Sebelum membuat iklan atau promosi, ada baiknya StickFriends merancang strategi marketing terlebih dahulu.

Buat StickFriends yang masih awam dengan merancang strategi pemasaran, kali ini StickEarn akan memberikan informasi seputar strategi marketing mulai dari pengertian hingga contohnya.

Apa Itu Strategi Marketing?

Menurut laman Coursera, strategi marketing adalah visi jangka panjang yang menguraikan proposisi nilai bisnis kepada pelanggannya. Alih-alih sebagai pedoman untuk menjabarkan tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk iklan, strategi pemasaran digunakan sebagai acuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran secara keseluruhan.

Kenapa Melakukan Strategi Marketing Sangat Penting?

Membuat strategi marketing sangat penting supaya perusahaan memiliki arah pemasaran yang tepat dan membantu perusahaan dapat mengkomunikasikan informasi tentang produk dengan tepat.

Tanpa memiliki strategi pemasaran, perusahaan akan kesulitan kepada siapa mereka akan berkomunikasi, kesulitan untuk mengembangkan produk, dan menghabiskan biaya promosi yang tidak ada hasilnya.

Maka dari itu, StickFriends wajib membuat strategi marketing.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pemasaran Produk Terbaru & Implementasinya

8 Tips Strategi Marketing yang Baik dan Efektif

Kegiatan pemasaran sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Jika StickFriends berencana ingin membuat kampanye pemasaran, kali ini StickEarn akan membagikan 8 tips strategi marketing yang baik. Mari simak tipsnya berikut ini.

1. Social Media Marketing

Strategi pemasaran pertama yang paling umum digunakan oleh seluruh pelaku bisnis adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, dan LinkedIn.

Ada begitu banyak jenis konten marketing yang bisa kamu buat di media sosial yang mampu meningkatkan brand awareness, engagement, dan penjualan. Umumnya, bentuk konten yang dapat meraih semua hal tersebut adalah konten edukasi, informatif, promosi, product knowledge, dan masih banyak lainnya. Salah satu contoh social media marketing yang jarang dilakukan kebanyakan perusahaan adalah teknik kolaborasi.

Akan tetapi, teknik social media marketing ini memiliki impact yang cukup besar untuk meningkatkan engagement dan awareness audiens. Salah satu contoh yang pernah menerapkan teknik ini adalah Netflix dan WeTV.

Screen Shot 2022-10-11 at 14.44.33.png

StickFriends pasti ingat dengan drama Layangan Putus yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Putri Marino?

Saking populernya drama mereka, banyak orang yang mengira drama ini ditayangkan di platform Netflix. Alhasil, salah satu pengguna Twitter bertanya jadwal tayang Layangan Putus kepada Netflix. Alih-alih mengabaikan netizen, justru Netflix memanfaatkan cuitan tersebut dengan menjawab bahwa Layangan Putus adalah serial yang ditayangkan oleh WeTV.

Lucunya, WeTV bahkan merespon cuitan tersebut dengan baik dan mempromosikan salah satu serial pelakor yang ada di Netflix. Kolaborasi antara dua platform streaming tersebut mungkin tidak direncanakan, namun dampak dari kolaborasi dadakan tersebut justru menghasilkan dampak yang cukup besar bagi kedua perusahaan tersebut. Yakni sama-sama mendapat engagement dan exposure yang tinggi.

2. Content Marketing

Selanjutnya ada content marketing yang merupakan teknik pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berkualitas, relevan, dan menarik, yang pada akhirnya mendorong sebuah tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Salah satu bentuk content marketing yang paling umum digunakan adalah brosur, flyer, poster, e-book, PDF, dan masih banyak lainnya. Salah satu perusahaan yang sering menggunakan teknik pemasaran ini adalah HubSpot.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing? Ini Jenis, Tujuan & Cara Membuat

Screen Shot 2022-10-11 at 14.47.54.png

HubSpot sangat senang sekali memberikan e-book atau PDF informatif secara gratis untuk para pembacanya. Hal ini sengaja mereka lakukan untuk mendapatkan data-data pelanggan mereka yang pada akhirnya, mereka akan diajak menggunakan salah satu produk andalan HubSpot.

3. Transactional Marketing

Transactional marketing merupakan teknik pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan promo atau benefit kepada pelanggannya.

Berikut adalah contoh strategi marketing dengan teknik transactional marketing yang bisa kamu tiru.

Screen Shot 2022-10-11 at 14.49.04.png

Strategi marketing ini sangat efektif sekali untuk jangka pendek karena teknik pemasaran ini hanya mengandalkan promo yang sedang berjalan pada waktu-waktu tertentu. Seperti hari ulang tahun, hari kemerdekaan, tahun baru, dan lain-lain.

Akan tetapi, teknik ini cocok banget buat StickFriends yang fokus meningkatkan penjualan bulanan.

4. Public Relation

Public Relation atau PR merupakan salah satu divisi yang memiliki peran cukup penting dalam pembuatan strategi marketing yang dapat mempertahankan atau meningkatkan citra perusahaan.

Secara sederhana, PR merupakan seorang gatekeeper yang memeriksa keseluruhan konten publikasi sesuai dengan citra perusahaan.

5. Telemarketing

Telemarketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang masih sering digunakan hingga saat ini.

Umumnya, kegiatan telemarketing ini adalah berkomunikasi secara langsung kepada pelanggan. Biasanya, telemarketer (seseorang yang berkomunikasi dengan pelanggan) akan menawarkan promosi kepada pelanggan tertentu saja.

6. Mobile Marketing

Mobile marketing adalah teknik pemasaran dan iklan kepada konsumen melalui smartphone dan tablet. Biasanya, teknik ini mengandalkan fitur notifications dan GPS yang ada di smartphone.

Jenis-jenis mobile marketing ini terdiri dari:

  • Mobile website.
  • Aplikasi.
  • Iklan dalam game.
  • Aplikasi e-commerce.
  • Media sosial.
  • SMS.
  • Chatbots.
  • Voice Search.

Tidak semua jenis pemasaran ini wajib kamu jalani. Pilihlah jenis mobile marketing yang sesuai dengan target pasar yang sudah kalian buat.

Misalnya, StickFriends saat ini memiliki sebuah aplikasi belajar online. Maka, jenis iklan yang bisa kalian gunakan adalah aplikasi, media sosial, dan SMS saja.

Salah satu perusahaan yang mengandalkan teknik pemasaran ini adalah Tokopedia. Berdasarkan data yang rilis di bulan Februari 2022, jumlah pengguna aplikasi e-commerce Tokopedia mencapai 144,9 juta.

Tokopedia mengandalkan fitur push notifications untuk mengingatkan dan mengirim pesan kepada para penggunanya yang memiliki aplikasi Tokopedia.

Biasanya, pesan yang mereka kirimkan berupa pengingat pelanggan bahwa produk yang ada di dalam keranjang mereka sedang diskon atau pesan bahwa pada tanggal sekian mereka akan ada event promo besar-besaran.

7. Promosi dan Iklan

Promosi dan iklan merupakan salah satu teknik yang masuk dalam kegiatan marketing. Kedua jenis pemasaran ini sekilas sama, tapi keduanya memiliki tujuan yang berbeda, StickFriends.

Kegiatan promosi ini biasanya dilakukan untuk menarik audiens untuk melakukan tindakan yang kita inginkan. Misalnya, melakukan pembelian, mendaftar, subscribe, dan lain-lain.

Sedangkan iklan adalah komunikasi satu arah antara perusahaan dan konsumen. Umumnya, iklan ini berisi informasi produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Kedua kegiatan pemasaran ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan social media marketing, content marketing, transactional marketing, mobile marketing, dan OOH.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk yang Belum dikenal Dengan Cepat & Efektif

8. Menggunakan OOH (Out of Home Advertising)

Strategi marketing terakhir yang bisa StickFriends terapkan adalah OOH atau out of home advertising.

Banyak perusahaan yang mengandalkan jenis iklan ini karena dinilai mampu menjangkau audiens dengan tepat.

Umumnya, seseorang akan merasa sangat sibuk saat bekerja. Hal ini akan membuat orang tersebut sulit menyerap informasi yang mereka terima dari iklan tersebut. Meskipun iklan tersebut muncul di layar komputer atau TV mereka.

Tapi dengan iklan OOH, StickFriends bisa mendapatkan perhatian penuh dari audiens saat mereka tidak sibuk, seperti saat sedang sekedar berjalan, duduk atau berkendara santai. Hal ini berarti, iklan tersebut akan memicu tindakan lebih lanjut sesuai yang kalian inginkan.

Salah satu contoh strategi marketing dengan menggunakan iklan OOH:

Screen Shot 2022-10-11 at 14.56.59.png

Di dalam billboard tersebut berisi kalimat yang singkat, jelas dan padat namun secara tidak langsung akan mempengaruhi pembaca untuk menjual emasnya. Arti tersirat menegaskan bahwa jika emas belinya mahal, maka harga jualnya pun juga mahal.

Jadi, apabila suatu saat audiens sedang membutuhkan dana darurat maka akan teringat untuk menjual emasnya ke iloveemas.co.id. Dengan begitu, strategi pemasaran ini sangat tepat untuk membangun brand awareness sebuah bisnis. Menarik, bukan?

Kembangkan Strategi Marketing Bisnis Bersama StickEarn!

Itulah beberapa strategi marketing yang bisa StickFriends terapkan pada bisnis kalian. Tapi, sesuaikan kegiatan pemasaran dengan dana iklan yang kalian punya, ya.

Nah, untuk StickFriends yang belum memiliki pengalaman membuat strategi pemasaran dan iklan, StickEarn bisa bantu kalian, nih!

StickEarns adalah perusahaan digital advertising terpercaya yang sudah bekerja sama dengan lebih dari 500 perusahaan ternama di Indonesia. Kami tidak hanya membantu StickFriends memasang iklan saja, tapi kami akan membantu StickFriends menentukan lokasi-lokasi iklan yang tepat sesuai dengan target audiens kalian.

StickEarns tidak sembarangan memberikan rekomendasi, loh. Seluruh data yang kami berikan merupakan hasil analisis iklan yang sudah terbukti efektif dari klien-klien sebelumnya. Penasaran? Yuk coba sekarang juga dan rasakan manfaatnya untuk perkembangan bisnismu!

CTA Banner Blog - 01.png