Apakah Kamu capek melakukan berbagai strategi pemasaran lantaran hasilnya tidak kunjung kelihatan? Jika benar strategi pemasaran lama Anda tidak membuahkan hasil apa-apa meski sudah dilakukan dengan benar, maka saatnya Anda mencoba teknik pemasaran lain, yakni Guerilla Marketing. Jenis pemasaran apakah itu?

Untuk mengetahui lebih jauh tentang pengertian, jenis, manfaat, hingga contoh guerilla marketing Indonesia, silahkan simak penjelasan artikel ini sampai tuntas!

Apa Itu Guerilla Marketing?

Secara umum, guerilla marketing adalah strategi pemasaran di mana pengiklan menggunakan pendekatan, kejutan, maupun interaksi non-konvensional dalam mempromosikan produk miliknya. Dengan kata lain, jenis pemasaran ini cenderung berbeda dengan teknik pemasaran tradisional pada umumnya.

Dalam Bahasa Indonesia, istilah tersebut juga sering dikenal dengan istilah pemasaran gerilya. Hal ini karena konsep dasar iklannya mengacu pada penggunaan interaksi yang mengejutkan dalam mengkampanyekan layanannya.

Oleh karena itu, teknik pemasaran ini sangat bergantung pada interaksi yang berkualitas antara perusahaan dan audiens. Di samping itu, pelaksanaan pemasaran gerilya juga perlu mengandalkan kelompok promotor yang handal dan bertanggung jawab dalam mempromosikan suatu produk di lokasi tertentu.

Banyak yang mengatakan bahwa metode pemasaran gerilya mampu melahirkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Selain itu, biaya pengadaan iklannya pun terbilang cukup murah dan tetap efektif dalam mempengaruhi penjualan bisnis, khususnya di Indonesia.

Itulah mengapa, guerilla marketing di Indonesia cukup sering menjadi andalan pelaku bisnis. Karena dapat menghadirkan hasil yang mengejutkan dengan beban dana yang relatif kecil.

Baca Juga: Apa Itu Billboard? Pengertian Hingga Jenisnya!

Manfaat Guerilla Marketing

Daripada metode pemasaran lainnya, guerilla marketing adalah teknik yang dapat membawa banyak manfaat bagi tiap perusahaan. Ini dia beberapa manfaat guerilla marketing untuk kegiatan promosi:

  • Produk akan sering dibicarakan oleh banyak orang.
  • Iklan jadi lebih mudah diingat oleh khalayak luas.
  • Pengiklan mudah mendapat respon secara langsung sebagai bahan evaluasi ke depan.
  • Biaya pemasaran murah.
  • Dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Prinsip Guerilla Marketing

Pada dasarnya, semua produk sebenarnya bisa menerapkan metode pemasaran gerilya. Asalkan, pengiklan mampu mengemas iklan tersebut dalam tampilan yang kreatif, fresh, dan inovatif.

Kunci keefektifan guerilla marketing di Indonesia maupun di lokasi geografis lainnya adalah pengiklan harus bisa memahami emosi target konsumen dan mampu menyajikan kreatifitasnya dengan baik.

Selain itu, pemasaran gerilya cenderung lebih cocok bagi perusahaan yang memiliki target konsumen muda yang suka dengan hal-hal unik yang tidak biasa.

Kesimpulannya, prinsip yang dianut dalam metode pemasaran gerilya tersebut terdiri dari:

  • Penuh kejutan, tantangan, atau kontroversi.
  • Memerlukan imajinasi kreatif dan inovatif.
  • Hanya berlangsung dalam waktu singkat di lokasi tertentu.
  • Tidak membutuhkan anggaran besar.
  • Dapat menyampaikan pesan khusus, bersifat menghibur, atau mampu memberikan nilai-nilai positif lainnya kepada audiens.

Cara Penerapan Guerilla Marketing

Ciri khas yang harus ada dalam pemasaran gerilya adalah unik dan penuh kejutan. Sekilas, penerapan pemasaran gerilya terlihat memerlukan usaha lebih keras untuk bisa menciptakan karya iklan yang luar biasa.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena dengan memahami cara penerapan guerilla marketing berikut ini, siapapun bisa menghasilkan iklan gerilya luar biasa. Cara-cara tersebut antara lain:

  • Kenali audiens melalui survei dan riset
  • Sesuaikan strategi pemasaran gerilya dengan bidang bisnis Anda
  • Rencanakan anggaran dengan cermat
  • Hadirkan ide-ide kreatif dan inovatif
  • Siapkan CTA (Call to Action) yang tegas dan jelas

Baca Juga: Apa Itu Copywriting? Bagaimana “Copy” yang Menarik dan Contohnya!

Jenis dan Contoh Guerilla Marketing

Berikut ini, beberapa jenis dan contoh guerilla marketing yang perlu Anda ketahui:

1. Ambush Marketing (Pemasaran Penyergapan)

Sama seperti namanya, metode pemasaran gerilya ini akan melakukan ‘penyergapan’ dengan cara memasuki suatu acara yang ramai untuk melakukan promosi. Umumnya, metode pemasaran ini sering terjadi di acara olahraga, konser, festival, dan di acara-acara besar lainnya.

Cara seperti ini tentu dapat menjadi pusat perhatian banyak orang terutama jika promotor berhasil mendapat entrance yang mencolok. Sisanya, promotor hanya perlu memanfaatkan momen emas tersebut dengan menyampaikan pesan promosi secara jelas dan menarik.

2. Stealth Marketing (Pemasaran Sembunyi-Sembunyi)

Jika metode sebelumnya menggunakan cara yang mencolok, maka jenis guerilla marketing ini cenderung bersifat sembunyi-sembunyi. Dengan kata lain, iklan ini cenderung menghindari perhatian khalayak ramai dalam satu waktu secara sekaligus.

Oleh karena itu, hanya orang-orang jeli saja yang bisa menemukan dan memahami bahwa poster, stiker, atau media lain yang sedang ia lihat saat itu adalah sebuah iklan dari suatu produk.

Meski sifatnya sembunyi-sembunyi, media iklan yang pengiklan gunakan tidak melulu berukuran kecil. Bahkan, ada juga yang menggunakan media iklan berukuran besar tetapi mengandung pesan promosi tersirat.

3. Viral Marketing

Sejatinya, jenis guerilla marketing ini terbilang agak sulit. Namun, efektivitas serta jaminan peningkatan konversi dan angka penjualan produknya akan jadi lebih tinggi daripada sebelumnya.

Viral marketing merupakan metode pemasaran atas suatu produk atau layanan yang langka, unik, dan tidak umum. Sehingga, saat iklan ini muncul ke permukaan, banyak orang mulai membagikan ‘trend’ tersebut ke media sosial untuk menyebarluaskan kabar tersebut.

Itulah mengapa, strategi ini sangat perlu memanfaatkan kehadiran media sosial serta peran dari para influencer dengan sebaik-baiknya. Anda bisa melihat contoh iklan ini ketika brand es krim Wall’s Viennetta yang sempat viral karena melakukan produksi ulang.

Mengetahui kabar tersebut, masyarakat Indonesia berbondong-bondong mencari dan menyebarkan kabar fantastis tersebut di media sosial. Akibatnya, iklan es krim yang asli justru malah kalah populer dengan meme yang tersebar di internet. Berkat itulah, kehadiran es krim tersebut mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Apa itu Branding? Manfaat, Contoh, Hingga Strateginya

4. Ambient Marketing (Pemasaran di Lingkungan Sekitar)

Jenis pemasaran gerilya ini memanfaatkan tempat terbuka untuk menarik perhatian serta menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada masyarakat di sekitarnya. Umumnya, promosi ini sering memanfaatkan fasilitas umum seperti bangku, tembok, tiang listrik, jalanan, dan jenis instalasi umum lainnya.

Contoh guerilla marketing Indonesia berjenis ambient ini biasanya ditunjukkan dalam bentuk grafiti, stiker, hingga lukisan unik dari brand bisnis. Semakin unik iklannya, semakin banyak pula orang-orang yang tertarik untuk mengambil gambar tersebut dan mengunggahnya ke media sosial.

Tertarik melakukan metode ambient marketing ini? Anda bisa mulai dengan merencanakan promosi produk berbasis DOOH Advertising. Untuk mendapat desain stiker unik dan menarik, Anda bisa meminta bantuan stickearn.com untuk membuatkannya.

StickEarn Dapat Membantu Menyukseskan Upaya Guerilla Marketing

Bagi yang belum tahu, StickEarn merupakan layanan periklanan Indonesia yang fokus membantu kalangan pebisnis dalam memenuhi kebutuhan branding dan promosi dengan efektif.

StickEarn sendiri menyediakan berbagai layanan periklanan canggih, cerdas, dan estetik melalui 3 penawaran produk berikut ini:

  • DOOH Advertising
  • Transportation Advertising
  • Digital Platform Advertising

Jika ingin mendapat manfaat guerilla marketing, Anda bisa memilih produk DOOH Advertising di StickEarn.

Sudah banyak brand-brand bisnis terkemuka Indonesia dan dunia yang sudah mempercayai layanan periklanan dan branding kami. Sekarang, giliran Anda untuk meraih kesuksesan brand bisnis ke depan bersama layanan periklanan kami.

Informasi selengkapnya, silakan cek halaman penawaran StickEarn.com sekarang juga!

CTA Banner Blog - 02.png