Campaign”, dalam bahasa Indonesia, diartikan sebagai kampanye. Kata "kampanye" ini memiliki beberapa arti lagi yang bergantung pada konteks penggunaannya.

Secara umum, istilah "kampanye" merujuk pada serangkaian tindakan yang direncanakan dan dikoordinasikan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, kampanye pemasaran dilakukan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada target pasar yang sudah ditentukan.

Selain marketing campaign, ada juga brand campaign, digital campaign, dan campaign produk. Pengertian kampanye pada setiap konteks tersebut akan StickEarn bahas secara lebih lengkap di artikel bawah ini. Simak juga bagaimana cara membuat campaign yang menarik untuk strategi pemasaran Anda berikutnya.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Iklan Kreatif di Berbagai Media

Apa yang Dimaksud dengan Campaign?

apa yang dimaksud dengan campaign.jpg

Source: Freepik - Pengertian dan contoh campaign di media sosial.

Campaign artinya serangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Istilah ini sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti pemasaran, politik, dan sosial. Dalam dunia bisnis sendiri, Anda mungkin lebih sering mendengar istilah campaign marketing.

Hubspot menjelaskan bahwa marketing campaign adalah upaya promosi yang terstruktur dan strategis untuk meningkatkan kesadaran, minat, dan penjualan produk atau jasa. Kampanye ini biasanya melibatkan kombinasi berbagai media pemasaran, termasuk media promosi offline maupun digital.

Lantas, apa itu digital campaign? Digital campaign adalah istilah untuk kampanye pemasaran yang memanfaatkan berbagai platform digital, seperti website, email, iklan digital, dan media sosial.

Berbeda denagn social media campaign. Campaign tersebut diartikan sebagai istilah yang ditujukan untuk kampanye digital yang memanfaatkan media sosial untuk mencapai tujuan pemasaran.

Tujuan Marketing Campaign

Tujuan pemasaran atau fokus yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan melalui kampanye, secara garis besar bisa dibagi menjadi 2, yaitu kampanye produk dan brand. Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai product campaign dan brand campaign.

1. Product Campaign

Campaign produk adalah usaha mempromosikan produk tertentu untuk meningkatkan kesadaran dan penjualan terhadap produk tersebut. Kampanye ini biasanya mencakup berbagai strategi marketing, seperti peluncuran produk baru, pengadaan diskon khusus, hingga demonstrasi produk pada event marketing.

Tujuan dari campaign produk tersebut, di antaranya untuk menyoroti keunggulan dan manfaat produk, sehingga konsumen akan terdorong untuk melakukan pembelian. Maka dari itu, strategi ini seringkali melibatkan pembuatan konten yang menarik untuk mencuri perhatian pelanggan.

Baca juga: Contoh Iklan Komersial pada Train Advertising yang Menarik

2. Brand campaign

Brand campaign adalah upaya yang dilakukan untuk membangun dan memperkuat citra merek di mata konsumen. Kampanye ini berfokus pada nilai-nilai, visi, dan misi merek serta bagaimana merek tersebut ingin dikenal oleh publik.

Biasanya brand campaign menggunakan narasi emosional dan visual yang kuat untuk menciptakan koneksi yang mendalam dengan konsumen. Dalam jangka panjang, pendekatan ini akan membantu bisnis Anda untuk lebih mudah diingat dan diidentifikasi oleh konsumen.

Contoh Marketing Campaign yang Menarik

Setelah Anda memahami tentang pengertian campaign. Kini saatnya Anda melihat beberapa contoh campaign yang sudah dilakukan oleh beberapa brand berikut ini.

Mulai dari brand di dalam hingga luar negeri, semuanya memberikan kampanye pemasaran yang unik. Maka tidak heran bila mampu menarik perhatian banyak orang.

1. Coca-Cola, "Create Real Magic"

campaign iklan coca-cola_stickearn.jpeg

Source: LinkedIn - Contoh campaign produk minuman Coca-Cola.

Contoh campaign minuman "Create Real Magic" oleh Coca-Cola menjadi salah satu kampanye yang menarik perhatian di tahun 2023. Pasalnya, Coca-Cola mempromosikan produknya dengan menyelenggarakan kontes seni pada produk mereka dengan bantuan teknologi AI.

Karya dari para pemenang kontes tersebut lantas ditampilkan pada billboard di Times Square, New York City, dan Piccadilly Circus, London. Dengan apresiasi ini, banyak konsumen ikut berpartisipasi membuat seni dengan mencantumkan identitas merek milik Coca-Cola, sehingga secara tidak langsung hal ini menjadi strategi iklan gratis untuk perusahaan minuman tersebut.

2. Oriflame, “Reach Your Happy Place”

campaign iklan.JPG

Source: Doc. StickEarn - Contoh campaign marketing brand Oriflame dengan train advertising.

Contoh campaign marketing berikutnya dilakukan oleh brand kosmetik Oriflame. Kampanye yang bertajuk “Reach Your Happy Place” ini, dilakukan Oriflame untuk menginspirasi dan memberdayakan masyarakat agar mencapai kebahagiaan mereka masing-masing.

Karena kampanye tersebut memiliki target audiens yang luas, maka digunakanlah berbagai media promosi untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Salah satu media yang digunakan untuk kampanye ini yaitu train advertising milik StickEarn yang dipasang pada MRT Jakarta.

Baca juga: Strategi Membuat Iklan di Commuter Line yang Menarik

3. User-Generated-Content

User generated content (UGC) dapat menjadi salah satu contoh campaign di media sosial yang efektif mendorong partisipasi audiens. UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna atau konsumen yang kemudian dibagikan oleh brand di berbagai platform media sosial.

Kampanye UGC ini dilihat sebagai kampanye yang lebih autentik dan relevan karena dibuat oleh para penggunanya. Selain itu, kampanye UGC dipilih karena kelebihannya yang dapat mengurangi biaya produksi konten bagi perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat Campaign?

Membuat marketing campaign yang efektif memerlukan perencanaan yang matang dan strategi yang terstruktur. Hal itu perlu disusun dengan baik dan tepat.

Adapun langkah-langkahnya, Anda bisa mengikuti tahapan dalam membuat kampanye pemasaran seperti berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Kampanye

Anda dapat menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) untuk menetapkan sasaran yang spesifik dan dapat diukur.

2. Identifikasi Target Audiens

Tentukan segmen pasar yang ingin Anda tuju berdasarkan demografi, psikografi, perilaku, dan lokasi mereka. Lalu, buatlah persona yang mencerminkan karakteristik audiens target Anda.

3. Pilih Platform dan Media yang Tepat

Pilih platform yang paling sesuai dengan audiens target Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan media offline seperti, iklan di transportasi umum untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

4. Buat Konten yang Menarik

Buatlah konten yang menarik dan relevan, seperti gambar, video, artikel, infografis, dan postingan media sosial yang sesuai dengan pesan utama kampanye.

5. Rencanakan Aktivitas Kampanye

Buat jadwal yang jelas untuk setiap tahapan kampanye. Rencanakan pula berbagai aktivitas yang akan dilakukan selama kampanye, seperti kontes, giveaway, atau acara offline.

6. Monitor dan Evaluasi Kinerja Kampanye

Tetapkan KPI untuk mengukur keberhasilan kampanye, seperti jumlah tayangan, klik, dan konversi. Lalu, analisislah hasil kampanye tersebut dan ambil pelajaran untuk meningkatkan kinerja pada kampanye berikutnya.

Siap Membuat Campaign yang Menarik?

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, contoh, dan cara membuat campaign. Jika disimpulkan, campaign adalah upaya yang dilakukan untuk mengajak target audiens agar mau berinteraksi dengan brand Anda hingga melakukan pembelian melalui strategi promosi yang menarik.

Keberhasilan strategi promosi ini juga tidak luput dari peran media promosi, StickFriends. Media promosi yang dapat menjangkau masyarakat luas tentu akan lebih menguntungkan bagi brand Anda.

**Salah satu media yang memiliki jangkauan luas, yaitu Trains Advertising. Dengan banyaknya penumpang setiap harinya, kereta dapat menjadi media iklan yang strategis bagi kampanye bisnis Anda.

Tertarik untuk beriklan di KRL atau MRT? Klik banner di bawah untuk bekerja sama dengan StickEarn atau pelajari produk iklan transportasi Kami lainnya.

CTA Banner Blog - 01.png