Berkembangnya digital marketing menghadirkan berbagai jenis promosi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Salah satu jenisnya ialah content creator yang menjadi sarana promosi produk.

Content creator kini banyak digunakan sebagai strategi pemasaran oleh berbagai brand. Apa itu content creator akhirnya pun makin dicari tahu lantaran menjadi strategi digital bisnis yang efektif.

Sederhananya, content creator adalah orang yang bertugas membuat konten marketing yang menarik untuk mempromosikan suatu brand di media sosial. Orang yang membuat konten ini biasanya datang dari kalangan pengaruh (influencer), KOL, atau artis media sosial yang jumlah pengikutnya banyak.

Namun, tugas content creator tidak hanya sekadar membuat konten saja. Ada banyak tugas mereka yang bisa membantu bisnis Anda. Apa sajakah itu? Mari cari tahu di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing? Strategi, Jenis, Panduan, & Contohnya

Apa itu Content Creator?

apa itu content creator.jpg

Source: Freepik - Memahami arti dari content creator dari berbagai sumber dan menurut ahli.

HubSpot menjelaskan bahwa content creator adalah seseorang yang menghasilkan konten yang bermanfaat, menghibur, dan mengedukasi banyak orang. Selain itu, konten yang dibuat juga harus relevan dengan audiensnya.

Sebab, membuat konten yang sesuai dengan segmentasi pasar menjadi keharusan. Konten yang sesuai minat mampu membantu brand menghasilkan engagement dan reach yang tinggi. Bahkan, secara tidak langsung, melalui konten tersebut, kreator juga bisa mendorong audiens untuk bertransaksi.

Lebih lanjut, profesi content creator, khususnya di Instagram ataupun TikTok, harus mempunyai skill set pemasaran yang baik, seperti kemampuan membuat konten hard selling dan soft selling. Content creator harus mengemas kontennya dengan gaya bahasa yang menarik, kreatif, dan persuasif.

Tidak jarang juga seorang digital content creator diminta untuk bisa mengedit video, foto, atau membuat animasi untuk konten kerja sama yang akan dipublikasikan. Karena, terkadang layanan yang diminta brand sudah termasuk jasa pembuatan konten, tidak hanya sebatas ide saja.

Jenis-Jenis Content Creator

Berdasarkan jenisnya, content creator dibagi ke dalam beberapa kategori atau tipe. Pembagian tersebut melibatkan tugas ataupun layanan yang mereka tawarkan. Berikut berbagai jenis content creator yang wajib Anda ketahui.

1. Seorang Penggiat Jejaring (The Networker)

Jenis atau tipe content creator yang satu ini memperoleh ide dan gagasan konten melalui situasi tertentu, seperti keramaian, atau terdapat sekelompok orang di sekitarnya.

Tipe content creator penggiat jejaring juga memperoleh ide dari pengalaman berharga seorang content creator tersebut, sehingga dapat mempublikasikan target konten yang telah ditentukan.

2. Seorang Pembicara (The Speaker)

Tipe seorang pembicara atau the speaker mungkin bisa saja seringkali ditemukan oleh pemakai media sosial karena mereka yang memiliki tipe satu ini sering mempublikasikan konten memakai format video.

Biasanya mereka membuat konten berbentuk penambahan rekaman suara untuk memperjelas konten yang sedang dibahas. Dalam hal ini, mereka wajib memiliki kemampuan public speaking yang baik untuk menyampaikan isi dari konten mereka kepada target audiens.

3. Seorang Penulis (The Writer)

Jenis selanjutnya seringkali ditemukan oleh pengguna media sosial. Hal itu karena mereka yang menulis isi konten berupa foto dan video.

Saat ini juga tengah popular istilah content writer yang mampu menuliskan ide konten dalam berbentuk tulisan untuk dibaca oleh target audiens.

Prospek pekerjaan content writer cukup digemari karena keefektifan hasil konten yang dibuat. Publikasi konten seorang content writer dapat ditemukan dalam suatu blog, website, ataupun media sosial

4. Seorang Visualisator (The Visualisator)

Tipe content creator selanjutnya ialah the visualisator. Tipe tersebut menyampaikan pesan konten melalui format gambar. Dalam istilah content creator visualisator seringkali menggambarkan suatu brand melalui gambar-gambar dan secara konsisten menggunakan media gambar.

Contoh-contoh dari content creator tipe visualisator adalah infografer, desainer, dan lainnya. Contoh content creator satu ini seringkali ditemukan di media sosial seperti Instagram.

Peran & Tugas Content Creator

apa yang dilakukan konten kreator.jpg

Source: Unsplas - Apa saja tugas content creator?

Secara umum, content creator mempunyai beberapa tugas yang akan dilakukan saat bekerjasama dengan brand. Adapun tugasnya ialah sebagai berikut:

  • Menghasilkan Konten Berkualitas Tingg: Content creator bertanggung jawab untuk menciptakan konten yang relevan, informatif, dan menarik bagi audiens mereka.

  • Meningkatkan Visibilitas dan Reputas: Dengan menciptakan konten yang memikat, seorang content creator dapat meningkatkan visibilitas merek atau diri sendiri di dunia digital. Ini dapat membantu brand dalam membangun reputasi sebagai ahli di bidangnya.

  • Membangun dan Memelihara Komunitas: Content creator seringkali membangun komunitas pengikut setia. Interaksi yang baik dengan audiens dapat memperkuat ikatan dan memelihara hubungan positif.

  • Mendorong Keterlibatan: Melalui konten yang interaktif, seperti kuis, pertanyaan, atau panggilan untuk tindakan, content creator dapat mendorong keterlibatan audiens, membangun interaksi yang lebih intensif.

Manfaat Content Creator

Jika dilihat dari jenis dan tugasnya, bekerjasama dengan content creator memberikan berbagai manfaat untuk bisnis Anda, StickFriends. Seperti yang Anda tahu bahwa tugas kreator tidak hanya sekadar membuat konten.

Namun, mereka juga bisa membantu Anda mengoptimalisasikan campaign marketing perusahaan. Kira-kira apa saja manfaat content creator bagi bisnis?

  • Membantu promosi bisnis: Dengan berkolaborasi bersama content creator, Anda bisa menyebarluaskan iklan di media sosial atau promosi produk. Tidak hanya sekadar di sosmed brand saja, tetapi Anda juga bisa menjangkau followers kreator tersebut.
  • Meningkatkan brand awareness: Jika promosi Anda jangkauannya luas, maka secara tidak langsung Anda juga bisa meningkatkan kesadaran merek audiens.
  • Meningkatkan kepercayaan dan reputasi: Selain itu, promosi yang Anda buat bersama kreator juga secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan dan reputasi bisnis. Misalnya, Anda bekerjasama dengan artis yang sekaligus berprofesi sebagai kreator, maka audiens pun akan lebih memercayai iklan penawaran Anda karena dipromosikan oleh orang yang mereka percaya.
  • Meningkatkan penjualan: Terakhir, content creator juga bisa mendorong perkembangan penjualan produk yang Anda promosikan, StickFriends. Biasanya, followers mereka lebih memercayai kata-kata influencer marketing yang diikutinya dibanding tawaran dari brand langsung.

Baca juga: Apa Itu Influencer Marketing & Manfaatnya di 2023

Siap Bekerjasama dengan Content Creator?

Itulah penjelasan mengenai profesi content creator yang dapat membantu Anda dalam memasarkan produk Anda. Setelah mengetahui penjelasan StickEarn, Anda makin paham tentang apa itu content creator, bukan?

Nah, jika sudah, ke depannya Anda tidak akan bingung ketika bekerjasama dengan mereka. Namun, Anda pun tetap harus merancang pemasaran produk secara tepat dan membuat produk yang berkualitas sebelum memutuskan menggunakan jasa content creator dalam memasarkan produk Anda.

Jika Anda masih bingung bagaimana langkah selanjutnya, sebagai saran Anda dapat mencoba memasarkan produk melalui iklan luar ruang StickEarn.

Dengan menggunakan media iklan luar griya, Anda akan lebih mudah menarik perhatian target konsumen dan menyebarkan brand awareness bisnis.

Jika Anda tertarik, silakan klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih dahulu jenis iklan OOH StickEarn agar lebih paham.

CTA Banner Blog - 01.png