Iklan media elektronik menjadi salah satu jenis promosi yang berkembang pesat. Jika dahulu brand hanya dapat beriklan di radio, kini Anda dapat memanfaatkan televisi dan internet sebagai media pemasaran produk secara lebih lengkap.

Kelengkapan yang dimaksud di sini ialah dari segi fitur yang diberikan. Sebab, fitur jenis iklan tersebut mampu mengakomodasi content marketing perusahaan. Hasilnya, iklan di media elektronik yang Anda buat dapat membantu perusahaan meningkatkan brand awareness terhadap produk maupun bisnisnya.

Karena itu, Anda harus tahu apa itu iklan media elektronik, jenis-jenis, dan manfaat beriklan secara digital di media tersebut. Untuk menjawabnya, mari simak pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Memahami Pengertian Iklan adalah, Fungsi, & Tujuan untuk Marketing

Pengertian Iklan Media Elektronik

iklan di media elektronik.jpg

Source: Freepik - Gambar iklan media elektronik.

Iklan media elektronik adalah jenis promosi atau iklan yang disebar dan ditayangkan melalui perangkat elektronik, seperti televisi, radio, dan internet. Iklan yang tampil dalam media ini umumnya berbentuk video, audio, maupun gabungan keduanya.

Apa yang dimaksud iklan media elektronik ialah iklan yang tampil di televisi menggunakan format audio visual. Para pengiklan menerbitkan kontennya dalam bentuk suara dan video.

Begitu pula saat Anda beriklan di internet, Anda dapat menampilkan iklan dalam format audio visual tersebut. Sementara, iklan di radio tidak demikian. Iklan di media tersebut hanya dapat menampilkan pesan promosi dalam bentuk suara atau disebut juga dengan adlibs.

Karena formatnya jelas berbeda, beriklan di televisi atau layanan digital terkadang lebih menjadi pilihan. Jika perusahaan ingin membuat materi konten yang lebih visualisasi lagi, brand umumnya memilih media elektronik daripada beriklan di media cetak.

Menurut laporan dari eMarketer (2022), perusahaan di seluruh dunia telah meningkatkan alokasi anggaran mereka untuk iklan media elektronik. Hal ini menandakan bahwa perusahaan makin menyadari potensi besar dari iklan digital dalam mencapai pasar yang luas dan meningkatkan visibilitas merek mereka.

Ditambah lagi, iklan di media tersebut melalui digital juga kini cukup tinggi. Laporan dari Cisco (2022), diperkirakan bahwa lebih dari 82% semua lalu lintas internet akan dihasilkan oleh video pada tahun 2023.

Apa Saja Ciri-ciri Iklan Media Elektronik?

Selain dimuat dalam perangkat elektronik, iklan di media elektronik mempunyai ciri-ciri khusus yang mudah dikenali. Berikut karakteristik iklan di media tersebut:

  • iklan berdurasi singkat,
  • tampil dalam format audio, video, maupun audio visual,
  • konten iklan yang ditampilkan juga menarik dan kreatif karena menggunakan efek khusus,
  • bahasa iklan yang digunakan sederhana, mudah dipahami, dan persuasif.

Jenis-jenis Iklan Media Elektronik

iklan di facebook digital.jpg Source: Freepik - Contoh iklan media elektronik dapat Anda lihat melalui iklan NutriSari, Le minerale, dan lain-lain.

Dilihat dari ciri-cirinya, iklan ini juga mempunyai kategorisasinya sendiri, di antaranya sebagai berikut.

1. Iklan Televisi

Iklan televisi merupakan jenis iklan media elektronik pertama yang sudah populer sejak lama. Media ini sering digunakan pengiklan untuk menampilkan promosi mereka melalui siaran televisi berupa video, audio, dan dilengkapi teks.

Biasanya, iklan di TV tampil saat jeda acara. Namun, seiring berkembangnya zaman, para pengiklan juga dapat menampilkan iklan perusahaan dalam acara televisi melalui adlibs, sponsor, maupun commercial break.

2. Iklan Radio

Berbeda dengan jenis iklan media elektronik di atas, iklan di radio tampil dalam format yang lebih sederhana. Tampilan iklan di media ini berupa audio saja.

Iklan Anda hadir melalui adlibs penyiar. Selain itu, Anda juga dapat menghadirkan iklan dalam commercial break siaran.

3. Iklan Digital

Selanjutnya ada iklan digital yang hadir dalam bentuk periklanan website. Media ini juga merupakan contoh dari iklan media elektronik yang tidak kalah populer dari TV dan radio.

Saat pandemi melanda, popularitas iklan tersebut pun terus menanjak. Berdasarkan survei Pew Research Center pada tahun 2021, lebih dari 90% penduduk Amerika Serikat telah menggunakan internet untuk mencari produk dan jasa sebelum melakukan pembelian.

Penelitian Deloitte juga menunjukkan bahwa penggunaan perangkat seluler semakin mendominasi akses ke internet, dengan lebih dari 50% konsumen yang menggunakan ponsel pintar untuk berbelanja online.

Oleh karena itu, media tersebut menjadi sarana periklanan penawaran yang sangat menjanjikan. Brand dapat menawarkan apa saja, terlebih yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Contoh dari iklan digital advertising dapat Anda lihat melalui website banner dan button ads, sponsorship, SEO dan SEM, email marketing, sosial media, dan classified ads.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing? Strategi, Jenis, Panduan, & Contohnya

Keunggulan Iklan Media Elektronik

iklan gratis di google.jpg

Source: Freepik - Iklan di bus adalah sarana promosi yang memanfaatkan bus, halte, dan terminal, untuk beriklan.

Seperti yang sudah StickEarn jelaskan sebelumnya, beriklan di Google atau YouTube memberikan berbagai manfaat untuk brand Anda. Adapun kelebihan iklan media elektronik ialah sebagai berikut:

  • Jangkauan yang Luas: Iklan media elektronik memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens global dengan cepat dan efisien. Sebuah iklan televisi dapat dilihat oleh jutaan orang di berbagai belahan dunia, sementara iklan digital dapat menjangkau audiens dengan berbagai minat dan preferensi yang berbeda.

  • Targeting yang Efektif: Meskipun jangkauannya luas, iklan media elektronik juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan targeting yang tepat. Dengan alat dan teknologi yang tepat, iklan dapat disampaikan kepada kelompok demografis, geografis, dan perilaku tertentu, sehingga meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

  • Interaktif dan Kreatif: Iklan media elektronik memungkinkan perusahaan untuk berkreasi dengan lebih banyak elemen kreatif, seperti video, animasi, dan efek suara. Hal ini memungkinkan iklan menjadi lebih menarik dan memikat bagi audiens, meningkatkan potensi daya tarik dan pengaruh pesan iklan.

Tantangan dalam Iklan Media Elektronik

Meskipun unggul, tetapi iklan di media elektronik membawa tantangannya sendiri. Tantangan inilah yang perlu Anda ketahui dan antisipasi ketika memutuskan akan beriklan di media tersebut.

  • Persaingan yang Ketat: Dalam era digital, persaingan dalam dunia iklan media elektronik semakin ketat. Perusahaan harus bersaing dengan banyak pesaing dalam merebut perhatian konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang kreatif dan unik untuk dapat menonjol di antara persaingan yang ketat.

  • Ad-Blocker dan Perubahan Kebiasaan Konsumen: Beberapa konsumen menggunakan ad-blocker untuk menghindari iklan di internet. Selain itu, perubahan kebiasaan konsumen yang semakin beralih ke platform digital, seperti streaming layanan juga dapat mempengaruhi paparan iklan di media elektronik tradisional.

Persamaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Iklan media cetak adalah jenis iklan yang ditempatkan pada media fisik, seperti surat kabar, majalah, brosur, pamflet, dan poster. Iklan ini menggunakan komponen teks dan gambar untuk menyampaikan pesan promosi kepada audiens.

Jika Anda amati, iklan elektronik memiliki beberapa persamaan dengan iklan cetak, StickFriends. Berikut ini persamaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik.

  • Tujuan yang sama untuk menarik perhatian audiens, meningkatkan brand awareness, dan mendorong tindakan pembelian atau kunjungan ke situs web.

  • Struktur iklan, baik iklan media cetak maupun elektronik memiliki struktur iklan yang sama yaitu: judul, gambar/video, tulisan, dan call-to-action.

  • Strategi kreatif untuk menarik dan mempertahankan perhatian audiens, dengan desain, teks, dan gambar atau video iklan yang menarik.

  • Sarana branding perusahaan dalam memperkuat citra merek di benak konsumen.

Perbedaan Iklan Media Cetak & Iklan Media Elektronik

Setelah mempelajari tentang persamaan iklan cetak dengan iklan elektronik, kini Anda juga perlu mengetahui perbedaannya. Berikut ini beberapa perbedaan antara iklan media cetak dan iklan media elektronik.

  • Format iklan yang digunakan pada iklan cetak berupa teks dan gambar statis. Sedangkan iklan elektronik, menggunakan kombinasi gambar, tulisan, suara, dan video.

  • Media iklan yang digunakan pada iklan cetak berupa koran, majalah, brosur, poster, dan papan billboard. Sementara iklan elektronik sudah menggunakan media TV, radio, internet (web, sosmed, aplikasi), dan layar LED untuk mempromosikan iklan.

  • Iklan cetak merupakan iklan yang bersifat statis dan searah sehingga interaksi yang dihasilkan cenderung terbatas. Audiens hanya bisa melihat dan membaca informasi yang disampaikan, tanpa terlibat langsung dengan iklan. Berbeda dengan iklan elektronik yang mendorong audiens untuk berinteraksi lebih lanjut.

  • Jangkauan iklan media cetak terbatas pada audiens di suatu daerah tertentu saja. Sedangkan, iklan media elektronik dapat menjangkau audiens yang lebih luas, terutama dengan adanya internet.

  • Pengukuran efektivitas iklan cetak biasanya dilakukan melalui survei atau analisis penjualan. Sedangkan iklan elektronik, sudah menggunakan alat analitik yang bisa memberikan data CPM dan impression dari iklan secara real time.

Ingin Beriklan di Media Elektronik?

Iklan media elektronik tetap menjadi elemen strategis dalam kampanye pemasaran perusahaan. Hal itu karena beriklan di media ini memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi perusahaan dalam menyasar audiens secara efisien.

Meskipun dihadapkan pada tantangan persaingan yang ketat dan ad-blocker, inovasi dan kreativitas dalam iklan media elektronik tetap dapat menjadi kunci keberhasilan kampanye periklanan Anda. Oleh karena itu, media ini pun cocok Anda gunakan untuk beriklan.

Namun, jika Anda ingin membuat campaign marketing secara lebih intens dan tak terhindarkan, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn melalui Offline-to-Online Advertising (O2O). O2O dapat menjadi wadah bagi brand dalam menyasar audiens di dua ekosistem, yakni luar ruang dan digital, secara bersamaan.

Jika tertarik beriklan melalui O2O StickEarn, silakan langsung klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut mengenai produk-produk StickEarn).

CTA Banner Blog - 01.png