Iklan adalah upaya untuk mengarahkan seseorang atau orang lain untuk mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang suatu campaign. Nah, ada banyak bentuk iklan yang ada, seperti baliho, billboard, megatron dan videotron. Lalu apa pengertian dan perbedaan dari keempat jenis iklan tersebut?

Pengertian Billboard

Salah satu jenis iklan yang paling digemari dan populer adalah billboard. Dari namanya, StickFriends pasti sudah tahu bahwa billboard ini adalah iklan besar yang sering StickFriends lihat saat sedang berada di jalan.

Nah, billboard adalah jenis iklan yang tempat promosinya ada pada luar ruangan atau outdoor. Jenis iklan yang satu ini berbentuk poster yang berukuran sangat besar yang sering ada pada bahu jalan atau bahkan di tengah jalan yang ramai dilewati orang. Perkembangan Billboard termasuk cepat karena memiliki keefektifan yang cukup besar apalagi untuk mempromosikan dan meningkatkan branding suatu produk. Badan reklame atau penyangga iklan billboard ini memiliki kerangka ketahanan yang baik pula karena harus mematuhi syarat dan ketentuan yang pemerintah tetapkan.

Biasanya, untuk billboard sendiri, kerangkanya terbuat dari bahan kayu, logam, fiberglass, plastik atau kaca yang kuat akan terpaan angin sehingga tidak membahayakan keselamatan penumpang yang lalu lalang memakai jalan. Jenis iklan pertama ini juga bisa ada di mana saja, dari mulai pemasangannya yang sendiri atau tidak menempel dengan bangunan apapun, atau ada pula billboard yang menempel pada bangunan atau toko.

Baca Juga: Jenis Iklan Berdasarkan Fungsi, Media, dan Tujuannya!

Pengertian Baliho

Pada Indonesia sendiri, billboard seringkali disebut sebagai baliho. Jika melihat dari mata awam, baliho memiliki bentuk yang hampir sama dengan billboard.

Persamaan baliho dan billboard adalah kedua iklan ini ada dengan bentuk besar, promosinya terletak pada luar ruangan dan seringkali kita temukan pada bahu-bahu jalan, serta memiliki kerangka penyangga yang hampir sama dengan jenis iklan sebelumnya.

Baliho sering menampilkan iklan suatu produk yang ingin menambah branding nya atau menampilkan event trtentu yang biasanya bersifat insidentil dan tidak memiliki jangka waktu lama.

Biasanya, iklan baliho ini akan dilepas jika event, acara atau promosi sesuai dengan jangka waktu yang telah disetujui oleh kedua pihak (pihak promosi dan pihak baliho).

Pengertian Megatron

Hampir sama dengan billboard, Megatron adalah jenis iklan yang ada pada luar ruangan atau outdoor. Sesuai namanya, megatron ini berukuran cukup besar dan memiliki teknologi yang canggih.

Pada era digital ini, teknologi sudah semakin canggih. Jadi untuk Stickfriends yang ingin menampilkan iklan berupa video atau gambar bergerak, kamu dapat memilih megatron. Reklame modern ini sudah ada dimanapun dan pasti sering kamu lihat berada dan menempel pada tepi jalan atau pada bangunan-bangunan besar seperti mall atau apartemen.

Dengan LED Display, megatron dapat menampilkan video iklan yang beresolusi tinggi yang tentunya akan mengundang dan menarik perhatian banyak orang.

Pengertian Videotron

Videotron adalah iklan billboard lain yang menampilkan video atau animasi seperti megatron. Videotron tidak jauh bedanya seperti megatron. Walaupun tidak sebesar megatron, namun ukuran videotron juga sudah cukup besar sehingga iklan yang ditampilkan dapat kita lihat dari beberapa sudut jalan.

Baca Juga: Teknik Pemasaran Produk Yang Paling Efektif Untuk Bisnis, Kamu Harus Tahu!

Perbedaan Billboard, Baliho, Megatron dan Videotron

Setelah membaca pengertian dari keempat jenis iklan outdoor (luar ruangan) ini, StickFriends tentu tahu bahwa keempat jenis iklan tersebut sebenarnya hampir mirip. Namun walaupun pada dasarnya mirip dan hampir sama, namun keempat jenis tersebut berbeda, loh.

Perbedaan keempat jenis iklan outdoor tersebut dapat terbagi atas 3 bagian, yaitu:

1. Perbedaan Berdasarkan Jenisnya

Walaupun sama-sama berjenis iklan outdoor dan terdapat pada luar ruangan, namun keempat jenis iklan tersebut memiliki perbedaan yang dapat StickFriends bagi berdasarkan jenisnya.

Iklan billboard dan baliho termasuk ke dalam iklan statis. Iklan statis adalah iklan yang tidak berubah-ubah, tidak bergerak dan tidak memiliki audio. Dalam hal ini, billboard dan baliho yang hanya menampilkan gambar adalah iklan statis. Sementara itu, iklan dinamis adalah kebalikannya. Dengan gambar yang bergerak. Dapat berupa animasi atau video kreatif, videotron dan megatron adalah pilihannya.

2. Berdasarkan Teknologinya

Billboard, Baliho, Megatron dan Videotron memiliki teknologi yang sama-sama canggih. Namun, teknologi yang mereka gunakan jelas berbeda. Hal ini karena billboard dan baliho adalah iklan tanpa teknologi tambahan dan hanya berupa desain poster.

Namun, videotron dan megatron adalah jenis iklan outdoor yang menampilkan gambar yang bergerak. Artinya, teknologi yang mereka pakai untuk memadai video atau animasi tersebut juga jauh lebih canggih.

Dengan layar LED dan lampu yang beragam, videotron dan megatron berbeda dengan baliho atau billboard.

3. Berdasarkan Ukuran dan Bahan Penyangga

Sebelumnya kita mengetahui bahwa billboard memiliki ukuran dan bahan penyangga yang sangat kokoh. Walaupun begitu ada perbedaan yang besar antara keempat jenis iklan outdoor yang ada.

Billboard dan baliho memakai media kain, kayu atau plastik sedangkan megatron dan videotron berukuran lebih besar lagi dan pastinya membutuhkan bahan penyangga yang lebih kokoh seperti baja ringan atau aluminium dengan layar kaca.

4. Berdasarkan Konten yang Diiklankan

Perbedaan Baliho dan Billboard adalah berdasarkan iklan yang mereka tampilkan. Biasanya billboard menampilkan iklan dalam jangka waktu yang panjang bahkan ada yang tidak menggantinya (billboard tersebut khusus dibuat untuk mengiklankan satu jenis iklan dengan perusahaan yang sama).

Namun baliho menampilkan iklan yang dapat berubah-ubah atau tidak tetap dan memiliki jangka waktu yang singkat.

Perbedaan videotron dan megatron berdasarkan konten adalah videotron seringkali menampilkan banyak konten video sedangkan megatron hanya menampilkan satu konten video saja.

Mari Buat Iklan Kreatifmu dengan StickEarn!

Seperti itu penjelasan dan perbedaan antara billboard, baliho, megatron dan videotron yang dapat StickFriends ketahui. Pada dasarnya keempatnya dapat kamu pilih sesuai dengan budget dan seefektif apa jenis iklan outdoor yang ingin kamu pakai untuk sebuah konten yang ingin kamu iklankan.

Untuk memastikan pemilihan iklan outdoor sesuai dengan yang StickFriends inginkan, serahkan konsepnya dengan jasa profesional yang pastinya sudah berpengalaman. Kamu dapat berkonsultasi, bertanya ataupun mendiskusikan iklan yang efektif untuk branding kamu.

Baca Juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam Marketing!

Jasa periklanan yang dapat StickFriends pilih adalah StickEarn. Sebagai startup teknologi periklanan yang sekarang sudah ada di Indonesia ini, StickEarn berfokus untuk menyediakan iklan yang cermat, efektif dan tentunya pada posisi strategis yang dapat terlihat oleh banyak orang.

Ada 3 jenis jasa yang ada pada StickEarn yang dapat kamu pilih sebagai jenis iklan produkmu. Ada Iklan transportasi, DOOH Advertising dan Digital Platform Advertising yang dapat menghubungkan banyak brand dari beberapa industri terkemuka dan ternama.

Kamu dapat menghubungi dan melihat tawaran yang StickEarn berikan setiap harinya pada website resmi StickEarn, atau bisa langsung menghubungi Email StickEarn untuk konsultasi, ya. Selamat Beriklan!

CTA Banner Blog - 01.png