhana. Hanya dengan menampilkan produk donat dan minumannya, brand ini menyebarluaskan promosinya di berbagai media iklan.

Namun bedanya, iklan Dunkin Donat dilengkapi dengan teks iklan yang panjang, tidak sekadar produk saja. Iklan yang dibuat terkadang dibubuhi kalimat iklan hard selling yang panjang, apalagi saat membahas promo.

Produk donat dan minuman diberikan proporsi lebih besar. Sementara, copy teks sedikit di bawahnya dan dilengkapi TnC di bagian bawah.

4. Kanzler, Nugget

Sebagai salah satu jenis promosi, beriklan di mobil juga banyak dilakukan oleh berbagai brand, khususnya oleh perusahaan yang satu ini. Belakang, Kanzler begitu aktif membuat iklan di Out-of-Home guna mempromosikan produk nugget-nya.

Dengan menggandeng Nicholas Saputra sebagai BA, Kanzler mampu mencuri perhatian publik. Pasalnya, komunikasi iklan yang dibuat oleh Kanzler sangat menarik perhatian.

Nicholas Saputra atau akrab disapa Niscap tampil dengan seolah-olah mengingatkan dan mengajak audiens Kanzler di OOH agar tidak lupa mengonsumsi nugget Kanzler. Bahkan, pesan pengingat itu tidak hanya wara-wiri di beberapa mobil pribadi, tetapi juga di bus dan billboard.

Karena menarik perhatian, apalagi dengan wajah rupawan Niscap, iklan produk barang berupa makanan siap santap ini jadi perbincangan di media sosial. Banyak orang yang memfoto dan membicarakan iklan tersebut, khususnya soal Niscap, sehingga menjadi viral marketing.

5. Dapur Cokelat, Kue

Iklan makanan lebaran_stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Iklanan makanan saat lebaran.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menampilkan produk makanan perlu memperhatikan visualisasi atau tampilan produk. Tidak jauh berbeda dengan iklan produk minuman, visualisasi pada iklan makanan juga mempunyai peranan penting.

Sebab, iklan yang dibuat mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk. Bahkan, jika sudah tertarik dan membeli, tidak jarang mereka akan mengajak keluarga atau teman untuk membeli juga, StickFriends.

Hal itulah yang dilakukan oleh Dapur Cokelat ketika beriklan di mobil Grab StickEarn. Dalam rangka kampanye pemasaran bulan Ramadan tahun 2023, Dapur Cokelat mempromosikan produk bingkisan Hari Raya yang tampil di badan belakang mobil.

Poster iklan Hari Raya itu dilengkapi dengan kalimat iklan persuasif dan cukup emosional bertulis “Rayakan Kemenangan dengan Silaturahmi”. Lalu, di samping tulisan itu dihiasi dengan produk hampers Dapur Cokelat sebagai CTA.

Tidak lupa juga di bawahnya tertulis nomor telepon pemesanan yang bisa audiens hubungi. Namun, karena kini OOH sudah jauh lebih canggih, poster itu pun dilengkapi QR Code marketing untuk memindai pemesanan. Jadi, jika audiens enggan menuliskan nomor, mereka dapat memindainya saja.

Baca juga: Memahami Pengertian Iklan adalah, Fungsi, & Tujuan untuk Marketing

Tips Membuat Iklan yang Menarik

Setelah Anda mengetahui contoh iklan produk makanan, mulai dari yang simple hingga kreatif, tidak afdal jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang bagus dan menarik untuk produk tersebut. Adapun langkah ringkas yang bisa Anda lakukan ialah sebagai berikut.

  • Lakukan riset terlebih dahulu mengenai produk. Cari tahu keunggulan dan manfaatnya untuk konsumen. -Lakukan riset terhadap kompetitor produk dan tren pemasaran. Jika bingung, Anda bisa simak trend marketing 2023.
  • Setelah itu, buat poster iklan Anda. Karena Anda akan mempromosikan produk makanan, perhatikan benar-benar pengambilan gambar makanan.
  • Buat copywriting iklan yang menarik. Pelajari apa saja formula copywriting itu terlebih dahulu dengan menyimak artikel “Mengenal Beragam Formula Copywriting untuk Beriklan”.
  • Terakhir, promosikan iklan yang Anda buat melalui berbagai media. Salah satu media yang tidak boleh Anda lewatkan ialah Out-of-Home Advertising.

Siap Membuat Iklan Produk Makanan yang Menarik?

Membuat iklan produk makanan memang tidak bisa sembarang. Iklan yang Anda buat harus memenuhi beberapa aspek pemasaran agar materi iklan dapat menggugah dan menarik minat para pembeli.

Anda perlu memerhatikan contoh-contoh produk makanan di atas, seperti Mie Sedap, Dapur Cokelat, Kanzler, Dunkin Donat, dan Ladang Lima yang StickEarn bahas di atas. Melalui contoh iklan produk makanan tersebut, Anda akan tahu bagaimana cara brand-brand itu membuat gambar atau poster untuk promosi makanannya.

Jika Anda sudah mempunyai gambaran akan membuat iklan makanan yang seperti apa, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. Kami siap membantu Anda menampilkan dan menyebarluaskan materi promosi melalui Car Advertising yang banyak dimanfaatkan untuk promosi klien kami.

Namun, jika Anda masih bingung ingin menampilkan desain iklan yang bagaimana, StickEarn juga siap membuatkannya. Layanan kami tidak terbatas pada penyediaan media iklan, tetapi StickEarn juga bisa menjadi konsultan dan membuatkan iklan Anda.Spesial di bulan ini, ada promo iklan di mobil StickEarn yang bisa Anda manfaatkan, StickFriends.

Silakan klik banner di bawah untuk langsung beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png