Dalam era digital, display advertising telah menjadi salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran online. Pasalnya, dengan beriklan di media tersebut, Anda bisa membuat kampanye pemasaran yang menarik.

Sebagai brand, Anda bisa menghasilkan iklan kreatif yang dapat menarik perhatian banyak orang. Selain itu, display ads juga merupakan iklan yang memiliki beragam manfaat, tipe, dan strategi yang dapat dioptimalkan, baik secara online maupun offline agar mencapai tujuan pemasaran.

Untuk itu, Anda perlu memahami lebih dalam tentang display advertising tersebut. Anda dapat membaca artikel di bawah ini sampai habis untuk mempelajari tentang apa itu display ads, khususnya dalam pemasaran offline atau luar ruang.

Baca juga: 5+ Contoh Media Promosi Paling Efektif untuk Pemasaran

Pengertian Display Advertising

advertising display.jpg Source: Freepik - Mengenal digital display advertising sebagai saran promosi.

Display advertising merupakan sebuah iklan digital yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan dengan format gambar atau video. Biasanya, iklan ini diletakkan di sekeliling halaman website untuk menarik pengunjung web agar mengklik iklan tersebut.

Saat Audiens mengklik iklan, mereka secara otomatis akan diarahkan pada halaman website lain yang memberikan informasi tentang produk yang perusahaan promosikan.

Namun, selain bisa dilihat secara online, display ads juga dapat Anda jumpai pada tempat-tempat umum yang ramai dilalui orang.

Jenis display advertising board yang satu ini dilengkapi dengan LED, sehingga menarik perhatian audiens untuk melihat produk, layanan, acara, atau merek yang sedang diiklankan.

Manfaat Display Advertising

Ada banyak manfaat dalam menggunakan display advertising sebagai media pemasaran. Memanfaatkan iklan ini secara efektif dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan brand exposure dan mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

Berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan ads display yang bisa Anda dapatkan, di antaranya ialah seperti di bawah ini.

  • Visibilitas tinggi dan meningkatkan kesadaran
  • Penampilan visual iklan yang kuat
  • Targeting yang efektif
  • Dapat mengukur performa dengan akurat
  • Dapat berinteraksi dengan audiens
  • Terbuka untuk kreativitas dan inovasi

Tipe Display Advertising

Digital display boards memiliki bentuk fisik yang ditempatkan di ruang publik. Papan-papan ini hadir secara lebih strategis di lokasi dengan lalu lintas tinggi.

Contohnya ialah megatron ikla yang tampil di tempat strategis, yakni di badan gedung dalam bentuk yang besar, sehingga bisa dilihat oleh banyak orang. Lalu, ada contoh lainnya yang bisa Anda ketahui, di antaranya seperti berikut.

1. Traditional Billboards

digital ads for marketing.jpg Source: Freepik - Mengenal digital display advertising sebagai saran promosi.

Traditional billboards memiliki 2 jenis papan, yaitu billboard statis dan dinamis. Papan statis berukuran besar dan menjadi pusat perhatian banyak orang.

Anda bisa melihat papan reklame ini di sepanjang jalan raya, pusat perbelanjaan, atau di sudut-sudut perkotaan lainnya. Karena begitu terlihat, maka banyak brand yang memanfaatkan iklan tersebut, entah untuk pemasaran maupun untuk kegiatan kampanye politik.

Namun, iklan statis masih terbatas pada iklan cetak atau iklan tidak bergerak saja. Meskipun begitu, keberadaannya cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran setiap orang yang melewatinya.

Berbeda dengan static billboard, papan dinamis menggunakan layar LED atau LCD untuk menampilkan iklan yang dinamis dan berubah-ubah.

Digital billboard ini dapat menampilkan beberapa iklan secara bergilir, sehingga meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas dalam penyampaian pesan. Contoh iklan dinamis dapat Anda temui di papan digitron atau megatron.

Keduanya memiliki teknologi terkini yang dapat memenuhi kebutuhan periklanan Anda. Bila ingin menampilkan iklan berupa video atau gambar bergerak, StickFriends dapat memilih iklan jenis ini.

Dengan video iklan yang beresolusi tinggi, tentunya iklan Anda akan semakin menarik perhatian banyak orang. Bagaimana, tertarik beriklan di media ini?

Baca juga: Billboard 3D di Jakarta! Tren Teknologi OOH Iklan Terbaru

2. Transit Advertising

strategi display advertising.jpg Source: Shutterstock - Pasang iklan digital di luar ruang dalam bentuk videotron.

Iklan transit juga termasuk dalam display advertising board yang sering Anda lihat di pinggir jalan. Contoh sederhana dari transit ads adalah halte bus.

Selain menyediakan ruang tunggu yang terkadang tertutup untuk penumpang menggunakan transportasi umum, halte bus juga berfungsi sebagai lokasi untuk beriklan. Kini, banyak brand yang menggunakan halte tersebut untuk menampilkan iklannya kepada para komuter.

Biasanya, iklan-iklan tersebut dipasang di samping, belakang, atau di dalam halte, sehingga terlihat oleh para penumpang. Bahkan, iklan di halte bus, seperti Transjakarta juga berpotensi dilihat oleh para pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor dan roda empat.

3. Videotron

Videotron sendiri juga dibagi menjadi 2 jenis sesuai dengan tempat pemasangannya. Videotron tipe indoor atau biasa disebut dengan digital signage, adalah display advertising yang ditempatkan di dalam ruangan, seperti mal, hotel, kantor, dan area publik lainnya.

Digital signage memiliki ukuran yang besar, resolusi layar tinggi, dan dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat mengatur penayangan konten dari jarak jauh secara real time.

Pada bagian penerangan, videotron indoor menggunakan jenis lampu SMD atau Surface Mount Device yang mampu membuat tampilan iklan jauh lebih cerah dan detail.

Dengan visual dan grafis yang menarik perhatian ini, tidak heran bila banyak brand menggunakan videotron untuk periklanan dan promosi.

Videotron juga mampu digunakan untuk pemasaran interaktif yang melibatkan audiens, seperti layar sentuh atau kode QR yang terhubung dengan produk Anda.

Transaksi pun akan menjadi lebih efisien dengan adanya layar iklan ini. Anda dapat meningkatkan efektivitas iklan display ini dengan berkolaborasi bersama StickEarn.

Tipe videotron yang kedua bisa Anda temui di ruang terbuka, seperti di pinggir jalan, badan gedung, dan acara-acara outdoor. Selain itu, videotron jenis ini juga bisa Anda jumpai pada badan kendaraan seperti truk display yang akan membawa iklan Anda melewati rute strategis.

Meskipun terletak di luar ruangan yang rentan terhadap cuaca, tetapi display board sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi canggih. Lampu dengan teknologi Dual In-Line Package (DIP) yang digunakan pada videotron ini memiliki tingkat kerapatan yang sangat tinggi, sehingga aman dari cuaca panas dan air hujan.

Tidak hanya itu saja, lampu DIP juga dibekali dengan berbagai warna yang mampu menghasilkan layar yang tajam, cerah, dan detail. Jadi, audiens tetap bisa melihat iklan Anda walaupun jaraknya jauh.

Rencanakan Strategi Pemasaran Anda dengan Display Advertising

Penggunaan display advertising sebagai sarana mempromosikan memberikan sejumlah manfaat dalam mencapai objektif bisnis Anda. Melalui jenis periklanan yang efektif ini, Anda bisa menjangkau audiens yang luas.

Selain itu, penggunaan teknologi digital dalam display ads juga memungkinkan Anda untuk melacak kinerja iklan secara real-time dan menyesuaikan teknik pemasaran Anda berdasarkan data yang terkumpul.

Jika Anda ingin memanfaatkan potensi dari display advertising ini, StickFriends bisa mengonsultasikannya dengan StickEarn. Kami menyediakan produk iklan OOH yang tepat digunakan untuk menayangkan iklan dinamis Anda.

LED Videotron merupakan salah satu produk terbaik kami yang dilengkapi layar dan lampu berkualitas tinggi, sehingga dapat menampilkan iklan dengan kualitas gambar yang jernih dan terang.

Tidak hanya memberikan visual yang mengesankan, videotron juga berukuran besar dan terletak di area dengan lalu lintas paling strategis**. Oleh karena itu, iklan Anda akan tersampaikan dengan efektif dan menarik perhatian.

Jadi, mari rencanakan kampanye Anda bersama StickEarn. Klik banner di bawah atau pelajari iklan OOH StickEarn terlebih dahulu.