Pernahkah StickFriends membeli suatu produk atau mendatangi suatu tempat berdasarkan rekomendasi seseorang? Saat teman, keluarga, atau orang yang tidak dikenal menceritakan pengalamannya hingga membuat StickFriends tertarik, kegiatan tersebut biasa disebut dengan Word of Mouth (WoM).

WoM adalah strategi pemasaran yang terbukti efektif dalam mendorong keinginan calon konsumen untuk melakukan pembelian. Di samping itu, biaya yang StickFriends perlukan tidaklah banyak. Bahkan, bisa tanpa biaya sepeserpun. Untuk itu, baca artikel ini sampai akhir!

Apa Itu Word of Mouth?

Word of Mouth (WoM) adalah istilah strategi pemasaran dari bahasa Inggris yang berarti pemasaran dari mulut ke mulut atau pemasaran getok tular (Jawa). Sebenarnya, pemasaran ini terjadi karena adanya seseorang yang merasa memiliki pengalaman di luar dari apa yang dia harapkan, baik buruk maupun baik.

Pemasaran ini dapat memicu terbentuknya diskusi yang alami antara konsumen-konsumen atau konsumen-pemasar melalui berbagai perantara. Misalnya, komunikasi verbal secara langsung, membuat konten viral di media sosial, atau ulasan secara mendetail di sebuah blog.

Mengapa Strategi Word of Mouth Berdampak Besar?

Hasil studi Jay Baer menunjukkan bahwa 92% konsumen lebih mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal secara langsung ketimbang mendengar promosi dari perusahaan. Sedangkan, 70% orang mempercayai ulasan dari orang yang tidak mereka kenal melalui platform online.

Setidaknya salah satu dari begitu banyaknya studi yang serupa telah menunjukkan bukti yang kuat. Dalam hal ini, strategi pemasaran WoM sangat efektif untuk mempromosikan produk dan layanan, meningkatkan brand awareness dan penghasilan, serta membangun loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian & Cara Meningkatkannya!

Bagaimana Cara Kerjanya?

Bagaimanapun, WoM merupakan strategi pemasaran informasi produk atau layanan yang sudah ada sejak sejarah penjualan dimulai. Dengan beberapa poin unggulan yang StickFriends berikan pada satu pelanggan, maka pelanggan tersebut dengan suka rela membagikan pengalaman baik mereka kepada minimal 1-3 orang.

Jika, masing-masing dari 1-3 orang tersebut penasaran dan merasakan pengalamannya sendiri, maka mereka akan kembali bercerita pada orang lain seperti sebuah pesan berantai. Oleh sebab itu, semakin banyak orang yang menceritakan pengalamannya, semakin luas pula jangkauan produk StickFriends. Sehingga, penjualan StickFriends pun akan meningkat secara signifikan tanpa mengeluarkan biaya dengan nominal yang fantastis.

Baca Juga: Cara Kerja Marketing Terbaik Untuk Pemasaran Produk!

Jenis-Jenis Word of Mouth

Menurut Andy Sernovitz (2006), penyebaran Word of Mouth Marketing (WoMM) terbagi menjadi dua jenis, antara lain:

1. Organic WoM

Dalam penyebaran organic, terjadi perbincangan atau diskusi yang alami mengenai kualitas sebuah brand atau perusahaan. Selanjutnya, ketersampaian promosi dari strategi WoMM jenis ini mencapai 50 sampai 80 persen, sehingga strategi ini mempunyai sisi positif dan negatif.

Apabila pelanggan merasakan pengalaman yang menyenangkan, mereka tidak segan untuk menceritakan hal baik tersebut kepada orang di sekitarnya. Sebaliknya, bila pelanggan mendapatkan pengalaman buruk, tentu saja mereka bisa memberikan ulasan negatif yang dapat mempengaruhi calon pelanggan lainnya.

2. Amplified WoM

Berbeda halnya dengan organic, jenis amplified WoM dinilai lebih aman. Karena StickFriends bisa menjalanlan strategi ini dengan melibatkan orang lain, seperti influencer media sosial. Data social media influencer statistics survey menunjukkan, 40% konsumen mengambil keputusan lebih lanjut setelah berinteraksi langsung dengan influencer yang mereka ikuti.

Screen Shot 2022-10-26 at 08.22.33.png

Konsumen yang turut dalam survei menyatakan kalau kedekatan mereka dengan influencers kepercayaan mereka sangat mempengaruhi tindakan pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk atau mengunjungi tempat tertentu. StickFriends dapat memanfaatkan kepercayaan yang telah terbangun tersebut dengan memberikan briefing khusus kepada para influencers atau brand ambassador. Sehingga, mereka tak hanya berfokus pada penjualan saja, tetapi memberikan edukasi juga kepada calon konsumen.

Ketika produk yang dipromosikan berbeda dengan ekspektasi, mereka tidak akan memberikan ulasan negatif dengan semena-mena. Dengan kata lain, konsumen dapat menerima kenyataan dengan tanggapan yang lebih bijaksana.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Communication? Ini Pengertian, Contoh, & Implementasinya!

Strategi Apa yang Dapat Meningkatkan Word of Mouth?

Setelah mengetahui kalau strategi pemasaran Word of Mouth terbukti berdampak besar terhadap keputusan pembelian, apakah sekarang StickFriends tertarik untuk mencobanya? Kalau tertarik, berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa StickFriends coba.

1. Menciptakan Produk atau Layanan yang Berkualitas

Strategi utama untuk mendorong terbentuknya diskusi produk atau layanan secara alami adalah adanya sesuatu yang memang layak untuk mereka bicarakan. Berikan pelayanan dan produk terbaik dan tak lupa untuk selalu mengupgrade skill karyawan yang terlibat dalam segala aktivitas perusahaan.

Ajak para karyawan untuk memecahkan suatu masalah dan menciptakan suasana tempat kerja yang aman serta nyaman. Dengan begitu, rasa tanggung jawab akan tumbuh di dalam benak masing-masing karyawan, sehingga mereka akan selalu termotivasi untuk menghasilkan produk atau layanan yang terbaik.

2. Mengadakan Event yang Melibatkan Komunitas

Screen Shot 2022-10-26 at 08.25.24.png

StickFriends bisa mengadakan event yang melibatkan komunitas pelanggan, seperti membuka pameran atau peresmian peluncuran produk secara gratis. Kemudian, bangun kedekatan antara brand dan pelanggan dengan mendengar keluh kesah pelanggan, pemberian voucher, diskon, program referral, giveaway, dll.

3. Meminta Feedback dari Konsumen

Screen Shot 2022-10-26 at 08.26.46.png

Sesekali mintalah feedback dari para konsumen sebagai bahan evaluasi dan upaya pengembangan produk atau layanan. Di satu sisi, momen pemberian feedback ini memberikan kesan kepedulian perusahaan dengan opini pelanggan. Di sisi lain, pelanggan akan merasa terlibat dalam pengembangan produk.

Biasanya, feedback adalah salah satu cara untuk meningkatkan strategi pemasaran Word of Mouth bisa StickFriends dapatkan melalui survei online atau interaksi secara langsung di media sosial (post, live, question box, comment section).

4. Mengumpulkan Ulasan Produk

Screen Shot 2022-10-26 at 08.28.04.png

Seperti yang ada pada uraian di atas, review atau ulasan sangat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Maka dari itu, StickFriends harus konsisten untuk meluangkan waktu, mengelola, dan memilah ulasan produk yang relevan bagi target audiens.

StickFriends bisa mengumpulkan ulasan dari komentar dengan like terbanyak, ulasan langsung yang masuk melalui direct message, atau cara lain yang sekiranya bisa menemukan ulasan yang terbaik dan relevan.

5. Menggunakan User Generated Content (UGC)

User Generated Content (UGC) adalah sekumpulan berbagai macam konten yang konsumen buat. Nah, StickFriends bisa menggunakan konten tersebut untuk bahan bukti (testimoni) yang di repost ke akun media sosial resmi brand.

Hasil survei membuktikan kalau 85% pengguna media sosial lebih mempercayai konten UGC daripada konten lainnya. StickFriends bisa memperoleh UGC dari penggunakan hashtag, tag, atau event dengan hadiah yang menarik.

Screen Shot 2022-10-26 at 08.29.25.png

Screen Shot 2022-10-26 at 08.29.56.png

Yuk, Terapkan Word of Mouth Marketing Bersama StickEarn!

Mengapa harus StickEarn? Karena StickEarn mampu memberikan penawaran yang terbaik. StickFriends dapat memilih strategi pengiklanan yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk Word of Mouth Marketing (WoMM).

StickFriends berkesempatan untuk mencoba beberapa layanan terbaik, antara lain transportation advertising, digital platform advertising, dan digital out-of-home advertising. Ketiga strategi pemasaran tersebut telah terbukti efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualan.

Sudah lebih dari 500 brand telah mempercayakan pemasaran produk mereka kepada StickEarn. Karena itu, jangan ragu untuk menghubungi tim profesional kami yang siap melayani dengan senang hati. Yuk, kunjungi Stickearn.com sekarang juga untuk keterangan lebih lanjut!

CTA Banner Blog - 02.png