Di tengah persaingan yang semakin ketat, menemukan ide-ide kreatif untuk meningkatkan penjualan dapat menjadi kunci awal dalam meraih kesuksesan bisnis. Sebab, ide kreatif bisa menjadi strategi promosi yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis suatu perusahaan atau brand.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan melalui ide kreatif promosi tersebut? Di artikel ini, StickEarn akan membagikan beragam inspirasi dan strategi untuk meningkatkan omset penjualan.

Anda akan pelajari bagaimana cara menggunakan media sosial yang kreatif dan efektif untuk meningkatkan ROI produk hingga memanfaatkan teknologi terkini lainnya. Jadi, mari simak langkah-langkah yang tepat dan kreatif dalam mengoptimalkan bisnis.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Efektif

1. Berikan Penawaran Spesial

Apa saja contoh promosi.jpg

Source: Freepik - Contoh promo diskon menarik untuk meningkatkan penjualan.

Siapa yang tidak suka dengan diskon atau bonus saat membeli produk? Memberikan penawaran spesial adalah salah satu cara untuk menarik pelanggan baru yang sering dilakukan oleh beberapa perusahaan.

Dengan adanya penawaran spesial, calon pelanggan lebih terdorong untuk mencoba produk atau layanan Anda. Setelah mencobanya, tingkat retensi penjualan kembali akan lebih tinggi.

Berikut beberapa ide untuk menarik pelanggan dengan penawaran spesial yang bisa StickFriends coba.

  • Strategi potongan harga atau diskon terbatas waktu untuk menciptakan rasa urgensi pada pelanggan.
  • Menggabungkan beberapa produk atau layanan (bundling) dalam satu paket dengan harga yang lebih menarik.
  • Tawarkan hadiah gratis untuk setiap pembelian tertentu, atau berikan sampel produk agar mereka bisa mencoba terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Mengadakan program loyalitas agar pelanggan merasa dihargai dan kembali membeli produk Anda.

2. Buat Video Iklan yang Kreatif

Video iklan yang kreatif selalu dapat menarik perhatian calon pelanggan Anda. Maka, sebisa mungkin rencanakan dan buatlah video marketing yang kreatif, StickFriends.

Anda bisa menggunakan strategi storytelling yang relevan dengan audiens Anda, atau memasukkan unsur-unsur humor yang menghibur, seperti iklan Avatar: The Last Airbender milik Netflix Indonesia.

Iklan tersebut dibuka dengan narasi khas Avatar, yang memperkenalkan empat jenis pengendali elemen di dunia: tanah, air, api, dan udara. Menariknya, disini Netflix menggunakan tokoh-tokoh yang sedang viral di media sosial, seperti Pesulap Merah hingga Fajar Sad Boy.

Dengan strategi ini, iklan menjadi terlihat lebih segar dan menarik perhatian para penonton, sehingga banyak orang tertarik untuk melihat film tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Konten Menarik & Berkualitas, Pasti Dilirik!

3. Mengadakan Event Marketing yang Seru

Event marketing yang seru dan interaktif bisa menjadi strategi yang efektif untuk memperkenalkan produk secara langsung, StickFriends. Selain itu, acara yang berkesan juga dapat menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi calon pelanggan, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda.

Contoh promosi untuk meningkatkan penjualan yang bisa Anda lakukan dalam event marketing ialah demo produk. Dalam demo tersebut, Anda bisa menunjukkan langsung cara kerja dan manfaat produk Anda kepada calon pelanggan, sehingga meningkatkan minat mereka untuk membeli.

Selain mengadakan demo produk, ada beberapa kegiatan lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat acara yang menarik. Selengkapnya dapat StickFriends baca pada artikel “Ide Event Menarik dan Kreatif yang Bisa Anda Coba” ini.

4. Menggunakan Iklan Luar Ruang untuk Promosi

pasang iklan di motor dibayar.JPG

Source: Doc.StickEarn - Contoh ide marketing kreatif dan inovatif.

Selain mempromosikan produk atau layanan Anda melalui media online, Anda juga perlu mempertimbangkan promosi secara langsung menggunakan iklan luar ruang, StickFriends. Sebab, iklan di luar ruangan dapat memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Iklan luar ruang, seperti motorbike advertising, juga dapat menjadi media iklan yang kreatif dan efektif menarik perhatian banyak orang. Contohnya, pada kampanye film Despicable Me 4 x StickEarn, iklan tidak hanya ditampilkan pada papan belakang motor saja, tetapi para pengemudinya juga menggunakan topi yang mirip dengan karakter Minion dalam film tersebut.

Dengan ide marketing kreatif ini, orang akan lebih tertarik untuk melihat pesan yang ingin Anda sampaikan. Jadi, selain meningkatkan brand awarenes, pendekatan ini juga dapat mendorong tindakan langsung dari mereka, seperti membuka trailer film atau memesan tiket. Saksikan langsung kreativitas kampanye tersebut dalam video berikut.

Lihat juga: Minions Campaign on Motorbike x StickEarn

5. Manfaatkan Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan di era media sosial saat ini. Dengan affiliate marketing, Anda dapat menjangkau audiens baru tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang besar.

Nantinya Anda akan bekerja sama dengan pihak lain untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Lalu, afiliasi akan mendapatkan komisi dari Anda setiap kali terjadi penjualan melalui tautan atau kode unik mereka.

6. Gunakan Ide Marketing yang Sedang Trend

Untuk menjaga eksistensi brand, seringkali perusahaan menggunakan tren-tren pemasaran yang kreatif untuk menarik pelanggan.

Contoh ide-ide kreatif marketing yang saat ini menjadi tren yaitu live streaming interaktif. Strategi ini memungkinkan Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan saat memperkenalkan produk atau layanan, sehingga mendorong mereka untuk membeli produk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuat video pendek yang sifatnya informatif sekaligus menghibur audiens Anda. Sebab, video dengan durasi singkat ini lebih mudah dibagikan dan menjadi viral.

Baca juga: Cek Tips Ini Agar Konten Viral

7. Menjaga Customer Relationship

Membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Pasalnya dengan pelanggan yang puas, mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang.

Tidak hanya itu, ada kemungkinan juga mereka akan memberikan rekomendasi positif kepada orang lain dan menjadi pelanggan setia brand Anda. Untuk mencapai hal tersebut, Anda bisa melakukan hal-hal berikut.

  • Selalu menjaga komunikasi dengan pelanggan
  • Memberikan pelayanan yang berkualitas
  • Memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka
  • Memberikan penghargaan kepada pelanggan setia Anda melalui program loyalitas
  • Meminta umpan balik dari pelanggan dan tunjukkan apresiasi atas masukan mereka

Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut secara konsisten, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan pada akhirnya mendorong penjualan bisnis Anda.

Implementasikan Ide Kreatif Anda Bersama StickEarn!

Setelah mengetahui beberapa ide-ide kreatif untuk meningkatkan penjualan di atas, kini saatnya Anda merumuskan strategi mana yang cocok untuk bisnis dan tujuan Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dengan strategi marketing yang kreatif, maka StickEarn bisa membantu Anda. Dengan iklan luar ruang, seperti iklan di papan motor, kami dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan menciptakan dampak yang tak terlupakan bagi brand.

Tertarik beriklan di Motorbike Advertising StickEarn Tunggu apa lagi, klik banner di bawah ini untuk bekerja sama dengan kami.

CTA Banner Blog - 01.png