Sebagai perintis bisnis, Anda perlu mempersiapkan banyak hal untuk memperkenalkan bisnis kepada audiens. Salah satunya ialah dengan mempelajari cara membuat brand sendiri yang akan membantu Anda dalam branding perusahaan.

Mengutip dari Bedrock Asia, 59% dari konsumen cenderung membeli produk dari brand yang sudah mereka kenal. Karena fakta itu, Anda perlu membuat branding produk yang tepat pada bisnis baru yang ingin Anda rintis tersebut.

Selain itu, mendalami langkah-langkah membangun brand juga akan membuat Anda lebih kenal dengan produk dan konsumen. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan jenis branding yang tepat untuk usaha Anda.

Tidak perlu khawatir, silakan pelajari cara membangun brand, baik untuk fashion maupun FnB di artikel ini. Di sini, StickEarn telah mengulas tipsnya untuk membantu Anda.

Baca juga: 10+ Cara Memasarkan Produk yang Efektif & Cepat

Pengertian Branding

cara membuat brand baru.jpg

Source: Shutterstock - Pengertian membuat brand sendiri dan manfaatnya untuk bisnis.

Menurut Hubspot, branding adalah proses menciptakan identitas merek sebuah perusahaan. Proses ini menghasilkan materi yang mendukung merek, seperti logo brand, tagline brand yang menarik, dan desain visual.

Lebih jelasnya, branding adalah proses meneliti, mengembangkan, dan menerapkan serangkaian fitur yang berbeda pada bisnis Anda, sehingga konsumen dapat mengenali merek dan produk Anda.

Untuk mempermudah audiens mengenali produk, Anda dapat membuat identitas brand yang akan digunakan pada setiap publikasi atau promosu. Misalnya, brand StickEarn menggunakan kombinasi ungu, putih, dan kuning sebagai warna yang akan selalu digunakan di sosial media, website, hingga produk dan layanan iklan.

Sebagai perusahaan yang ingin menciptakan kesadaran merek, maka StickFriends harus menyisipkan identitas bisnis di mana saja. Dengan begitu, konsumen akan dengan cepat mengenali dan tertarik untuk mempertimbangkan produk Anda dari kompetitor.

Manfaat Membuat Branding

Membuat branding sendiri tentunya akan memberikan berbagai manfaat kepada bisnis. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menerapkan strategi branding pada bisnis.

1. Pembeda dari Kompetitor

Membuat brand sendiri akan membantu menciptakan identitas yang membedakan bisnis Anda dari pesaing di pasar. Dengan desain logo yang unik, gaya komunikasi yang konsisten, dan brand value yang jelas, konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi produk atau layanan Anda di antara banyak pilihan lainnya.

2. Membangun Kepercayaan

Brand yang terkenal dan tepercaya memiliki kemampuan untuk membangun brand trust dengan konsumen. Ketika konsumen merasa yakin dengan merek Anda, mereka akan memiliki kecenderungan untuk memilih produk atau layanan Anda daripada merek lain yang kurang dikenal.

3. Mempengaruhi Persepsi Konsumen

Branding juga memainkan peranan yang penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap kualitas dan reputasi bisnis Anda. Merek yang dianggap memiliki kualitas tinggi atau inovatif dapat menginspirasi minat dan kepercayaan dari pelanggan potensial.

Caranya dengan memberikan produk yang berkualitas, melayani pelanggan dengan baik, atau memberikan pengalaman unik yang sulit untuk dilupakan. Tidak kalah penting, memantau perubahan yang ada dalam pasar dan perilaku konsumen, juga akan mempengaruhi pilihan konsumen kedepannya.

4. Loyalitas Pelanggan

Banyak brand yang sudah mulai membangun ikatan emosional dengan pelanggannya. Ketika konsumen sudah merasa terhubung secara emosional dengan Anda, besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan setia, membeli ulang produk Anda, dan merekomendasikannya kepada orang lain.

5. Efektivitas Pemasaran

Branding yang dikembangkan secara konsisten juga akan membuat upaya pemasaran produk menjadi lebih efektif. Dengan identitas merek yang jelas dan konsisten, pesan promosi yang dibat dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh konsumen, sehingga membantu menghasilkan dampak yang lebih besar dalam kampanye pemasaran.

Baca juga: 12 Tren Pemasaran 2023 yang Paling Efektif untuk Bisnis

Cara Membuat Brand Sendiri

cara membuat brand baju untuk usaha sendiri.jpg

Source: Shutterstock - Bagaimana cara membuat brand sendiri yang cocok untuk semua bisnis?

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti ingin mengambangkan bisnis menjadi lebih dikenal dan dipilih oleh konsumen. Oleh karena itu, Anda memerlukan cara membuat brand yang menguntungkan untuk bisnis.

Namun, yang menjadi pertanyaannya ialah, bagaimana tahapan membangun brand sendiri dari nol? Nah, Anda bisa menemukan jawabannya di bawah.

1. Tentukan Nilai pada Brand Anda

Langkah awal membuat brand sendiri adalah mengidentifikasi nilai-nilai yang mendasari bisnis Anda. Tentukan apa yang membuat bisnis Anda unik, apa yang Anda ingin sampaikan kepada pelanggan tentang identitas, dan tujuan bisnis Anda.

Lalu, Anda juga perlu menentukan bagaimana brand dilihat oleh orang lain. Sebab, proses ini akan membantu membangun fondasi yang kuat untuk bisnis Anda dan membimbing keputusan strategis yang akan Anda buat selanjutnya.

2. Kenali Target Pasar Anda

Setelah Anda menetapkan nilai-nilai di atas, langkah berikutnya adalah memahami siapa target pasar yang tepat untuk brand Anda. StickFriends harus mengetahui siapa pelanggan potensial Anda, apa kebutuhan dan keinginan mereka, dan bagaimana produk Anda dapat memenuhi atau melampaui harapan mereka.

Memahami target market dengan baik akan membantu Anda merancang pengalaman yang relevan bagi mereka. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dikenali.

3. Buat Identitas Visual yang Mencerminkan Merek Anda

Identitas visual sangatlah penting dalam membangun kesan yang kuat dan mudah dikenali. Jadi, buatlah desain logo sendiri, palet warna, dan penentuan gaya visual yang konsisten dengan nilai dan kepribadian brand Anda. Identitas visual yang kuat ini akan membantu merek Anda menonjol di antara pesaing lainnya.

4. Bangun Pesan Merek yang Konsisten

membangun brand dengan beriklan di motor.JPG

Source: Doc. StickEarn - Strategi membuat merek yang baik dan menarik?

Pesan brand merupakan inti dari komunikasi Anda kepada para pelanggan. Pesan yang Anda sampaikan menjadi ringkasan singkat dari representasi merek Anda dan manfaat apa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Pemilihan media penyampaian pesan juga menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan oleh bisnis baru. Memilih media yang tepat akan membantu pesan Anda tersampaikan dengan efektif.

StickFriends dapat memanfaatkan Motor Advertising sebagai sarana penyampaian pesan yang unik sekaligus dekat dengan calon pelanggan karena mampu membawa iklan hingga pelosok kota. Gunakan juga penulisan copy ads di motor yang menarik agar mudah diingat banyak orang.

5. Buat Pengalaman Pelanggan yang Memuaskan

Pengalaman pelanggan adalah bagian penting dari brand Anda. Desainlah pengalaman yang menyenangkan, mudah, dan bermakna bagi pelanggan Anda, mulai dari proses pembelian hingga layanan pelanggan.

Penerapan brand experience yang positif akan membantu memperkuat hubungan dengan bisnis dan membangun kesetiaan pelanggan pada jangka panjang. Melalui pengalaman itulah nantinya Anda bisa membangun ikatan emosional yang baik pula.

6. Berikan Konten Berkualitas

Konten media sosial yang relevan dan berkualitas tinggi dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan. Berikan konten yang mengedukasi, menghibur, atau menginspirasi pelanggan Anda, sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Sebab, konten yang baik dapat membantu Anda menjangkau audiens baru. Bahkan, melalui konten itu, Anda juga bisa memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Baca juga: Memahami Content Pillar, Contoh, dan Cara Membuatnya

7. Bangun Komunitas Bisnis

Cara membangun brand sendiri selanjutnya ialah dengan memikirkan komunikasi bisnis atau brand yang ingin Anda sampaikan. Akan lebih baik jika Anda juga terlibat dengan pelanggan Anda melalui media sosial, acara komunitas, atau program keanggotaan sebagai bagian dari strategi membuat branding.

Bangunlah hubungan yang mendalam dengan pelanggan Anda untuk memperkuat ikatan dan membangun komunitas yang loyal. Interaksi yang terbuka dan positif dengan pelanggan akan membantu meningkatkan kesan yang kuat pada bisnis.

8. Kontinuitas dan Konsistensi

Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda hanya perlu mempertahankan konsistensi dalam semua aspek bisnis, termasuk identitas visual, pesan, dan pengalaman pelanggan.

Teruslah memantau dan mengevaluasi kinerja dari strategi branding Anda. Siapkan juga untuk membuat perubahan atau penyesuaian jika diperlukan untuk memastikan kesuksesan jangka panjang bisnis Anda.

Strategi Branding yang Kuat dengan Iklan Motor

Untuk mendorong keberhasilan dalam membuat brand sendiri, kini saatnya Anda menggunakan iklan untuk mempromosikan produk brand kepada khalayak. Dengan memilih media iklan yang tepat, objektif bisnis akan tercapai, sehingga brand berkembang.

Menurut internal riset StickEarn, beriklan kendaraan roda dua menghasilkan visibilitas sebesar 71%. Hal itu terjadi karena motor mudah dilihat oleh target konsumen hingga ke daerah yang padat penduduk.

Dengan pasang iklan di motor, pesan promosi Anda juga akan tersampaikan secara efektif kepada audiens yang beragam. Ini menjadi kesempatan yang tepat untuk mengenalkan bisnis Anda pada jangkauan yang lebih luas.

Ditambah lagi, StickEarn juga menyediakan laporan hasil campaign bagi setiap brand yang beriklan bersama kami. Dengan begitu, Anda dapat mengukur keberhasilan kampanye pada iklan motor.

Tertarik beriklan di kendaraan roda dua? Klik banner di bawah untuk mulai beriklan atau pelajari iklan OOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png