Memahami perbedaan baliho, billboard, dan videotron memberikan keuntungan bagi para pengiklan. Selain tidak membingungkan Anda dalam membedakan jenis iklan OOH tersebut, Anda juga bisa dengan mudah menentukan mana saja media luar ruang yang cocok untuk promosi produk.

Pasalnya, mengenal beragam iklan di OOH, seperti baliho, billboard, dan iklan megatron sangatlah penting. Jenis iklan tersebut kini tengah menjadi pilihan para pemasaran karena bisa mengakomodasi kreativitas dan objektif campaign yang brand buat.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui jenis iklan yang ada di jalan, entah di badan gedung seperti iklan di billboard atau yang tampil dalam selebaran seperti brosur iklan. Nah, Anda bisa pelajari apa saja perbedaan media iklan outdoors tersebut melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Deretan Strategi Offline Marketing yang Paling Efektif

Definisi Baliho, Billboard, Megatron, dan Videotron

perbedaan baliho dan billboard.jpg Source: Unsplash - Apa yang dimaksud dengan baliho, billboard, dan iklan outdor lainnya?

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai perbedaan iklan di atas, Anda perlu mengenal dulu apa pengertian dari baliho, billboard, megatron, dan videotron.

Memahami definisi singkat dari jenis iklan OOH yang satu ini memudahkan Anda memahami perbedaan di antara keempat jenis tersebut, StickFriends.

1. Pengertian Billboard

Media iklan luar ruangan (offline) pertama yang ingin kami bahas ialah billboard. Billboard bisa dibilang menjadi salah satu jenis iklan paling digemari di kalangan advertiser maupun marketer.

Dari namanya, StickFriends pasti sudah tahu bahwa billboard adalah iklan besar yang sering StickFriends lihat saat sedang berada di jalan, bukan?

Jika didefinisikan secara lengkap, billboard adalah jenis iklan yang tempat posisinya berada di luar ruangan atau outdoor. Iklan ini berbentuk poster dengan ukuran yang besar dan berada di bahu jalan atau bahkan di tengah jalan.

Perkembangan Billboard terbilang cepat karena dipandang efektif, apalagi untuk mempromosikan dan meningkatkan branding suatu produk. Sebab, ukuran banner yang dipasang di media ini juga mudah dilihat orang yang berlalu lalang.

Lalu, badan reklame atau penyangga iklan billboard memiliki kerangka ketahanan yang baik. Hal itu karena daya tahan billboard harus mematuhi syarat dan ketentuan yang pemerintah tetapkan.

Biasanya, untuk billboard, kerangkanya terbuat dari bahan kayu, logam, fiberglass, plastik atau kaca yang kuat akan terpaan angin. Tujuannya agar bilboard tidak membahayakan keselamatan penumpang maupun orang yang melihatnya.

Bicara soal posisi keberadaannya, iklan yang satu ini dapat berada di mana saja, mulai dari menempel di bahu jalan dekat suatu bangunan tertentu atau toko tertentu.

Baca juga: 10 Iklan Luar Ruangan Terbaik & Banyak Digunakan 2022

2. Pengertian Baliho

Di Indonesia, billboard seringkali disebut baliho. Jika melihat dari kacamata awam, baliho memiliki bentuk yang hampir sama dengan billboard.

Persamaan baliho dan billboard terlihat dari bentuknya yang sama besar. Lalu, terletak pula pada lokasi ditemukannya billboard, yaitu di bahu-bahu jalan, dan memiliki kerangka penyangga yang hampir sama dengan billboard.

Baliho sering menampilkan iklan suatu produk yang ingin menambah branding-nya. Lalu, mempromosikan juga suatu event tertentu yang biasanya bersifat insidental dan tidak terkait tenggat waktu. Namun, baliho iklan akan dilepas jika event(acara) atau promosi sudah habis kontraknya.

3. Pengertian Megatron

Hampir sama dengan billboard, megatron adalah jenis iklan yang berada di luar ruangan atau outdoor. Iklan yang tampil di media ini berupa video animasi atau gambar bergerak.

Sesuai namanya, megatron berukuran mega (besar) dan dibalut dengan teknologi yang canggih. Sebab, seiring berkembangnya teknologi, megatron hadir untuk melengkapi kebutuhan advertiser dalam membuat iklan di luar ruangan.

Jadi, berkat bentuknya yang luar biasa, tak sedikit pebisnis yang memilih beriklan di megatron guna mengoptimalkan iklan outdoors yang mereka buat.

Bila Anda ingin menampilkan iklan berupa video atau gambar bergerak, Anda dapat memilih megatron, StickFriends.

Reklame modern ini ada di mana saja dan pasti sering Anda lihat karena begitu mencuri perhatian. Biasanya, megatron bisa Anda jumpai di gedung-gedung besar, mall, atau apartemen.

Dengan LED Display, megatron dapat menampilkan video iklan yang beresolusi tinggi, yang tentunya akan menarik perhatian banyak orang. Bagaimana, tertarik beriklan di media ini?

4. Pengertian Videotron

Videotron tidak jauh berbeda dengan megatron. Videotron adalah iklan billboard lainnya yang menampilkan video atau animasi seperti megatron.

Walaupun tidak seperti megatron, tetapi ukuran videotron juga lumayan besar sehingga iklan yang ditampilkan di media ini mampu dilihat orang lain dari sudut jalan. Ditambah lagi, videotron juga tampil dalam balutan layar digital LED penuh, jadi sudah pasti langsung di-notice oleh masyarakat, StickFriends.

Selain kelebihannya itu, umumnya videotron digunakan untuk menampilkan konten iklan berupa film dan video pendek yang berdurasi sekitar 15 detik. Sebab, layar LED videotron lebih ideal digunakan untuk menampilkan konten cerita.

Ada dua jenis videotron yang bisa Anda gunakan untuk beriklan, di antaranya ialah videotron indoor dan outdoor. Keduanya kini banyak dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan pemasaran offline.

Apa Saja Perbedaan Billboard, Baliho, Megatron, dan Videotron?

perbedaan megatron dan videotron.jfif Source: Perbedaan baliho, billboard, dan videotron terletak pada jenisnya.

Setelah membaca pengertian dari keempat jenis iklan outdoor ini, StickFriends tentu tahu bahwa keempat iklan tersebut sebenarnya mirip, bukan? Namun, walaupun mirip, ternyata ada perbedaannya.

Perbedaan keempat iklan offline itu terbagi menjadi tiga bagian. Apa sajakah? Yuk, cari tahu di bawah.

1. Perbedaan Berdasarkan Jenisnya

Walaupun sama-sama berjenis iklan outdoor dan terdapat pada luar ruangan, tetapi keempat jenis iklan ini memiliki perbedaan yang dapat StickFriends bagi berdasarkan jenisnya.

Iklan billboard dan baliho termasuk ke dalam iklan statis. Iklan statis adalah iklan yang tidak berubah-ubah, tidak bergerak, dan tidak memiliki audio. Dalam hal ini, billboard dan baliho yang hanya menampilkan gambar adalah iklan statis.

Sementara itu, iklan dinamis adalah kebalikannya, yaitu iklan yang menampilkan gambar bergerak. Contoh iklan dinamis dapat Anda temui di megatron dan videotron.

Baca Juga: Teknik Pemasaran Produk Yang Paling Efektif Untuk Bisnis, Kamu Harus Tahu!

2. Berdasarkan Teknologinya

Billboard, Baliho, Megatron dan Videotron memiliki teknologi yang sama-sama canggih. Namun, teknologi yang mereka gunakan jelas berbeda. Hal ini karena billboard dan baliho adalah iklan tanpa teknologi tambahan dan hanya berupa desain poster saja.

Sementara, videotron dan megatron adalah jenis iklan outdoor yang menampilkan gambar yang bergerak. Artinya, teknologi yang mereka pakai untuk memadai video atau animasi tersebut juga jauh lebih canggih.

Dengan layar LED dan lampu yang beragam, videotron dan megatron berbeda dengan baliho atau billboard.

3. Berdasarkan Ukuran dan Bahan Penyangga

Sebelumnya kita mengetahui bahwa billboard memiliki ukuran dan bahan penyangga yang sangat kokoh. Walaupun begitu, ada perbedaan yang besar antara keempat jenis iklan outdoor ini.

Billboard dan baliho memakai media kain, kayu atau plastik, sedangkan megatron dan videotron berukuran lebih besar dan terbuat dari bahan penyangga yang lebih kokoh, seperti baja ringan atau aluminium dengan layar kaca.

Baca juga: Inilah 4 Tingkatan Brand Awareness & Cara Meningkatkannya

4. Berdasarkan Konten yang Diiklankan

Perbedaan baliho dan billboard adalah berdasarkan iklan yang mereka tampilkan. Biasanya, billboard menampilkan iklan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan ada yang tidak menggantinya (karena dipasang khusus untuk mengiklankan perusahaan tertentu).

Namun baliho menampilkan iklan yang dapat berubah-ubah atau tidak tetap dan memiliki jangka waktu yang singkat.

Perbedaan videotron dan megatron berdasarkan konten adalah videotron seringkali menampilkan banyak konten video, sedangkan megatron hanya menampilkan satu konten video saja.

5. Berdasarkan Metode Pemasangannya

Perbedaan terakhir dapat Anda lihat dari metode pemasangannya, StickFriends. Bila dilihat dari metode pasang keempat iklan, jelas saja berbeda.

Dari sisi pemasangan, baliho dipasang secara semi permanen dengan menempelkan banner atau poster spanduk iklan pada material kayu penyanggah.

Sementara itu, baik billboard, megatron, maupun videotron, dipasang menggunakan sistem komputer dengan menginput konten yang ingin diiklankan ke komputer, kemudian tampil di layar iklan.

Karena bahan dan prosesnya lebih baik dari baliho, maka iklan yang dipasang di ketiga media ini tidak mudah rusak dan lebih permanen.

Mari Beriklan di Media Luar Ruangan

apa bedanya baliho dan reklame.jpg Source: Cara memilih iklan outdoor yang tepat.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan antara billboard, baliho, megatron dan videotron yang dapat StickFriends ketahui. Pada dasarnya, keempat jenis iklan di atas merupakan bagian dari iklan OOH dan DOOH yang sepintas mirip, tetapi sebenarnya berbeda.

Perbedaan itu terletak pada jenis atau bahan yang dipakai, konten, tempat iklan dipasang, sampai ke metode pemasangannya. Jadi, bagaimana, apakah Anda sudah tahu akan beriklan menggunakan media apa?

Apapun media yang Anda pilih, pastikan media tersebut sesuai dengan budget dan tujuan iklan Anda, ya. Anda bisa memastikan pemilihan iklan outdoor sesuai dengan yang Anda mau di StickEarn.

Ada 3 jenis layanan yang bisa Anda gunakan untuk mengiklankan produk, di antara Transportation Advertising, Digital Out-of-Home Advertising, dan Digital Platforms. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarrn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png