Beriklan di kendaraan umum, terutama di bus, memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis. Dengan beriklan di media tersebut, Anda bisa menjangkau 83% penumpang di hari kerja dan 69% di akhir pekan.

Jangkauannya yang tinggi membuat berbagai brand ingin mempromosikan produk, khususnya iklan produk minuman mereka ke publik. Sebab, produk tersebut kini banyak ditawarkan dan beriklan di media itu menjadi aspek pemasaran paling utama yang harus dilakukan oleh marketers.

Tujuannya ialah agar brand bisa membuat campaign pemasaran yang beda dan unik, sehingga mudah dilihat oleh para komuter maupun khalayak yang ada di jalan. Ditambah lagi, pasang iklan produk di bus memberikan keleluasaan untuk menghadirkan pesan pemasaran visual yang lebih menarik.

Anda bisa membuat dan menampilkan iklan di berbagai spot komersial yang ada di bus. Lantas, apa saja iklan produk yang menarik di bus? Berikut ulasannya.

Baca juga: Iklan Eye-Catching di Badan Bus Memberikan Banyak Keuntungan

Contoh Iklan Produk Minuman

Pada dasarnya, sebuah iklan akan dikatakan efektif jika mampu menyebarkan informasi secara masif. Bahkan, dapat dikatakan berhasil jika iklan yang dibuat dapat membantu brand meningkatkan brand awareness produk. Salah satu media iklan yang tergolong efektif itu ialah Bus Advertising ini.

Banyak brand yang menggunakan bus sebagai media beriklan yang optimal untuk pemasaran mereka. Hal ini disebabkan oleh Bus Advertising yang bisa mendukung kegiatan pemasaran suatu brand, meningkatkan kesadaran merek, dan menjangkau audiens secara lebih luas.

Tidak hanya terbatas pada penumpang bus, iklan produk minuman yang tampil di bus juga efektif dalam menarik perhatian audiens yang berada di luar pengguna bus itu sendiri.

Kendaraan bergerak yang satu ini berpindah dari satu tempat ke tempat lain, sehingga berpotensi untuk di lihat oleh banyak orang. Oleh karena keefektifannya, kira-kira siapa saja brand minuman yang beriklan di media Out-of-Home (OOH) seperti bus, ya?

1. Sprite

IMG_4427.JPG

Source: Doc. StickEarn - Poster iklan produk minuman Sprite di bus.

Contoh brand minuman pertama yang menggunakan Bus Advertising ialah Sprite. Tidak dapat dimungkiri bahwa dari tahun ke tahun iklan Sprite banyak mencuri perhatian. Pasalnya, iklan dan tagline-nya yang menarik, yaitu “Nyatanya Nyegerin”, yang dibuat Sprite mampu menghipnotis khalayak.

Selain membuat copy yang menarik, Sprite juga tergolong sering beriklan di OOH. Sprite memanfaatkan media iklan luar ruang secara grilya untuk meningkatkan kesadaran dan brand recall kepada para konsumennya.

Iklan Sprite terbaru ialah berupa promosi produk less sugar di bus. Produk iklan minuman Sprite itu ditampilkan di seluruh badan Bus, sehingga jaminan iklan dilihat dan kalimat yang ditampilkan terbaca oleh banyak audiens.

Sebab, ukuran dari badan bus yang besar dapat menampilkan gambar iklan produk minuman dan slogan iklan secara jelas. Bahkan, dari jauh sekalipun audiens sudah bisa mengidentifikasi kampanye iklan Sprite.

Penggunaan Bus Advertising sangat menguntungkan bagi suatu brand karena dapat menjangkau audiens dan membantu perusahaan mencapai objektif pemasaran. Hal tersebutlah yang membuat banyak brand menggunakan media outdoor advertising untuk promosi.

2. Aqua

Lalu, contoh iklan produk minuman yang kreatif selanjutnya datang dari Aqua. Selain dikenal sebagai brand dengan produk air mineral dari pegunungan, content marketing yang dibuat Aqua harus diakui selalu menarik perhatian khalayak.

Hal tersebut karena Aqua tidak hanya masif beriklan di media sosial saja, tetapi brand ini juga menggencarkan promosinya melalui media luar ruangan. Dengan begitu, Aqua dapat menjangkau dan meningkatkan brand recall-nya dengan baik.

Brand tersebut pun terus mengadopsi media iklan yang efektif, khususnya melalui Bus Advertising. Aqua menampilkan iklannya dengan strategi marketing yang cerdas pada setengah bagian badan bus.

Langkah brand Aqua menggunakan Bus Advertising membuka peluang untuk menarik perhatian. Ukuran iklan yang besar dan penempatan logo Aqua yang dominan di badan bus menjadikan iklan makin terlihat jelas, sehingga Aqua dapat meningkatkan daya ingat konsumen terhadap produknya.

Itulah mengapa, berkat kepiawaian Aqua dalam mem-branding produk, Aqua menjadi top of mind di masyarakat. Ketika masyarakat membeli air minum dalam kemasan, mereka selalu menyebutkan Aqua.

Baca juga: Strategi Branding Produk yang Efektif & Berhasil

3. Coca-Cola

iklan coca cola di bus.jpg

Source: Shutterstock - Iklan Coca-Cola di OOH.

Iklan produk minuman berikutnya datang dari Coca-Cola. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan brand satu ini, bukan? Tentu saja, sebab Coca-Cola menjadi salah satu produk yang gencar mempromosikan produknya di berbagai kanal.

Ditambah lagi, branding yang dikenal oleh Coca-Cola juga terbilang efektif karena mudah diterima konsumen. Brand ini memperkenalkan dirinya dengan narasi sebagai produk minuman ringan yang menyegarkan.

Coca-Cola juga termasuk brand minuman yang telah dikenal hingga penjuru dunia karena produk yang ditawarkannya. Brand tersebut berhasil membangun citra positif melalui iklan yang dibuat dan aktivitas pemasaran yang interaktif.

Meskipun sering beriklan, tahukah Anda OOH menjadi media yang begitu diandalkan oleh brand minuman ini? Coca-Cola menggunakan berbagai jenis iklan, salah satunya iklan di Bus Advertising, untuk mendorong pemasaran yang berkelanjutan, sehingga objektif bisnisnya dapat tercapai.

Pemasangan iklan Coca-Cola di seluruh bagian bus memberikan dampak visual yang kuat. Langkah ini tidak hanya memperkuat kehadiran suatu brand, tetapi dapat juga memastikan pesan iklan terlihat oleh berbagai audiens.

4. Le Minerale

Contoh iklan produk minuman lainnya yang mulai melekat du ingatan konsumen adalah Le Minerale. Brand ini berhasil menyukseskan strategi brand awareness, StickFriends.

Hal itu dapat Anda lihat melalui agresifnya Le Mineral dalam mempromosikan produk. Le Mineral tidak hanya beriklan di online, tetapi turut memanfaatkan OOH, yaitu Bus Ads, sebagai "senjata" promosinya.

Iklan Le Minerale dipasangkan di seluruh bagian bus, sehingga dapat menarik perhatian tidak hanya penumpang bus, tetapi juga para pengguna jalan. Strategi ini dapat mendorong eksposure yang tinggi, memperkuat citra brand, dan meningkatkan daya tarik Le Minerale sebagai pilihan bagi konsumen dalam mencari produk minuman kemasan berkualitas.

Ditambah, Le Minerale menggunakan brand ambassador, yaitu figur publik terkenal, Irwansyah dan Zaskia Sungkar, untuk mempromosikan produk air mineral mereka. Keterlibatan brand ambassador sangatlah penting karena dapat membantu Le Mineral dalam mencapai objektif bisnis.

5. Kuku Bima

iklan kuku bima di badan bus.jpeg

Source: Wikiwand - Iklan minuman suplmene kesehatan.

Terakhir ialah Kuku Bima. Iklan produk minuman Kuku Bima di bus juga bisa menjadi contoh untuk Anda. Tidak jauh berbeda dengan brand di atas, produk minuman suplemen kesehatan ini juga menawarkan desain iklan yang bisa menjadi inspirasi.

Hanya dengan menampilkan potret brand ambassador, kemudian menambahkan sentuhan copywriting iklan pada materi campaign-nya, Kuku Bima dapat mencuri perhatian khalayak. Selain itu, warna poster yang menggunakan juga mencolok, sehingga mudah dilihat oleh banyak orang.

Kuku Bima menggunakan warna yang tone-nya bold guna membangun kesan branding yang kuat. Bermodalkan warna inilah iklan brand berpotensi untuk lebih dilihat khalayak.

Manfaat Pasang Iklan di Bus

Beriklan di bus, baik itu bus pariwisata maupun Transjakarta, memang memberikan manfaat. Namun, Anda harus cermat dalam membuat contoh iklan produk makanan yang simple di media tersebut, StickFriends.

Nah, agar Anda lebih yakin untuk pasang iklan di kendaraan bergerak seperti bus ini, Anda bisa simak manfaatnya di bawah. Check this out!

  • Mampu meningkatkan brand awareness.
  • Iklan berpotensi untuk lebih dilihat dan menjangkau berbagai audiens.
  • Mampu Meningkatkan brand image.
  • Dengan sewa iklan di bus, Anda bisa menyebarluaskan persepsi positif dari target audiens, sehinga mereka akan melakukan pembelian berulang.

Beriklan Mengggunakan Bus Advertising Sekarang!

Itulah penjelasan mengenai iklan produk minuman yang menggunakan media pemasaran Bus Advertising. Sejumlah iklan di atas dapat menjadi contoh untuk Anda yang ingin menjalankan kampenye pemasaran di bus.

Sebab, dari contoh iklan produk minuman yang ada di Tanah Air, mampu memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi perusahaan, khususnya bagi bisnis yang bergerak di bidang yang sama.

Sebagai saran, untuk meningkatkan kegiatan pemasaran maupun branding, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn menggunakan layanan iklan bus. StickEarn siap membantu Anda menyebarluaskan awareness dan branding produk di media tersebut.

Tunggu apalagi, segera buat iklan Anda dengan jelas di bus dan tingkatkan brand awareness produk. Silahkan klik banner di bawah untuk langsung beriklan bersama StickEarn atau pelajari iklan OOH dan DOOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png