Hampir semua orang pasti pernah melihat papan iklan di pinggir jalan. Di papan tersebut, tampil dalam berbagai bentuk, mulai dari iklan statis hingga iklan dinamis yang bisa bergerak, seperti megatron iklan.

Megatron disebut sebagai papan iklan dinamis karena dilengkapi dengan teknologi yang dapat menampilkan iklan dalam format multimedia yang dilengkapi gambar, video, dan audio. Dengan hadirnya media ini, sekarang Anda bisa membuat iklan outdoor yang lebih atraktif untuk ditampilkan.

Efektivitas dari megatron pun cukup tinggi dalam meningkatkan kesadaran merek di benak khalayak. Riset OOH Today mengatakan bahwa iklan luar ruang seperti megatron, mampu membuat kesan yang mendalam, sehingga lebih diingat konsumen.

Oleh karena itu, kini banyak brand yang memanfaatkan megatron untuk mempromosikan produk mereka. Nah, bila Anda ingin menyewa megatron untuk beriklan, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai jenis iklan Digital Out-of-Home yang satu ini.

Baca juga: Deretan Iklan Billboard Kreatif dan Inspiratif

Apa itu Iklan Megatron?

iklan di layar besar megatron.jpg

Source: Shutterstock - Pengertian Megatron Iklan.

Megatron iklan merupakan jenis reklame yang ditempatkan di luar ruangan dengan mempertontonkan iklan dinamis berbentuk video atau gambar-gambar bergerak. Tidak hanya gambar, media tersebut juga menghasilkan suara, sehingga iklan tampil lebih imersif.

Konon istilah megatron diambil dari nama robot raksasa dalam serial Transformer yang memiliki kekuatan besar dan berpenampilan mencolok. Penampakannya ini, sangatlah cocok dengan papan megatron yang juga mencerminkan visual yang mencolok dan pengaruh yang besar dalam menarik perhatian banyak orang dalam waktu singkat.

Kelebihan Layar Megatron untuk Beriklan

iklan oriflame bersama stickearn.JPG

Source: Doc. StickEarn - Papan iklan Oriflame di layar besar bersama StickEarn.

Seperti namanya, megatron memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dapat memikat banyak orang. Selain itu, layar megatron juga ditempatkan di lokasi yang ramai dan terlihat, seperti di pusat perbelanjaan, stadion olahraga, atau jalan-jalan utama.

Maka tidak heran jika iklan megatron seringkali menjadi pilihan strategis bagi brand yang ingin meningkatkan kesadaran merek sekaligus mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang menonjol dan efektif.

Contohnya dapat Anda lihat pada kampanye Oriflame dengan StickEarn yang bertajuk “Reach Your Happy Place”. Dengan kampanye tersebut, brand ingin menyebarkan pesan kepada audiens untuk menikmati hidup dengan cara mereka sendiri, salah satunya dengan merawat diri.

Dengan ukuran, lokasi penempatan, dan teknologi yang dimiliki megatron, kampanye tersebut berhasil menciptakan dampak visual yang kuat dan mempengaruhi perilaku konsumen untuk berinteraksi dengan brand. Banyak orang yang berlalu-lalang di sekitar papan memerhatikan produk dengan seksama.

Bila Anda tertarik menampilkan iklan serupa, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn. Reklame modern yang tampil dalam format multimedia ini dapat menampilkan video iklan beresolusi tinggi, yang menarik perhatian banyak orang. Selain itu, penempatan yang strategis dapat meningkatkan brand awareness.

Baca juga: Lokasi Billboard Jakarta yang Strategis untuk Beriklan

Perbedaan Megatron dan Videotron

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung mengenai Megatron, sehingga keliru dalam membedakan media itu dengan Videotron. Jika dilihat sekilas, kedua papan reklame ini memang terlihat sama karena termasuk ke dalam produk Digital Out Of Home (DOOH) Advertising.

Perbedaan DOOH dan OOH terletak pada teknologi yang digunakan. DOOH menggunakan teknologi yang lebih canggih sehingga dapat menampilkan iklan dinamis, seperti video dan gambar-gambar bergerak.

Namun, bila ditarik ke Megatron dan Videotron, sebenarnya perbedaan keduanya terletak pada komposisi konten iklan yang ditampikan. Videotron seringkali menampilkan banyak konten video sekaligus.

Sementara, megatron hanya menampilkan satu konten video saja, sehingga lebih fokus mempromosikan kampanye dan menanamkan awareness di benak audiens. Jadi, secara tidak langsung brand menyewa seluruh penayangan iklan yang ditampilkan di layar besar tersebut.

Tips Membuat Iklan di Megatron

megatron advertising.jpg Source: Freepik - Pasang iklan di Megatron Bagaimana Caranya?

Sebelum beriklan di megatron, Stickfriends harus mempersiapkan strategi iklan terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan supaya iklan Anda lebih berdampak dalam menarik perhatian banyak orang.

Lalu, bagaimana cara menarik perhatian konsumen melalui iklan dalam banner besar yang ada di jalan? Nah, simak tips berikut ini untuk mempersiapkan iklan megatron Anda.

1. Buat Desain yang Kuat

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan ialah desain iklan terlebih dahulu. Pasalnya, desain iklan Anda memiliki dampak yang kuat dalam menarik perhatian audiens, StickFriends.

Sebagai saran, gunakan warna-warna kontras saat membuat gambar atau grafis untuk iklan Anda. Pilihan warna ini juga sebisa mungkin jangan sampai keluar dari strategi branding Anda.

2. Gunakan Pesan yang Singkat

Lalu, pastikan pesan yang Anda buat singkat, jelas, dan to the point. Hal itu karena ruang di papan megatron itu terbatas.

Keterbatasan tersebut harus Anda minimalisasi agar pesan promosi tetap tersampaikan dengan baik. Jadi, gunakanlah bahasa iklan yang persuasif, singkat, dan dengan kata-kata yang mudah dipahami untuk mengkomunikasikan pesan Anda secara cepat.

3. Call-to-Action yang Jelas

Selain pesan yang singkat, Anda juga perlu menyertakan CTA yang jelas dalam iklan. Hal ini ditujukan untuk mendorong pemirsa agar melakukan tindakan tertentu.

Salah satu tindakan yang sering dipertimbangkan para pengiklan ialah mengunjungi situs web, menghubungi nomor telepon, atau mengunjungi aplikasi Anda. Bahkan, belakangan iklan di OOH juga sering digunakan untuk mendorong jumlah instal aplikasi.

Dengan menambahkan kode QR Marketing dalam poster iklan, brand bisa mendorong jumlah unduhan aplikasinya. Ini juga tentunya memudahkan audiens untuk mendapatkan aplikasi tanpa harus mencarinya secara manual.

Selain itu, QR ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan pembelian. Karena, kode dalam QR terkadang bisa Anda gunakan untuk mengarahkan audiens ke suatu landing page pembelian.

4. Sesuaikan dengan Lingkungan

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan penempatan papan megatron agar dapat menyesuaikan desain iklan dengan lingkungan sekitarnya. Misalnya, jika iklan Anda akan dipasang di area yang ramai lalu lintas kendaraan, pastikan font dan gambar Anda cukup besar agar terlihat dari jarak jauh.

Kesesuaian dalam beriklan juga menjadi hal penting yang dapat mempengaruhi performa iklan Anda. Boleh jadi iklan Anda memang dijangkau oleh banyak orang, tetapi karena ukuran font kecil, iklan tersebut tidak bisa dinikmati oleh konsumen dari kejauhan.

Buat Iklan Megatron Anda Sekarang!

Demikianlah penjelasan StickEarn mengenai Megatron, yaitu iklan luar ruang dengan teknologi canggih yang dapat menampilkan promosi produk dalam format multimedia. Karena kecanggihannya, papan iklan tersebut cocok digunakan untuk mengkampanyekan promosi yang sifatnya spektakuler ataupun besar.

Memilih megatron sebagai media iklan menjadi sangat menguntungkan karena semua orang pasti tidak akan melewatkan papan iklan yang besar dan menonjol itu. Namun, pemilihannya juga perlu diimbangi dengan perencanaan campaign marketing yang matang.

Jika Anda sudah menyiapkan kampanye untuk promosi bisnis dan ingin beriklan di media ini, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. Klik banner di bawah untuk bekerjasama atau simak lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png