Sudah tengah tahun dan sampai sekarang masih belum mencapai setengah target penjualan tahunan? Mungkin, ada yang salah dalam strategi pemasaran yang telah kamu buat, atau kamu tidak mengikuti tren digital marketing saat ini.

Buat kamuyang belum tahu apa saja tren digital marketing yang sedang hits saat ini, StickFriends wajib banget simak daftarnya berikut ini!

11 Tren Digital Marketing 2022

Berikut 11 tren digital marketing yang bisa StickFriends coba:

1. Artificial Intelligence

Tren digital marketing pertama yang wajib StickFriends tahu adalah artificial intelligence (AI). Teknologi AI ini adalah sebuah metode yang memanfaatkan data pelanggan yang kemudian dipelajari oleh AI untuk dianalisa langkah-langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya oleh pelanggan.

AI ini sudah banyak diimplementasikan di berbagai perusahaan untuk mempelajari customer journey yang dilakukan oleh pelanggan mereka. Salah satu perusahaan yang menggunakan teknologi ini adalah Starbucks. Di tahun 2016, Starbucks mengandalkan aplikasi mobile untuk mengumpulkan data-data dan analisa konsumen mereka.

Screenshot 2022-08-24 at 12.30.09.png

Data-data yang mereka kumpulkan adalah sejarah belanja serta jam berapa pelanggan membuat order, dan lokasi toko mana yang mereka kunjungi.

Dari data tersebut, akhirnya Starbucks berhasil memberikan pelayanan yang lebih personal, seperti memberikan rekomendasi minuman, menawarkan promo khusus, dan lain sebagainya.

2. Voice Search

Mungkin StickFriends sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini, jika StickFriends sering menggunakan Google Assistant. Sebenarnya, voice search awalnya dibuat untuk memudahkan para disabilitas untuk mengoperasikan smartphone mereka, mulai dari membuat panggilan, membuka aplikasi, dan lain sebagainya.

Sekarang, penggunaan voice search sudah mulai berkembang untuk memudahkan kehidupan masyarakat sehari-hari. Pengguna smartphone hanya perlu mengaktifkan Google Assistant dan memberikan arahan, seperti “Halo Google, tolong carikan cafe di sekitar sini.” Dalam beberapa detik, Google Assistant akan memberikan daftar lokasi cafe yang ada di sekitar kamu.

Karena penggunaannya sangat praktis, maka tidak heran jika voice search menjadi salah satu tren digital marketing yang banyak digunakan.

Baca Juga:7 Tren Outdoor Advertising Untuk Meningkatkan Penjualan

3. Mobile First Marketing

Hampir semua masyarakat di seluruh dunia menggunakan smartphone. Di Indonesia saja, pengguna smartphone sudah mencapai 170,4 juta di tahun 2022.

Melihat banyaknya pengguna smartphone inilah yang membuat para digital marketer mulai memperhatikan aksesibilitas website mereka untuk pengguna mobile. Jika dulu mereka memikirkan layout website supaya terlihat menarik di desktop, mereka sudah mulai memikirkan UX yang nyaman dan kecepatan akses website untuk para pengguna mobile.

Buat StickFriends yang punya website bisnis dan penasaran kecepatan loading website StickFriends di smartphone, kalian bisa cek di Page Speed Insight.

4. Content Marketing

Zaman sekarang, konten itu sangat penting untuk meningkatkan engagement di media sosial. Strategi bisnis digital marketing 2022 ini hampir dilakukan hampir semua digital marketer di seluruh dunia. Untuk website, StickFriends bisa coba kembangkan strategi SEO on-page dengan menulis blog informatif dan berkualitas dengan menggunakan keyword tertentu. Cara ini paling sering dilakukan supaya peringkat website meningkat, sehingga website StickFriends akan muncul di halaman pertama untuk keyword yang digunakan.

Selain meningkatkan traffic, StickFriends juga bisa mendapatkan potensial klien yang sedang berkunjung ke situs kamu. Sedangkan untuk media sosial, cobalah untuk memberikan konten-konten edukasi dan bermanfaat untuk audiens kamu. Biasanya, para pengguna media sosial senang dengan konten-konten edukasi, humor, dan storytelling yang relate dengan kehidupan mereka. Dari sini, StickFriends bisa mendapatkan engagement hingga menambah followers dengan sukarela.

5. Penggunaan Chat Bots

Di Indonesia, WhatsApp adalah aplikasi wajib dimiliki oleh setiap bisnis apapun. Selain karena memiliki pengguna yang banyak, WhatsApp juga memiliki aplikasi khusus untuk bisnis, yaitu WhatsApp Business. Sekarang, konsumen ingin mendapatkan pelayanan dan respon yang serba cepat. Tapi, kita tidak bisa selalu aktif di smartphone selama 24 jam dan menjawab pertanyaan konsumen satu per satu sangat melelahkan. Beruntungnya, sekarang WhatsApp sudah memiliki fitur yang bernama Chatbot yang bisa StickFriends atur di “Pengaturan.”

Dengan adanya fitur ini, maka tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk menjawab pesan satu per satu dari setiap konsumen dan konsumen tidak perlu menunggu lebih lama lagi untuk mendapatkan respon dari bisnis kamu.

6. Featured Snippet

Featured snippet adalah cuplikan berupa teks pendek yang biasa muncul pada bagian atas hasil penelusuran Google. Konten yang muncul dalam featured snippet biasanya diambil dari halaman web yang terindeks di Google. Biasanya, snippet berisi deskripsi, tabel, langkah, dan daftar.

Berdasarkan Search Engine Land, featured snippet memiliki peluang klik sebesar 8%. Tentunya ini akan menjadi strategi digital marketing yang bagus untuk bisnis kamu.

7. Programmatic Advertising

Tren digital marketing berikutnya adalah programmatic advertising yang merupakan cara terbaru untuk beriklan yang mengandalkan teknologi AI dan machine learning.

Ini berarti, StickFriends hanya perlu menyampaikan persona dan segmentasi audiens StickFriends kepada pihak publisher (pemilik layanan iklan digital). Setelah itu, publisher akan menggunakan data-data real-time untuk mengidentifikasi audiens terbaik untuk kampanye kamu. Iklan yang akan tayang akan terlihat lebih personal karena dirancang berdasarkan minat dan perilaku konsumen yang kamu tuju.

Baca Juga: Ini Istilah Dalam Digital Advertising Yang Wajib Kamu Tahu!

8. Video Marketing

Screenshot 2022-08-24 at 12.27.11.png

Strategi bisnis digital marketing 2022 yang bisa StickFriends terapkan selanjutnya adalah membuat video marketing. Berdasarkan laman Hubspot, 86% digital marketer merasa bahwa video marketing efektif untuk meningkatkan prospek. Di lain sisi, sebanyak 81% digital marketer menyatakan bahwa video marketing memberikan hasil positif dalam penjualan.

Selain sebagai media interaktif untuk mempromosikan produk, video marketing juga berfungsi untuk memberikan edukasi dan informasi penting dari produk yang StickFriends jual. Karena StickFriends akan menampilkan produk dari berbagai sudut dan menjelaskan fitur-fitur yang ada, audiens dapat menilai secara langsung dan bahkan melakukan tindakan yang bisa meningkatkan penjualan produk kamu.

9. Local SEO

Siapa sih yang tidak ingin laman website mereka berada di peringkat pertama pencarian Google? Siapapun pasti mau, bukan? Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah SEO on-page. StickFriends bisa membuat artikel blog yang informatif tapi berkualitas dengan menggunakan keyword yang terkait dengan bisnis kamu.

Cara ini paling sering dilakukan supaya peringkat website StickFriends meningkat, sehingga website StickFriends akan muncul di halaman pertama untuk keyword yang StickFriends gunakan. Selain meningkatkan traffic, StickFriends juga bisa mendapatkan potensial klien yang sedang berkunjung ke situs yang kamu punya.

10. Metaverse

Screenshot 2022-08-24 at 12.26.37.png

Salah satu contoh penggunaan Metaverse di digital marketing adalah Justin Bieber yang dilaksanakan pada 19 November 2021 kemarin. Metaverse adalah dunia digital yang menggunakan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Di Metaverse, pengguna wajib membuat avatar yang dapat bergerak di dunia 3D supaya mereka dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna Metaverse lainnya.

Justin Bieber sengaja membuat konser dengan konsep Metaverse ini di masa pandemi kemarin. Karena kita harus menjaga jarak satu sama lain, maka kegiatan konser tidak boleh dilakukan. Untuk menjaga hubungan dengan penggemar tanpa harus bertemu secara langsung, akhirnya Justin Bieber mengadakan konser ini.

11. Influencer Marketing

Strategi bisnis digital marketing 2022 terakhir yang bisa StickFriends terapkan adalah menggunakan influencer marketing. Cara ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan awareness dan penjualan. StickFriends bisa hire seorang influencer yang memiliki persona yang sesuai dengan branding kamu. Misal, kamu berjualan produk baju wanita, persona produk StickFriends maka:

Jenis Kelamin: Wanita

Usia: 21 - 30 tahun

Tempat Tinggal: Jakarta

Status: Lajang

Edukasi: SMA - S1

Pendapatan: < Rp 4.500.000

Carilah influencer yang mendekati persona yang StickFriends buat. Misalnya,Chika Chandrika. Dari profile-nya, Chika memiliki karakter yang sama dengan persona kamu.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Ini Pengertian & Cara Meningkatkannya!

Tren Digital Marketing Mana yang Akan StickFriends Coba?

Itulah 11 tren digital marketing yang bisa StickFriends terapkan untuk strategi bisnis digital marketing 2022 kamu. Jika StickFriends tertarik menggunakan programmatic advertising, StickEarn bisa bantu kalian, loh. StickEarn adalah perusahaan yang menyediakan space iklan interaktif yang dapat menjangkau potensial klien yang kamu butuhkan.

Dengan menggunakan layanan StickDigital, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah:

  • Layanan jasa iklan berkualitas dengan harga terjangkau.
  • Menjangkau audiens luas.
  • Dukungan perencanaan media dari profesional.

Tidak hanya menayangkan iklan, StickEarn juga memberikan data grafis seberapa banyak jangkauan audiens secara real-time di website kita. Menarik, kan? Yuk beriklan bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 01.png