Istilah marketing communication pasti bukan lagi hal yang asing untuk didengar. Umumnya, istilah tersebut mengacu pada strategi yang akan digunakan oleh perusahaan atau brand untuk mencapai target dengan memanfaatkan berbagai media. Meskipun terdengar sederhana, tugas marketing communication tidak semudah itu.

Komunikasi pemasaran memiliki makna yang sangat luas dan konsepnya sendiri sangat penting untuk kegiatan pemasaran perusahaan. Lantas, apa pengertian, tugas, manfaat, dan contoh marketing communication? Simak melalui ulasan berikut!

Apa itu Marketing Communication?

Pengertian marketing communication adalah segala jenis pesan dan media yang disampaikan oleh perusahaan dengan tujuan untuk berkomunikasi dengan pasar atau konsumennya. Bentuk-bentuk dari marketing communication adalah iklan, branding, kegiatan PR, sponsor, pengemasan produk, presentasi sales, dan sebagainya.

Salah satu aspek yang penting ketika menjalankan konsep marketing communication adalah cara pemasaran pada target pasar. Ketika kegiatan pemasaran dilakukan dengan cara yang menarik, maka produk yang perusahaan tawarkan memiliki peluang untuk laris. Serta, konsumen akan dengan sukarela melakukan pembelian kembali.

Namun, hal tersebut bisa saja gagal. Umumnya kegagalan mendapatkan konsumen ini terjadi karena strategi pemasaran yang dipilih tidak tepat dan efektif. Salah satu cara agar perusahaan tidak mengalami kegagalan adalah dengan menentukan positioning terlebih dahulu.

Apa maksudnya? Jadi, perusahaan bisa fokus pada kesan seperti apa yang ingin perusahaan bangun di mata masyarakat terhadap brand atau produknya terlebih dahulu. Sehingga perusahaan akan dapat mengetahui gambaran yang lebih jelas tentang produk ketika berada di pasaran.

Manfaat Marketing Communication

Marketing communication akan memberikan hasil dalam waktu yang lama dan tidak instan. Namun, meskipun tidak membutuhkan waktu yang tidak sebentar komunikasi pemasaran mampu memberikan manfaat yang menguntungkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Pertama adalah untuk meningkatkan awareness. Semua perusahaan baik baru maupun lama wajib membangun brand awareness agar masyarakat tidak mudah melupakan eksistensi brand dan produknya. Sehingga perusahaan tidak akan mudah dikalahkan keberadaannya oleh kompetitor.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

2. Mengubah Citra Menjadi Positif

Manfaat marketing communication selanjutnya adalah mampu mengubah citra perusahaan atau persepsi masyarakat. Karena, kesalahpahaman tidak bisa dipungkiri merupakan masalah yang sering terjadi di tengah masyarakat. Contohnya adalah masalah seperti kesalahan fitur, penggunaan, tarif, dan lain sebagainya.

Sehingga marketing communication akan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi yang lebih akurat sehingga kesalahpahaman tersebut bisa diperbaiki. Akibatnya, citra perusahaan akan berubah menuju arah yang lebih positif.

3. Meningkatkan Motivasi Konsumen Melakukan Pembelian

Marketing communication juga bermanfaat untuk memberikan motivasi kepada konsumen agar melakukan pembelian hingga melakukan kunjungan dan pembelian berulang. Umunya, hal ini dapat terjadi karena perusahaan akan memberikan pesan persuasif yang membujuk dan mempengaruhi konsumen.

Selain itu, perusahaan juga akan memberikan pesan seputar keunggulan, manfaat, hingga keunikan produk. Sehingga konsumen akan merasa produk atau jasa perusahaan adalah yang terbaik dan paling mereka butuhkan.

Tugas Marketing Communication

Setelah mengetahui manfaat penting dari komunikasi pemasaran, lalu apa yang menjadi tugas-tugasnya? Berikut adalah tugas marketing communication yang penting untuk StickFriends ketahui:

1. Menyampaikan Pesan

Tugas yang pertama adalah untuk menyampaikan sebuah pesan dari perusahaan untuk konsumennya. Tujuan dari tugas yang satu ini adalah untuk membangun hubungan yang baik serta membangun brand agar lebih terpercaya dan banyak dikenal masyarakat.

Marketing communication berperan untuk membuat masyarakat mengetahui apa latar belakang dari perusahaan, setiap produk yang mereka jual, hingga apa yang menjadi kelebihannya. Pesan yang disampaikan sendiri memiliki banyak bentuk.

Perusahaan bisa menghubungi konsumen secara langsung melakukan berbagai platform media seperti media sosial, email, atau berbagai event dan aktivitas dari perusahaan itu sendiri.

Selain itu, perusahaan juga bisa menjalin hubungan dengan media partner untuk memberikan pemberitaan seputar brand atau produknya.

2. Membangun Citra Perusahaan

Selanjutnya adalah membangun citra perusahaan yang paling tepat. Tugas yang satu ini tidak kalah penting dan marketing communication harus menggunakan gaya komunikasi yang konsisten. Sehingga pesan mereka dapat ditangkap oleh konsumen dengan lebih mudah.

Beberapa elemen dalam tugas ini adalah penggunaan bahasa, tampilan produk, hingga harga jual yang perusahaan tentukan. Selain itu, hal ini biasanya juga kan berkaitan dengan materi promosi dan advertising yang akan perusahaan gunakan.

3. Melakukan Kegiatan Direct Selling

Tugas marketing communication lainnya adalah untuk memasarkan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen. Tugas ini wajib dipenuhi dan umumnya memiliki banyak sekali cara.

Seorang yang bekerja dalam kegiatan komunikasi pemasaran akan selalu berada di dekat konsumen, mereka juga harus mampu membangun kepercayaan konsumen pada produk dan brand.

Ketika melakukan kegiatan direct selling, tak jarang mereka akan melakukan negosiasi. Mereka harus mampu menjelaskan apa saja kelebihan produk, apa alasan yang membuat produk berbeda, dan kenapa konsumen harus membeli produk tersebut.

Karena itu, para marketing communication harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang apa yang mereka pasarkan. Jadi, konsumen akan mendapatkan pengalaman langsung serta bersedia memberikan feedback untuk kemajuan perusahaan.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Yang Belum Dikenal Dengan Cepat

Contoh Marketing Communication

Contoh marketing communication adalah ketika sebuah perusahaan memberikan sampel sebuah produk atau sebuah uji coba gratis. Kegiatan ini merupakan bagian dari sales promotion. Tujuannya adalah agar konsumen bisa mencoba dan melihat keunggulan produk secara langsung hingga mereka akan terbujuk untuk membeli.

Contoh implementasinya adalah brand skincare Innisfree yang memberikan sampel produk gratis kepada setiap konsumen yang melakukan pembelian. Sehingga konsumen bisa mencoba dulu produk yang sebelumnya mungkin belum pernah mereka coba.

Selain itu, beberapa layanan aplikasi musik juga menerapkan strategi yang satu ini. Contohnya adalah Apple Music. Konsumen bisa mencoba menggunakan layanan musik secara gratis sebelum mereka bisa memutuskan untuk berlangganan.

Mereka akan memberikan berbagai opsi layanan dengan biaya yang berbeda-beda yang bisa konsumen pilih sesuai kebutuhan.

Ingin Kegiatan Marketing Communication Semakin Efektif?

StickFriends pasti sudah memahami peran vital marketing communication dalam memajukan sebuah perusahaan.

Khususnya pada era digital seperti sekarang, StickFriends juga harus memiliki strategi yang efektif untuk meningkatkan keuntungan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan bekerja sama bersama StickEarn.

Baca Juga: Mengenal Iklan Digital, Jenis, Manfaat, Kelebihannya, dan Contohnya!

StickEarn adalah sebuah perusahaan startup dalam bidang periklanan yang dapat membantu bisnis menjangkau lebih banyak konsumen. Beberapa layanan iklan yang StickEarn berikan adalah DOOH Advertising menggunakan Digitron dan Mobile LED. Transportation Advertising seperti StickMob dan StickBus.

Jika StickFriends ingin beriklan dengan konsep digital, maka StickEarn juga menyediakan layanan Digital Platform Advertising. Semua produk StickEarn sudah terjamin kualitasnya dan telah banyak dipercayai oleh ratusan perusahaan. Karena itu, StickFriends tidak perlu merasa ragu atau takut.

StickFriends tertarik untuk melakukan kerja sama dengan kami? Kunjungi situs resmi kami di Stickearn.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar produk yang kamu tawarkan. Yuk, sukseskan bisnis bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 01.png