Dunia bisnis tidak bisa dilepaskan dari marketing. Pemasaran atau marketing adalah sebuah strategi yang diterapkan untuk mengenalkan produk atau jasa kepada khalayak umum. Akibat dunia bisnis yang terus berkembang, aktivitas pemasaran produk ikut berkembang pula.

Apa itu Marketing?

Apabila StickFriends masih belum memahami apa itu marketing, di sini akan dijelaskan secara mendetail apa yang dimaksud dengan marketing. Marketing diartikan sebagai penerapan strategi tertentu untuk memperkenalkan jasa atau produk kepada target pasar. Sebelum menerapkan strategi tersebut, biasanya dimulai dengan riset. Sehingga, hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Meski demikian, penting bagi StickFriends untuk menggunakan strategi marketing sesuai dengan perkembangan zaman.

Kenapa Marketing Penting?

Kenapa marketing penting? Kondisi tersebut terjadi karena keberhasilan sebuah bisnis juga ditentukan oleh strategi pemasaran produk yang dipilih.

Dengan menggunakan strategi yang tepat, pelanggan akan mengetahui produk atau jasa yang dijual sehingga bisnis dapat tumbuh lebih besar. Selain itu, pelanggan juga membutuhkan informasi terkait produk yang ditawarkan. Melalui konten edukatif, StickFriends akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

Dalam situasi seperti di atas, marketing memiliki fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu, cara memasarkan produk harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Manfaat Marketing dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis marketing memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan penjualan dan membuat bisnis lebih maju, yaitu:

1. Mengenalkan Produk

Setelah mengetahui apa itu marketing, tentu StickFriends dapat menyimpulkan bahwa salah satu manfaat dari pemasaran adalah sebagai media promosi atau mengenalkan produk kepada masyarakat terutama target pasar.

2. Menjangkau Target Pasar

Selain sebagai media promosi, marketing bermanfaat untuk meluaskan jangkauan target pasar.

Misalnya, jika semula StickFriends menargetkan pelanggan di dalam kota yang dekat lokasi bisnis, melalui strategi pemasaran yang tepat tentu dapat meluaskan target pasar hingga ke luar kota.

Dengan demikian, peluang perusahaan dan produk lebih dikenal masyarakat akan semakin besar. Sehingga, bisnis dapat berkembang pesat.

3. Riset

Manfaat pemasaran berikutnya adalah sebagai riset pasar. Dalam bisnis riset sangat dibutuhkan untuk mengukur keinginan dan kebutuhan konsumen agar produk dapat bertahan sesuai permintaan pasar.

Dengan adanya marketing tentu akan memudahkan StickFriends untuk mengetahui tren dan menganalisis kebutuhan konsumen tersebut.

4. Mempertahankan Pelanggan

Selain ketiga manfaat di atas, pemasaran produk yang tepat dan berkelanjutan bermanfaat untuk mempertahankan pelanggan. Misalnya, StickFriends memaksimalkan layanan purna jual untuk pelanggan agar tumbuh kepercayaan terhadap merek bisnis yang sedang dikelola.

Baca Juga: 12+ Jenis-Jenis Pemasaran Terbaik dan Efektif Beserta Contohnya!

Jenis-Jenis Marketing

Marketing memiliki beberapa jenis yang bisa StickFriends terapkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

1. Promosi Mulut ke Mulut

Jenis yang pertama adalah promosi dari mulut ke mulut atau disebut juga word of mouth marketing. Promosi mulut ke mulut diartikan sebagai penyampaian informasi produk dari konsumen yang satu ke konsumen yang lain melalui bahasa lisan secara langsung.

2. Digital Marketing

Pemasaran digital atau digital marketing merupakan bentuk kegiatan promosi produk dengan memanfaatkan media digital atau internet. Ada beberapa jenis pemasaran digital yang perlu StickFriends ketahui, antara lain:

  • SEO (Search Engine Optimization). SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah upaya untuk mengoptimasi website bisnis agar berada di peringkat teratas pada mesin pencari atau telusur.

  • Social Media. Social media marketing adalah upaya pemasaran produk melalui media sosial seperti Instagram, Youtube, TikTok, dan sebagainya. Namun, jika StickFriends menggunakan media sosial harus memperhatikan setiap fiturnya. Sebab, setiap media sosial memiliki keunggulan yang berbeda. Misalnya, Twitter lebih mengutamakan teks, sedangkan TikTok lebih cocok untuk konten video.

  • Email. Sementara email marketing merupakan strategi pemasaran menggunakan email. Email marketing memiliki keunggulan diantaranya yaitu bersifat personal, hemat biaya, mudah dibagikan, serta cepat dan praktis.

  • Content. Sedangkan content marketing merupakan upaya pemasaran dengan membuat dan mendistribusikannya kepada target pelanggan agar tertarik dengan produk yang dijual.

  • Video. Nah, sedangkan video marketing adalah strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan video sebagai media yang paling utama. Jenis pemasaran produk ini cukup efektif jika diterapkan karena banyak orang yang lebih menyukai media interaktif.

3. Psikologi Marketing

Psikologi marketing didefinisikan sebagai metode pemasaran produk dengan memanfaatkan cara pandang, cara pikir serta keputusan pelanggan dalam bertindak.

Apabila menggunakan psikologi marketing, StickFriends dapat menuntun pelanggan untuk melakukan suatu hal sesuai arahan. Misalnya, StickFriends membuat flash sale di waktu-waktu tertentu.

Dengan adanya informasi urgensi terkait promosi tersebut, akan mendorong pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Viral Marketing

Viral marketing merupakan strategi pemasaran dengan memanfaatkan interaksi audiens untuk mempromosikan produk dengan cara menyebarluaskan informasi produk tersebut.

Dengan menggunakan metode ini, StickFriends bisa menghemat biaya promosi. Di samping itu, jangkauan audiens akan lebih luas sehingga mampu meningkatkan brand awareness. Sehingga, peluang produk lebih dikenal khalayak umum akan lebih besar.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

5. Marketing Mix

Marketing mix merupakan upaya pemasaran dengan menggabungkan beberapa elemen agar produk dapat terjual. Metode ini cukup sering dipilih oleh pebisnis.

Ada tujuh elemen dalam strategi pemasaran mix. Elemen tersebut meliputi product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), physical evidence (bentuk fisik), people (sumber daya manusia), dan process (tahapan).

Baca Juga: Apa Itu Marketing Mix? Pengertian dan Contoh Implementasinya!

6. Program Referral

Program referral merupakan strategi marketing yang bertujuan untuk mendorong pelanggan supaya mengajak orang baru membeli produk. Pelanggan yang berhasil mempromosikan produk StickFriends, biasanya akan mendapat komisi sebagai imbalan.

Bagi StickFriends yang memiliki bisnis berbasis online metode ini sangat cocok. Misalnya, menerapkan cara kerja dengan menggunakan kode kupon tertentu. Sehingga, bisnis dapat berkembang dan penjualan melejit.

Contoh Kegiatan Marketing

Kegiatan marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh pebisnis agar produk dikenal oleh masyarakat luas. StickEarn menyediakan berbagai produk jasa untuk kebutuhan pemasaran bisnis, yaitu:

1. Transportation Advertising

Transportation advertising adalah iklan yang ditampilkan pada alat transportasi. Produk Transportation Advertising StickEarn meliputi StickMob, StickMotor, StickBus, StickPlane, StickTrain, dan StickAngkot. Dengan pilihan yang beragam, StickFriends bisa menentukan media iklan sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan bisnis.

2. Digital out of Home Advertising

Selain transportation advertising, StickEarn menyediakan jasa iklan digital out of home advertising meliputi Mobile LED Advertising, Digital & Static Billboard, dan Vending Machine Advertising. Setiap metode iklan tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Sebagai contoh, jika StickFriends menggunakan Mobile LED Advertising maka akan menikmati kegunaan papan reklame berjalan dengan brand bisnis yang mengitari jalan-jalan sibuk di Jakarta.

3. Digital Platform Advertising

Produk StickEarn berikutnya adalah digital platform advertising yang memanfaatkan media digital sebagai pemasaran produk. Jika StickFriends menggunakan metode ini, tentu akan mendapatkan keuntungan seperti hemat biaya dan media planning support. Sehingga, pemasaran produk atau marketing dapat berjalan dengan lancar.

StickFriends, Siap Terapkan Strategi Marketing yang Tepat?

Demikianlah pengertian apa itu marketing sebagai strategi dan pemasaran produk. StickFriends dapat memilih jenis strategi marketing sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sumber daya manusia serta keuangan bisnis.

StickEarn.com menawarkan berbagai pilihan strategi beriklan untuk menjangkau lebih banyak konsumen sehingga StickFriends bisa mengembangkan bisnis, mempertahan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Produk yang bisa StickFriends pakai untuk mendukung bisnis antara lain transportation advertising, digital out-of-home advertising, serta digital platform advertising.

Ketiga cara tersebut merupakan media iklan paling efektif yang dapat kamu terapkan dengan harga lebih terjangkau dibanding dengan cara lainnya, loh. Penasaran? Yuk, buktikan sekarang juga bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 01.png