Istilah marketing mix atau bauran pemasaran mungkin tidak asing di telinga para pekerja dalam bidang pemasaran. Mungkin StickFriends juga pernah mendengarnya di berbagai seminar atau media sosial. Bauran pemasaran sendiri adalah strategi marketing konvensional yang dapat membantu bisnis untuk berkembang.

Sebenarnya seiring berkembangnya zaman, bauran pemasaran sudah mengalami perubahan. Lalu, apa sebenarnya pengertian marketing mix? Apa konsep dan contohnya? Yuk, simak untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya!

Apa itu Marketing Mix?

Marketing mix adalah suatu strategi pemasaran yang merupakan gabungan dari berbagai elemen terpadu untuk dapat menjual sebuah produk atau jasa pada konsumen. Dalam bahasa Indonesia marketing mix juga bisa disebut sebagai bauran pemasaran.

Pada dasarnya bauran pemasaran memiliki 4 elemen, namun seiring dengan perubahan zaman elemen tersebut telah berkembang menjadi 7. Jadi, 4 elemen pertama adalah sebuah landasan. Sedangkan 3 elemen lainnya adalah penambahan baru yang melengkapi dan mendalami strategi.

Konsep Marketing Mix

Konsep dari marketing mix adalah jumlah elemen di dalamnya. Umumnya elemen tersebut memiliki istilah 4P atau 7P. Berikut adalah penjelasan lengkap setiap konsepnya:

1. Product

Produk biasanya dapat memiliki wujud fisik seperti makanan, minuman, buku, dan sebagainya. Selain itu, produk juga dapat tidak memiliki wujud fisik seperti jasa yang perusahaan tawarkan dan jual pada konsumen. Kesimpulannya, produk adalah semua jenis penawaran yang perusahaan berikan pada konsumen.

2. Price

Harga dalam marketing mix adalah biaya yang harus konsumen keluarkan untuk mendapatkan produk yang perusahaan tawarkan. Elemen ini membutuhkan perhitungan dan pertimbangan yang matang, karena jika tidak sesuai dengan target perusahaan akan merugi dan konsumen juga tidak akan mau melakukan pembelian.

3. Place

Tempat adalah lokasi yang bisnis berdiri dan berjalan. Setiap bisnis akan membutuhkan lokasi ideal untuk melakukan proses penjualan dan menjangkau target konsumen yang tepat. Semakin strategis lokasi bisnis, maka semakin besar peluang perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

4. Promotion

Promosi dalam marketing mix adalah elemen terakhir dari 4P. Elemen ini berhubungan dengan setiap kegiatan yang berupaya untuk meningkatkan awareness serta mengajak konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa. Promosi sendiri memiliki elemen penting yaitu sales person, public relation, dan advertising.

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Produk Dengan Cepat dan Efektif

5. People

Selanjutnya adalah people atau SDM yang menjadi aspek penting dan dapat menjadi penentu dapat atau tidaknya sebuah perusahaan untuk maju. Inilah yang menjadi alasan mengapa setiap perusahaan selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan kandidat terbaik yang dapat mereka rekrut.

6. Process

Proses adalah setiap rangkaian tahapan yang perlu konsumen lewati untuk bisa menggunakan produk atau jasa dari perusahaan. Tahapan ini meliputi proses awal bagaimana konsumen mengetahui produk hingga mereka memutuskan untuk membeli produk tersebut.

7. Physical Evidence

Elemen terakhir marketing mix 7P adalah physical evidence atau bentuk fisik yang menjadi pendukung berjalannya sebuah bisnis. Bentuk fisik ini tidak terbatas pada hal yang berwujud saja. Elemen ini biasanya akan meliputi logo, produk, event, media sosial, website, brosur, customer service, dan sebagainya.

Tujuan Marketing Mix

Tujuan marketing mix secara umum adalah untuk mendapatkan jumlah penjualan dan keuntungan yang maksimal. Namun, berikut adalah tujuan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Direct Marketing

Pertama adalah direct marketing yang merupakan sistem pemasaran interaktif. Kegiatan ini akan menggunakan berbagai platform media iklan sehingga menghasilkan transaksi yang dapat diukur di satu lokasi.

2. Advertising

Kedua adalah advertising yang merupakan salah satu kegiatan promosi penting saat melakukan marketing mix. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi seputar produk atau jasa ke target pasar, sehingga bisnis akan mendapatkan lebih banyak konsumen baru.

3. Sales Promotion

Terakhir adalah sales promotion yang merupakan strategi promosi yang dibuat untuk mendorong konsumen melakukan pembelian. Kegiatan ini biasanya akan terjadi berulang kali dan dalam waktu tertentu untuk meningkatkan angka penjualan.

Baca Juga: Ini Teknik Pemasaran Terbaru dan Paling Efektif Untuk Bisnis!

Contoh Implementasi Marketing Mix Pascapandemi

Setelah terjadi pandemi, terdapat perubahan yang perusahaan lakukan ketika menerapkan strategi bauran pemasaran. Berikut adalah contoh marketing mix pada bisnis minuman Chatime yang penerapannya dilakukan pascapandemi:

1. Product

Produk yang ditawarkan oleh Chatime adalah minuman kekinian seperti milk tea, boba, thai tea, dan masih banyak lagi. Karena adanya pandemi mereka membuat perubahan bentuk pada kemasan yang jauh lebih besar dan higienis.

2. Price

Chatime tidak memberikan perubahan pada harga yang signifikan. Namun, dengan adanya kemasan minuman lebih besar yaitu satu liter konsumen bisa menikmati produk mereka dengan harga yang lebih hemat. Apalagi jika dibandingkan kemasan yang biasa.

3. Place

Chatime memiliki berbagai cabang tempat yang tetap untuk melakukan penjualan. Namun, setelah pandemi Chatime mengubah format toko mereka menjadi chat and kios atau keliling. Tujuannya adalah untuk dapat mendekati konsumen meskipun memiliki akses yang terbatas pascapandemi.

4. Promotion

Promosi yang mereka terapkan dalam marketing mix pasca pandemi adalah dengan memberikan banyak sekali promo menarik. Chatime akan memberikan banyak potongan harga dan melakukan promosi di media sosial resminya.

Baca Juga:Apa Itu Branding? Ini Pengertian dan Manfaatnya dalam Marketing

5. People

Menghadapi keadaan pasca pandemi, Chatime selalu berusaha menerapkan SOP secara ketat dan maksimal kepada semua pegawainya. Tujuannya adalah agar konsumen tidak perlu khawatir karena pelayanan yang Chatime yang berikan terjamin kebersihan dan keamanannya.

Chatime juga selalu mendorong konsumennya untuk menaati peraturan seperti untuk selalu menggunakan masker, cek suhu, dan menyediakan hand sanitizer.

6. Process

Dalam prosesnya Chatime akan melakukan transaksi yang dapat mengurangi kontak dengan konsumen. Contohnya adalah dengan melakukan pembayaran dengan e-wallet. Konsumen juga disarankan untuk menggunakan pemesanan online untuk mengurangi kerumunan.

7. Physical Evidence

Bentuk fisik marketing mix Chatime pasca pandemi adalah dengan memberikan produk berkemasan baru. Selain itu, Chatime juga menyediakan hand sanitizer, pelayanan yang memenuhi SOP, dan sebagainya.

Sudah Paham Tentang Apa itu Marketing Mix?

Itulah ulasan mengenai apa itu marketing mix, konsep, tujuan, hingga contoh implementasinya. StickFriends harus memahami bahwa selain mampu merumuskan strategi menggunakan bauran pemasaran agar bisnis semakin berkembang, bekerja sama dengan platform seperti StickEarn juga sangat penting.

StickEarn adalah sebuah platform layanan periklanan yang dapat mendorong promosi sebuah produk atau jasa menjadi lebih efektif dan efisien. Hingga saat ini StickEarn telah berhasil melayani lebih dari 500 brand, loh. Layanan yang StickEarn berikan meliputi Transportation Advertising, DOOH Advertising, dan Digital Platform Advertising.

Setiap layanan bisa StickFriends pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. StickEarn selalu berkomitmen untuk dapat membantu dan mendorong bisnis dengan layanan terbaik dan berkualitas.

Jika StickFriends tertarik untuk dapat bekerja sama dengan kami, maka jangan ragu untuk mengunjungi website Stickearn.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Ayo, berkolaborasi dengan StickEarn untuk kemajuan bisnis yang lebih baik!

CTA Banner Blog - 01.png