Iklan jasa secara garis besar merupakan salah satu jenis iklan penawaran yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan minat konsumen terhadap jasa yang sedang ditawarkan. Dengan iklan ini, brand atau perusahaan dapat meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap jasa yang ditawarkan tersebut.

Selain dimanfaatkan untuk menawarkan sebuah service, iklan jasa juga bisa digunakan sebagai iklan permintaan terhadap jasa tertentu. Contohnya, dapat Anda temui pada iklan lowongan kerja yang dahulu sering dimuat dalam iklan media cetak.

Iklan jasa, baik itu dalam bentuk layanan, memberikan pengaruh yang sangat besar bagi bisnis Anda. Jika Anda ingin memanfaatkannya sebagai sarana promosi yang efektif, Anda wajib pelajari tentang apa itu iklan jasa dan contohnya di artikel ini.

Baca juga: Mengenal Iklan Nonkomersial & Manfaatnya untuk Brand Awareness

Pengertian Iklan Jasa

Sama dengan pengertian iklan pada umumnya, iklan jasa merupakan media yang digunakan perusahaan untuk kegiatan promosi. Hanya saja, produk yang ditawarkan di sini berupa jasa atau layanan.

Di dalam iklan jasa, pebisnis mencantumkan berbagai informasi sebagai bentuk pengenalan dan promosi keunggulan kompetitif yang dimiliki layanan tersebut. Dengan mencantumkan informasi ini, konsumen akan mulai tertarik dengan layanan jasa Anda.

Selain itu, penggunaan bahasa iklan yang persuasif juga efektif untuk mempengaruhi audiens agar mereka bersedia untuk menggunakan layanan jasa Anda. Maka dari itu, penting untuk menyimak contoh-contoh iklan jasa yang menarik di bawah ini.

Contoh-Contoh Iklan Jasa

Setelah mengetahui pengertian dari iklan jasa, saatnya StickFriends menyimak beberapa contoh iklan jasa. Contoh-contoh iklan jasa di bawah ini dapat Anda jadikan inspirasi untuk membuat poster iklan jasa kurir/antar jemput, jasa service elektronik, jasa make up, maupun iklan jasa lainnya.

1. Iklan Jasa Desain

iklan jasa desain logo.jpg

Source: Shutterstock - Contoh Poster Iklan Jasa yang Informatif dan Menarik.

Contoh iklan jasa desain diatas, menjadi salah satu contoh iklan jasa yang bisa Anda jadikan inspirasi. Semua informasi yang perlu diketahui konsumen seperti daftar desain yang ditawarkan, lamanya waktu pengerjaan, dan apa saja layanan yang akan didapatkan konsumen saat menggunakan jasa ini sudah tercantum dengan baik pada iklan tersebut.

2. Iklan Jasa Pembuatan Website

Dari contoh di atas, Anda juga dapat belajar bagaimana mencantumkan inovasi yang Anda tawarkan pada iklan jasa. Kalimat “Saatnya merubah brosur cetak menjadi website dengan informasi lebih lengkap dan jangkauan lebih luas” merupakan kalimat persuasif yang efektif untuk menarik konsumen.

3. Iklan Jasa Pengantaran Barang

jasa iklan antar barang.jpg

Source: Freepik - Contoh Iklan Jasa yang Simpel dan Menarik Konsumen.

Berikutnya ada contoh iklan jasa pengiriman barang yang dibuat dengan simpel dan bisa dijadikan inspirasi dalam poster iklan layanan jasa Anda. Desain yang simpel dengan proporsi huruf yang tepat ini akan meningkatkan visibilitas pesan yang ingin Anda sampaikan.

Kalimat yang digunakan pun ringkas dan menggambarkan keunggulan dari jasa pengiriman tersebut secara jelas, sehingga konsumen akan langsung menangkap keunggulan tersebut.

4. Iklan Permintaan Jasa

Iklan jasa tidak hanya berisi penawaran akan suatu layanan, tetapi juga bisa berisi iklan permintaan jasa. Contoh dari iklan permintaan jasa ini adalah lowongan pekerjaan. Perbedaan iklan lowongan pekerjaan dengan iklan jasa lainnya dapat StickFriends lihat pada penggunaan bahasa yang cenderung formal.

Ornamen yang digunakan dalam desain juga dibuat seadanya supaya tidak menutupi tulisan dan pesan yang ada dalam iklan. Jadi, pelamar harus mengetahui dengan jelas apa saja kualifikasi, informasi kontak, dan identitas perusahaan yang akan dilamar.

5. Iklan Layanan Belanja Online

iklan belanja online.JPG

Source: Doc. StickEarn- Contoh Iklan Layanan Belanja Online Aplikasi Tokopedia.

Iklan jasa yang baik adalah iklan yang mencantumkan informasi yang lengkap dengan desain yang eye catching dan copy yang persuasif agar konsumen tertarik menggunakan jasa Anda. Sticker iklan jasa Tokopedia di atas bisa jadi inspirasi Anda dalam membuat iklan jasa yang baik.

Dari iklan tersebut, Anda Juga bisa memasarkan layanan dengan memperlihatkan apa saja yang bisa didapatkan konsumen saat menggunakan layanan jasa Anda. Tidak lupa cantumkan juga promosi yang Anda tawarkan untuk mendorong transaksi.

Anda bisa memasarkan produk Anda menggunakan Car Advertising seperti iklan Tokopedia tersebut. Media iklan luar ruangan yang satu ini siap menyebarluaskan kesadaran merek dan mendukung peningkatan transaksi.

Baca juga: Tips Membuat Design Iklan yang Efektif di Mobil

Cara Membuat Iklan Jasa yang Menarik

strategi membuat iklan jasa yang menarik.jpg Source: Freepik - Cara Membuat Iklan Jasa yang Kreatif.

Membuat iklan jasa yang menarik tentunya akan menjadi sangat menguntungkan jika diterapkan dalam pemasaran jasa Anda. Dengan membuat iklan kreatif, keinginan konsumen untuk mencoba layanan Anda akan semakin tinggi.

Oleh karena itu, simak penjelasan berikut tentang cara membuat iklan jasa yang efektif dalam menarik pelanggan. Dengan menyimaknya Anda bisa lebih yakin dalam menggunakan jenis iklan yang satu ini.

1. Identifikasi Keunggulan Jasa Anda

Mengidentifikasi keunggulan layanan Anda, menjadi salah satu faktor penting saat membuat iklan jasa. Tentukan apa yang membuat jasa Anda unik dan menonjol dibandingkan dengan pesaing.

Apakah itu keahlian khusus, pengalaman yang luas, atau pendekatan yang inovatif? Dengan identifikasi keunggulan ini, Anda akan semakin mudah menonjolkan nilai tambah layanan dalam iklan jasa.

2. Pahami Kebutuhan dan Keinginan Target Konsumen

Langkah selanjutnya adalah melakukan riset untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan masalah yang dihadapi oleh audiens. Hal ini akan membantu StickFriends saat mengenalkan jasa Anda sebagai solusi yang relevan dan menarik bagi mereka.

Misalnya, jika Anda adalah seorang pengusaha dekorasi rumah, Anda bisa membuat iklan jasa untuk dekorasi rumah tersebut dengan mengenali siapa target Anda terlebih dahulu. Untuk jasa dekorasi, mungkin target Anda ialah ibu rumah tangga di kelas menengah dan atas.

Dengan menentukan siapa target pasar, komunikasi akan lebih efektif. Tidak hanya itu, pesan promosi atau pemasaran juga dapat tersampaikan dengan mudah.

3. Buat Pesan yang Jelas dan Menarik

Sampaikan pesan yang jelas dan menarik tentang manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh jasa Anda. Fokuslah untuk mencantumkan keuntungan langsung yang akan dinikmati oleh konsumen jika menggunakan jasa Anda. Sertakan elemen emosional jika memungkinkan agar konsumen merasa dimengerti.

4. Gunakan Visual yang Memikat

Kemas pesan promosi Anda dengan visual yang memikat, seperti gambar atau video yang menampilkan hasil kerja atau testimoni pelanggan yang puas. Visual yang menarik dapat membantu menangkap perhatian konsumen dan memperkuat pesan Anda.

5. Evaluasi Iklan jasa

Lakukan evaluasi kinerja iklan jasa Anda dengan memantau metrik seperti tingkat konversi dan tingkat interaksi yang diterima. Dari hasil evaluasi ini, StickFriends dapat mengetahui bagaimana respon konsumen dan membuat iklan jasa yang lebih baik kedepannya.

Baca juga: Uniknya Pesan Iklan FIFA di Konvoi Car Advertising

Tempelkan Iklan Jasa Anda di Car Advertising!

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, cara membuat, dan contoh-contoh dari iklan jasa yang bisa Anda jadikan inspirasi saat membuat iklan bisnis. Sebab, apapun jasa yang Anda tawarkan, mengiklankan produk menjadi keharusan.

Namun, jika Anda berencana membuat campaign marketing di iklan OOH, bekerjasamalah dengan StickEarn. Kami siap membantu promosi jasa Anda dengan berbagai macam placement, seperti di Car Advertising.

StickEarn menyediakan layanan pasang iklan di mobil yang berkualitas dan efektif dalam memberikan feedback positif untuk bisnis. Anda juga bisa menempelkan materi iklan di berbagai tempat, mulai dari black window, full wrapping, dan di wobbler.

Spesial di bulan ini, StickEarn mengadakan "Promo Ramadan Hemat 50%*" untuk iklan di luar ruang, salah satunya Car Advertising. Silakan klik banner di bawah untuk langsung beriklan atau pelajari lebih lanjut mengenai produk-produk StickEarn.

Promo-ramadan-hemat-untuk-beriklan-stickearn.png