Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti sudah memahami bahwa konsumen adalah kunci kelangsungan dan kesuksesan usaha. Namun, dalam era bisnis yang semakin kompetitif ini, menarik pelanggan untuk melakukan transaksi menjadi tantangan tersendiri karena tergolong sulit dilakukan.

Pasalnya, konsumen dihadapkan dengan berbagai pilihan produk yang tak terbatas. Alhasil, mereka semakin selektif dalam memilih produk atau jasa yang akan digunakan.

Oleh karena itu, dibutuhkan trik marketing yang efektif, yang menonjolkan produk atau jasa Anda dari banyaknya kompetitor. Dengan mempelajari trik pemasaran ini, Anda bisa meningkatkan ROI penjualan secara masif.

Lantas, bagaimana caranya? Tak perlu khawatir, StickEarn telah menyiapkan artikel yang membahas mengenai berbagai strategi promosi untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang perusahaan tawarkan. Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Baca juga: Cara Memahami Pelanggan dengan Marketing Funnel

1. Buat Konten Marketing yang Menarik

ide meningkatkan penjualan dengan konten.jpg

Source: Freepik - Contoh konten marketing untuk menarik pelanggan.

Konten marketing yang relevan dan menarik menjadi salah satu cara menarik pelanggan bisnis online. Anda bisa mulai membuat konten blog yang informatif dan bermanfaat bagi target audiens, kemudian optimalkan SEO untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk berbagi konten yang menarik. Anda bisa membuat konten berupa video singkat sebagai strategi untuk menarik pelanggan, agar terlihat lebih menarik dan mudah diingat.

2. Gunakan Copywriting yang Persuasif

Salah satu trik marketing yang sering digunakan untuk menarik perhatian konsumen ialah menggunakan copywriting yang persuasif. Berikut ini beberapa contoh ucapan untuk mempromosikan produk yang bisa Anda coba.

  • Penawaran eksklusif untuk 100 pembeli pertama! Dapatkan bonus menarik senilai Rp100.000.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dan jaga kesehatan keluarga Anda dengan (nama produk)
  • Liburan nggak harus mahal kok! Paket wisata murah ini siap mewujudkan impian kamu keliling dunia tanpa bikin kantong bolong

Itulah beberapa contoh kalimat sederhana untuk mempromosikan produk dan layanan suatu bisnis. Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana menyusun kata-kata untuk menarik pelanggan, Anda bisa membaca artikel tentang “Kata-Kata Promosi yang Menarik untuk Social Media” ini.

Pada artikel tersebut, Anda akan menemukan berbagai contoh kalimat menarik yang bisa digunakan untuk menarik perhatian konsumen, khususnya dalam membuat copy ads.

3. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah trik pemasaran yang ampuh untuk menarik konsuemn dengan memanfaatkan popularitas dan pengaruh seseorang yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Kolaborasi dengan influencer yang tepat dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Untuk memaksimalkan hasil dari influencer marketing, pilihlah influencer yang sesuai dengan niche dan nilai-nilai merek Anda. Pastikan juga mereka memiliki keterlibatan yang tinggi dengan pengikut mereka agar eksposur yang didapatkan semakin optimal.

Baca juga: Apa Itu Endorse dan Bagaimana Cara Kerjanya?

4. Promosikan secara Offline

strategi iklan di motor untuk mendorong pembelian.JPG

Source: Doc.StickEarn - Strategi promosi produk yang menarik dengan Motor Advertising.

Selain mempromosikan bisnis secara online, Anda juga bisa memanfaatkan media promosi offline untuk menarik customer ke toko. Salah satu cara menarik konsumen untuk datang ke toko ialah dengan memasang iklan luar ruang (OOH), seperti iklan di motor.

Dengan Motorbike Advertising, pesan promosi Anda akan dibawa ke jalanan dan tempat strategis yang ramai orang. Dengan begitu, akan ada semakin banyak orang yang melihat pesan Anda dan terbesit keinginan untuk mengunjungi toko.

Agar lebih menarik perhatian, Anda juga bisa menggunakan strategi swarming atau konvoi. Strategi ini menggunakan lebih dari satu motor untuk mempromosikan toko Anda, sehingga pesan promosi terlihat akan lebih menonjol dan mudah diingat.

5. Mengadakan atau Mengikuti Event

Mengadakan atau mengikuti event marketing yang relevan dengan bisnis Anda merupakan salah satu cara menarik konsumen baru yang efektif. Sebab, dengan berpartisipasi dalam pameran, festival, atau acara komunitas, Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa milik Anda kepada khalayak yang lebih luas.

Jadi, sebisa mungkin manfaatkan event tersebut untuk menambah dan membangun jaringan dengan calon pelanggan. Caranya siapkanlah booth yang menarik, berikan sampel gratis, atau adakan kegiatan seru untuk menarik minat pengunjung.

Jangan lupa untuk mengumpulkan data kontak mereka agar Anda dapat menjalin komunikasi lebih lanjut. Selengkapnya, Anda bisa membaca artikel tentang “Ide Event Menarik dan Kreatif yang Bisa Anda Coba” ini.

6. Cross-Selling dan Upselling

Cross-selling dan upselling adalah strategi yang tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga menarik pelanggan. Keduanya merupakan ide meningkatkan penjualan yang efektif dengan menawarkan produk atau layanan tambahan kepada pelanggan, tetapi dengan pendekatan yang berbeda.

Cross-selling adalah taktik promosi untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk atau layanan pelengkap kepada pelanggan yang sudah membeli produk utama. Misalnya, jika pelanggan membeli kamera, Anda dapat menawarkan lensa tambahan, tripod, atau tas kamera.

Dengan cross-selling, StickFriends tidak hanya meningkatkan nilai transaksi, tetapi juga memberikan solusi yang lebih lengkap bagi pelanggan.

Upselling adalah strategi promosi untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan produk atau layanan yang lebih premium atau memiliki fitur lebih lengkap daripada yang semula diinginkan pelanggan. Misalnya, jika pelanggan tertarik membeli laptop dengan spesifikasi standar, Anda dapat menawarkan versi yang lebih canggih dengan prosesor lebih cepat, RAM lebih besar, atau penyimpanan lebih luas.

Strategi ini memungkinkan Anda meningkatkan nilai transaksi dan memberikan nilai lebih bagi pelanggan yang mencari fitur atau kualitas yang lebih baik.

7. Cantumkan Testimoni Positif

strategi meningkatkan penjualan.jpg

Source: Freepik - Psikologi marketing sebagai contoh strategi pemasaran produk.

Cara meyakinkan pelanggan agar tertarik dengan produk Anda adalah dengan memberikan testimoni pada saluran komunikasi bisnis Anda. Pastikan testimoni tersebut spesifik, jujur, dan relevan dengan target audiens Anda, sehingga mereka dapat melihat bagaimana produk atau jasa Anda telah memberikan manfaat nyata bagi orang lain yang memiliki kebutuhan atau masalah serupa.

Dengan testimoni yang kuat, maka kepercayaan pembeli akan bisnis Anda mulai terbentuk. Hal ini, akhirnya akan mendorong mereka untuk mencoba produk atau layanan Anda. Sebuah cara untuk menarik minat pembeli yang efektif bukan?

Baca juga: 5 Cara Menawarkan Produk ke Konsumen Paling Efektif

Trik Marketing Mana yang Ingin Anda Coba?

Menguasai trik marketing untuk menarik konsumen dalam membeli produk adalah kunci keberhasilan bisnis. Dengan memahami preferensi mereka dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat, Anda dapat mendorong pertumbuhan bisnis ke arah yang lebih baik.

Salah satu strategi marketing pilihan yang mampu menarik perhatian banyak orang ialah Motorbike Ads. Dengan memasang papan iklan di motor, pesan promosi Anda akan sampai pada sudut-sudut kota yang tidak bisa dijangkau oleh media promosi lain.

Selain itu, iklan Anda akan dilihat oleh berbagai kalangan masyarakat karena mobilitas motor yang tinggi. Tertarik untuk mencobanya? Silakan klik banner di bawah untuk bekerjasama

CTA Banner Blog - 01.png