Sebagian dari Anda mungkin bertanya mengenai apa itu endorse yang sering disebut oleh para pemasar ketika membahas digital marketingi. Istilah tersebut memang sedang populer di kalangan pebisnis yang ingin memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan mereka secara luas.

Mengutip Statista, 25% merek bisnis kini mulai menyisihkan antara 10–20% anggaran pemasaran untuk mengendorse influencer. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian bisnis telah menganggap kolaborasi dengan para influencer itu penting dalam strategi pemasaran digital.

Jika Anda berpikir yang sama atau saat ini penasaran mengenai pengertian endorse, pelajari lebih lanjut pembahasannya di artikel ini. Di sini, Anda bisa belajar tentang bagaimana cara kerja endorse dan apa saja manfaatnya bagi bisnis.

Baca juga: Digital Branding: Teknik Pemasaran Bisnis Terbaik!

Apa yang Dimaksud dengan Endorse?

endorsement artinya dalam bahasa indonesia.jpg

Source: Freepik - Endorse artinya apa dalam digital marketing.

Endorsement dalam bahasa Indonesia berarti “dukungan”. Jika Anda berandai tentang apa itu endorsement, maka jawaban yang paling tepat, yaitu sebuah dukungan dari orang yang memiliki pengaruh besar berupa testimoni positif terhadap produk atau barang, layanan, hingga bisnis tertentu.

Biasanya, endorse dilakukan oleh tokoh terkenal seperti influencer atau selebgram di media sosial. Influencer adalah individu atau selebgram yang memiliki jumlah pengikut yang besar dan dapat mempengaruhi perilaku atau pendapat pengikutnya mengenai produk dan layanan Anda.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tujuan dari dilakukannya endorse adalah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Salah satu caranya dengan mempersuasi audiens agar terpengaruh untuk membeli barang yang direkomendasikan.

Bagaimana Cara Endorse?

langkah langkah endorse selebgram.jpg

Source: Freepik - Bagaimana cara endorse selebgram?.

Dari penjelasan di atas, Anda telah mengetahui bahwa endorsement merupakan rekomendasi dari influencer. Jika Anda ingin memasang endorse, maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencari influencer yang tepat.

Pilihlah influencer yang memiliki audiens serupa dengan target pasar Anda. Dengan begitu, kesempatan produk Anda untuk terjual akan semakin tinggi.

Anda bisa langsung menghubungi mereka dan menanyakan apakah mereka open endorse. Open endorse artinya mereka menerima permintaan untuk secara terbuka mendukung bisnis Anda.

Jika mereka setuju, maka langkah berikutnya adalah memastikan bahwa influencer marketing yang akan dilakukan ini menguntungkan kedua belah pihak. Komunikasikanlah pada mereka apa tujuan dari endorsement ini, apa yang diharapkan dari influencer, dan sebaliknya.

Saat berdiskusi, penting juga untuk menanyakan berapa biaya endorse yang harus dibayar. Besarnya biaya endorse ini ditentukan dari engagement rate dan jumlah followers yang dimiliki oleh influencer.

Selanjutnya, Anda dapat membandingkan beberapa influencer atau content creator yang sudah ada tersebut. Manakah yang sesuai dengan target pasar Anda, manakah yang memiliki tingkat engagement tinggi, dan berada dalam rentang budget Anda.

Jika sudah selesai memutuskan, StickFriends bisa langsung membuat kontrak perjanjian yang berisi deskripsi konten yang akan dibuat, perjanjian kerahasiaan, serta hak dan kewajiban masing-masing pihak. Kontrak perjanjian endorsement ini penting untuk dibuat demi melindungi kedua belah pihak dan memastikan kerjasama berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Baca juga: Cek Tips Ini Agar Konten Viral

Contoh Endorse Selebgram

endorsement influencer.jpg

Source: Freepik - Contoh chat endorse selebgram .

Selebgram atau influencer yang terkenal biasanya menerima segala jenis produk untuk dipromosikan. Salah satu contoh endorsement dari selebgram yang disukai oleh netizen adalah Fadil Jaidi.

Dengan tingkahnya yang lucu, ia berhasil membuat konten endorse yang menarik dan menghibur banyak orang. Tidak hanya itu, konten yang ia buat seringkali menjadi viral di berbagai platform media sosial.

Tidaklah heran bila banyak brand yang bekerja sama dengannya sebagai affiliate marketing. Kreativitas Fadil dalam membuat konten bisa mempengaruhi audiens, entah untuk mendukung peningkatan awareness brand maupun penjualan produknya.

Sudah Memahami Apa Itu Endorse?

Setelah membaca artikel di atas, StickFriends pasti sudah paham dengan endorsement. Singkatnya, endorse merupakan salah satu cara menawarkan produk yang dilakukan dengan membayar selebgram atau influencer.

Dengan menjalankan tren pemasaran yang satu ini, produk yang Anda tawarkan mampu dijangkau oleh audiens yang luas. Tidak jauh berbeda dengan memasang iklan di angkot.

Produk yang Anda promosikan di badan angkot akan dibawa berkeliling hingga berbagai sudut daerah rural yang padat akan penduduk. Dengan begitu, kesadaran publik akan produk dan layanan Anda akan semakin meningkat di kalangan masyarakat.

Tertarik untuk beriklan di Angkot Advertising? Hubungi StickEarn dengan klik banner di bawah atau pelajari selengkapnya mengenai manfaat pasang iklan di Angkot ini.

CTA Banner Blog - 01.png