Consumer insight merupakan proses dalam mengenal perilaku, minat, dan pola pikir pelanggan saat membeli produk atau jasa yang kita berikan. Apa saja manfaat dalam consumer insight ini? Bagaimana cara memaksimalkan consumer insight? Pada artikel akan dibahas lebih lengkap.

Apa Itu Consumer Insight?

Consumer insight adalah proses dalam memahami bagaimana perilaku, minat, dan juga pola pikir pelanggan ketika membeli produk dan/atau layanan yang ditawarkan. Dengan menggunakan proses ini, maka StickFriends akan mendapat feedback secara tidak langsung dari pelanggan.

Nantinya, lewat feedback inilah StickFriends bisa melakukan inovasi dan juga perbaikan terhadap produk maupun layanan kepada pelanggan ke depannya.

Tak hanya itu saja, insight consumer juga sangat membantu StickFriends untuk mengetahui target yang tepat, dimana nantinya akan dipublikasikan iklan secara online maupun offline.

Dari data pelanggan yang sudah diketahui, StickFriends bisa dengan mudah memasak iklan yang dianggap relevan dengan tujuan bisnis. Jadi, tidak ada lagi pemborosan budget atau strategi pemasaran yang kurang maksimal.

Baca Juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah - Langkahnya yang Efektif!

Pengertian Consumer Insight Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui apa itu consumer insight secara umum, berikut ini adalah beberapa pengertian consumer insight menurut para ahli yang tak kalah menarik untuk StickFriends ketahui.

  1. Menurut Amalia, consumer insight adalah proses mencari tahu secara lebih holistic tentang latar belakang perbuatan, pemikiran, dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya.
  2. Menurut Smith, consumer insight adalah pemahaman atas customer atau pelanggan yang bermanfaat bagi perusahaan.
  3. Menurut Laughlin, consumer insight adalah pemahaman yang belum jelas tentang pelanggan yang apabila tidak ditindaklanjuti, maka memiliki potensi untuk mengubah perilaku mereka demi keuntungan bersama.

Manfaat Consumer Insight

Dalam bisnis, sebenarnya insight consumer ini mempunyai berbagai manfaat yang membawa dampak baik bagi perkembangan bisnis. Keberadaan consumer insight terbukti dapat memberi peluang bisnis lewat penyesuaian produk yang lebih dibutuhkan, lebih diinginkan, serta lebih dinantikan oleh pelanggan.

Sebagai pemilik bisnis, tentunya StickFriends bisa memanfaatkan metode ini untuk membantu memperluas produk dan/atau layanan kepada pelanggan, mengembangkan strategi pemasaran baru, membuat persona bisnis yang positif, serta meningkatkan penjualan produk dan/atau layanan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat consumer insight.

  • Informasi yang diperoleh dari consumer insight dapat digunakan sebagai dasar keputusan bisnis yang strategis dan taktis. Dengan begitu, tentunya StickFriends bisa mengembangkan hubungan bisnis dengan pelanggan.
  • Membantu memprediksi gejolak pelanggan dengan mengidentifikasi arena untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan serta mengurangi risiko kehilangan pelanggan.
  • Memaksimalkan loyalitas pelanggan karena semakin lama durasi keterhubungan pelanggan dengan produk dan/atau layanan yang StickFriends tawarkan, tentunya akan semakin besar pendapatan bisnis yang diperoleh.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pemasaran Produk Terbaru & Implementasinya

  • Dapat membuat pelanggan merasa diistimewakan karena mereka bisa mendapatkan pengalaman eksklusif ketika memilih suatu produk.
  • Perencanaan sumber daya dan bahan baku yang lebih efektif karena StickFriends bisa memperkirakan kebutuhan sumber daya dan bahan baku untuk operasional bisnis.
  • Promosi dan iklan yang lebih tepat sasaran karena diperuntukkan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.
  • StickFriends bisa lebih mudah dalam menentukan harga yang lebih optimal atau ideal, di mana dengan harga tersebut pelanggan bersedia membayarnya.
  • Memperluas pasar dengan keuntungan yang lebih maksimal.

Cara Mengoptimalkan Consumer Insight

Bicara tentang apa itu consumer insight tentu kurang lengkap rasanya jika StickFriends belum memahami bagaimana cara mengoptimalkan insight consumer dengan tepat.

Nah, berikut ini adalah berbagai cara mengoptimalkan consumer insight yang menarik untuk StickFriends terapkan.

1. Mengumpulkan Data

Langkah awal yang sudah pasti harus StickFriends lakukan untuk mengoptimalkan consumer insight adalah dengan mengumpulkan data sebanyak mungkin dari pelanggan.

Data ini sebenarnya bisa dicari dengan mudah, lho. StickFriends bisa memanfaatkan insight di berbagai sosial media, e-commerce, atau bahkan memanfaatkan Google Analytics.

Platform-platform tersebut dapat membantu StickFriends dalam mengetahui perilaku, minat, serta pola pikir pelanggan ketika melihat dan juga membeli produk dan/atau layanan yang ditawarkan.

2. Riset Pelanggan

Agar penerapan konsep insight consumer ini menjadi lebih optimal, maka StickFriends perlu melakukan riset terhadap pelanggan. Cara yang bisa dilakukan juga sangat beragam.

Misalnya, dengan melakukan survei, Focus Group Discussion (FGD), atau bahkan menelepon pelanggan satu per satu secara langsung. Dari data hasil riset tersebut, StickFriends akan tahu bagian mana yang harus diperbaiki dari produk dan/atau layanan tersebut.

StickFriends juga bisa melihat brand-brand lain dari industri yang sama sebagai salah satu contoh consumer insight yang nantinya diharapkan bisa juga diimplementasikan pada bisnis yang StickFriends jalani.

3. Manajemen Pemasaran

Jika StickFriends ingin consumer insight yang dilakukan lebih maksimal, maka jangan hanya melakukan riset pelanggan saja. Sebab, StickFriends juga perlu memperhatikan manajemen pemasaran bisnis dengan baik.

Melalui manajemen pemasaran tersebut, StickFriends bisa tahu nih seberapa efektif promosi ataupun iklan yang sudah berjalan pada produk dan/atau layanan tersebut.

Tentunya StickFriends sudah paham betul bahwa iklan merupakan media yang tepat untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

4. Menerapkan Customer Feedback

StickFriends juga bisa menerapkan customer feedback untuk bantu mengoptimalkan consumer insight, lho. Dengan mengirimkan survei ataupun kuesioner pada pelanggan, maka StickFriends bisa tahu apakah produk dan/atau layanan yang diberikan sudah sesuai kualitasnya dengan keinginan pelanggan.

Bahkan, hasil feedback yang StickFriends dapatkan juga bisa diterapkan pada strategi pemasaran berikutnya. Sayangnya, customer feedback ini belum cukup memberikan gambaran lengkap tentang kualitas brand nih. Hal ini terjadi karena ada banyak pelanggan yang mungkin merasa takut atau bahkan tidak mau mengungkapkan pendapat yang sebenarnya tentang produk tersebut.

Makanya, StickFriends bisa coba untuk meminta feedback kepada pelanggan secara lebih personal. Contohnya dengan menggunakan sosial media dan juga email marketing.

5. Third Party Data

Cara selanjutnya yang dapat membantu StickFriends untuk mengoptimalkan customer insight adalah dengan third party data atau data yang didapatkan dari pihak ketiga.

Apabila StickFriends tidak punya akses yang cukup untuk mendapat feedback pelanggan yang berpengaruh pada keputusan bisnis, maka bisa coba untuk menarik wawasan dari riset pasar yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan audiens yang lebih luas.

Baca Juga: Mengenal Iklan Digital, Jenis, Manfaat, dan Contohnya!

Sudah pasti StickFriends sadar bahwa tren pelanggan di industri bisa membantu perusahaan dalam memahami pain point dan juga masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Aspek inilah yang kemudian bisa membantu perusahaan dalam menyusun strategi kampanye pemasaran, melayani pelanggan dengan penuh empati, serta mengembangkan penawaran baru kepada pelanggan.

6. Real-Time User Testing

Cara terakhir yang bisa StickFriends terapkan adalah memanfaatkan real-time user testing, khususnya pada aplikasi, situs website, juga berbagai pengalaman lainnya yang berbasis online.

StickFriends bisa mendapat wawasan mengenai preferensi audiens lewat A/B testing pada variabel tertentu dari pengalaman pelanggan. Jenis pengujian yang satu ini memungkinkan StickFriends untuk melihat secara real-time ketika basis pengguna berinteraksi dengan elemen produk.

Jadi, nantinya StickFriends akan lebih mudah dalam menentukan manakah copy, warna, maupun penempatan tombol yang berfungsi paling baik.

Sudah Paham tentang Apa Itu Consumer Insight?

Nah, itu dia informasi singkat mengenai apa itu consumer insight dalam bisnis. Bagi para bisnis pemula yang belum terlalu paham tentang istilah ini, jangan khawatir dulu.

Sebab, kini ada banyak penyedia jasa yang dapat membantu StickFriends dalam menerapkan consumer insight maupun strategi branding bisnis lainnya. Dengan menggunakan jasa StickEarn, maka StickFriends tidak perlu bingung lagi dalam mengimplementasikan konsep bisnis yang satu ini.

StickEarn menawarkan jasa periklanan baik offline (pemasangan sticker pada kendaraan usaha Anda seperti motor, mobil, bus, angkot, kereta bahkan pesawat) dengan desain modern dan bahan stiker berkualitas.

Selain itu, kamu dapat melakukan pemasangan iklan Out-Of-Home (OOH) pada mobile LED advertising, digitron ataupun vending machine. Tidak hanya itu saja, StickEarn juga menawarkan produk digital advertising yang sangat menarik yakni Offline-to-Online sebagai media pengiklanan yang memberikan manfaat double exposure untuk perkembangan bisnis Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi hubungi kontak StickEarn dan konsultasikan kebutuhan iklan bisnis Anda bersama kami. Mau ngiklan? ya StickEarn solusinya!

CTA Banner Blog - 01.png