Selama 2022 lalu, ternyata, ada banyak brand yang berhasil melakukan pemasangan iklan billboard dengan pesan yang kreatif, cerdas, dan inspiratif. Hasilnya, publik mengapresiasi media iklan luar ruang tersebut. Selain itu, pesan iklan yang ada di OOH tersebut dapat diingat sepanjang waktu oleh audiens.

Brand apa saja yang dimaksud? Mari kita flashback, melihat kumpulan iklan OOH dan papan billboard terbaik selama 2022.

McDonald’s Mengusung Pesan Take Away Your Takeaway untuk Mengingatkan agar Tidak Buang Sampah Sembarangan

photo retouch 5-02.png

Brand terkenal yang bergerak di bidang Food and Beverage, McDonald’s memberikan perhatian besar pada keberlanjutan dan dampak lingkungan. Tak hanya mengajak konsumennya untuk melakukan pembelian makanan, McDonald’s juga mengambil sikap menentang pembuangan sampah sembarangan dengan kampanye yang menarik perhatian, menyoroti fakta bahwa masih banyak orang membuang bungkus sisa makanan di pinggir jalan.

Yang menarik dari papan iklan McDonald’s tersebut adalah lengkungan emas dari logo McDonald’s yang menggambarkan sebuah panah yang mengarah langsung ke tempat sampah sebagai simbol bahwa membuang sampah bisa sangat semudah itu.

Timex Menyatakan Siap Berkompetisi dengan Smart Watch

photo retouch 3-02.png

Gencarnya perkembangan teknologi hingga masuk ke perangkat yang lebih kecil dan lebih portabel, membuat seperti tidak mungkin untuk menghindari notifikasi dari media sosial, email, maupun panggilan. Di sinilah akhirnya muncul kecemasan atau kekhawatiran atas gangguan dari dunia maya.

Timex menyadari hal itu dan menantang popularitas jam tangan pintar (smart watch) dengan berkolaborasi dengan brand pakaian, Adsum. Untuk mempromosikan jam tangan Timex x Adsum MK1, jam tangan minimalis, namun bergaya, brand ini memasang OOH di New York City yang akhirnya mampu mendapatkan popularitas secara online.

Papan iklan Timex memamerkan jam tangan bersama dengan tagline “Dapat mengetahui waktu tanpa harus melihat 1,249 notifikasi email yang belum dijawab”, merujuk pada ketidakmampuan untuk keluar dari beragam notifikasi saat memakai jam tangan pintar.

Pesan dalam iklan OOH persembahan Timex menandai kesederhanaan dalam mengingat waktu lebih terasa nyaman bagi hidup saat ini.

Taylor Swift Mengambil Alih Times Square

photo retouch 2-02.png

Salah satu album yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2022, album studio ke-10 Taylor Swift bertajuk Midnights, memecahkan rekor musik di seluruh dunia. Dikenal publik karena kerap meninggalkan petunjuk seputar album atau tur yang akan datang, Taylor Swift gemar membuat pencintanya untuk menguraikan pesan tersembunyi di media sosial. Tak terkecuali kampanye Midnights.

Alih-alih menggunakan tur pers secara keseluruhan, Taylor Swift justru menggandeng Spotify untuk mengambil atensi masyarakat umum dengan memasang OOH di kota-kota besar, terutama Times Square di New York City. Pada hari menjelang perilisan album, 21 Oktober, lirik pada lagu yang akan rilis dipublikasikan di layar digital OOH. Cara ini tentu saja membangun suka cita penggemar Taylor Swift di seluruh dunia.

Taylor Swift telah sukses menjadikan OOH contoh sempurna dalam beriklan, yakni menjangkau khalayak ramai sekaligus menghasilkan perbincangan (viral) di berbagai platform lainnya.

Baca Juga: 5 Alasan Brand Perlu Memanfaatkan Digital OOH sebagai Media Beriklan

Pesan Iklan di Billboard, Suarakan Penolakan Tindak Kekerasan

photo retouch 1-02.png

Ketika kita memikirkan iklan billboard, biasanya, dibarengi dengan ide promosi yang harus mencolok guna mencuri perhatian banyak orang. Terlebih, papan iklan tersedia untuk semua pihak dan bisa digunakan untuk menyampaikan pesan penting bagi negara maupun komunitas.

Salah satu iklan OOH terbaik yang disampaikan oleh Indianapolis, yaitu menyebarkan kesadaran tentang apa yang mereka yakini sebagai penyebab kekerasan. Dimaksudkan sebagai pembuka percakapan dan seruan untuk bertindak, papan reklame tersebut mendapatkan respon dan penghargaan dari pemerintah setempat.

Dengan melihat cara yang digunakan Indianapolis untuk menyuarakan sebuah movement, maka OOH dianggap dapat menjadi alat atau media terbaik untuk memperkuat serta menyebarluaskan pesan-pesan penting.

Versace Menghidupkan Kemewahan melalui Iklan Billboard 3D LED

GIF-2.gif

Dalam rangka mempromosikan tas tangan model terbaru, Versace menghadirkan dewi merah di dalam OOH Digital 3D di sudut jalan kota Chengdu, London, dan New York.

Dibuat dengan Ocean Studio, tampilan DeepScreen 30 detik menampilkan dewi merah lucu yang hidup untuk merebut tas. Iklan billboard 3D itu berinteraksi dengan orang sekitar yang melintas. Begitu sang dewi merah menyadari jika ia memiliki banyak penonton, ia akan memberikan respon dengan bersembunyi di balik tirai bertuliskan Versace. Sangat kreatif dan menarik, bukan?!

Subway Memuaskan Rasa Lapar Audiens akan Kreasi Iklan Terbaru

photo retouch 4-02.png

Subway memperkenalkan slogan terbarunya, yakni “makan sehat, makan makanan berbahan segar” secara besar-besaran. Selama akhir pekan, brand ini mengambil alih papan billboard 3D interaktif yang besar di London. Audiens diberi ruang untuk membuat subway kreasi mereka sendiri secara virtual.

Dengan memindai kode QR yang disematkan ke dalam iklan OOH, audiens dapat sepenuhnya menyesuaikan subway unik di ujung jari. Mereka dapat memilih semuanya, mulai dari roti hingga topping. Setelah selesai, subway ditampilkan di layar raksasa dalam format lebih besar dari subway aslinya.

Sepak Bola Kanada Mencetak Gol Besar Tahun Ini

photo retouch 6-02.png

Kanada siap menuju turnamen sepak bola terbesar di dunia untuk pertama kalinya sejak 1986 dan sepak bola Kanada memutuskan untuk merayakannya secara besar-besaran. Akhirnya diputuskan untuk membuat serangkaian papan billboard yang mampu menyatukan bangsa.

Kampanye iklan yang diusung menampilkan penempatan iklan OOH di kampung halaman para pemain yang mewakili Kanada di panggung dunia. Mulai dari Samuel Piette di Montreal hingga Alphonso Davies di Edmonton. Setiap billboard terpasang menampilkan nama, nomor, dan kampung asal pemain. Tak ketinggal hashtag #WeCan juga dicantumkan.

Baca Juga: Penting! Unsur - unsur Iklan dan Contohnya yang Menarik

Kampanye Monopoli StreetEasy membantu warga New York Memenangkan Permainan Real Estate

photo retouch 7-02.png

Salah satu pasar real estate paling kompetitif di dunia, New York City, sarat dengan harga tinggi. Kampanye “Win the Game of Real Estate” dari StreetEasy menampilkan papan iklan bernuansa monopoli di sekitar kota yang menyoroti bagaimana mereka dapat membantu pembeli, penjual, dan penyewa menavigasi pasar yang rumit.

Cara ini sangat disukai audiens karena dianggap dapat memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

GSoft Mendapat Banyak Perhatian Orang dengan Kampanye Digital dan OOH

photo retouch 8-02.png

GSoft mempublikasikan serangkaian pesan iklan di OOH sekaligus di ranah digital atau lebih dikenal dengan istilah omnichannel. Dibutuhkan banyak upaya untuk dapat menghidupkan kampanye semacam ini. Sebuah contoh yang baik tentang bagaimana membawa materi iklan OOH ke dalam medium lainnya.

Boba Fett 3D Menjulang Tinggi di Atas Orang-orang NYC

GIF-1.gif

Siapa yang tak mengenal Boba Fett?! Penjahat paling keren dengan “kematian” terburuk sepanjang masa. Namun, cinta penggemar Star Wars tidak pernah goyah sehingga membuat Disney membawa euforia-nya sampai ke billboard 3D.

Buat Iklanmu Lebih Interaktif dengan Digital Billboard dari StickEarn

Dari sekian banyak produk StickEarn yang ada, StickFriends dapat memanfaatkan digital billboard atau digitron sebagai media promosi. Keunggulannya adalah ditempatkan di lokasi strategis dan dibekali teknologi AIM (Audience Intelligence Measurement). Kedua kelebihan tersebut bersinergi sehingga tujuan brand untuk meningkatkan brand awareness akan tercapai.

Jika kamu tertarik, tim StickEarn siap membantu untuk menentukan strategi branding yang cocok, tentunya dengan harga terjangkau. Segera hubungi StickEarn di marcom@stickearn.com untuk berkonsultasi lebih lanjut atau klik banner di bawah ini!

CTA Banner Blog - 01.png