Billboard merupakan salah satu media iklan luar ruang yang kini banyak dimanfaatkan oleh marketers untuk beriklan. Selain efektif, beriklan di media tersebut juga dapat membuat brand berkreativitas.

Ditambah lagi, ada beberapa spot billboard Jakarta yang tergolong strategis, sehingga wajib Anda gunakan untuk menayangkan iklan di pinggir jalan melalui billboard. Iklan yang Anda buat pasti akan dilihat oleh banyak orang!

Lantas, di mana saja lokasi strategis untuk pasang iklan di billboard yang ada di Jakarta itu? Berdasarkan riset internal StickEarn yang dilakukan pada awal Agustus 2023, StickEarn menemukan beberapa lokasi potensial untuk menjalankan campaign marketing offline Anda. Berikut hasil risetnya!

Pelajari Case Studies Brand yang Beriklan di OOH

1. Grand Indonesia, Sudirman

lokasi strategis billboard jakarta pinggir jalan.jpg

Source: Freepik - Pasang iklan di billboard dekat kawasan Grand Indonesia (GI) menghasilkan 602,117 impressions.

Billboard masuk ke dalam media luar ruang atau dikenal juga Out-of-Home (OOH) Advertising. Karena tampil di luar ruangan, maka audiens yang melihat iklan Anda lebih spesifik, yaitu mereka yang berada di jalan, halte bus, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Umumnya, audiens ini tidak terikat dengan aktivitas lain yang bisa mengganggu fokus seperti saat berselancar di Google maupun di media sosial. Meskipun terkadang ada yang demikian.

Namun, sekalipun ada kegiatan lain yang mereka lakukan di luar ruang, iklan akan tetap dilihat karena sifat OOH yang tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Contohnya pada billboard di Jakarta yang para pengiklan pasang di Grand Indonesia (GI). Sekalipun konsumen Anda datang ke GI untuk berbelanja, tetapi mereka pasti akan melihat dan memerhatikan billboard yang Anda pesan di kawasan ini.

Hal itu karena karakter iklan outdoor yang tidak dapat di-skip. Lalu, keberadaan billboard yang hadir di GI berukuran besar, sehingga mampu mencuri perhatian banyak orang.

Ditambah lagi, jika content marketing atau isi billboard Anda menarik. Maka, sudah pasti khalayak akan memerhatikannya.

Menurut riset internal StickEarn, dalam sehari papan billboard yang perusahaan sewa di GI mampu menghasilkan 602,117 impressions. Jumlah impression ini dihasilkan dari data orang yang berlalu-lalang di kawasan tersebut, mulai dari audiens yang ingin berbelanja, pengguna kendaraan pribadi atau umum, dan brand atau eksekutif yang mempunyai toko di IG dan sekitarnya.

Terkait billboard yang ada di GI, ukurannya 4.00 x 8.00 dan berada di persimpangan jalan. Billboard dapat dilihat oleh audiens dari segala arah, baik itu yang datang dari kawasan Tosari, Thamrin, maupun yang baru saja keluar dari GI tanpa melalui kawasan billboard Anda.

2. Depan Hotel Oasis Amir, Senen Raya

Selain di GI, billboard Jakarta yang lokasinya tergolong strategis juga hadir di kawasan Senen Raya. Billboard ini terpasang di depan hotel Oasis Amir.

Dalam sehari, media outdoor advertising itu dapat menghasilkan 489,805 impressions. Impression ini datang dari berbagai kalangan audiens, mulai dari para pengunjung hotel, pengunjung dan brand yang ada di Atrium, dan pengguna jalan yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, seperti bus dan Transjakarta.

Lalu, iklan di billboard yang Anda pasang pun berpotensi dilihat oleh audiens khusus, seperti petugas dan pasien RSPAD Gatot Subroto, dan pengunjung dan PNS Museum Kebangkitan Nasional

Untuk ukuran billboard yang tampil di lokasi tersebut ialah 5.00 x 10.00. Media yang satu ini mampu menghasilkan visibility 200 m.

3. Palmerah Utara, Slipi

sewa billboard iklan di jakarta.jpg

Source: Unsplash - Lokasi paling strategis pasang iklan di billboard.

Selanjutnya, Palmerah Utara. Kawasan Palmerah Utara juga termasuk strategis karena dapat Anda manfaatkan untuk sewa iklan di billboard Jakarta. Mengapa demikian?

Berdasarkan hasil riset internal StickEarn, billboard konvensional yang ada di lokasi tersebut mampu menghasilkan 443,391 impression per hari. Angka ini sangat menjanjikan bagi setiap brand yang ingin meningkatkan brand awareness.

Sama seperti beriklan di kawasan sebelumnya, jika Anda pasang iklan di lokasi tersebut, Anda juga dapat menyasar berbagai kalangan, khususnya para pengguna jalan yang melintasi kawasan Palmerah Utara.

4. Indonesia Stock Exchange, Sudirman

Kawasan Sudirman terkenal sebagai pusat bisnis di Ibukota. Tidak sedikit brand yang memanfaatkan area ini sebagai sarana beriklan dengan pasang iklan di jalan lewat reklame billboard hinge 3D billboard yang ada di kawasan itu.

Berdasarkan pantauan kami, lokasi paling strategi untuk beriklan di billboard di kawasan Sudirman ada di Indonesia Stock Exchange. Dalam sehari billboard yang tampil di daerah ini mampu menghasilkan 435,294 impresssion.

Audiens yang melihatnya juga terbilang potensial, mulai pelajar dan mahasiswa, para pekerja, hingga brand atau eksekutif. Dengan begitu, audiens yang terpapar iklan Anda berpotensi untuk mencari tahu tentang produk atau bahkan langsung membelinya.

Baca juga: Billboard 3D di Jakarta! Tren Teknologi OOH Iklan Terbaru

5. Jalan Agus Salim, Sabang

Lokasi billboard di Jakarta yang strategis terakhir ialah ada di Jalan Sabang, H. Agus Salim. Billboard ini berukuran 10.00 x 5.00 dan berada di persimpangan jalan; dapat dilihat dari arah Sarinah, Gondangdia, dan Kebon Sirih.

Dalam sehari, billboard konvensional yang ada di kawasan ini menghasilkan 418,569 impressions. Iklan yang Anda buat berpotensi dilihat oleh potensial buyer, seperti muda mudi yang hilir-mudik di kawasan ini untuk sekadar hang out, pemilik toko kelontong di kawasan jalan Sabang, pemilik toko di Sarinah, maupun eksekutif yang menginap di hotel sekitar Sarinah.

Ayo, Beriklan Menggunakan Billboard di Jakarta!

Beriklan di billboard memang memberikan banyak manfaat. Namun, sebagai pengiklan, Anda wajib mengetahui lokasi billboard Jakarta yang strategis agar iklan dapat memberikan feedback yang positif untuk promosi Anda.

Secara umum, ada lima lokasi yang dapat Anda gunakan untuk menyewa billboard reklame di Jakarta, seperti di Grand Indonesia, Senen Raya, Sudirman, Palmerah Utara, dan Jalan Sabang. Lokasi ini tergolong efektif karena mampu menghasilkan impression yang besar.

Jika Anda ingin beriklan di media tersebut, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. Sebagai perusahaan billboard di Jakarta, StickEarn siap membantu Anda menyebarluaskan kesadaran merek melalui billboard di lokasi-lokasi yang kami sebutkan di atas.

Silakan klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 02.png