Tingkat persaingan dalam memasarkan produk kini semakin ketat. Akibatnya, inovasi dan kreativitas saat memilih media promosi yang ingin digunakan menjadi kunci keberhasilan kampanye iklan brand.

Salah satu media iklan yang kini banyak diminati oleh berbagai brand adalah iklan transportasi publik, khususnya iklan di commuter line. Beriklan di KAI jenis ini terbilang menguntungkan.

Kompas menyebutkan bahwa rata-rata penumpang KRL Jabodetabek pada hari kerja mencapai 988.088 orang. Hal ini menandakan bahwa potensi impresi yang akan didapatkan brand saat memasang iklan juga akan tinggi.

Jika Anda mencari media promosi offline yang efektif, beriklan di kereta commuter line bisa menjadi opsi yang patut dicoba, terlebih lagi iklan di KAI sangat menjanjikan. Namun, sebelum mencobanya, Anda wajib menyimak strategi beriklan di OOH melalui media tersebut di sini.

Baca juga: Mengapa Train Advertising Menjadi Media Iklan di KRL yang Efektif?

1. Tentukan Target Audiens

iklan di kereta mrt.jpg

Source: Freepik - Menentukan target audience pada train advertising.

Sama seperti membuat marketing campaign, langkah awal yang harus dilakukan untuk menghasilkan iklan yang efektif, yaitu menentukan target audiens yang ingin disasar. Anda bisa melakukan analisis perilaku penumpang untuk mengetahui audiens yang tepat untuk promosi produk.

Analisis customer behavior sangatlah penting untuk dilakukan sebelum pembuatan iklan. Pasalnya, menganalisis kebiasaana audiens dapat memberikan informasi mengenai preferensi mereka.

Setelah mengetahuinya, StickFriends akan dengan mudah mengetahui konten pemasaran apa yang bisa menarik perhatian audiens, khususnya yang ada di kereta. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten yang menarik dan relevan.

Contohnya kampanye iklan yang dilakukan oleh Oriflame dengan tema “Reach Your Happy Place”. Oriflame ingin menyebarkan pesan positif kepada masyarakat untuk merayakan setiap kebahagiaan agar mencapai kehidupan yang lebih baik.

Selanjutnya, Oriflame bekerjasama dengan StickEarn dalam membuat promosi iklan di train advertising. Dengan target audiens yang luas ini, Oriflame mempromosikan produknya dengan pendekatan emosional, sehingga masyarakat lebih terhubung dan tertarik dengan iklan tersebut.

2. Pilih Rute atau Jenis Kereta

Tahap selanjutnya adalah memilih rute perjalanan kereta yang tepat untuk iklan Anda. Rute commuter line yang paling baik memiliki penumpang yang selalu ramai, misalnya lintas Manggarai ke Bogor atau Cikarang.

Selain rute perjalanan, Anda juga bisa menyesuaikan jenis kereta yang akan digunakan. Iklan di MRT misalnya, juga sering dipilih oleh brand untuk mempromosikan produk.

Jika ingin memasang iklan di kereta, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan perusahaan jasa iklan tepercaya. StickEarn sebagai perusahaan OOH Advertising di Indonesia, bisa memberikan rekomendasi rute paling ramai sekaligus pemasangan iklan untuk branding bisnis Anda.

Brand sabun pencuci piring, Sunlight, sudah bekerjasama dengan StickEarn untuk memasang iklan di commuter line. Sunlight ingin mempromosikan produk baru dengan formula yang unik, yaitu menggabungkan sabun cuci piring dengan skincare.

Dengan produk ini, segmen yang tepat untuk dijangkau adalah para wanita. Oleh karena itu, iklan pun dipasang pada rute Manggarai-Bogor, khususnya di gerbong wanita, agar penumpang perempuan bisa melihat iklan dengan jelas selama perjalanan.

3. Desain Iklan yang Efektif

iklan unik di commuter line jabodetabek.JPG

Source: Doc. Foto StickEarn - Gambar iklan menarik dan unik di kereta KRL.

Tahap selanjutnya dalam membuat iklan yang menarik adalah menyiapkan desain yang kreatif. Dalam pembuatan poster iklan, Anda perlu memperhatikan gambar, copywriting, dan warna yang digunakan di dalamnya.

Di dalam desain yang baik, ketiga komponen tersebut perlu seimbang. Jadi, sebisa mungkin StickFriends harus membuat desain yang simpel, eye-catching, dan tetap sesuai dengan target audiens.

Pastikan juga desain poster tersebut selaras dengan identitas merek Anda. Fokuslah pada satu pesan utama dengan headline yang kuat dan visual yang menarik.

Elemen-elemen desain juga perlu diatur sedemikian rupa agar perhatian audiens langsung tertuju kepada hal yang penting. Tambahkan juga CTA yang menonjol supaya audiens langsung tertarik untuk melakukan interaksi.

Baca juga: Cara Membuat Konten Menarik & Berkualitas, Pasti Dilirik!

4. Pasang Iklan di Commuter Line

iklan sunlight  di kereta KRL.jpeg

Source: Doc. Foto StickEarn - Sewa iklan di commuter line Jabodetabek.

Setelah desain terselesaikan, langkah selanjutnya adalah pemasangan iklan di kereta yang sudah disiapkan. Anda bisa menyerahkan tahap ini kepada StickEarn sebagai perusahaan advertising yang sudah berpengalaman dalam memasang iklan di kendaraan.

Space iklan di commuter line yang disediakan pun sangatlah beragam. Anda bisa pasang iklan di area exterior hingga interior gerbong kereta yang dapat Anda ubah menjadi media promosi yang menarik.

Anda bisa berkreasi semenarik mungkin dengan spot-spot tersebut. Misalnya menghias hand grip desain khusus, seperti yang dilakukan oleh Sunlight atau manfaatkan wall branding dengan desain yang atraktif untuk menciptakan pengalaman yang imersif bagi penumpang.

5. Ukur Kesuksesan Iklan Anda

Langkah terakhir adalah menghitung bagaimana kesuksesan iklan Anda. Hal ini menjadi tahapan yang tidak dapat diabaikan karena penting untuk menilai strategi pemasaran yang sudah dilakukan.

StickFriends bisa mulai mengevaluasi kinerja iklan selama peak hour untuk memastikan iklan mendapatkan eksposur yang maksimal. Selain itu, analisis jumlah dan demografi penumpang juga penting untuk memastikan iklan Anda menjangkau target audiens yang tepat.

Kumpulkan juga feedback dari penumpang untuk mengetahui reaksi mereka terhadap iklan. Anda juga bisa sekaligus menghitung tingkat ad-recall untuk mengukur seberapa banyak penumpang yang mengingat iklan tersebut.

Baca juga: 7 Indikator Promosi yang Harus Anda Ketahui!

Promosikan Produk Anda dengan Beriklan di Commuter Line!

Setelah mengetahui tahapan membuat iklan di atas, kini saatnya Anda mulai mem-branding bisnis dengan pasang iklan di commuter line. Beragam keuntungan bisa Anda dapatkan, mulai dari menjangkau masyarakat luas sekaligus meningkatkan visibilitas brand Anda di area perkotaan yang padat.

Jika Anda tertarik beriklan di media tersebut, Anda bisa membuat kampanye iklan di kereta via Train Advertising StickEarn. Anda bisa menghubungi kami untuk bekerjasama dalam mewujudkan kampanye iklan yang kreatif dan efektif.

Tertarik untuk mencobanya? Langsung saja klik banner di bawah, atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png