Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan tidak cukup hanya melakukan aktivitas pemasaran secara umum. Perlu dilakukan juga strategi psikologi marketing dalam upaya menarik perhatian konsumen.

Dalam menarik perhatian konsumen, perusahaan dapat menggunakan beberapa trik psikologi, seperti menggunakan warna dan desain yang catchy dalam atribut produk. Menurut sebuah studi mengenai tanggapan konsumen terhadap berbagai produk, menunjukkan bahwa 93% dari mereka mengandalkan tampilan visual saat mempertimbangkan sebuah produk.

Hal ini menjadikan marketing psychology sebagai salah satu faktor yang efektif dalam mendorong interaksi konsumen terhadap produk. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengadaptasi strategi psikologi ke dalam pemasaran bisnis Anda. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Mengenal Consumer Insight dalam Meningkatkan Penjualan

Apa itu Psikologi Marketing dalam Dunia Bisnis

psikologi pemasaran yang efektif.jpg Source: Shutterstock - Memahami arti dari psikologi marketing.

Ilmu Psikologi dan ilmu marketing memiliki keterkaitan yang erat dalam dunia bisnis. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan pola pikir manusia, sedangkan marketing bertujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen serta menciptakan strategi untuk memenuhinya.

Dengan memadukan kedua ilmu ini, StickFriends dapat memahami lebih baik tentang perilaku konsumen dalam membeli produk; bagaimana mereka membuat keputusan, bagaimana perasaan, dan persepsi mereka yang dapat mempengaruhi preferensi keputusan transaksi.

Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan psikologis ini untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Contohnya ialah dalam hal meningkatkan kesadaran merek, membangun loyalitas, dan meningkatkan penjualan.

Salah satu contoh psikologi marketing adalah teknik harga coret. Harga coret adalah teknik yang digunakan untuk memberikan kesan bahwa produk sedang dijual dengan potongan harga tertentu, sehingga membuat konsumen merasa mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Selain itu, masih ada banyak penerapan psikologi marketing yang dapat digunakan pada bisnis Anda. Berikut penjelasan lengkapnya.

Strategi Psikologi Marketing untuk Memikat Konsumen

Ilmu psikologi diterapkan pada pemasaran dengan tujuan dapat membuat kampanye promosi yang efektif dalam menarik perhatian konsumen. Dengan kampanye ini, tingkat pembelian juga akan makin meningkat.

Berikut ini ialah beberapa trik marketing yang dapat Anda terapkan dalam menjalankan trik pemasaran untuk perusahaan. Apa sajakah triknya bisa Anda simak di bawah ini.

1. Review Pelanggan

Tidak jarang konsumen merasa kebingungan saat menentukan pilihannya. Dalam kasus seperti ini, review dari pelanggan lain akan sangat membantu sekaligus mempengaruhi tindakan pelanggan Anda berikutnya.

Maka dari itu, Anda bisa mulai mengumpulkan ulasan, testimoni, dan studi kasus dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Setelah itu, StickFriends dapat merangkumnya dalam bentuk teks, gambar, atau video yang dapat diakses oleh semua calon pelanggan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Konten Menarik & Berkualitas, Pasti Dilirik!

2. Harga Coret

diskon harga coret.jpeg

Source: The Okonomos - Contoh Penerapan Psikologi Marketing Harga Coret.

Trik harga coret juga merupakan salah satu trik psikologi marketing. Strategi ini sering StickFriends temui pada aplikasi marketplace.

Tujuan digunakannya harga coret dalam mempengaruhi psikologi konsumen iala untuk membuat calon mereka merasa mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Sebab, ketika pelanggan melihat harga jual awal dan harga diskon, maka secara tidak langsung mereka akan menjadi lebih tertarik dengan produk Anda.

3. Konsep Less is More

Menurut teori Schwartz tentang paradox of choice, ketika orang dihadapkan dengan lebih banyak pilihan daripada yang dapat mereka proses, secara tidak langsung mereka memiliki kecenderungan untuk mengabaikannya.

Untuk itu, akan menjadi lebih baik jika Anda menawarkan lebih sedikit produk atau layanan yang berkualitas kepada pelanggan daripada memberikannya banyak pilihan. Selain membingungkan, mereka bisa saja mengurungkan niat untuk berbelanja.

Anda juga bisa menerapkan konsep ini dalam pembuatan website maupun media sosial bisnis. Akan lebih efektif bagi bisnis dalam mempertahankan fokus calon pelanggan dengan menerapkan desain yang simple.

4. Decoy Effect

faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen.png

Source: InsideBe - Strategi Psikologi Marketing Decoy Effect.

Decoy Effect atau efek umpan digunakan untuk menentukan preferensi konsumen di antara dua opsi dengan memunculkan opsi ketiga yang kurang menarik. Contohnya saat membeli sebuah popcorn, ukuran mana yang lebih mungkin dibeli oleh pelanggan?

Sebagian besar dari mereka memilih popcorn ukuran large dengan harga yang terlihat lebih layak atau ukuran small yang cukup. Tentu hal itu menggiurkan bagi mereka!

Dari sini, variabel umpan adalah ukuran medium yang dibuat untuk mempengaruhi pelanggan agar memilih ukuran yang lebih besar daripada ukuran sedang yang tanggung. Oleh karena itu, jika Anda juga sedang menawarkan produk yang mirip, cobalah metode ini untuk meningkatkan penjualan Anda.

Baca juga: 5 Cara Menawarkan Produk ke Konsumen Paling Efektif

5. Scarcity

Pernahkah StickFriends mendengar prinsip ekonomi bahwa ketika pasokan berkurang, maka permintaan akan meningkat? Prinsip inilah yang dinamakan kelangkaan. Di saat kelangkaan terjadi, orang akan cenderung menganggap barang langka sebagai barang berharga sehingga memicu perasaan fear of missing out (FOMO) dan memberikan rasa urgensi untuk melakukan pembelian sebelum terlambat.

Untuk menciptakan perasaan tersebut, ada beberapa trik yang dapat Anda terapkan. Berikut ini ialah trik pemasaran yang mempengaruhi psikologi konsumen.

  • Stok barang terbatas: Berikan batasan barang untuk membuat pelanggan bertindak cepat.
  • Penawaran waktu terbatas: Buatlah kampanye dengan tanggal dan waktu kadaluarsa.
  • Penghitung waktu mundur: Tambahkan pengatur waktu ke dalam kampanye Anda untuk mengingatkan pelanggan tentang jangka waktu.

6. Teknik Penempatan Produk

menempatkan iklan di pinggir jalan.png

Source: Doc. StickEarn - Strategi Psikologi Marketing Iklan Strategis.

Menempatkan produk di tempat yang strategis merupakan salah satu strategi psikologi pemasaran yang sering dilakukan. Hal ini, membuat brand awareness produk Anda secara tidak langsung tertanam dalam benak konsumen.

Anda bisa menerapkan teknik ini dengan memasang iklan promosi di tempat-tempat yang sering dilalui oleh banyak orang. Anda bisa memanfaatkan iklan di transportasi yang mobilitasnya tinggi untuk meluaskan jangkauan iklan.

Beriklan di kendaraan bergerak juga bisa meningkatkan impresi iklan. Iklan Anda tidak hanya akan dilihat sekali oleh orang yang sama, tetapi juga bisa tampil berkali-kali, sehingga urgensi untuk transaksi bisa saja terjadi.

7. Copywriting Menarik

Dalam marketing psychology, copywriting adalah seni dalam menulis iklan yang dirancang untuk mempengaruhi perilaku konsumen dengan cara yang membuat mereka tertarik, terlibat, dan akhirnya melakukan pembelian atau tindakan yang diinginkan.

Salah satu formula copywriting yang bisa StickFriends terapkan untuk menciptakan pesan yang efektif dan persuasif, adalah formula PAS (Problem, Agiatet, and Solution). Berikut ini contoh psikologi marketing dalam sebuah copy iklan.

  • Apakah Anda merasa frustasi dengan kulit wajah kusam dan kering? (P)
  • Bayangkan perasaan tidak nyaman ketika Anda tidak bisa menyembunyikan kekeringan dan kusamnya kulit Anda, bahkan dengan makeup.(A)
  • Jangan khawatir, kami memiliki solusinya. Dengan rangkaian produk kosmetik berbahan alami Greeny, Anda dapat mengembalikan kelembaban dan kilau alami kulit Anda. Cobalah sekarang dan rasakan perbedaannya! (S)

Terapkan Psikologi Marketing dalam Kampanye Iklan Anda!

Setelah mempelajari mengenai psikologi marketing, kini saatnya Anda menerapkan ilmu tersebut dengan membuat mempromosikan produk. Anda bisa mempromosikan produk dengan menggunakan trik psikologi pemasaran harga coret, ulasan, dan lain sebagainya.

Setelah sudah tahu ingin menggunakan teknik pemasaran apa, Anda bisa memasifkan promosi itu dengan beriklan di luar ruang. StickEarn siap membantu Anda menyebarluaskan promosi tersebut kepada khalayak.

Ada berbagai contoh iklan OOH StickEarn yang bisa Anda gunakan untuk beriklan. Media tersebut sangat efektif dalam membantu Anda menyebarluaskan awareness kepada audiens.

Jika Anda tertarik, silakan klik banner di bawah untuk bekerjasama dengan StickEarn. Spesial di bulan ini, ada promo Ramadhan Hemat 50%* untuk Anda.

Promo-ramadan-hemat-untuk-beriklan-stickearn.png