Mempelajari programmatic advertising trends menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal sangatlah berguna karena dapat membantu Anda untuk tetap update dan unggul dalam mengadopsi inovasi di era iklan digital yang terus berkembang, khususnya dalam ranah media luar ruang.

Dengan memahami tren terbaru, Anda dapat mengelola kampanye iklan dengan lebih efisien. Anda dapat memastikan anggaran pemasaran yang dialokasikan dengan optimal guna mencapai target pasar yang tepat.

Tren-tren programmatic ads juga tidak hanya akan membantu Anda mengoptimalkan kampanye iklan, Anda bisa meningkatkan pemahaman tentang bagaimana programmatic advertising tersebut bekerja. Sebab, iklan terprogram mempunyai cara sendiri dalam membantu brand menjalankan campaign marketing untuk produknya.

Ditambah lagi, jika Anda mempelejari contoh programmatic advertising yang diadopsi dalam iklan OOH. Wawasan dan strategi pemasaran Anda akan makin berkembang karena terus up to date mengenai hal tersebut.

Baca juga: 12 Tren Pemasaran yang Paling Efektif untuk Bisnis

Programmatic Advertising dan Perkembangannya

programmatics ads growth.jpg

Source: Shutterstock - Penggunaan platform programmatic ads untuk beriklan.

Namun, sebelum membahas trend programmatic advertising, Anda perlu memahami tentang apa itu iklan terprogram. Programmatic advertising atau iklan terprogram adalah metode beriklan yang menggunakan teknologi otomatis untuk membeli dan menempatkan iklan secara real-time melalui platform digital.

Jika melihat market size atau perkembangan dari programmatic advertising, dapat dikatakan bahwa pengeluaran untuk iklan digital secara keseluruhan semakin meningkat tiap tahunnya. Statista menyebutkan, digital ads spend di seluruh dunia akan mencapai $756,47 miliar pada tahun 2024 dan akan mencapai $876 miliar pada tahun 2026.

Hal ini menunjukkan bahwa programmatic ads menjadi bagian terpenting dari strategi pemasaran digital bagi banyak perusahaan. Pertumbuhannya yang stabil juga menandakan pentingnya memahami dan mengikuti tren adtech pada industri pemasaran saat ini.

Tren Programmatic Advertising

Setelah memahami pengertian programmatic ads, kini saatnya Anda mengetahui apa saja jenis media iklan yang digunakan dalam programmatic platform, khususnya di tahun 2024 ini. Simak penjelasan mengenai tren-tren iklan terprogram di bawah.

1. Connected TV (CTV)

perkembangan programmatic ads.jpg

Source: Freepik - Contoh tren terbaru programmatic ads.

Dalam beberapa tahun terakhir, penonton TV kabel mulai beralih pada layanan streaming seperti Netflix, Hulu, dan Disney+. Hal ini membuat marketers juga lebih fokus untuk beriklan pada CTV.

Berangkat dari fakta ini, dapat disimpulkan bahwa iklan CTV adalah bentuk iklan digital yang muncul dalam konten streaming. Dengan teknologi yang dibawanya, pengiklan dapat menampilkan beragam konten yang berbeda maupun sama kepada pononton yang menyaksikan layanan streaming.

Berkat perkembangan ini, pembelanjaan iklan CTV terus meningkat hingga 40% pengiklan mengatakan mereka akan membelanjakan lebih banyak iklan CTV pada tahun 2024.

2. Penggunaan AI dan Otomasi

Kemampuan Artificial Intelligence dalam teknologi periklanan kini berkembang sangat pesat. Algoritma yang digunakan mampu membuat konten yang menarik dan melakukan analisis prediktif, yang memungkinkan StickFriends untuk mengantisipasi tren pelanggan.

Pada tahun 2024, AI juga dapat mengoptimalkan penawaran secara real-time di bursa iklan melalui programmatic platform. Lalu, AI juga dapat membantu Anda membuat segmentasi pelanggan untuk mengoptimalkan penempatan dan format iklan kreatif.

Maka tidak heran jika media buyer kini semakin mengandalkan kemampuan AI untuk membeli programmatics ads. Dengan teknologi yang dibawanya, iklan dapat dikelola lebih efisien dan mencapai audiens yang tepat dengan biaya optimal.

Baca juga: Mengenal Copywriting AI, Tools untuk Membuat Copy Iklan

3. VR/AR Ads

teknologi programmatic VR.jpg

Source: Freepik - Contoh tren iklan terprogram dengan VR dan AR.

Teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) kini semakin ramai digunakan dalam periklanan. Hal ini terjadi karena kemampuan AR dalam menciptakan _brand experience yang unik dan berkesan bersama audiens.

Contohnya virtual try on yang dibuat oleh brand kosmetik Sephora. Aplikasi AR ini memberikan gambaran realistis tentang bagaimana produk brand tersebut akan terlihat di wajah pelanggan tanpa perlu mengunjungi toko secara langsung.

Sebagai hasil dari inovasi itu, pasar periklanan VR global diperkirakan akan menghasilkan pendapatan sebesar $174 juta pada tahun 2024. Belum lagi penggunaan VR di luar ruang seperti yang dilakukan beberapa brand.

4. In-App dan In-Game Ads

Contoh programmatics ads tren selanjutnya ialah iklan dalam aplikasi dan game mengalami pertumbuhan yang signifikan. Melansir dari Marketing Dive, hampir 94% game seluler gratis didukung oleh iklan dalam aplikasi.

Pertumbuhan ini terjadi karena adanya teknologi AI yang memungkinkan iklan muncul di saat pengguna menggunakan aplikasi. Dengan strategi periklanan ini, in-app dan in-aame ads menjadi tren utama yang harus diperhatikan pada tahun 2024.

Anda bisa menerapkan tren tersebut dengan membuat iklan video animasi atau mini-game yang interaktif. Dengan begitu, pengguna aplikasi akan tertarik pada produk atau aplikasi Anda.

Baca juga: Rahasia PUBG Curi Atensi Pengguna Jalan

5. Programmatic Digital Out-Of-Home

Source: Doc.StickEarn - Contoh tren terbaru programmatic digital out-of-home advertising .

Contoh lain programmatic advertising yang sedang tren adalah pDOOH atau programmatic digital out-of-home yang menggabungkan iklan luar ruang dengan sistem iklan terprogram. Melalui programmatic DOOH ini, StickFriends dapat mengelola kampanye iklan secara optimal.

Iklan yang dibuat tidak hanya dipromosikan melalui media promosi online saja, tetapi juga pada billboard digital yang letaknya strategis di lokasi yang ramai. Hal ini tentunya menjadi strategi promosi yang efektif untuk perusahaan dalam meningkatkan brand exposure terhadap iklan yang dibuat.

Terapkan Tren Programmatic Advertising Anda

Itu tadi pembahasan mengenai tren programmatic advertising yang sedang populer dalam industri pemasaran saat ini. Tren iklan programmatic itu hadir dari iklan aplikasi yang interaktif hingga DOOH Ads yang memberikan eksposur ganda dan mampu membantu Anda dalam menghasilkan kampanye yang lebih terarah.

Dengan terus mengikuti perkembangan programmatic advertising di Indonesia maupun global, StickFriends dapat menghadirkan solusi yang kreatif sekaligus efisien dalam memenuhi kebutuhan pasar. Iklan yang Anda buat akan tampil kepada audiens yang tepat.

Jika tertarik untuk beriklan, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn, perusahaan OOH di Indonesia yang menyediakan layanan programmatic advertising platform. Silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut mengenai berbagai iklan OOH kami terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png