Survei Wilbur mengatakan bahwa 75% pengusaha yang gagal dalam berbisnis mengaku kegagalan yang dialaminya disebabkan oleh analisis pasar yang tidak matang. Mereka tidak bisa menjalankan kegiatan pemasaran yang efektif, sehingga bisnisnya tumbang.

Ditambah lagi, di tengah iklim bisnis yang kompetitif ini dibutuhkan kepiawaian pebisnis dalam melihat peluang uasah baru untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju. Sebab, dengan pemahaman yang kuat tentang pasar, Anda dapat mengukur potensi pasar dan memahami pesaing.

Selain itu, menganalisis pasar juga mengurangi risiko bisnis, sehingga Anda dapat menghindari keputusan yang tidak efektif. Nah, hal tersebut bisa dilakukan apabila Anda menjalankan analisis konsumen di dalam pasar, StickFriends.

Lalu, bagaimana cara menjalankan analisis itu? Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang analisis pasar secara menyeluruh dengan menyimak pembahasan artikel StickEarn di bawah ini.

Baca juga: 12+ Ide Bisnis Modal Kecil Paling Menguntungkan 2023

Pengertian Analisis Pasar

data analisis pasar.jpg

Source: Freepik - Apa yang Dimaksud dengan Analisis Pasar?

Analisis pasar adalah serangkaian proses interpretasi mengenai informasi yang relevan tentang pasar untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam bisnis. Tujuan dari analisis pasar, yaitu untuk memberikan fondasi yang kuat saat Anda ingin membuat keputusan yang tepat.

Ruang lingkup dari analisis pasar mencakup pemahaman konsumen, identifikasi peluang bisnis, evaluasi pesaing, dan pengukuran potensi pasar. Lalu, lingkup analisis ini juga meliputi identifikasi tren pasar dan pengembangan strategi pemasaran yang efektif.

Contoh dalam analisis pasar produk makanan organik, yaitu Anda bisa mulai menganalisa dengan melihat permintaan pasar untuk makanan organik. Lalu, Anda juga perlu melihat bagaimana preferensi konsumen terhadap makanan tersebut dan apa saja faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Setelah memahami konsumen, mulailah mengevaluasi pesaing, potensi bisnis, dan tren konsumsi makanan sehat. Dengan hasil analisis tersebut, Anda dapat merencanakan langkah-langkah mempromosikan produk yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis yang kompetitif.

Cara Melakukan Analisis Pasar

contoh analisis pasar produk makanan.jpg

Source: Freepik - Analisis Data untuk Peluang Bisnis Baru.

Setelah mempelajari materi di atas, Anda dapat mengetahui bahwa analisis market sangatlah bermanfaat bagi bisnis Anda dalam jangka panjang. Hal itu secara khusus juga berdampak bagi usaha rintisan yang ingin mengembangkan produk dan layanan baru.

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis, baik bisnis model B2B maupun B2C, Anda perlu memahami bagaimana dinamika pasar yang menjadi target dari bisnis Anda. Untuk mencapai pemahaman yang mendalam tentang pasar yang dituju tersebut, Anda bisa pelajari lima langkah dalam menganalisis pasar yang bisa Anda ikuti berikut ini.

1. Identifikasi Tujuan dan Kemampuan Bisnis

Sebelum mengidentifikasi komponen yang ada di dalam pasar, terlebih dahulu identifikasikanlah tujuan Anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat memandu proses analisis dengan lebih efektif dan fokus pada informasi yang relevan.

Selanjutnya, yang tidak kalah penting ialah mengidentifikasi kemampuan bisnis supaya mengetahui posisi perusahaan Anda di pasar. Anda bisa melakukan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh bisnis Anda di dalam pasar yang akan dituju.

2. Kumpulkan Data Pasar yang Relevan

Setelah menetapkan tujuan dan mengidentifikasi kompetensi strategis, langkah berikutnya ialah mengumpulkan data pasar yang relevan. Data pasar ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, termasuk riset pasar, data penjualan, dan laporan industri. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mendapatkan data pasar dari survei, wawancara, observasi langsung kepada konsumen.

Pastikan untuk memilih sumber data yang dapat dipercaya dengan tujuan analisis Anda. Data yang dapat Anda kumpulkan, meliputi informasi tentang ukuran pasar, segmentasi konsumen, pesaing, dan tren pasar.

3. Analisis dan Interpretasikan Data

Setelah mengumpulkan data pasar, langkah selanjutnya ialah menganalisis dan menginterpretasikan data tersebut. Anda dapat melibatkan penggunaan alat analisis statistik dan teknik interpretasi data untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kondisi pasar saat ini.

Tujuan dari dilakukannya interpretasi data ini ialah untuk mengidentifikasi pola dan hubungan yang terjadi antara satu data dengan data lainnya. Dari pola hubungan tersebut, StickFriends akan mendapatkan kunci utama untuk memenangkan dan bertahan di dalam pasar.

4. Identifikasi Tren Pasar dan Peluang

Dari hasil analisis data yang sudah Anda lakukan, identifikasikan tren marketing saat ini dan peluang yang mungkin muncul. Tren itu dapat mencakup perubahan dalam preferensi konsumen, perubahan demografis, atau perkembangan teknologi.

Dengan mengidentifikasi tren, Anda dapat memprediksi arah pasar di masa depan. Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi peluang untuk memasuki pasar atau mengembangkan produk dan layanan baru.

Baca juga: Billboard 3D di Jakarta! Tren Teknologi OOH Iklan Terbaru

5. Buat Strategi Berdasarkan Hasil Analisis

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk analisis pasar ialah merancang strategi bisnis. Gunakan wawasan yang Anda peroleh untuk mengembangkan teknik pemasaran yang sudah ditetapkan,

Langkah pemasaran tersebut harus disertai dengan penetapan harga dan pengembangan produk yang sesuai dengan kondisi pasar yang sudah dianalisis. Pastikan untuk menyesuaikan strategi tersebut dengan tujuan dan kebutuhan bisnis, ya.

Manfaat Analisis Pasar

dampak analisis pasar.jpg Source: Freepik - Keuntungan Analisis Pasar.

Dari penjelasan mengenai market analysis, dapat Anda simpulkan bahwa ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dari kegiatan tersebut, di antaranya ialah:

  • peningkatan dalam memahami konsumen dan pasar secara keseluruhan,
  • pengambilan keputusan yang lebih baik dalam bisnis,
  • identifikasi peluang bisnis baru,
  • pengembangan strategi pemasaran yang efektif, dan
  • peningkatan keunggulan kompetitif.

Sudah Paham dengan Analisis Pasar?

Setelah mempelajari mengenai pengertian, tujuan, dan ruang lingkup analisis pasar, Anda akan makin paham mengenai aktivitas riset tersebut. Sebab, nantinya Anda bisa membuat marketing plan yang mencakup pemasaran secara tepat dan terukur.

Setelah sudah, Anda bisa mulai mempromosikan produk baru Anda kepada khayak. Anda dapat menggunakan media iklan luar ruang, seperti MobileLED Advertising untuk memperkenalkan produk tersebut.

Beriklan di Mobile Display Truck dapat dengan mudah menarik perhatian banyak orang yang hilir-mudik di jalan. Hal ini tentunya akan meningkatkan brand awareness terhadap produk dan meningkatkan penjualan.

Jika Anda berminat beriklan di layar LED Mobile, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. Kami siap membantu Anda menayangkan iklan secara masif melalui periklanan LED Mobile bergerak yang berkualitas dan dilengkapi dengan teknologi canggih, sehingga iklan jadi lebih berdampak.

Silakan klik banner di bawah untuk segera beriklan dan dapatkan promo spesial Ramadan beriklan di MobileLED Advertising.

Promo-ramadan-hemat-untuk-beriklan-stickearn.png